Segmentasi Pasar

Diposting pada

Sarjana Ekonomi – Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Segmentasi Pasar. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Segmentasi Pasar : Pengertian, Syarat, Tujuan, Manfaat dan Tahapan Terlengkap


Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar merupakan salah satu pembagian kelompok konsumen atau pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan juga perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di dalam suatu pasar tertentu sehingga nantinya akan menjadi satuan pasar yang homogen dan dapat dijadikan sasaran pasar dengan sebuah strategi marketing mix tersendiri.

Pada segmentasi pasar ini juga dapat diartikan sebagai salah satu strategi suatu perusahaan untuk dapat mengenal minat dan juga kebutuhan konsumen di suatu market yang kemudian bisa menciptakan produk baru (product diversification) yang sesuai dengan minat dan juga kebutuhan konsumen tersebut.

Dengan kata lain, PASAR yang tadinya hanya satu dan luas maka menjadi beberapa pasar yang bersifat homogen setelah mengalami suatu segmentasi.


Manfaat Segmentasi Pasar

  • Menyalurkan uang maupun usaha ke pasar potensial yang akan menguntungkan.
  • Dapat merencanakan produk dengan baik yang dapat memenuhi permintaan pasar.
  • Dapat menentukan cara promosi yang paling tepat untuk perusahaan.
  • Dapat memilih media advertensi yang baik dan menemukan bagaimana cara menaloksikan secara lebih baik.
  • Dapat mengatur waktu yang sebaik-baiknya dalam melakukan promosi.
  • Para penjual akan berada dalam posisi yang cukup baik untuk mengarahkan dan membandingkan kesempatan ataupun harapan dalam pemasaran sehingga dapat mempelajari keperluan setiap segmen.
  • Para penjual dapat menggunakan wawasannya untuk menanggapi usaha pemasaran yang berbeda-beda sehingga dapat mengalokasikan anggarannya dengan lebih tepat terhadap berbagai segmen.
  • Penjual dapat mengatur lebih baik lagi produknya dengan cara pemasarannya.

Tujuan Segmentasi Pasar

  • Pasar akan menjadi lebih mudah untuk dibedakan.
  • Pelayanan dalam transaksi akan menjadi lebih tepat dan lebih baik.
  • Bagi penjual, strategi promosi dan pemasaran kepada konsumen akan semakin terarah.
  • Menemukan peluang baru yang ada di masyarakat, terutama masyarakat yang lebih homogen.
  • Desain produk menjadi lebih bervariasi, tepat sasaran dan menarik.
  • Strategi komunikasi dalam pemasaran menjadi lebih efektif serta lebih efisien untuk menunjang pemasaran.
  • Dapat mengetahui kompetitor dengan lebih baik, terutama mereka yang memiliki segmen yang sama.
  • Bisa melakukan evaluasi serta membuat rencana bisnis ke depan dengan lebih akurat, terarah dan lebih baik secara umum.
  • Kesempatan pasar dimiliki baik oleh penjual dan konsumen serta keduanya akan merasa dipermudah.
  • Alokasi anggaran bisa disesuaikan dengan segmen yang dituju sehingga pengeluaran menjadi lebih efisien.
  • Pengaturan produk serta rencana untuk meningkatkan daya tarik pemasaran bisa direncanakan dengan lebih baik.
  • Ada potensi untuk menyalurkan modal usaha lebih besar, terutama jika segmentasi pasar sudah berhasil dilakukan.

Syarat Segmentasi Pasar

  • Dapat diukur (Measurable) yakni segmen pasar yang dituju dapat diukur baik jumlah, ciri dan sifatnya.
  • Dapat dicapai (Accessible) yaitu segmen pasar dapat diakses sehingga perusahaan lebih mudah mengarahkan pemasarannya.
  • Cukup besar (Substantial) ialah segementsi pasar yang dituju harus besar.
  • Dapat dibedakan (Differentiable) merupakan segemen paar secara jelas dapat dibedakan dengan segmen lainnya.
  • Dapat dilaksanakan (Actionable) adalah program pemasaran dan pelayanan perusahaan dapatdilaksanakan pada segmen pasar yang dituju.
  • Mampu memberi keuntungan (Profitable)

Tahapan Segmentasi Pasar

1. Step Survey

Yakni peneliti melakukan wawancara serta penilaian. Wawancara dikerjakan untuk mencari penjelasan, sedang penilaian dikerjakan untuk memperoleh gambaran perihal motivasi, sikap serta tingkah laku customer.


2. Step Analisa

Yaitu peneliti memproses data dengan analisis aspek untuk membuang variabel yang berkorelasi tinggi.

Lalu peneliti dalam mengaplikasikan analisis grup untuk dapat menghasilkan segmen yang berbeda secara maksimum.


3. Step Pembentukan

Merupakan setiap grup dibuat berdasar pada ketidaksamaan sikap, tingkah laku, demografis, psikografis.

Setiap segmen dinamakan sesuai dengan sifat–sifat dominan yang membedakannya.


Tingkatan Segmentasi Pasar

  • Pemasaran Massal
    Pemasaran massal yakni salah satu tingkatan segmentasi pasar yang fokus pada suatu produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk sebuah produk yang sama dalam cara yang hampir sama kesemua konsumen.
  • Pemasaran Segmen
    Pemasaran segmen ialah suatu tingkatan segmentasi pasar yang sadar akan para pembeli berbeda dalam sebuah keperluan, persepsi dan juga tingkah laku pembelian.
  • Pemasaran Ceruk
    Pemasaran ceruk atau relung (marketing niche) merupakan segmentasi pasar yang fokus pada sub-group dalam segmen-segmen.
  • Pemasaran Mikro
    Segmentasi ini menyesuaikan produk dan program pemasaran supaya cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Yang termasuk dalam pemasaran mikro ialah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

Dasar Segmentasi Pasar

1. Dasar Segmentasi Pasar Konsumen

  • Variabel Geografis
    Variabel segmen geografis merupakan lingkungan sekitar, wilayah, ukuran daerah dan kepadatan, dan juga iklim.
  • Variabel Demografis
    Variabel segmen demografi yakni umur, keluarga, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, agama, kelas sosial, ras, siklus hidup, pendapatan, pendidikan dan lain sebagainya.
  • Variabel Psikologis
    Variabel segmentasi psikologis mencakup kepribadian, gaya hidup, dan kelas sosial. Variabel tersebut antara lain adalah manfaat yang dicari, tingkat pemakaian, status pemakaian, status kesetiaan dan sikap terhadap produk.

2. Dasar Segmentasi Pasar Industri

  • Tahap 1 yakni menentukan segmentasi makro, seperti lokasi geografis, pasar pemakaian akhir, dan banyaknya langganan.
  • Tahap 2 ialah sikap pada penjual, ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Segmentasi Pasar : Pengertian, Dasar, Syarat, Tujuan, Manfaat, Tingkatan & Tahapannya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :