√ Analisis : Pengertian, Jenis, dan Contoh Terlengkap

Diposting pada
Rate this post

√ Analisis : Pengertian, Jenis, dan Contoh Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam pembahasan kali ini seputar analisis. Analisa atau Analisis yang sering kamu tahu? Coba simak penjelasan terlengkapnya di dalam artikel ini ya. Karena Analisa atau Analisis ini juga perlu sobat dalam sebuah bisnis ekonomi loh. Mari simak penjelasannya.

 

√ Analisis : Pengertian, Jenis, dan Contoh Terlengkap

 

Pengertian Analisis

Analisis adalah suatu aktivitas yang terdiri dari serangkaian kegiatan seperti, mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk dapat dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu dan kemudian dicari kaitannya lalu ditafsirkan maknanya.

Pengertian Analisis dapat juga diartikan sebagai suatu usaha dalam mengamati sesuatu secara mendetail dengan cara menguraikan suatu komponen-komponen pembentuknya atau menyusun komponen tersebut untuk dikaji lebih lanjut.

Ada juga yang menganggap arti analisis sebagai suatu kemampuan dalam memecahkan atau menguraikan suatu informasi atau materi menjadi suatu komponen-komponen yang lebih kecil sehingga lebih mudah dimengerti dan mudah dijelaskan.

 

 

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Kata analisis atau analisa ini berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu “analusis” yang artinya melepaskan.

Beberapa ahli pernah menjelaskan mengenai arti analisis, diantaranya adalah sebagai berikut :

 

1. Komaruddin

Analisis adalah suatu aktivitas berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen-komponen kecil sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungan masing-masing komponen, dan fungsi setiap komponen dalam satu keseluruhan yang terpadu.

 

2. Wiradi

Analisis adalah suatu aktivitas yang memuat kegiatan memilah mengurai, membedakan sesuatu yang kemudian digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria tertentu lalu dicari makna dan kaitannya masing-masing.

 

3. Dwi Prastowo Darminto

Analisis adalah suatu penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

 

4. Syahrul

Analisis adalah suatu kegiatan melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.

 

5. Rifka Julianty

Analisis adalah suatu aktivitas penguraian pada pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antara bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

 

6. Mohammad Afdi Nizar

Analisis dalam akuntansi adalah suatu evaluasi mengenai kondisi dari ayat-aya yang berhubungan dengan akuntansi dan alasan yang memungkinan sebuah perbedaan akan muncul.

 

7. Robert J. Schreiter

Analisis adalah “membaca” teks yang melokalisasikan berbagai tanda dan menempatkan tanda-tanda tersebut dalam suatu interaksi yang dinamis, dan pesan-pesan yang disampaikan.

 

8. Minto Rahayu

Analisis adalah sebuah cara dalam membagi suatu subyek ke dalam komponen-komponen yang meliputi melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terikat padu.

 

9. Husein Umar

Analisis adalah suatu proses kerja dari rangkaian tahapan pekerjaan sebelum riset, yang didokumentasikan dengan tahapan pembuatan laporan.

 

10. Efrey Liker

Analisis adalah suatu aktivitas dalam mengumpulkan bukti, untuk menemukan sumber suatu masalah, yaitu akarnya.

 

11. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian analisis menurut KBBI adalah sebagai berikut :

  • Penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan lainnya) untuk dapat mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab, duduk perkara, dan sebagainya).
  • Suatu aktivitas penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk dapat memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.
  • Pemecahan suatu persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.
  • Penjabaran sesudah dikaji dengan sebaik-baiknya.

 

 

Perbedaan Analisis dan Analisa

Sebenarnya, manakah yang merupakan kata baku, suatu analisa atau analisis? Manakah penulisan yang benar dari kata analisis atau analisa?

Banyak yang keliru dalam penggunaan suatu kata analisa. Sebagian orang menganggap kata analisa adalah yang benar, dan sebagian orang ada menganggap kata analisis yang benar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata yang sangat baku dan benar adalah analisis. Namun, penggunaan kata-kata analisa sudah cukup banyak sehingga banyak yang telah menganggapnya sebagai kata yang benar.

 

 

Alat Bantu Analisis

Berikut ini ialah suatu alat bantu analisis yang perlu kalian ketahui yaitu :

  • Flow Map

Flow Map ialah suatu penggambaran grafik dari langkah-langkah atau urutan prosedur dari sebuah program. Flow map berfungsi untuk dapat membantu programmer dalam menganalisis dan memecahkan masalah ke dalam segmen yang lebih kecil serta membantu dalam menganalisis alternatif pengoperasian.

 

  • Diagram Konteks

Diagram konteks ialah suatu diagram yang didalamnya terdapat sebuah proses yang menggambarkan hubungan antara sistem dengan pihak-pihak di luar lingkungan sistem, serta posisi sistem dalam lingkungan tersebut.

 

  • Data Flow Diagram “DFD”

Data Flow Diagram merupakan suatu teknik grafik yang menggambarkan aliran data dan transformasi yang digunakan sebagai suatu pergerakan data dari masukan menuju keluaran.

Data Flow Diagram ini juga bisa diartikan sebagai model jaringan dari suatu sistem yang menggambarkan suatu proses-proses yang terjadi dan aliran data didalamnya. Dengan adanya DFD kita dapat memahami suatu sistem dengan baik dan mudah.

 

  • Kamus Data

Kamus data ialah suatu katalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi. Kamus data ini sengaja dibuat agar bisa digunakan untuk menganalisis sistem, kamus data bisa digunakan sebagai alat komunikasi antara analisis sistem dan pengguna sistem.

 

  • Merancang Basis Data

1. Normalisasi

Sebuah file yang memiliki banyak sekali elemen yang perlu diorganisasikan, proses untuk mengorganisasikan file dan menghilangkan elemen yang berulang-ulang ini disebuat dengan proses normalisasi.

2. Konsep Relasi Entitas

Ada beberapa jenis relasi yang bisa terjadi dalam suatu basis data yaitu pada relasi 1-1, relasi 1-N, relasi N-1, relasi N-N.

 

 

Metode Analisis

Secara umum ada dua metode yang biasanya digunakan dalam suatu kegiatan analisis yaitu sebagai berikut :

1. Analisis Data Secara Kualitatif

Metode analisis ini tidak dapat menggunakan alat statistik tapi dilakukan dengan menginterpretasi tabel, grafik ataupun angka-angka yang ada, baru kemudian melakukan penguraian dan panafsiran.

 

2. Analisis Data Secara Kuantitatif

Metode analisis data secara kuantitatif merupakan suatu metode analisis yang menggunakan alat statistik, dengan kata lain, analisis dilakukan menurut dasar-dasar statistik. Ada dua jenis alat statistik yang biasanya digunakan yakni alat statistik deskriptif dan statistik inferensial.

 

 

Turunan Kata Analisis

Ada bebeberapa turunan kata suatu analisis dalam penggunaannya dalam setiap tulisan. Setiap turunan kata tersebut memiliki arti yang berbeda sehingga penempatannya pun harus juga tepat.

Beberapa turunan kata analisis diantaranya ialah :

  • Menganalisis; pengertian menganalisis adalah suatu proses melakukan analisis.
  • Penganalisis; pengertian penganalisis adalah orang yang melakukan suatu proses analisis.
  • Penganalisisan; pengertian penganalisisan adalah suatu proses, metode, hal, dan cara dalam melakukan analisis.

 

Jenis – Jenis Analisis

Jika keseluruhan dapat dibedakan antara keseluruhan logik dan keseluruhan realis, maka analisis juga dapat dibedakan juga atas dua golongan yaitu :

  • Analisis Logik

Analisis logik merupakan suatu pemecahbelahan sesuatu ke bagian-bagian yang memuat keseluruhan atas landasan prinsip tertentu. Pemecah belahan ini dapat menerangkan keseluruhan atau kumpulan yang membentuk term sehingga mudah dibeda-bedakan.

 

  • Analisis Realis

Analisis realis yakni suatu pemecah belahan berdasarkan atas urutan benda yang merupakan kesatuan atau atas dasar sifat bentuk bendanya. Analisis realis ini dibedakan menjadi dua macam, analisis esensial dan analisis aksidental.

 

 

Penggunaan Kata Analisis dalam Istilah

Seperti yang disebutkan di atas, kata analisis juga sering digunakan dalam berbagai bidang ilmu, mulai dari ilmu bahasa, bisnis, manajemen, ilmu kimia, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa contoh istilah yang menggunakan kata analisis diantaranya :

1. Istilah Analisis dalam Bisnis

  • Analisis SWOT yaitu suatu metode yang digunakan untuk mengevaluasi kelemahan, kekuatan, peluang, ancaman dan spekulasi sesuai dengan kepanjangannya; strenght, weakness, opportunity dan threats.
  • Analisis Pasar yaitu suatu analisis terhadap potensi, lokasi, sifat, dan ciri-ciri pasar.
  • Pengertian Analisis Jabatan yaitu suatu evaluasi kemampuan dan kepribadian seseorang terkait pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

 

2. Istilah Analisis dalam Bahasa

  • Analisis Wacana yaitu cara menguraikan wacana atas bagian-bagian yang berfungsi untuk melakukan analisis.
  • Analisis Bahasa yaitu suatu penelaahan yang dilakukan oleh pakar bahasa untuk menggarap data kebahasaan yang diperoleh dari penelitian lapangan atau penelitian kepustakaan hingga menemukan kesimpulan.
  • Analisis Deduktif yaitu suatu penelitian terhadap kebenaran sebuah pernyataan dengan menunjukkan bahwa pernyataan itu telah tercakup dalam pernyataan lain yang telah ditetapkan kebenarannya.

 

3. Istilah Analisis dalam Ilmu Kimia

  • Analisis Ayak yaitu suatu pemilahan zat padat menurut ukurannya dengan memakai alat pengayak.
  • Analisis Endapan yaitu suatu pemisahan partikel berdasarkan tingkat pengendapan dalam cairan.

 

4. Istilah Analisis dalam Ilmu Kesehatan

  • Analisis Kekebalan yaitu yang menguji kekebalan tubuh dengan menggunakan antigen-antibodi.
  • Analisis Lambung yaitu suatu pemeriksaan yang dilakukan terhadap isi lambung organisme untuk mengetahui pola makannya.

 

Setiap penulisan karya ilmiah pada umumnya harus disertai dengan berbagai analisis yang dipaparkan oleh penulisnya. Penjabaran suatu analisis tersebut harus bersifat logis dan obyektif. Ketika penulis gagal memaparkan analisis dengan logis maka sebuah karya ilmiah ini akan dianggap tidak akurat.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap tentang √ Analisis : Pengertian, Jenis, dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Analisis Data : Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Prosedur Terlengkap

Baca Juga :  √ Pengertian Waralaba, Jenis, Tipe, Kelebihan, Kekurangan, dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Pemasaran : Pengertian, Konsep, Fungsi, dan Tujuan Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Agribisnis : Pengertian, Ruang Lingkup, Fungsi, Aspek, dan Contohnya Terlengkap