√ Pengertian HRD : Tugas, Tanggung Jawab dan Fungsi Terlengkap

Diposting pada
√ Pengertian HRD : Tugas, Tanggung Jawab dan Fungsi Terlengkap
5 (100%) 17 vote[s]

√ Pengertian HRD : Tugas, Tanggung Jawab dan Fungsi Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id pada pembahasan kali ini akan membahas tentang HRD atau Human Resources Development. Mulai dari pengertian, fungsi serta tugasnya secara lengkap. Simak penjelasannya dibawah ini.

 

√ Pengertian HRD : Tugas, Tanggung Jawab dan Fungsi Terlengkap
√ Pengertian HRD : Tugas, Tanggung Jawab dan Fungsi Terlengkap

 

Pengertian HRD (Human Resources Development)

 

HRD adalah sebuah singkatan dari Human Resources Development. Dalam ilmu terapannya, HRD ini biasa disebut juga sebagai “Personalia” atau “Kepegawaian”. HRD dalam dunia manajemen juga biasa disebut dengan “Human Capitol” atau juga “Human Resources Management”.

HRD atau Human Resources Development, yakni sebuah bagian atau juga suatu departemen perusahaan yang tugas utamanya untuk dapat mengelola sumber daya manusia di dalam perusahaan.

Dimulai dari tugas perencanaan yang sering disebut juga sebagai HR Planning, perekrutan yang sering disebut juga dengan Recruitment & Selection, pengembangan yang sering disebut juga dengan  Training & Development.

Pengelolaan Kinerja yang sering juga disebut sebagai Performance Management, penggajian yang juga sering disebut sebagai Compensation & Benefit dan membina suatu hubungan kerja yang sering disebut juga dengan istilah Industrial Relation atau hubungan Industrial.

Ada sebagian orang menyebut HRD ini hanya cukup dengan sebutan sebagai “HR” saja, ada juga yang mengatakan HRD ini sebagai seorang “Personalia”, “Kepegawaian”, “Sumber Daya Manusia”, “Human Capital”, “Human Resources Management”.

Pada prinsipnya HRD dapat diartikan sebagai pengelolaan SDM yang juga terdiri dari berbagai aktifitas yaitu sebagai berikut :

  • HR Planning
  • HR Acquiring
  • HR Developing
  • HR Maintaining
  • HR Retaining

Semuanya itu untuk bisa membantu perusahaan mewujudkan Goal, Visi, Misi dan valuenya.

HRD adalah salah satu departemen dalam perusahan yang bertanggung jawab untuk menangani pengelolaan SDM atau karyawan dalam suatu perusahaan atau sebuah organisasi. HRD juga bertanggung jawab untuk dapat memastikan perusahaan mendapatkan karyawan-karyawan terbaik.

 

 

Bisa Di Katakan HRD Yang Baik Adalah

 

  1. Tidak mudah menyerah, seseorang yang sukses dalam suatu pekerjaan karena dia tidak menyerah dan terus berusahadengan semua masalah dan hambatan yang ada.
  2. Berterima kasih atas semua yang telah diperoleh dan selalu menerima apa yang ia lakukakan, karena ada pepatah mengatakan apa yang Anda tabur maka itulah yang akan Anda dapatkan.
  3. Integritas Orang-orang yang berhasil dalam HRD adalah orang-orang yang dapat berbicara dan dapat juga menerpakan kata dengan perbuatan, bukan hanya itu ia dapat mengontrol sendiri dengan norma-norma yang ada lingkngan.
  4. Kemampuan untuk bisa berhubungan dengan orang lain denngan baik dan dapat bergabung dengan berbagai kelompok dan faksi.
  5. Keyakinan dapat meningkatkan suatu hasil yang maksimal.
  6. Tepat waktu, dengan Anda bisa disiplin selalu tepat waktu untuk Anda secara tidak sadar merhargai diri sendiri dan orang lain.
  7. Berpikiran terbuka dan juga selalu mengikuti semua perubahan positif di sana.
  8. Menghargai, menghormati dan peka terhadap suatu perubahan yang ada di lingkungan sekitar kita.
  9. Lakukan sebanyak mungkin dan bisa memberikan yang terbaik.

 

 

Fungsi HRD

 

  • Internal : HRD yang bekerja sebagai seorang trainer terhadap pegawai di dalam perusahaan.
  • Eksternal : Pegawai HRD yang memiliki konseling diluar kategori suatu perusahaan dapat dilihat dari tingkat kemampuan dan sebuah kemauan tinggi maka kemampuan akan mengikuti.

 

 

Tugas Dasar HRD

 

  1. Merekrut personil atau pegawai untuk posisi yang sesuai dengan kemampuan mereka.
  2. Memberikan suatu pelatihan dan pengembangan staf.
  3. Monitoring suatu kinerja dari setiap karyawan.
  4. Memutuskan pemberian pengangkatan suatu jabatan dan kompensasi.
  5. Distribusi Pembayaran pada Karyawan.
  6. Survei Karyawan dan grading juga.
  7. Monitoring perlengkapan kesehatan dan keselamatan bagi para karyawan.
  8. Trouble shooting dan pemecahan masalah bagi para karyawan.
  9. Menjaga suatu hubungan dengan setiap karyawan.
  10. Membentuk tim untuk sebuah proyek-proyek tertentu, dll

 

 

Training and Development Supervisor

 

Tugas supervisor tentu juga akan memberikan bimbingan, namun di dunia HRD supervisor memiliki devisi sendiri yakni Training dan development, berikut ini adalah tugasnya :

  1. Memberikan sebuah training kepada newcomer.
  2. Setiap setahun sekali harus mengadakan seminar yang mempunya tema memberi motivasi kepada karyawan agar seluruh karyawan mempunyai suatu semangat kerja yang positif.
  3. Membuat suatu laporan rekapitulasi dana menyangkut training yang diadakan untuk dapat dikirim ke direksi.

 

 

Penunjang Tugas HRD

 

Hal yang diperlukan para staff dalam menjalankan tugas HRD adalah berbbagai kompetensi manajerial yang mampu berkoordinasi terhadap semua divisi di perusahaan.

Setelah itu para staff HRD pun harus juga bisa menguasai aspek legal yang ada di negara Indonesia sehingga bisa juga untuk mengatur hubungan antar karyawan dengan sebuah perusahaan karena itu adalah tugas HRD yang paling utama. Namun koordinasi dengan seluruh karyawan adalah suatu komponen utama kesuksesan seorang HRD.

 

 

Tugas dan Tanggung Jawab HRD

 

1. Persiapan dan Seleksi

  • Persiapan SDM (Preparation) yakni dalam melakukan sebuah persiapan, pihak HRD harus memperhatikan faktor internal dan faktor eksternal juga. Dalam hal ini, faktor internal dalam persiapan mencakup suatu kebutuhuhan jumlah SDM, struktur organisasi, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor eksternal dalam persiapan juga mencakup hukum ketenagakerjaan, kondisi pangsa tenaga kerja, dan lain-lain.
  • Rekrutmen SDM (Recruitment) adalah salah satu proses mencari calon karyawan untuk dapat mengisi kebutuhkan SDM di suatu perusahaan. Pada proses rekrutmen ini, HRD harus melakukan sebuah analisis jabatan dan menjelaskan deskripsi pekerjaan, serta spesifikasi pekerjaan tersebut.
  • Seleksi SDM (Selection) merupakan berbagai proses seleksi karyawan yang telah melamar ke perusahaan untuk dapat menemukan pegawai yang paling tepat. Pada proses ini, pihak HRD juga harus memperhatikan Curriculum Vitae (CV), dan melakukan interview awal dan psikotest, wawancara kerja, serta proses lainnya.

 

2. Pengembangan dan Evaluasi

Pengembangan dan Evaluasi Karyawan (Development and Evaluation) juga sangat penting untuk dapat dilakukan agar setiap tenaga kerja bisa memberikan kontribusi maksimal terhadap suatu perusahaan. Pada proses ini pegawai diberikan suatu pembekalan sehingga dapat lebih menguasai bidangnya dan meningkatkan kinerjanya.

 

3. Pemberian Kompensasi dan Proteksi

Kompensasi adalah salah satu pemberian gaji atau imbalan kepada seorang pegawai atas kontribusinya terhadap suatu perusahaan. Pemberian kompensasi ini dilakukan secara teratur oleh pihak perusahaan tempat pegawai bekerja, dan harus sesuai dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada di berbagai lingkungan eksternal agar tidak menimbulkan suatu masalah ketenagakerjaan atau kerugian pada perusahaan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Pengertian HRD : Tugas, Tanggung Jawab dan Fungsi Terlengkap. Semoga para sobat sekalian bisa bertambah ilmu pengetahuannya dan bermanfaat bagi kehidupan. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Sekretaris : Pengertian, Tugas, Jenis dan Fungsi Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajer : Pengertian, Fungsi, Etika, Keterampilan, Tingkatan, dan Peranannya Terlengkap

Baca Juga :  √ Kepemimpinan : Pengertian, Fungsi, Sifat, Sejarah, dan Tugasnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Marketing : Pengertian, Fungsi, Konsep, dan Tugas Terlengkap