SarjanaEkonomi.Co.Id – Tentunya kamu telah mempunyai suatu alasan mengapa dengan tahun saat ini dalam mencari lowongan pekerjaan khususnya di bagian IT Support . kamu mungkin pernah diminta tolong oleh kerabat atau adik kamu dalam menangani berbagai macam masalah seperti teknologi, apapun itu untuk melakukan suatu instalasi software di laptop mereka atau meyuruh kamu untuk membetulkan koneksi jaringan internet.
Jika kamu ingin dapat membantu lebih banyak orang lagi tetapi harus dibayar untuk melakukannya, langkah pertama adalah kamu dapat memikirkan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan hal teknis pada bidang IT. Pekerjaan tersebut mungkin tidak terdengar glamor, akan tetapi mereka yang bekerja di bidang tersebut merupakan orang-orang yang sangat penting di suatu industri, apalagi di era digital sekarang ini.
Jadi, apakah kamu sudah tertarik ingin melamar pekerjaan sebagai IT Support Mari kita pahami apa saja yang akan menjadi tanggung jawab kamu jika di terima sebagai IT Support.
Perusahaan Wajib Ada IT Support
Untuk semua perusahaan yang berdiri saat ini tidak dapat terpisahkan dari suatu peranan tekonologi yaitu berupa komputer. Semakin besar perusahaan yang kamu kerjakan maka sudah pasti akan semakin banyak pegawai yang menggunakan komputer untuk dapat menyelesaikan berbagai tugas pekerjaannya. dengan begitu pekerjaan sebagai seorang IT support justru semakin ramai banyak diminati.
IT support ini mempunyai peran dalam tugas untuk dapat menangani suatu masalah yang terjadi dan mempersiapkan segala sesuatu yang memerlukan dengan berkaitan IT. Tugas yang dimaksud adalah sepeti instalasi anti-malware pada sebuah komputer pada perusahaan maupun dapat mengatasi masalah pada sebuah jaringan. Tugas dan tanggung jawab sebagai IT support sebenarnya masih banyak lagi yang dapat dijelaskan setelah ini. perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pada bidang pekerjaan IT Support tersebut antara lain:
- Perusahaan yang berkaitan dengan software
- Perusahaan-perusahaan seperti perbankan dan finansial
- Perusahaan di elektronik
- Perusahaan seperti UKM dan bisnis besar yang sudah mengimplementasikan menggunkan IT dalam bisnisnya
- Sekolah dan universitas yang mendukug
- Organisasi secara publik
Pengertian IT Support
IT support yaitu teknisi dengan mempunyai sebuah tugas untuk dapat melaksanakan seperti instalasi, update, dan evaluasi komputer, software dan sistem jaringan pada sebuah perusahaan yang membutuhkan. Bisa disebutkan bahwa tugas dari seorang IT support itu sangat penting bagi pihak perusahaan, terutama pada perusahaan software. Seorang IT support perlu mempunyai pengetahuan yang luas di dalam bidang Informasi dan Teknologi.
Tugas dan Tanggung Jawab IT Support
Setelah kamu dapat mengetahui apa itu IT support maka selanjutnya kamu dapat mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab dari seorang IT support itu sendiri. Informasi ini akan sangat berguna terutama bagi kamu yang tertarik ingin mencari pengalaman sebagai profesi staff IT yang satu ini.
1. Seorang IT
IT support harus dapat memastikan untuk para penggunaan komputer dan dapat mengoperasikan komputer agar berjalan sebagaimana mestinya serta terhubungnya suatu koneksi antar client dalam suatu jaringan dapat berjalan dengan lancar. Jika kamu telah menemukan kendala yang mengganggu pekerjaan kamu, maka harus segera mencari solusinya.
2. Harus Memastikan Penggunaan Apllikasi
Pad sebuah aplikasi pada pengguna dapat berjalan dengan lancar. Perlunya kamu memastikan juga aplikasi yang digunakan selalu lancar dan yang paling update sehingga semua fungsi sudah dapat tersedia. Disarankan juga untuk dapat meminimalisir pada penggunaan sebuah aplikasi seperti bajakan demi menunjang kinerja yang lebih baik pada perusahaan yang kamu tempati.
3. Kembali Ke Penanganan Jaringan
Pada user yang saling terhubung satu sama lain namun tetap data yang ada harus mempunyai keamanan yang jelas. Orang lain seharusnya tidak dpat mengganti, mengambil atau menghapus data di dalam suatu komputer tanpa adanya izin yang bersangkutan. Hal ini juga harus dapat ditangani oleh seorang pihak IT support.
4. Memberi Keamanan Serta Melindungi Data
Data yang sangat penting pada perusahaan kamu juga harus selalu dapat menyiapkan proteksi atau pada sistem backup untuk dapat berjaga-jaga apabila akan terjadi hal yang tidak kita inginkan. Data yang telah di backup juga harus bisa direstore kembali pada setiap saat ketika terdapat suatu masalah.
5. Perangkat Utama Pada Komputer
Kamu juga harus dapat menentukan pada kinerja dari sebuah perangkat pada pendukung yang lain seperti printer, scanner dan masih banyak lain lagi. Hal ini juga sama dengan pentingnya untuk berjalannya suatu pekerjaan dalam perusahaan, terutama pada lingkungan kantor tempat kamu bekerja.
6. Kehadiran virus Dan Malware
Kendala pada suatu masalah yang kamu harus waspadai. pada proses pertukaran sebuah data yang tidak aman serta terbukanya suatu jaringan koneksi internet akan menjadi sumber penyebab terbesar akan kemunculan berupa gangguan – gangguan tersebut. Seorang IT support harus bisa menghambat pada masalah tersebut, bisa dengan menggunakan antivirus secara resmi, atau prosedur keamanan lainnya yang banyak tersedia.
7. Seorang IT Support Diperlukan Pengetahuan Yang Luas
aplikasi pada sebuah langganan oleh suatu perusahaan seperti Ms Office secara lengkap, Auto Cad, Aplikasi Stok dan Penjualan dan masih banyak lagi sesuai pada lingkup dan bidang usahanya.
8. Selain Software Diperlukan Pemaham Mengenai Perangkat Keras
Kinerja pada sebuah komputer maupun untuk jaringan komputer. Contohnya seperti switch, router, power supply dan hub dan lain-laini. Akan tetapi dalam hal ini juga perlu adanya batasan karena ketika dapat memasuki tahap pembetulan maka sudah bukan tanggung jawab lagi bagi staff IT support lagi. maka tugasnya hanyalah dengan menganalisa serta mengambil pada suatu keputusan dari masalah yang terjadi.
Latar Belakang Pendidikan IT Support
Latar belakang pada pendidikan yang berhubungan dengan suatu informasi di dalam pekerjaan, adalah salah satu hal yang paling sering terjadi dan ditanyakan. Ternyata, latar belakang untuk dapat bekerja dalam bidang ini cukup beragam. pada jenjang pendidikannya minimal D3 atau S1 lulusan IT, atau pendidikan yang berhubungan. ada juga pada sebuah perusahaan yang dapat menerima siswa SMK dengan menggunkan jalur pendidikan yang berhubungan. Jika kamu lulusan SMK, maka sudah dipastikan kamu mempunyai skill secara teknis setara dengan ketentuan perusahaan.
Jenjang Karier IT Support
Seperti pekerjaan dalam bidang IT lainnya, bidang IT ini juga mempunyayi tingkatan yang sangat bagus. Mulai dari computer system analyst, network support specialist, juga termasuk help desk analyst. Soal tingkatan karier, kamu tidak perlu dapat meragukannya. Pasalnya, pekerjaan dalam bidang IT, tergolong bidang yang cukup mempunyai jangka waktu yang panjang. Serta skill yang wajib dikuasai, belajar pada bahasa pemrograman ruby.
Ada beberapa skill yang harus kamu kuasai agar dapat menjadi seorang IT. Seorang information technology support, harus dapat menyelesaikan pada suatu permasalahan dalam teknis. Mereka pada umumnya dapat bekerja untuk membentuk sebuah perusahaan, yang berhubungan pada suatu permasalahan secara teknis internal. seorang yang siap bekerja dalam pekerjaan IT ini, harus sudah siap mempunyai hard skills maupun soft skills. Beberapa kemampuan yang harus kamu kuasai jika bekerja dalam bidang IT :
- Memahami Terkait PC
- Memahami Terkait Mac
- Memahami Terkait Linux/Unix
- Memahami Terkait operating systems
- Memahami Terkait maintain data reports
- Memahami Terkait programming
- Memahami Terkait pengetahuan sistem dasar
- Memahami Terkait NoSQL
- Memahami Terkait server
- Memahami Terkait kemampuan coding dasar
- Memahami Terkait pengetahuan terkait support ticket
- menguasai serta Memahami Terkait Microsoft SQL server
- Membaca dan menganalisis Terkait application logs
Syarat Menjadi IT Support
Persyaratan jika kamu ingin menjadi seorang IT Support pun berbeda pada setiap perusahaan. Dimana pada perusahaan mempunyai standar tersediri dalam menjalankan rekrutmen pada karyawan. Berikut adalah contoh syarat yang umum untuk digunakan oleh perusahaan dalam merekrutmen karyawan baru:
- Pendidikan dan Pengalaman yang dibutuhkan perusahaan
- Pria atau wanita usia maksimal 35 tahun, sesuai dengan kebutuhan perusahaan
- Pendidikan minimal SMK jurusan komputer, teknologi dan informasi .
- Berpengalaman dalam bidang IT, teknologi, jaringan minimal 1 tahun.
- Memahami dan menguasai segala yang berkaitan dengan komputer.
Skill IT Support
Dalam sebuah pekerjaan atau tugas yang telah dijalankan oleh seorang IT support tidak dapat hanya pada berlandasan dengan teori saja, namun sangat dibutuhkan skill atau kemampuan yang mempuhuni untuk dapat mengatasi segala sesuatu dalam masalah yang terjadi. Berikut adalah beberapa skill atau kemampuan yang harus dikuasi oleh pihak IT Support:
- Menguasai dan memahami terhadap aplikasi Microsoft.
- Dapat bekerja dengan cepat dalam proses memperbaiki masalah yang terjadi pada komputer user.
- Handal dalam merakit sebuah instalasi komputer.
- Menguasai pada sebuah jaringan kabel dan nirkabel.
- Menguasai dan memahami programmer.
- Dapat memperbaiki jaringan tanpa memakan waktu yang lama.
- Mampu melindungi komputer dari serangan virus ataupun pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengacaukan pada suatu sistem.
Setidaknya skill atau kemampuan dapat kamu pergunakan untuk mensupport kinerja dan menjalankan suatu tugas besarta tanggung dengan jawab pada seorang IT Support. Pekerjaan sebagai IT Support memang sangat dibutuhkan oleh pihak perusahaan dan banyak diminati. Namun dibalik itu semua menjadi seorag IT Suport dibutuhkan skill atau pengetahuan yang bagus.
Itulah teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang IT Support semoga teman-teman dapat memahami tentang IT Support dan manfaatnya, dan kalian dapat bekerja dengan benar pada bagian IT Support dengan baik dan benar, semoga artikel ini dapat membantu teman-teman, Terimaksih.
Baca Juga Artikel Lainnya :