√ Manajemen Organisasi : Pengertian, Tujuan dan Fungsi Terlengkap

Diposting pada

√ Manajemen Organisasi : Pengertian, Tujuan dan Fungsi Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id pada pembahasan kali ini akan membahas tentang Manajemen Organisasi. Mulai dari pengertian, fungsi serta tujuannya secara lengkap. Simak penjelasannya dibawah ini.

 

√ Manajemen Organisasi : Pengertian, Tujuan dan Fungsi Terlengkap
√ Manajemen Organisasi : Pengertian, Tujuan dan Fungsi Terlengkap

 

Pengertian Manajemen Organisasi

 

Manajemen Organisasi adalah suatu proses dari sebuah perencanaan dan pengorganisasian serta pengendalian terhadap sebuah sumber daya sebuah organisasi dengan maksud untuk dapat mencapai tujuan organisasi. Tujuan organisasi tersebut tentunya bisa bermacam-macam, tergantung suatu organisasi itu sendiri.

Manajemen organisasi ini juga memungkinkan sebuah penggunaan optimal dari sumber daya yang dimiliki organisasi melalui perencanaan dan pengendalian teliti di tempat kerja.

Selain itu juga setiap individu akan sangat menyadari sebuah peran dan tanggung jawab mereka serta tahu apa yang harus mereka lakukan dalam organisasi.

Jadi mudahnya manajemen organisasi itu dapat mengacu pada penanganan yang efisien dari organisasi serta karyawannya. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk bisa mencapai tujuan bersama organisasi.

 

Secara spesifik ada tiga alasan utama dibutuhkannya manajemen dalam organisasi, yaitu sebagai berikut :

  • Mencapai tujuan, manajemen ini mempermudah pencapaian tujuan organisasi dan pribadi.
  • Menjaga keseimbangan diantara berbagai tujuan-tujuan yang dapat saling bertentangan, manajemen menyeimbangkan tujuan-tujuan dan suatu kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan di antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam suatu organisasi (stakeholders) seperti pemilik, karyawan, konsumen, pemasok dan lain-lain.
  • Mencapai efisiensi dan efektifitas ini merupakan suatu ukuran prestasi organisasi.

 

 

Pengertian Manajemen Organisasi Menurut Para Ahli

 

1. Koontz dan O.Donnel

Manajemen Organisasi ialah segala aktivitas atau kegiatan dalam suatu organisasi yang berhbungan dengan planning, organizing, staffing, directing dan controlling.

 

2. Henry Fayol

Manajemen Organisasi yakni segala aktivitas perencanaan (Planning), mengorganisir (Organizing), mengkoordinir (Coordinating), dan mengawasi (Controling), dimana rangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk bisa mencapai goal organisasi.

 

3. George R. Terry

Manajemen Organisasi yaitu segala kegiatan perencanaan atau planning, mengoranisir atau organizing, menggerakkan atau actuating dan juga bisa melakukan pengawasan atau controlling. Hal ini dilakukan untuk bisa mencapai target yang telah ditentukan.

 

4. Luther M Gulick

Manajemen Organisasi merupakan segala sesuatu hal yang berhubungan tentang planning (membuat rencana), organizing (mengorganisir elemen didalamnya), staffing (sumber daya atau perlengkapan tenaga kerja), directing (mengarahkan elemen didalamnya), dan coordinating (mengkoordinasi dari setiap elemen), reporting (membuat laporan kinerja), serta melakukan budgetting (merencanakan anggaran).

 

 

Tujuan Manajemen Organisasi

 

  1. Membentuk suatu koordinasi yang baik antar divisi maupun individu.
  2. Membentuk suatu kinerja sumber daya yang lebih efektif melalui pemberian rasa aman dan kesatuan diantara karyawan.
  3. Menciptakan suasana lingkungan pada kegiatan kerja yang damai dan positif.
  4. Mendorong para karyawan agar bekerja dengan rasa tanggung jawab.
  5. Mencapai tujuan utama suatu perusahaan dengan cara-cara yang paling efisien melalui pembentukan karakter sumber daya.

 

 

Fungsi Manajemen Organisasi

 

  • Fungsi Planning (Perencanaan)

Perencanaan merupakan salah satu fungsi dasar manajemen. Perencanaan adalah suatu penentuan tindakan untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Perencanaan diperlukan untuk dapat memastikan pemanfaatan sumber daya manusia & non-manusia yang tepat. Ini semua meresap, ini adalah suatu kegiatan intelektual dan ini juga membantu dalam menghindari kebingungan, ketidakpastian, risiko, pemborosan, dll.

 

  • Fungsi Organizing (Pengorganisasian)

Merupakan serangkaian proses menyatukan sumber daya , keuangan dan manusia dan mengembangkan hubungan produktif di antara mereka untuk pencapaian tujuan organisasi.

Pengorganisasian sebagai sebuah proses melibatkan seperti :

  1. Identifikasi aktivitas.
  2. Klasifikasi pengelompokan kegiatan.
  3. Penugasan tugas.
  4. Delegasi wewenang dan penciptaan tanggung jawab.
  5. Koordinasi otoritas dan hubungan pertanggungjawaban.

 

  • Fungsi Staffing (Kepegawaian)

Merupakan salah satu fungsi dari menjalankan struktur organisasi dan menjaganya agar tetap terjaga. Tugas utama dari Staffing adalah untuk dapat menempatkan orang yang tepat pada pekerjaan yang benar.

Staffing melibatkan sebagai berikut :

  1. Perencanaan Ketenagakerjaan (perkiraan tenaga manusia dalam hal pencarian, pilih orang dan berikan tempat yang tepat).
  2. Rekrutmen, Seleksi & Penempatan.
  3. Pelatihan.
  4. Remunerasi.
  5. Penilaian Kinerja.
  6. Promosi & Transfer

 

  • Fungsi Directing (Pengarahan)

Merupakan salah satu bagian dari fungsi manajerial yang menggerakkan organisasi untuk bisa bekerja secara efisien untuk pencapaian tujuan organisasi.

Manajer atau atasan juga harus bisa menetapkan target yang jelas bagi anggota tim, Seorang pemimpin harus memastikan anggota timnya bekerja sama untuk dapat menuju tujuan bersama. Pada Directing ini dapat memutuskan apa yang benar dalam situasi tertentu.

Arah memiliki elemen seperti berikut :

  1. Pengawasan
  2. Motivasi
  3. Kepemimpinan
  4. Komunikasi

 

  • Fungsi Controlling (Pengendalian)

Tujuan Controlling adalah untuk bisa memastikan bahwa segala sesuatu terjadi sesuai dengan standar. Atasan juga memegang kuasa atas pengambilan keputusan.
Oleh karena itu pengendalian memiliki beberapa langkah sebagai berikut ini :

  1. Pembentukan kinerja standar.
  2. Pengukuran kinerja aktual.
  3. Perbandingan kinerja aktual dengan standar dan mencari tahu suatu penyimpangan jika ada.
  4. Tindakan perbaikan.

 

  • Fungsi Manajemen Waktu (Time Management)

Organisasi yang menerapkan salah satu fungsi manajemen waktu yang efektif dapat berkembang dengan cepat dan sehat. Hal ini juga berkaitan dengan cara kerja pegawai yang tepat waktu dan dengan cara kerja yang benar.

 

  • Fungsi Motivasi (Motivation)

Manajemen perusahaan juga dapat berperan penting dalam memberikan motivasi kepada anggotanya. Dengan adanya motivasi tersebut maka para anggota akan dapat termotivasi untuk bekerja lebih baik.

 

 

Contoh Manajemen Organisasi

 

Manajemen Organisasi dalam Perusahaan

 

Salah satu contoh yang sepenuhnya umum kita jumpai ialah suatu organisasi dalam perusahaan. Perusahaan pastinya sangat juga memerlukan yang namanya manajemen organisasi.

Kondisi tersebut dikarenakan, supaya suatu perusahaan tersebut dapat beralih dengan lancar dan pastinya supaya sampai pada tujuan akhirnya yakni visi.

Semua perusahaan pasti dapat melaksanakan management dalam organisasinya dan management tersebut pastinya menurut pada visi yang sudah dipastikan oleh semua populasi organisasi tersebut.

Maka tidak asing apabila anda sebagai seseorang manager dalam sebuah perusahaan dan anda membutuhan perusahaan tersebut maju, maka yang pertama harus anda lakukan ialah suatu manajemen kerja dari para pegawai anda. Itulah yang memastikan kesuksesan dalam menggapai sebuah visi dan misi dari perusahaan tersebut.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Manajemen Organisasi : Pengertian, Tujuan dan Fungsi Terlengkap. Semoga para sobat sekalian bisa bertambah ilmu pengetahuannya dan bermanfaat bagi kehidupan. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Customer Relationship Management : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Tahapannya Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Persediaan : Pengertian, Jenis - Jenis, Fungsi, Tujuan dan Faktornya Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Personalia : Pengertian, Tugas, Fungsi, Tujuan, dan Aktivitas Terlengkap

Baca Juga :  √ Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri - Ciri, dan Contohnya Terlengkap