Contoh Kata Pengantar

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.ID – Apakah kalian masih bingung cara membuat kata pengantar, kata pengantar sangat lah penting dalam menulis suatu karya ilmiah, salah satu yang terletak pada kata pengantar di bagian awal, dalam penyusunan kata pengantar. seperti kita mendapatkan tugas cara membuat makalah, buku atau skripsi dan tugas sekolah kalian pasti di awal ada yang namanya kata penghantar.

Nah untuk itu mari kita simak artikel ini karena banyak manfaat yang bakal kalian dapat dalam membuat surat penghantar dan kalian tidak akan bingung lagi. dalam membuatnya karena artikel ini dapat menuntun teman-teman untuk membuat surat penghantar, di simak ya kawan-kawan.

Contoh Kata Pengantar yang Benar & Cara Membuatnya

 

 

Pengertian Kata Pengantar

Pertama-tama ada baiknya kamu harus dapat memahami terlebih dahulu apa pengertian dari kata pengantar. Menurut KBBI, kata pengantar dimaksudkan adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat padat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Kata pengantar  itu sendiri ditulis di awal bagian halaman  sebuah karya tulis. Tujuan dari pembuatan kata pengantar adalah agar pembaca mengetahui  dan mudah bahwa dalam menyelesaikan karya tersebut, penulis telah melalui banyak hal dan dibantu oleh beberapa pihak dalam penyusunan karya tulis tersebut.

Dalam kata pengantar ini penulis mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak yang telah membantunya menyelesaikan karya tersebut.

Kata pengantar terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup. Pada bagian pembuka berada pada paragraf pertama hingga kedua kata pengantar. Pada bagian ini berisikan ucapan rasa syukur penulis atas selesainya Tugas yang di selesaikan seperti karya yang ditulis.

Pada bagian isi berisikan sedikit gambaran mengenai isi dari makalah tersebut. Penulis akan menyebutkan judul karya tulis. Dan tidak ketinggalan biasanya Penulis akan menyebutkan nama-nama orang yang berkontribusi yang membantu dalam penyelesaian karya tulis.

Sementara bagian penutup yang terakhir berisikan tentang permohonan maaf  terhadap penulis atau dari makalah atau laporan yang telah dibuat. Permohonan maaf itu biasanya lebih bertujuan untuk jika di kemudian hari ditemukan kesalahan dari tulisan tersebut.

 

Baca Juga : Contoh Abstrak

 

Perbedaan Kata Pengantar dan Prakata

Sebaiknya kamu mengetahui perbedaan antara kata pengantar dan prakata terlebih dahulu sebab, banyak orang yang masih bingung dan belum memahami antara kata penghantar dan prataka mengenai dua hal ini.

Kata pengantar dan prakata biasa dijumpai pada bagian awal sebuah penulisan seperti dalam buku, skripsi, makalah, dan karya tulis. Perbedaan antara keduanya adalah menunjukan pada siapa yang menuliskannya.

Kata pengantar atau foreword dibuat atau ditulis oleh orang lain selain penulis, bisa kerabat, pakar, pejabat, atau orang lain yang mewakili penulis bisa lebih dari satu. Kata pengantar berisi apresiasi terhadap tulisan dan  penulis. Kata pengantar juga menunjukan isi ucapan terima kasih kepada penulis.

Sementara, prakata atau preface ditulis oleh penulis itu sendiri  dan tidak ada yang mensupport sebagai halaman pembuka dalam sebuah tulisan.

Berbeda dari kata pengantar, prakata berisi ucapan terima kasih penulis kepada orang lain yang mendukung penulis pada proses pembuatan sebuah karya.

Baca Juga : Contoh Latar Belakang

 

Fungsi Kata Pengantar

Kata pengantar berfungsi mengantarkan pembaca kepada isi atau pada uraian-uraian yang terdapat di dalam suatu karya ilmiah. kata pengantar ditulis di halaman tersendiri, artinya tidak bersatu dengan bagian lain.

Sesuai dengan namanya, Kata Pengantar berfungsi untuk mengantarkan para pembaca kepada isi atau pokok uraian yang terdapat pada isi di dalam karya tulis tersebut.

Kata Pengantar tidak hanya berisi ucapan rasa syukur dan terima kasih saja, tetapi juga memuat gambaran umum tentang karya tersebut sehingga dapat meningkatkan minat para pembaca.

Kita Langsung saja Seperti apa contoh-contoh dalam pembuatan kata penghantar dan bagaimana cara dalam penulisan kata penghantar yang baik dan benar.

Baca Juga : Contoh Rumusan Masalah

 

 

Cara Membuat Kata Pengantar

Itulah beberapa contoh yang kawan-kawan dapat pelajari dalam membuat kata penghantar seperti apa dalam membuat kata penghantar yang baik dan benar agar kamu bisa membuatnya sendiri jika kamu mendapt tugas dalam sekolah maupun kuliah berikut adalah cara pembuatan :

1. Pembukaan

Bagian dalam pembukaan kita dapat menuliskan rasa ucapan terimakasih bertujuan atas terselesaikannya karya tulis yang kamu kerjakan sebagai penulis individu atau team kamu.

Pembuataan pembukaan tidak harus panjang melainkan hanya satu atau 2 paragraf saja

Dalam penyebutan orang-orang sekitarmu yang telah membantu kamu di urutkan sesuai dengan seberapa besar pengaruh orang tersebut dalam membantu kamu dalam membuat karya ilmiah.

 

2. Isi

Setelah membuat bagian pembukaan, kamu bisa lanjut ke bagian isi. Ini merupakan salah satu bagian yang cukup penting dalam kata pengantar, jadi, jangan sampai terlewatkan bagian dari isi.

Dalam bagian ini, bisa kamu isi tentang gambaran umum tentang karyamu sewaktu kamu melakukan penelitian secara langsung. Kamu bisa memulainya dari menyebutkan judul terlebih dulu, kemudian berikan sedikit uraian tentang karya tersebut.

Dalam memberikan uraian sebisa mungkin jangan terlalu panjang, cukup berikan gambaran umum yang mencangkup semua tugas karyamu secara singkat, jelas, dan padat. Bikin para pembaca membuat ingin membaca terus hasil dari karyamu sampai akhir.

 

3. Penutup

Di bagian ini, kamu bisa mengisinya dengan permohonan kata maaf dan harapan kedepannya. Dalam penulisan sebuah karya tulis, pasti penulis sebagai manusia biasa melakukan satu atau beberapa kesalahan.

Setelah permohonan maaf, kamu dapat menambahkan harapan kamu terhadap karya tulis atau makalah tersebut kedepannya.

Jangan lupa juga untuk menuliskan tempat dan tanggal dan tahun penulisan serta nama penulis/tim penyusun di bagian akhir kata pengantar.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi

 

 

Contoh Kata Pengantar

Kamu bisa membuatnya lebih spesifik. Dibawah ini adalah contoh cara penulisan kata pengantar makalah yang dapat kamu pelajari pada umum dan bisa digunakan pada berbagai makalah:

1. Contoh Kata Pengantar untuk karya Makalah

Puji dan syukur penulis kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya sebuah makalah yang berjudul ‘’…….’’. Atas dukungan moral,do’a dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak samsudin, S.E., selaku Rektor Institute Informatik dan bisnis yang telah memberikan bimbingan, saran, ide dan juga kesempatan untuk menggunakan fasilitas kampus untuk menunjang pembuatan makalah.
  2. Ibu Dian,S.Pd .., selaku Mentor pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.
  3. Ibu Astuti, T.I., selaku Pembimbing, yang banyak memberikan materi pendukung, bimbingan, dan masukan kepada penulis.
  4. Orang tua penulis yang banyak memberikan dukungan baik moril maupun materil.
  5. Semua pihak yang tidak dapat penulis rinci satu per satu yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna dan masih terdapat beberapa kekurangan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca untuk penyempurnaan makalah ini.

Tangerang, 27 Januari 2021
Penulis

 

2. Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Kami ucapkan puji syukur serta salam pada Allah SWT atas rahmatNya yang melimpah. Atas terselesaikannya kegiatan magang di PT. Sinar Mulia Indah.

Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas mata kuliah praktik kerja bisnis di fakultas ekonomi bisnis jurusan Manajemen Institute Informatik dan bisnis. Tujuan dibuatnya laporan magang ini yaitu untuk melaporkan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan dunia kerja di PT. Sinar Mulia Indah.

Dalam penyusunan laporan magang ini, tentu tak lepas dari pengarahan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka penulis ucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan laporan ini. Pihak-pihak yang terkait itu diantaranya sebagai berikut :

  1. Seluruh dosen penulis di Fakultas ekonomi dan bisnis yang sudah memberikan banyak informasi dan masukan.
  2. Bapak Junaidi Warohman selaku ketua PT Sinar Mulia Indah.
  3. Karyawan dan karyawati PT Sinar Mulia Indah yang dengan tulus memberi pengarahan pada penulis selama penulis magang di perusahaan tersebut.
  4. Orang Tua dan teman-teman penulis terima kasih banyak atas dukungannya.

Karena kebaikan semua pihak yang telah penulis sebutkan tadi maka penulis bisa menyelesaikan laporan magang ini dengan sebaik-baiknya. Laporan magang ini memang masih jauh dari kata kesempurnaan, tapi penulis sudah berusaha sebaik mungkin. Sekali lagi terima kasih. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

Bandung, 13 Oktober 2020
Penulis

 

3. Contoh Kata Pengantar Skripsi

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmat serta kasih-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini yang mengambil judul “Pengaruh kualitas produk barang dan jasa terhadap keputusan pembelian air minum kemasan merek tripanca di bandar Lampung 2015/2016”.

Tujuan penulisan skripsi ini untuk memenuhi sebahagian syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) bagi mahasiswa program S-1 di program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh sebab itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan skripsi ini.

Terselesaikannya skripsi ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak, sehingga pada kesempatan ini dengan segala kerendahan hati dan penuh rasa hormat penulis menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi semua pihak yang telah memberikan bantuan moril dan support maupun materil baik langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan skripsi ini hingga selesai, terutama kepada yang saya hormati:

  1. Bapak Prof. Dr. rangga prastya winata, M.Si selaku Rektor Institute Informatik dan Bisnis Lampung.
  2. Bapak Drs. David, S.E selaku Dekan Fakultas Ekonomi Manajemen Ekonomi bisnis Institute Informatik dan bisnis Lampung.
  3. Bapak Drs. hariri, M.Si selaku Pembantu Dekan 1 Fakultas Ekonomi Bisnis Institute Informatik dan bisnis Lampung.
  4. Bapak Dr. Wawan, M.Si selaku Ketua Jurusan Manajemen Ekonomi Bisnis Institute Informatik dan bisnis Lampung.
  5. Bapak Drs. Irpandi, M.Si selaku Sekretaris Jurusan Manajemen Ekonomi Bisnis Institute Informatik dan bisnis Lampung.
  6. Bapak Drs. Rudi, MS selaku Ketua Prodi Manajemen Ekonomi Bisnis Informatik dan bisnis Lampung.
  7. Ibu Dra. Irna Sriwati, M.Pd, selaku dosen pembinbing skripsi saya yang telah memberikan kritik dan saran bimbingan maupun arahan yang sangat bermanfaat dalam penyusunan pembuatan skripsi ini
  8. Bapak /Ibu dosen dan staff di kampus Fakultas Manajemen Ekonomi Bisnis, khususnya Program Studi Manajemen Ekonomi Bisnis yang telah banyak membantu kami untuk dapat melaksanakan penulis dalam studi.
  9. Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian skripsi ini yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadi bahan masukan dalam dunia pendidikan.

                                                                                        Jakarta, September 2019

                                                                                                          Penulis,

                                                                                          Yohanes simatulupang
                                                                                               NIM. 1212110445

 

 

4. Contoh Kata Pengantar Proposal

Segala puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT atas beribu nikmat ataupun karunia-Nya yang telah diberikan, sehingga terselesaikan tepat waktu, proposal penelitian skripsi yang berjudul “Pengaruh harga bahan pokok di bandar lampung.”

Adapun maksud dan tujuan diajukannya proposal penelitian skripsi ini adalah untuk mempelajari bagaimana Harga bahan pokok yang ada di bandar lampung cenderung tidak stabil bahkan banyak petani beras yang merugi akibat murah nya harga beras yang berada di bandar lampung.

Proposal penelitian ini mungkin tidak akan selesai tanpa bantuan dari pihak-pihak tertentu. Maka, saya ucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu, diantaranya sebagai berikut :

  1. Bapak Asep S.Sos., M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu ekonomi Univerasitas Barawijaya
  2. Ibu levina S.Sos., Msi selaku Ketua Program Studi Ekonomi Universitas Barawijaya
  3. Bapak Toni Yanuar S.Ikom., M.Ikom selaku dosen pembimbing.
  4. Kedua orangtua, sahabat, dan pihak-pihak yang membantu, mendukung lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
  5. Diharapkan, proposal ini bisa bermanfaat untuk semua pihak. Dan tak lupa kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan dari si pembaca agar proposal ini bisa lebih baik lagi kedepannya.

Bandar Lampung, 14 Januari 2019

Penulis

 

5. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, tak lupa juga shalawat beriring salam kita haturkan kepada baginda kita nabi Muhammad SAW, sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “Pelestarian Lingkungan dan sumber daya Alam” dengan yang diharapkan.

Dengan maksud penyelesaian karya tulis ini agar memenuhi tugas bahasa Indonesia. Terima kasih kami tidak haturkan kepada yang terhormat Ibu Drs. Deviana selaku pembimbing materi pembuatan karya tulis tersebut, dan tak lupa untuk semua pihak yang mendukung didalam penyusunan karya tulis ini.

Harapan kami pun semoga karya tulis ini dapat bermanfaat, khususnya bagi si pembaca untuk menambah wawasan baru atau pengetahuan tentang judul karya ilmiah yang disebutkan diatas.

Kami menyadari karya tulis ini masih banyak kekurangan yang mungkin tidak disadari dan dengan keterbatasan yang kami miliki. Kritik dan saran dari pembaca akan diterima dengan tangan terbuka demi perbaikan dan kesempurnaan karya tulis ini.

Lampung, 05 Aprilr 20120

 

Kesimpulan

Sesuai dengan judul kata penghantar di gunakan untuk dapat menghantarkan para pembaca karyamu untuk lebih memahami seperti apa karya ilmiah mu yang kamu buat dan kesimpulan dari karya ilmiah yang tertuang dalam singkat dan jelas isi dari karya ilmiah.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Pustaka

 

Dengan di berikan beberapa contoh kata pengantar di atas, agar di harapkan para pembaca dapat memahami Contoh Kata Pengantar Semoga artikel yang dibuat dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.