Analisis SWOT

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.IDHai sobat sarjanaekonomi.co.id pada pembahasan kali ini akan membahas tentang Analisis SWOT. Mulai dari pengertian, manfaat, unsur, serta contohnya secara lengkap. Simak penjelasannya dibawah ini.

√ Analisis SWOT : Pengertian, Manfaat, Unsur, dan Contoh Terlengkap


Pengertian Analisis SWOT

SWOT ini merupakan salah satu metode dari sebuah perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang akan membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

Analisis SWOT merupakan suatu bentuk dari analisis yang digunakan oleh manajemen suatu perusahaan atauorganisasi yang sistematis dan dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tersebut.

SWOT merupakan singkatan yaitu dari :

  • S  : Strength (Kekuatan)
  • W : Weaknesses (Kelemahan)
  • O : Opportunities (Peluang)
  • T : Threats (Hambatan)

Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

1. Sondang P. Siagian

Analisis SWOT merupakan salah satu instrumen analisis yang paling ampuh apabila digunakan dengan tepat. Telah diketahui pula secara luas bahwa “SWOT” merupakan salah satu akronim untuk kata-kata “Strengths”(kekuatan), “Weaknesses” (kelemahan),“Oportunities’ (peluang) dan “Threats” (ancaman).


2. Dyson

Analisis SWOT yakni salah satu dari analisis yang berdasarkan pada suatu anggapan bahwa suatu strategi yang efektif berasal dari sumber daya internal (strength dan weakness) dan eksternal (opportunity dan threat).

Keuntungan dari analisis SWOT adalah untuk dapat menghubungkan faktor internal dan eksternal yang berfungsi untuk merangsang strategi baru, oleh karena itu perencanaan yang berdasarkan pada sumber daya dan kompetensi dapat memperkaya analisis SWOT dengan mengembangkan perspektif internal.


3. Albert Humphrey

Analisis SWOT merupakan suatu singkatan dari kata strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), dan threat (ancaman).

Melalui analisis SWOT ini, kita juga dapat melakukan suatu identifikasi faktor internal (strength dan weakness) dan faktor eksternal (opportunity dan threat) dari organisasi secara sistematis untuk merumuskan strategi organisasi.


4. Philip Kotler

Analisis SWOT adalah salah satu evaluasi terhadap semua kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang terdapat pada individu atau organisasi.


5. Rais

Analisis SWOT adalah salah satu metode analisis yang paling mendasar yang berguna untuk mengetahui topik dan permasalahan dari empat sisi yang berbeda.

Hasil akhir dari analisis ini adalah suatu arahan atau rekomendasi untuk dapat mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman.


6. Pearce dan Robinson

Analisis SWOT adalah salah satu bagian dari proses manajemen strategik perusahaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama perusahaan.

Kelemahan dan kekuatan utama tersebut dapat dibandingkan dengan peluang dan ancaman ekstern sebagai landasan untuk menghasilkan berbagai alternatif strategi.


7. Freddy Rangkuti

Analisis SWOT adalah salah satu usaha yang dilakukan berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, dan pada saat yang sama dapat meminimalisir kelemahan dan ancaman.

Analisis ini juga bertujuan untuk bisa mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.


8. Yusanto dan Wijdajakusuma

Analisis SWOT merupakan salah satu dari instrumen internal dan eksternal perusahaan yang bertumpu pada basis data tahunan dengan pola 3-1-5.

Penjelasan mengenai pola ini yaitu suatu data yang ada diupayakan mencakup data perkembangan perusahaan pada tiga tahun sebelum analisis, apa yang diinginkan pada tahun saat dilakukannya sebuah analisis, dan kecenderungan perusahaan pada lima tahun pasca analisis.


9. Gitosudarmo

Kata SWOT merupakan suatu pendekatan dari Strenghts, Weakness, Opportunity, and Threats, yang dapat diterjemahkan menjadi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman.


Komponen Dasar Analisis SWOT

  • Strength (Kekuatan) atau disingkat juga dengan “S”, yaitu suatu karakteristik organisasi ataupun proyek yang memberikan kelebihan atau keuntungan dibandingkan dengan yang lainnya.
  • Weakness (Kelemahan) atau yang disingkat juga dengan “W”, yaitu salah satu karakteristik yang berkaitan dengan kelemahan pada organisasi ataupun proyek dibandingkan dengan yang lainnya.
  • Opportunities (Peluang) atau disingkat juga dengan “O”, yaitu suatu peluang yang dapat dimanfaatkan bagi organisasi ataupun proyek untuk dapat berkembang di kemudian hari.
  • Threats (Ancaman) atau disingkat juga dengan “T”, yaitu suatu ancaman yang akan dihadapi oleh organisasi ataupun proyek yang dapat menghambat perkembangannya.

Manfaat Analisis SWOT

  • Kekuatan atau strengths di dalam sebuah aplikasinya bagaimana kekuatan mampu mengambil keuntungan dari adanya sebuah peluang atau opportunities yang ada.
  • Analisis ini juga bekerja bagaimana cara mengatasi sebuah kelemahan atau weaknesses yang mencegah keuntungan bagi sebuah perusahaan.
  • Kekutan atau strengths juga hadir mampu untuk menghadapi atau menangani ancaman atau threats yang ada.
  • Analisis ini juga hadir untuk bagaimana sebuah kekuatan itu mampu menghadapi sebuah ancaman yang ada untuk perusahaan.

Tujuan Analisis SWOT

Penerapan suatu SWOT pada sebuah perusahaan bertujuan untuk dapat memberikan suatu panduan agar perusahaan menjadi lebih fokus, sehingga dengan penempatan suatu analisis SWOT dapat dijadikan sebagai perbandingan pikir dari berbagai sudut pandang, baik itu dari segi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman.

Tujuan lain diperlakukannya suatu analisis SWOT adalah dimana setiap produk yang ditawarkan pasti akan mengalami pasang surut atau yang lebih dikenal juga dengan istilah daur hidup produk (life cycle product).


Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

1. Faktor Internal merupakan strength dan weakness atau kekuatan dan kelemahan yang datang dari lingkungan internal suatu organisasi atau bisnis.

Potensial Kekuatan Internal :

  • Kepemilikan sumberdaya keuangan
  • Kepemilikan nama yang sudah dikenal
  • Peringkat 1 dalam jenis industrinya
  • Skala ekonomi
  • Properti Teknologi
  • Proses yang paten
  • Harga yang lebih murah (bahan mentah atau proses)
  • Kepercayaan dan suatu respek pada sebuah perusahaan, produk atau brand image.
  • Superior talenta manajemen
  • Kemampuan pemasaran yang lebih baik
  • Kualitas produk yang superior
  • Aliansi dengan perusahaan lain.
  • Kemampuan distribusi yang baik
  • Karyawan yang berkomitmen

Potensial Kelemahan Internal :

  • Kurangnya pengaturan strategi
  • Terbatasnya sumberdaya finansial
  • Pengeluaran yang kurang dalam pemasaran dan promosi
  • Sempitnya garis produk
  • Terbatasnya distribusi
  • Mahalnya Biaya (Bahan Mentah atau Proses)
  • Teknologi yang ketinggalan jaman.
  • Problem proses operasi internal
  • Image pasar yang lemah
  • Kemampuan pemasaran yang kurang baik
  • Lemahnya bekerjasama dengan perusahaan lain
  • Karyawan yang tidak terlatih

2. Faktor Eksternal merupakan opportunity dan threat atau peluang dan ancaman yang datang dari lingkungan eksternal suatu organisasi atau bisnis. Untuk mengidentifikasi faktor ini, dapat digunakan sebuah analisis PEST.

Potensial Peluang Eksternal :

  • Pertumbuhan pasar yang terus meningkat
  • Perusahaan pesaing yang sudah merasa puas diri
  • Kebutuhan dan keinginan konsumen yang berubah
  • Terbukanya pemasaran luar negri
  • Kecelakaan yang terjadi di perusahaan pesaing
  • Ditemukannya produk baru
  • Perubahan Peraturan pemerintah
  • Teknologi baru
  • Ekonomi yang meningkat
  • Pergantian demografi
  • Perusahaan lain yang mencari aliansi
  • Penolakan akan subtisusi produk
  • Perubahan metode distribusi

Potensial Ancaman Eksternal :

  • Masuknya kompetitor asing
  • Pengenalan produk subtitusi baru
  • Daur hidup produk pada saat penolakan
  • Perubahan kebutuhan dan keiinginan konsumen
  • Kepercayaan Konsumen yang berkurang
  • Perusahaan pesaing mengadopsi strategi baru
  • Peningkatan peraturan pemerintah
  • Ekonomi yang mengalami penurunan
  • Teknologi baru
  • Perubahan demografi
  • Hambatan perdagangan asing
  • Lemahnya kinerja perusahaan aliansi

Unsur – Unsur Analisis SWOT

1. Kekuatan (Strenght)

Yaitu sesuatu hal yang memiliki kompetensi khusus yang terdapat dalam organisasi yang berakibat pada pemilikan keunggulan komparatif oleh unit usaha di pasaran.

Dikatakan demikian karena satuan bisnis memiliki suatu sumber, keterampilan, produk andalan dan sebagainya yang membuatnya lebih kuat dari para pesaing dalam memuaskan suatu kebutuhan pasar yang sudah dan direncanakan akan dilayani oleh satuan usaha yang bersangkutan.


2. Kelemahan (Weaknesses)

Yaitu suatu keterbatasan atau kekurangan dalam hal sumber, keterampilan dan kemampuan yang menjadi sebuah penghalang serius bagi penampilan kinerja organisasi yang memuaskan.

Dalam prakteknya, berbagai suatu keterbatasan dan kekurangan dari kemampuan tersebut bisa terlihat pada sarana dan prasarana yang dimiliki atau tidak dimiliki, suatu kemampuan manajerial yang rendah, keterampilan pemasaran yang tidak sesuai dengan tuntutan pasar, produk yang tidak atau kurang sekali diminati oleh para pengguna atau calon pengguna dan tingkat perolehan keuntungan yang kurang memadai.


3. Peluang (Oportunities)

Yaitu berbagai situasi lingkungan yang dapat menguntungkan bagi suatu satuan bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan.

Yang dimaksud dengan berbagai situasi ini antara lain yaitu suatu kecenderungan penting yang terjadi di kalangan pengguna produk, identifikasi suatu segmen pasar yang belum mendapatkan suatu perhatian, perubahan dalam kondisi persaingan, perubahan dalam suatu peraturan perundang-undangan yang membuka berbagai kesempatan baru dalam kegiatan berusaha, hubungan dengan pembeli yang “akrab”, hubungan dengan pemasok yang “harmonis”.


4. Ancaman (Threats)

Yaitu salah satu faktor-faktor lingkungan yang tidak menguntungkan suatu satuan bisnis. Jika tidak diatasi, ,maka ancaman akan menjadi “ganjalan” bagi satuan bisnis yang bersangkutan baik untuk masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Berbagai contohnya adalah masuknya pesaing baru di suatu pasar yang sudah dilayani oleh satuan bisnis, pertumbuhan pasar yang lamban, meningkatnya posisi tawar pembeli suatu produk yang dihasilkan, menguatnya posisi tawar pemasok bahan mentah atau bahan baku yang diperlukan untuk dapat  diproses lebih lanjut menjadi produk tertentu, perkembangan dan perubahan teknologi yang belum dikuasai, perubahan dalam suatu peraturan perundang-undangan yang sifatnya restriktif.


Cara Menggunakan atau Membuat Analisis SWOT

1. Strength (Kekuatan)

  • Kelebihan apa yang dimiliki oleh suatu organsiasi ?
  • Apa yang membuat suatu organisasi lebih baik dari organisasi lainnya?
  • Keunikan apa yang dimiliki oleh suatu organisasi ?
  • Apa yang menyebabkan kita mendapatkan sebuah penjualan ?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh para konsumen kita sebagai suatu kelebihan ?

2. Weakness (Kelemahan)

  • Apa yang dapat ditingkatkan dalam sebuah organisasi ?
  • Apa yang harus dihindari oleh sebuah organisasi ?
  • Faktorapa yang menyebabkan kehilangan sebuah penjualan ?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh para konsumen kita sebagai suatu kelemahan organisasi kita ?
  • Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari suatu organisasi kita ?

3. Opportunities (Peluang)

  • Kesempatan apa yang dapat memungkinkan kita lihat ?
  • Perkembangan tren apa yang sejalan dengan suatu organisasi kita ?

4. Threats (Ancaman)

  • Hambatan apa yang dapat kita hadapi sekarang ?
  • Apa yang dilakukan oleh pesaing suatu organisasi ?
  • Perkembangan Teknologi apa yang akan menyebabkan ancaman bagi suatu organisasi ?
  • Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan suatu organisasi ?

Contoh Analisis SWOT

Contoh analisis ini didasarkan dari sebuah bisnis jualan sepatu wanita online.

1.  Strength (Kekuatan)

  • Konsep suatu gaya yang ditawarkan adalah kekinian atau update trendy terkini.
  • Harga merakyat atau bisa dijangkau oleh semua kalangan, dengan kualitas bahan yang baik.
  • Lokasi yang mudah dijangkau dan tempat yang sangat nyaman.
  • Memiliki suatu website dan forum pribadi juga kontak delivery order.
  • Mengutamakan sebuah model terbaru dan kekinian sesuai trend.
  • Keterjaminan dalam penyampaian suatu barang yang dijual.

2. Weakness (Kelemahan)

  • Kurangnya kemampuan untuk dapat menyediakan barang (ready stock) terkadang harus menunggu untuk bisa mendapatkan barang yang dipesan.
  • Modal untuk bisa mengembangkan usaha masih kurang.
  • Modal yang besar untuk pembelian barang.
  • Masih belum membuat suatu produk sepatu sendiri sebagai brand unggulan.

3. Opportunity (Kesempatan)

  • Permintaan pasar yang terus menerus harus ada, didukung oleh tren sepatu wanita yang terus berkembang.
  • Masih jarangnya toko online sepatu yang menyediakan sebuah forum untuk saling berbagi satu sama lainnya.
  • Social media dapat membantu untuk pemasaran dengan cepat, didukung banyaknya influencer yang sesuai untuk target market (wanita muda).

4. Threat (Ancaman)

  • Mulai banyak yang penjual sepatu online yang bermunculan, menawarkan harga yang terkadang jauh lebih murah.
  • Harga dari supplier yang semakin lama semakin mahal dan peraturan pajak yang berubah dari pemerintah.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Analisis SWOT : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Komponen, Faktor, Unsur, Cara Membuat & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :