√ 31 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 31 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda. Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Implementasi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 31 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 31 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

 

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Implementasi merupakan suatu pelaksanaan atau juga sebuah penerapan.

 

2. Purwanto dan Sulistyastuti

Implementasi ialah suatu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mendistribusikan keluaran pada kebijakan (to deliver policy output) sebagai implementor kepada kelompok sasaran (target group) untuk bisa mewujudkan kebijakan.

 

3. Agustion

Implementasi yaitu suatu proses yang dapat dilakukan secara dinamis yang pelaksanaan kebijakan untuk melakukan kegiatan untuk mendapatkan suatu hasil yang sesuai dengan tujuan atau juga sasaran kebijakan.

 

4. Hanifah

Implementasi pada Kebijakan dan Politik yang disampaikannya juga berkenaan tentang politik, ia juga berpendapat bahwa pengertian Implementasi yaitu suatu proses untuk dapat melaksanakan berbagai kegiatan menjadi sebuah tindakan kebijakan dari politik kedalam administrasi.

 

5. Syaukani

Implementasi merupakan berbagai rangkaian dari kegiatan dalam rangka menghantarkan suatu kebijakan kepada masyarakat sehingga pada kebijakan tersebut dapat membawa suatu hasil sebagaimana diharapkan.

 

6. Nurdin Usman

Implementasi ialah sesuatu hal yang bermuara pada sebuah aksi, kegiatan, tindakan serta adanya mekanisme dalam suatu sistem.

Implementasi juga tidak hanya pada kegiatan yang monoton saja namun juga pada suatu kegiatan yang terencana dengan baik untuk dapat mencapai tujuan kegiatan tertentu.

 

7. Guntur Setiawan

Implementasi ialah sebuah perluasan dari aktivitas yang saling menyesuaikan suatu proses interaksi antara tujuan dan tindakan untuk dapat mencapainya serta memerlukan jaringan pelaksana birokrasi yang efektif.

 

8. Mazmanian dan Sabatier

Implementasi yaitu berbagai pelaksanaan dari kebijakan dasar hukum juga berbentuk dalam bentuk perintah atau juga pada keputusan, atau putusan pengadilan.

Proses dalam suatu pelaksanaannya akan berlangsung setelah sejumlah tahapan seperti pada tahapan pengesahan undang-undang, dan kemudian output dalam suatu bentuk pelaksanaan keputusan kebijakan, dan seterusnya sampai suatu kebijakan korektif yang bersangkutan.

 

9. Solichin Abdul Wahab

Implementasi yakni berbagai tindakan-tindakan yang dapat dilakukan baik oleh para individu-individu, pejabat-pejabat, atau juga kelompok-kelompok pemerintah atau juga swasta yang diarahkan pada tercapainya suatu tujuan-tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijakan.

 

10. Tornanatzky dan Johnson

Implementation is the translation of any tool technique be can a process or method of doing from knowledge to practice.

 

11. Wheelen & Hunger

Implementasi strategi yakni sebuah tahapan untuk dapat mewujudkan dan juga menerapkan strategi yang telah dibuat dalam suatu bentuk tindakan melalui serangkaian prosedur, program dan anggaran.

 

12. Uzey

Implementasi pancasila ialah untuk dapat mewujudkan nilai moral yang terkandung dalam pancasila sebagai norma etik dalam suatu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

13. Whitten, Bentley & Barlow

Implemtasi sistem adalah suatu proses untuk dapat menempatkan dan menerapkan suatu informasi dalam operasi.

 

14. Van Meter dan Van Horn

Implementasi merupakan berbagai pelaksanaan tindakan oleh individu, pejabat, instansi pemerintah atau juga kelompok swasta yang bertujuan untuk dapat mencapai tujuan yang telah digariskan dalam keputusan tertentu.

 

15. Prof. H. Tachjan

Implementasi kebijakan publik yaitu suatu proses dari kegiatan administrasi yang dapat dilakukan setelah kebijakan ditetapkan atau disetujui.

 

16. Gordon

Implementasi keperawatan ialah sebuah tahapan kegiatan yang dapat dilakukan perawat dalam membantu klien dari status kegiatan yang juga bermasalah menuju status yang lebih baik yang dapat menggambarkan kriteria hasil yang diinginkan.

 

17. Pressman dan Wildavsky

Implementasi yaitu sesuatu hal untuk dapat menyelesaikan, memenuhi, melaksanakan, memproduksi dan menyelesaikan sebuah kebijakan.

 

18. Guntur Setiawan

Implementasi ialah perluasan pada kegiatan yang saling menyesuaikan suatu proses interaksi antara tujuan dan tindakan untuk dapat mencapainya serta memerlukan jaringan pelaksana, birokrasi yang efektif.

 

19. Budi Winarno

Implementasi ialah berbagai tindakan-tindakan yang harus dapat dilakukan oleh sekelompok individu yang telah ditunjuk untuk bisa menyelesaikan suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

20. Micahel Howlet dan M. Ramesh

Implementasi yakni sebuah proses yang dapat dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil dari sebuah kebijakan.

 

21. Pranata Wastra dkk

Implementasi yaitu suatu kegiatan yang dapat dilakukan karena adanya kebijaksanaan yang telah disusun sebelumnya, yang meliputi suatu kebutuhan apa saja yang diperlukan, siapa dari suatu pelaksana implementasi tersebut, kapan pada pelaksanaan imlementasi tersebut, serta kapan juga target selesainya implementasi tersebut, semua sudah dapat direncanakan di awal.

 

22. Friedrich

Implementasi yaitu sebagai sesuatu tindakan yang dapat mengarah di tujuan yang diusulkan seseorang, kelompok, hingga pemerintah di lingkungan tertentu.

Hal ini juga berhubungan dengan hambatan tertentu dan sambil mencari sebuah peluang demi mencapai sasaran yang diinginkan.

 

23. Riant Nugroho

Menggambarkan suatu pelaksanaan atau implementasi yaitu kebijakan dalam konteks manajemen yang ada dalam suatu kerangka organizing – leading – controllong.

Jadi suatu kebijakan yang sudah dirancang ini maka dari itu tugas selanjutnya dapat juga mengorganisasikan, melaksnakan kepemimpinan untuk dapat memimpin pelaksanaan dan pengendalian tersebug dengan lengkap suatu kegiatan dalam manajemen implementasi kebijakan yang bisa disusun seperti berikut ini :

  • Implementasi srategi
  • Pengorganisasian
  • Penggerakan dan kepemimpinan
  • Pengendalian

 

24. Syukur

Implementasi ada 3 unsur penting yaitu terdapat suatu program atau kebijakan yang dapat dilaksanakan , kelompok sasaran yaitu suatu kelompok masyarakat menjadi sasaran dan penetapan untuk dapat manfaatkan dari program, perubahan atau perbaikan, penerapan elemen serta pelaksaan baik organisasi atau individu yang mempunyai tanggung jawab untuk dapat memperoleh pelaksanaan dan pengawasan dalam sebuah proses implementasi.

 

25. Cleaves

Implementasi yaitu berbagai proses yang bergerak menuju suatu tujuan kebijakan menggunakan cara langkah kebijakan dengan cara menggunakan suatu langkah administrative dan politik.

Berhasil atau gagalnya implementasi ini akan menjadi demikian bisa dievaluasi dari kemampuan dengan nyata dalam penrusan atau pengoperasian pada berbagai program – program yang sudah dibuat sebelumnya.

 

26. Daniel Amazian dan Paul Sabatier

Implementasi merupakan sebuah pemahaman yang pasti akan terjadi selesai penetapkan program tertentu menjadi fokus perhartian pemerintah yang dapat membuat implementasi kebijakan.

 

27. Browne dan Wildavsky

Implementasi sederhana ini bisa berarti sebuah eksekusi atau aplikasi. Implementasi juga merupakan sebuah perluasan kegiatan yang dapat menyesuaikan satu sama lain.

 

28. Secara Umum

Implementasi ialah suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana atau kegiatan yang telah disusun secara sistematis untuk dapat mencapai suatu tujuan.

 

29. Secara Etimologi

Implementasi ini berasal dari bahasa Inggris yang dikenal sebagai “to Implement”. Yang artinya ialah “Mengimplementasikan”.

 

30. Schubert

Implementasi yaitu sebuah sistem dari rekayasa.

 

31. Mclaughin

Implementasi yakni sebagai suatu kegiatan yang saling dapat menyesuaikan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 31 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Jenis Kredit : Berdasarkan Kegunaan, Waktu, Pemberian, Perekonomian & Jaminannya Lengkap

Baca Juga :  √ Bank Syariah : Pengertian, Prinsip, Manfaat, Tujuan & Fungsinya Lengkap

Baca Juga :  √ Deplesi : Pengertian, Metode & Tujuannya Secara Lengkap

Baca Juga :  √ Profitabilitas : Pengertian, Jenis, Fungsi & Rumusnya Lengkap