Contoh Proposal Usaha

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Bila saat ini kamu sedang giat nya untuk membangun bisnis, mungkin musuh dalam bisnis pada umumnya pasti terkait dengan modal adalah suatu kendala untuk dapat membangun bisnismu. Bemacam ide kreatif yang sudah banyak kamu kumpulkan sebagai refrensi kamu jika sewaktu benar jika kamu akan mendirikan suatu bisnis serta keinginan kamu agar dapat membangun suatu bisnis umumnya tidak dapat tercapai karena terhambat pada urusan keuangan. Akan tetapi, hambatan ini kenyataannya dapat dirampungkan dengan kita hanya mencari seorang investor yang ingin bekerja sama dengan kita.

Dalam dunia bisnis itu sendiri sangat penting dengan kedatangan seorang investor adalah yang sangat untuk dinanti-nantikan. Investor datang agar dapat memberi modal berupa dana ke dalam bisnis yang sedang kamu bangun. untuk dapat mendatangkan seorang  investor, maka kamu wajib untuk dapat membuat sebuah proposal usaha. Selanjutnya, proposal usaha tersebut bertujuan agar dapat menunjukan bahwa usaha yang sedang kamu bangun mempunyai peluang besar bakal sukses, sehingga para investor dapat menyutikan berupa dana ke dalam bisnis yang sedang kamu lakukan. Dengan membuat proposal usaha, maka para investor juga dapat mengerti terkait dengan model bisnis dan orientasi bisnis yang akan kamu lakukan.

Berbicara dengan isi terkait tentang proposal usaha, maka kamu dapat menampilkan nama bisnis yang sedang kamu jalani, modal yang kamu butuhkan, analisis tentang rumus Analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat), peluang pasar, dan juga penjelasan terkait pada suatu produk bisnismu, oleh karena itu kita langsung saja membahas secara lengkap terkait dengan proposal usaha beserta beberapa contohnya yang akan saya berikan di akhir judul artikel.

10 Contoh Proposal Usaha Serta Cara Membuatnya yang Benar


Pengertian Proposal Usaha

Proposal usaha adalah penyampaian dengan secara umum untuk dapat menginformasikan terkait pada profil usaha yang akan dijalankan oleh seorang pengusaha. Proposal ini seperti dengan dokumen tertulis yang memvisualisasikan terhadap semua unsur, baik secara internal maupun dengan secara eksternal mengenai suatu bisnis baru. Dalam menyusun sebuah proposal bisnis, kamu wajib untuk dapat memonitor beberapa sisi penting di dalamnya seperti suatu tujuan yang nyata, fleksibel, batasan pada waktu, dan juga tanggung jawab.

Proposal Usaha terdiri  menjadi 2 bagian yaitu, proposal dengan secara langsung dan proposal dengan tidak secara langsung dan dapat diterangkan di bawah ini:

  • Proposal dengan secara langsung merupakan suatu proposal yang diciptakan pada biasanya, Proposal tersebut diciptakan dengan keinginan agar dapat mengajak vendor lain untuk dapat berkoalisi bersama usaha kamu dan saling mengusung kontribusi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Proposal usaha jenis ini biasanya mengincar terjadinya balas jasa dan sebuah kesatuan yang saling menguntungkan antara satu pihak dengan pihak yang lainnya.
  • Proposal tidak langsung adalah salah satu istilah pemasaran yang dipakai untuk dapat mempromosikan suatu produk atau jasa dari usaha yang kamu lakukan. Sebagai contoh dari proposal tidak secara langsung adalah brosur yang dibuat dengan secara sia-sia kamu berikan kepada orang lain. Brosur tersebut mempunyai manfaat untuk dapat menginformasikan usaha kamu kepada orang tanpa harus dengan mengharapkan balas jasa sama sekali.

Pengertian Proposal Usaha Menurut Para Ahli

Supaya dapat lebih lengkapnya,maka dapat disimak Pengertian Proposal usaha menurut Para Ahli adalah sebagai berikut ini :

  • KBBI (2002) : Arti Proposal merupakan suatu planning yang disampaikan dalam wadah rancangan kerja, rencara secara sistematis, matang dan detail yang diciptakan oleh para peneliti sebelum menjalankan penelitian, baik dengan penelitian di lapangan (field research) maupun penelitian di dalam perpustakaan (library research). Keterampilan dalam menulis laporan proposal usaha wajib untuk mempunyai setiap insan yang berpendidikan supaya mereka terbiasa dengan cara berpikir secara sistematis-logis sebagaimana di dalam kaidah-kaidah dalam penulisan proposal.
  • Hasnun Anwar (2004 :73) : Proposal adalah rencana yang tersusun untuk kegiatan tertentu.
  • Jay (2006 :1) : Proposal merupakan alat bantu kepada manajemen standar supaya menajemen dapat berfungsi dengan secara optimal.


Fungsi Proposal Usaha

Fungsi dari adanya sebuah dari proposal usaha. Dengan menyimak serta mempunyai proposal usaha dari bisnis yang dilakukan dapat memperoleh banyak sekali manfaat pada usaha kamu di waktu kemudian hari. Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari pembuatan proposal bisnis yang dapat kamu pahami:

  • Fungsi pertama dari suatu proposal bisnis merupakan suatu bentuk untuk memimpin sebuah proyek yang baru dengan pihak pelanggan yang tampak sebelumnya belum ada yang sudah memahami dan mempunyai hubungan bisnis dengan usaha yang kamu lakuka pada saat ini.
  • Mempunyai proposal usaha yang mendetail juga dapat menyeleksi kamu dengan usaha yang dipunyai oleh orang lain karena kamu dapat mempresentasikan kapabillitas apa saja yang dipunyai oleh usaha yang kamu punya.
  • Di dalam jenis proposal juga pada mumnya terkait pada testimoni dan beberapa contoh dari proyek yang sudah lancar kamu jalankan sebagai salah satu bentuk bukti bahwa kamu pernah mempunyai pengalaman yang banyak di bidang tersebut. Semakin banyak proyek yang berhasil kamu lakukan maka sudah tentu dapat membuat usaha kamu akan lebih mudah untuk diketahui  oleh banyak orang.
  • proposal usaha juga dapat memperoleh sebuah poin bahwa kamu mempunyai keyakinan untuk dapat menyanggupi dan menjalankan kerjasama terhadap dengan keinginan oleh pihak perusahaan atau usaha lain yang ingin kamu ikut sertakan dalam bekerja sama.
  • Dengan mempunyai sebuah proposal bisnis, maka kamu dapat lebih dengan mudah untuk dapat membuat rencana untuk dapat membangun suatu usaha. Bukan hanya itu saja, kamu juga dapat mmemperoleh beberapa manfaat lain, seperti denga melaksankan antara rencana sebelumnya dan hasil yang ingin di peroleh sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Manfaat Proposal Usaha

Ada beberapa manfatat yang dapat didapatkan dalam wirausahawan dengan penyusunan bentuk proposal usaha/bisnis, adalah sebagai berikut :

  • Sebagai dalam perbandingan antara perkiraan dengan hasil yang secara realita.
  • Membantu kamu dalam membangun dan mengetes dalam strategi dan hasil yang dinantikan dari sudut pandang pihak lain.
  • Menyediakan alat berupa komunikasi bagi wirausahawan agar dapat memaparkan dan meyakinkan pada suatu gagasannya kepada pihak lain sdengan ecara keseluruhan.
  • Membantu wirausahawan agar dapat bertindak secara kritis dan objektif pada bidang bisnis yang akan kamu lakukan.
  • Persaingan pada faktor ekonomi dan analisis keuangan yang masuk dalam suatu bentuk proposal usaha dapat mendekati pada suatu asumsi-asumsi secara bijak, terkait dengan seberapa besar level keberhasilan usaha yang kamu jalankan.
  • Mengenali adanya probabilitas resiko secara pada saat penting, untuk dapat memperlancar penentuan pada suatu langkah kewaspadaan.
  • Memberikan sumber-sumber keuangan yang lebih nyata, dengan pemberian sebuah dokumen secara ringkas yang mengunsur pada informasi penting serta dapat evaluasi dalam keuangan.
  • Memberikan sebuah gambaran terkait dengan skill wirausahawan agar memenuhi kewajibanya sebagai wirausahawan sekaligus seorang pemimpin dalam bisnis kamu sendiri.
  • Menjadi sebuah memvisualisasikan pertama dan seberapa jauh skill secara manajerial kepada seseorang wirausahawan.
  • Dapat mengenali adanya suatu ancaman secara kritis pada saat genting, guna memperlancarkan penentuan langkah secara antisipasi.
  • Memberikan sebuah informasi pada potensi pasar dan perkiraan pangsa pasar share yang mungkin di gapai.
  • Memberikan suatu sumber-sumber dalam keuangan yang nyata, pada dokumen dengan secara ringkas yang mengandung suatu informasi penting dan evaluasi keuangan.
  • Memberikan pandangan terkait tentang skill wirausahawan agar dapat memenuhi kewajibannya.

Tujuan Proposal Usaha

Dalam pembuatan proposal usaha tentunya berhubungan pada suatu tujuan utama yang dimilikinya, tujuan tersebut sangat berhubungan dengan pencapaian bantuan dana keuangan, serta bermacam bentuk support dari lainnya, termasuk pada perizinan, dan juga sponsor iklan yang telah menolong dengan berjalannya rencana usaha dengan lebih baik, karena itulah dalam pembuatannya sendiri, biasanya proposal tersebut akan menampilkan bermacam bentuk ide atau wawasan dari bisnis apa yang menggiurkan, baik bagi kamu selaku pemilik bisnis, serta mereka yang ikut berperan dalam pemberi dukungan support atau sponsor iklan.


Jenis Proposal Usaha

Ada beberapa jenis dalam proposal usaha yang dapat dipakai sebagai alat untuk dapat menginformasikan usaha kepada target pasar maupun pihak para investor. Setiap jenis proposal usaha ini tentu saja mempunyai tujuan pada masing-masing tugas. Adalah sebagai berikut di antaranya:

1. Proposal Usaha Formal

Biasanya, proposal yang akan dibuat dengan cara formal dapat dipakai untuk merespon suatu permintaan proposal dari pihak lain yang akan bekerja sama dengan pihak perusahaan kamu. Pada dasarnya, isi dari proposal formal ini sepantasnya pada proposal sebagaimana mestinya. Namun, pada proposal berbentuk secara formal isinya sedikit dapat menyesuaikan dengan yang diinginkan oleh pihak klien supaya dapat lebih mudah dipahami sehingga terjalin kerja sama yang solid antara satu dengan yang lainnya.


2. Proposal Usaha Informal

Jika dilihat secara lebih lanjut, maka proposal yang bentuknya informal dapat dibuat pada saat tidak ada suatu permintaan proposal secara formal. pada umumnya, proposal satu ini terencana dibuat oleh pihak calon pembeli yang tergiur dengan suatu produk usaha kamu. dalam menciptakan proposal jenis informal ini sangat berbeda dengan membuat proposal formal. Biasanya, proposal informal ini dapat melihat siapa pelanggan yang meminta dan isinya juga harus sama dengan sudut pandang pelanggan yang berhubungan. Dengan demikian, proposal usaha yang diperoleh dapat lebih mudah untuk dapat dimengerti sehingga akan terjadi konversi penjualan.


3. Unsolicited Proposal

Jenis proposal usaha yang terakhir merupakan unsolicited pada proposal yang akan dibuat tanpa ada suatu permintaan dengan secara resmi dan tidak dapat diminta secara jelas. Pada umumnya, proposal semacam ini seperti brosur ataupun email blast. Proposal jenis usaha satu ini umumnya terkait tentang data generik karena memang disiptakan dengan secara singkat, padat, dan jelas supaya para pembacanya dapat memperoleh kesan yang baik. Tentu saja, unsolicited proposal memerlukan penempatan posisi yang cocol dan tidak dapat dengan seenaknya supaya  berjalan dengan lancar dan sesuai dengn tujuannya.


Unsur-Unsur Proposal Usaha

Saat membuat proposal bisnis, selalu menjadi maksud dan tujuan proposal yang diajukan agar elegan, relevan, benar, dan layak disetujui sehingga tujuan kami mengadakan penyelidikan dana atau dana lebih mudah untuk dicapai. Agar proposal kami benar dan untuk memenuhi tujuan yang diuraikan di atas, harus ada elemen yang harus dimasukkan dalam setiap proposal bisnis. Elemen-elemen berikut adalah:

1. Latar Belakang Masalah

Disebutkan bahwa ada jarak antara kesempatan dan kenyataan, baik secara teoritis dan praktis, yang mempunyai masalah untuk dihadapi. Selain itu, Latar Belakang Masalah mempromosikan gambaran dengan secara singkat. Tentang hasil dari suatu penelitian, teori, kesimpulan seminar dan diskusi ilmiah serta pengalaman pribadi sehubungan dengan yang permasalahan yang diteliti. Oleh karena itu, topik yang ditentukan dalam penelitian mempunyai suatu fondasi yang lebih kuat. Selengkapnya, kamu bisa lihat beberapa contoh Latar Belakang yang bisa kamu gunakan untuk refrensi dalam membuat latar belakang masalah.


2. Rumusan Masalah

Kata-kata suatu masalah dengan secara jelas dibuktikan dalam bagian pertanyaan yang jawabannya ditentukan. Dalam hal ini, rumusan masalah harus sesuai, jelas, ringkas, dan di definisikan dengan jelas oleh kata-kata sebuah pertanyaan. Perumusan masalah yang logis akan menampilkan variabel yang dapat diteliti dan diuji secara empiris. Selengkapnya, kamu bisa lihat beberapa contoh rumusan masalah yang bisa kamu gunakan untuk refrensi dalam membuat rumusan masalah.


Cara Membuat Proposal Usaha

Dalam menyusun sebuah proposal usaha, Kamu dapat membuatnya dengan secara singkat, padat, dan jelas. Hal itu perlu dijalankan supaya mudah dimengerti oleh orang lain, apalagi kalau kamu memerlukan untuk mencari seorang investor. Berikut akan kami akan tampilkan dalam langkah-langkah pembuatan proposal usaha :

  • Pendahuluan
  • Profil Lengkap Usaha
  • Lokasi Usaha
  • Struktur dan Organisasi Usaha
  • Deskripsi Produk
  • Target Pasar
  • Cantumkan Analisis S.W.O.T
  • Strategi Usaha untuk Memenangkan Persaingan
  • Promosi dan Pemasaran
  • Manajemen Anggaran
  • Laporan Keuangan
  • Bentuk Badan Usaha
  • Penutup
  • Lampiran

1. Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian awal yang dapat digunakan untuk menerangkan berupa latar belakang bisnis yang kamu buat. Hal ini mencangkup pada jenis usaha, prospek usaha, pandangan suatu keunggulan usaha dibanding kompetitor, tantangan yang akan dihadapi ke depannya, visi dan misi usaha. Bagian ini sebaiknya ditulis dengan cukup jelas tanpa ada kalimat-kalimat campur aduk.


2. Profil Lengkap Usaha

Setelah menyusun terkait tentang pendahuluan, selanjutnya kamu buatlah profil usaha dengan secara lengkap dan jelas. Bagian dari profil usaha ini wajib untuk menampilkan informasi penting seperti nama usaha, jenis usaha, lokasi, serta riwayat badan usaha.


3. Lokasi Usaha

Pagian bagian lokasi usaha, kamu dapat mencantumkan alamat usaha dengan secara detail dan tidak fiktif. Misalnya dengan mencantumkan alamat jelas mencakup kelurahan, kecamatan, kota/kabutan, provinsi, dan kode pos yang ada di tempat tinggal kamu.


4. Struktur dan Organisasi Usaha

Struktur dalam organisasi ini tidak terbatas pada skala usaha yang keil, jadi meski kamu membuka usaha dengan skala kecil, sebaiknya kamu harus tetap membuat struktur dan organisasi usaha kamu. Buatlah struktur usaha mencakup keopunyaan, asisten, staff, dan lain sebagainya.


5. Deskripsi Produk

Di bagian deskripsi dalam suatu produk, buatlah penggambaran dengan secara terperinci tentang suatu produk yang akan dijual, baik itu jasa atau barang. Kamu dapat mencantumkan suatu informasi mengenai jenis produk yang akan dijual, spesifikasi, metode produksi, keunggulan, kuantitas tiap produksi, kendala, dan sebagainya.


6. Target Pasar

Saat kamu mendirikan bisnis, maka kamu harus dapat terlebih dahulu tahu mana pasar yang kamu arahkan. Penjelasan mengenai suatu target pasar ini wajib untuk dipaparkan dalam bentuk proposal usaha, lebih baik lagi jika disupport oleh data yang kuat. supaya bagian ini lebih terlihat secara nyata dan terperinci, buatlah profil pelanggan fiktif. Meski fiktif, profil tersebut wajib dengan berdasarkan data yang kamu dapatkan. Profil tersebut biasanya berisikan pada jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan informasi serta pendukung lainnya.


7. Cantumkan Analisis S.W.O.T

Salah satu cara untuk dapat menarik minat investor adalah dengan menginformasikan analisis S.W.O.T (strength, weakness, opportunity, threat) yang komprehensif. Analisis ini sangat wajib untuk dapat ditampilkan supaya para investor mendapat pandangan yang lebih jelas mengenai usahamu. Selain itu, suatu analisis ini juga sangat bermanfaat bagi usahamu bisnis sendiri, sebab analisis ini menolong kamu untuk dapat menentukan strategi yang baik.


8. Strategi Usaha untuk Memenangkan Persaingan

Tak dapat dihindari bahwa dunia dalam usaha adalah soal dalam persaingan, siapa yang mampu untuk dapat bertahan dan menjadi lebih unggul. maka salah satu cara untuk membuat proposal adalah usaha yang baik adalah dengan menampilkan strategi untuk memenangkan pangsa pasar.


9. Promosi dan Pemasaran

Produk akan sebagus apapun tidak akan memperoleh pangsa pasar yang baik jika tidak mempunyai cara strategi yang tepat dalam mempromosikan dan pemasaran yang baik. Dalam dunia bisnis, promosi serta pemasaran berperan penting dalam keberlangsungan suatu bisnis yang kamu jalani. Inilah alasan mengapa kamu dapat memasukkan strategi dengan secara promosi dan pemasaran dalam proposal.


10. Manajemen Anggaran

Manajemen anggaran atau budgeting mencakup modal keuangan, harga pada suatu jual produk, hingga perkiraan penjualan produk. Jangan lupa untuk dapat menampilkan jumlah nominal yang jelas.


11. Laporan Keuangan

Sebuah badan usaha yang berkualitas adalah yang mempunyai bukti laporan keuangan yang baik. Laporan keuangan ini biasanya merangkum suatu analisis titik impas atau BEP (break even point) dan sumber modal perusahaan.


12. Bentuk Badan Usaha

Ada banyak jenis dalam bentuk badan usaha seperti perseorangan, CV, firma , perseroan terbatas (PT), dan lain sebagainya. Sertakan pemberian informasi tersebut dengan secara jelas di dalam proposal bisnis kamu.


13. Penutup

Pada bagian penutup ini, kamu dapat mengisinya dengan menggunkan kalimat-kalimat yang pantas agar dapat meyakinkan pihak-pihak sasaran kamu.


14. Lampiran

Bagian dari lampiran ini berisi tentang dokumen-dokumen pendukung berhubungan dengan badan usaha punya kamu. seperti biodata kepunyaan usaha, surat izin usaha, akta pendirian, SIUP, sertifikat tanah, dan dokumen-dokumen pendukung lainnya.


Contoh Proposal Usaha

Contoh proposal usaha ini digunakan untuk mempermudah seseorang dalam menjalankan bisnis karena proposal berisi panduan secara rinci dan jelas. Beberapa jenis usaha seperti misalnya kuliner, marchendise, buku dan bisnis lainnya. Dalam suatu bidang usaha, tentu harus memuat estimasi modal dan analisis SWOT yang berbeda. Untuk lebih detailnya mengenai proposal usaha. Berikut ini adalah beberapa contoh proposal usaha yang baik dan benar.

1. Contoh Proposal Usaha Ayam Geprek Jagonya Ayam

A. Ringkasan

  • Konsep

Ayam geprek jagonya ayam adalah jenis makanan berbahan dasar ayam goreng dengan tambahan tepung yang dibalut dengan berbagai macam sambel nusantara. Produk ini dapat menjadi pilihan makanan bagi orang-orang yang ingin menikmati ayam geprek jagonya ayam dengan harga yang terjangkau dan rasa yang sangat lezat.

  • Manajemen

Usaha ini didirikan oleh empat orang mahasiswa yang ingin berkontribusi sebagai pilihan kuliner bagi setiap orang tanpa terbatas.


B. Deskripsi Usaha

  • Deskripsi produk

Ayam geprek Jagonya ayam mengambil dari konsep makanan ayam geprek yang terjangkau serta telah dilengkapi dengan berbagai macam pelengkapan yang sering ditemui seperti tahu, tempe, dan lain sebagainya. Sambelnya dibuat dengan secara variatif mulai dari dabu-dabu, sambal matah, dan lain sebagainya.

  • Strategi produk

Keunggulan ayam geprek jagonya ayam ini terletak pada citra rasa pada sambelnya yang sangat unik dan nikmat karena mengambil dari varian sambel yang jarang ditemukan pada ayam pada umumnya dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

  • Harga

Produk akan dijual dengan 1 porsi seharga Rp 20.000 yang berisi ayam, sayuran lalapan, nasi dan sambal khas ayam geprek jagonya ayam.

  • Promosi

Promosi akan dilakukan dengan menggunakan seperti lewat sosial media dan media offline berupa spanduk dan brosur yang akan tercantum di tempat.

  • Target pasar

Target pasar menjangkau pada semua kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa serta berbagai macam profesi dan kelas sosial atas maupun bawah.


C. Analisa SWOT

  • Kompetitor

Ada banyak para penjual yang sama juga menjual ayam geprek. Karena itu, ayam geprek jagonya ayam fokus dalam penyajian ayam yang sangat renyah dan dibalut sambel yang beragam ke lezatannya.

  • Kelebihan

Untuk saat ini, tidak ada penjual ayam geprek yang telah menampilkan banyak sambal sehingga, ayam geprek jagonya ayam masih cukup unggul.

  • Kelemahan

Kesamaan jenis produk yang dijual dengan pangsa pasar lain

  • Opportunity

Peluang pada produk yang berbeda sehingga bisa disukai oleh banyak kalangan.


2. Contoh Proposal Usaha Kerajinan

Judul Proposal Usaha

Kumbang Kepik dari Botol Plastik Bekas

1. Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • 1 buah Botol plastik bekas (ukuran bebas)
  • Cat warna cerah Dan menarik
  • 1 buah Kuas
  • 1 buah Bola pimpong
  • 2 buah Bola mata kecil plastik
  • Lem
  • Kawat
  • Gunting dan pisau
  • Pernak-pernik
  • Paku kecil

2. Cara Pembuatan

  • Pertama, kamu harus membuat pada bagian badan terlebih dahulu dengan dapat memotong pada bagian bawah botol plastik dengan menggunakan gunting.
  • Kemudian cat pada +bagian dalam botol plastik
  • Setelah itu jemur botol plastik di bawah terik sinar matahari sampai cat mulai kering dengan sempurna.
  • Siapkan bola pimpong, kemudian kamu dapat buatlah pada bagian kepala dengan memotong bola pimpong menjadi ukuran seperempat bagian.
  • Supaya agar sama maka kepala kumbang, cat bola pimpong dengan warna dengan warna hitam.
  • Potong kawat sekitar 4 sampai 5 cm dan tekuk pada bagian ujungnya. Kawat ini dipakai untuk antena kumbang
  • Selanjutnya, kamu dapat melubangi pada bagian kepala supaya antena dapat dipasang dengan menggunakan paku ukuran kecil.
  • Tempelkan pada bagian kepala dan badan kumbang dengan menggunakan lem.
  • Setelah itu, tempel juga matanya kumbang serta dapat tambahkan dengan hiasan pernak-pernik pada bagian badan kumbang.
  • Hiasan kumbang kupik yang imut siap untuk digunakan.

3. Perencanaan anggaran

  1. Modal
    • Cat kumbang              : Rp 30.000
    • Kuas                            : Rp 5.000
    • Bola pimpong             : Rp 25.000
    • Kawat:                         : Rp 5.000
    • Bola mata plastik kecil: Rp 4.000
    • Lem                             : Rp 6.000
    • Jumlah                         : Rp 75.000 estimasi untuk 35 unit
  2. Penjualan
    Rencana harga jual         : Rp 85.000 untuk 35 unit
    Profit
    Harga jual – modal          : Rp 85.000-Rp 75.000 = Rp 10.000

4. Analisis SWOT

a) Strength

  • Harga relatif cukup murah
  • Produk cukup menarik dan lucu khusunya untuk kalangan anak-anak

b) Weakness

  • Tidak akan ramah lingkungan karena terbuat dengan menggunakan plastik yang susah untuk terurai.

c) Opportunity

  • Belum ada yang pernah untuk menjual jenis produk ini di daerah Pekalongan
  • Menerima pesanan sakla kecil maupun besar
  • Melayani jual beli dengan secara online.

d) Threat

  • Banyak penjual produk yang serupa dengan bahan plastik yang lebih baik berupa kain flanel

3. Contoh Proposal Usaha Minuman Es Janggodino

A. Ringkasan

  • Konsep

Mengusung pada suatu konsep minuman tradisional, pemilik usaha ingin menciptakan minuman secara tradisional tidak kalah dengan minuman modern kalangan saat ini dengan memvariasikan dengan menggunakan bahan-bahan yang sedang hype mulai dari boba, manga, dan juga bahan-bahan lainnya.

  • Manajemen

Usaha ini pimpin oleh satu pemilik modal yang telah dilengkapi dengan tiga orang karyawan yang dapat membantu dalam berjalan nya suatu operasional dalam penjualan.


B. Deskripsi Usaha

  • Deskripsi produk

Janggodino memasang cendol sebagai bahan dalam komoditi utama untuk penjualan. Bedanya, cendol dapat untuk digabungkan dengan menggunakan bahan-bahan lainnya mulai dari jus buah-buahan, susu, boba, dan juga lainnya.

  • Strategi produk

Dengan memakai variasi yang unik dan belum pernah dilakukan oleh oprang lain, Maka Janggodino diharapkan dapat memikat hati banyak orang serta memperoleh sensasi minuman yang unik secara khas dan belum pernah dirasakan oleh orang-orang sebelumnya.

  • Harga

Produk dapat dijual dengan harga sekitar Rp. 15.000 dan konsep drink-to-go dimana, orang-orang akan dapat menikmati minuman tanpa harus di tempat nya saja.

  • Promosi

Promosi akan dilakukan dengan via website, sosial media dan offline berupa cara pemasangan iklan di majalah kuliner dan pemberian brosur es Janggodino.

  • Target pasar

Kalangan milenial yang cukup dikenal sebagai para konsumen utama dalam pangsa pasar dimana, mereka hobi dalam jajan minuman es drink-to-go.


C. Analisa SWOT

  • Kompetitor

Trend dalam minuman drink-to-go yang sedang populer akan dapat memunculkan banyak produk yang sama.

  • Kelebihan

Hingga saat ini, belum ada yang mencoba untuk dapat menjual cendol dengan variasi bahan-bahan lainnya.

  • Kelemahan

Minuman yang dijual kalah populer dibandingkan dengan minuman drink-to-go lainnya.

  • Opportunity

Variasi dalam minuman yang unik sehingga akan berpeluang lebih banyak untuk disukai oleh semua kalangan.


4. Contoh Proposal Usaha Property

Judul

Pengembangan Rumah Toko

1. Produk yang ditawarkan:

  • Rumah Toko Abadi Makmur

2. Lokasi Proyek:

  • Semarang

3. Site Plan :

  • Areal tanah ini seluas kurang lebih 675 m2 (35 m x 35 m).
  • Salah satu lokasi yang terbaik untuk pengembangan ruko adalah di posisi baik, pada di persimpangan jalan dan dengan lalu lintas masing-masing derngan 2 arah.
  • Sehingga posisi ini menjadi sangat strategis, parkir dapat dari 2 sisi, dan pagar dapat dibuka, sehingga mempelancar dengan keluar masuk parkir dan dapat muat banyak parkir.
  • Dalam areal tanah tersebut, dapat dibangun dengan 4 unit dengan ukuran 5 m X 25 m.
  • Koefesien dasar bangunan untuk rencana ini = 49%, dan halaman parkir = 375 m2 (52%), dapat memuat 26 lot parkir.

4. Nilai Investasi

  • Perkiraan total dalam investasi tanah dan bangunan kurang lebih sekitar Rp5 miliar (4 unit).
  • Untuk ruko masing-masing 4 lantai, dengan asumsi pada harga tanah kurang lebih Rp 4 Juta/m2.
  • Apabila harga tanah di bawah dari harga tersebut, maka investasi akan dapat menjadi lebih rendah.

5. Penentuan Harga:

  • Harga pokok dalam penjualan (HPP) = Rp 1,25 miliar/Unit
  • Harga dalam Pesaing = Rp3,5 miliar.

6. Pembangunan:

  • Pembangunan dapat dilaksanakan dengan sendiri.
  • Pembangunan dapat dilakukan dengan kerja sama.

7. Sistem Pemasaran

  • Iklan di media
  • Media sosial
  • Agen pemasaran
  • Pameran Produk

8. Analisis SWOT

a) Strength

  • Harga sangat relatif murah dibandingkan dengan proyek yang sama
  • Produk dapat mengedepankan kualitas yang terbaik

b) Weakness

  • Fasilitas pada pendukung yang kurang memadai

c) Opportunity

Menerima pada pemesanan dengan secara online

d) Threat

  • Banyak para penjual produk yang sama di wilayah tersebut

5. Contoh Proposal Usaha Bengkel Mobil

Judul

Bengkel Mobil Simponi Djaya

1. Latar Belakang

Saat ini hampir setiap orang memakai kendaraan untuk dapat mendukung proses dalam mobilisasi dalam hidupnya, salah satunya adalah dengan menggunakan mobil. Mobil meerupakan sebuah kendaraan yang perlu adanya suatu perawatan mesin seperti penggantian oli berkala, suku cadang, dan servis yang lain. Maka dari itu kehadiran bengkel mobil sangat dibutuhkan dan cari oleh pemilik mobil.


2. Profil Usaha

  1. Jenis Usaha : Bengkel Mobil
  2. Alamat        : Jakarta Barat
  3. Kontak        : 0834-6756-0909

3. Gambaran usaha

  1. Usaha ini adalah jenis bisnis bengkel mobil yang berlokasi tepatnya di jalan lintas Jakarta- Barat
  2. Banyak kendaraan yang lalu lalang berkeliaran di jalan ini sehingga dapat menjadi satu keunggulan dalam keuntungan yang baik dan tepat.
  3. Usaha ini adalah bengkel mobil yang mempunyai sekitar 17 mekanik dengan 10 lot bengkel kerja. Jam operasional bengkel akan dibagi menjadi 5 shift pagi dan Sore.

4. Ringkasan produk

Jenis usaha yang kembangkan seperti servis besar kendaraan mobil, melakukan servis berkala pada kilometer tertentu dalam jarak tempuh, menjual berbagai macam suku cadang, spooring dan balancing kendaraan.


5. Target dan strategi pemasaran

Usaha ini akan menargetkan pada seluruh kalangan pemilik kendaraan mobil. Sedangkan strategi dalam pemasarannya menggunakan sistem secara online dan pemasaran secara langsung menggunakan media brosur atau promo servis kelanjutannya.


6. Perencanaan keuangan

Adapun pada biaya yang dikeluarkan yaitu biaya untuk sewa lahan pertahun biaya dalam pembuatan gedung dan peralatan, biaya gaji karyawan pertahun, biaya pembelian suku cadang mobil, dan biaya lainnya. Katakan saja total pada semua biaya tersebut adalah 1 milyar per tahun. Selanjutnya wajib untuk dibuatkan proyeksi keuntungan perbulan dan pertahun termasuk sistem pembagiandalam  keuntungannya.


7. Penutup

Kesimpulannya, usaha bengkel mobil ini akan sangat menggiurkan dan penawaran paket investasi menarik di bengkel kami dapat memberikan keuntungan lebih bagi investor.


6. Contoh Proposal Usaha Bisnis Plan

1. Membuat judul dan halaman sampul

Judul dan halaman sampul dapat dibuat dengan semenarik mungkin. Jika dibutuhkan, maka gunakanlah jasa desainer agar dapat membuat halaman sampul yang bagus.


2. Pendahuluan

  • Bagian pendahuluan memuat dengan mengenai sebuah latar belakang pentingnya untuk dapat membuat bisnis ini, juga visi dan misi perusahaan.
  • Visi dan misi perusahaan penting bagi para investor agar memahami nilai yang diimplementasikan dalam perusahaan kamu.
  • Selain itu sejarah dalam perusahaan juga dapat dituliskan sebagai tambahan penilaian dalam pengalaman perusahaan, tenaga kerja atau karyawan yang terlibat, dan juga kompaknya tim yang dibangun secara bersama.
  • Organisasi dan manajemen di dalam perusahaan juga dapat dijabarkan disini.

3. Pemasaran

  • Aspek pemasaran mencangkup sebuah target pasar, rencana dalam penjualan produk, dan strategi pemasaran yang baik dan benar.
  • Target dan permintaan pasar mencangkup suatu aspek segmentasi orang yang memakai produk kamu.
  • Meskipun dalam kenyataan semua orang dapat membeli semua produk yang kamu tawarkan, tapi pada umumnya produk tertentu akan dapat mengarah pada pasar dengan rentang usia atau jenis kelamin tertentu.

4. Produksi

  • Perlu diuraikan dan mengenai suatu produk yang dapat dijual dan juga fungsi dari suatu produk tersebut. Penjabaran mengenai tentang tenaga kerja yang akan membuat suatu produk tersebut juga sangat penting.
  • Penjelasan tentang berbagai macam pasokan bahan baku, kapasitas produksi dalam sehari, dan teknis dalam pengerjaan produk akan memberikan pandangan bagi para investor.

5. Keuangan

  • Menjelaskan terkait tentang cost yang dibutuhkan, serta menganalisis kelayakan bisnis, dan keuntungan yang akan didapatkan.

7. Contoh Proposal Usaha Keripik Singkong

Judul

Keripik Singkong Azamatka

Latar belakang

  • Camilan makanan ringan ini adalah salah satu makanan yang paling dicari oleh seseorang saat akan berkumpul di satu tempat bersama dengan teman dan keluarga, saat santai atau menonton televisi, bahkan juga pada saat bekerja.
  • Maka dari itu usaha makanan ringan ini sangat menggiurkan dan mempunyai segmen pasar yang cukup luas.

Profil usaha

  • Jenis Usaha : Makanan ringan keripik singkong Azamatka
  • Alamat        : Kalimantan Palangkaraya
  • Kontak        : 0821-9090-6548

Gambaran usaha

  • Usaha ini merupakan bisnis makanan ringan dengan skala kecil. Dibuat di dapur berukuran 4 x 4 meter dengan peralatan yang higienis dan menggunakan sekitar 2 orang tenaga kerja lokal.
  • Dengan berinvestasi pada usaha ini, Anda turut membantu mengembangkan produk dan usaha lokal dari Bandar Lampung.

Ringkasan produk

  • Produk keripik singkong Azamatka ini akan didesain dan di bungkus dengan menggunakan bahan plastik bening dan sudah mempunyai branding produk sendiri.
  • Cara dalam pembuatannya juga sangat mudah dan tidak memerlukan proses yang panjang. Bahan-bahan yang diperlukan seperti bahan utama adalah singkong, minyak goreng, dan bumbu penyedap lainnya seperti garam dan tepung tapioka.
  • Selain itu juga sangat dibutuhkan plastik kemasan untuk dapat membungkus. Peralatan yang diperlukan yaitu kompor, pisau, talenan, baskom, wajan, sutil, serok, serta nampan dan lain sebagainya.

Target dan strategi pemasaran

  • Usaha ini dapat menargetkan pada seluruh kalangan baik anak-anak maupun dewasa dengan segala umur penyuka camilan keripik singkong Azamatka.
  • Sedangkan strategi dalam pemasarannya menggunakan sistem secara online dan pemasaran langsung dari mulut ke mulut, dengam melalui tester pada sebagian orang terkait dengan rasa produk.

Perencanaan keuangan

  • Adapun biaya yang perlukan yaitu tetap seperti dengan biaya peralatan dan biaya bahan baku dalam pembuatan kripik singkong Azamatka.
  • Katakan saja usaha ini membutuhkan biaya tetap (peralatan) nominal sekitar Rp. 3.000.000 dan biaya variabel atau bahan baku sebesar Rp. 500.000.
  • Maka dari itu total biaya yang dibutuhkan adalah Rp. 3.500.000. Dari sini juga dapat dihitung harga jual per bungkus keripik singkong Azamatka dan analisis keuntungan yang akan didapatkan.

8. Contoh Proposal Usaha Coffe

Judul proposal usaha

Kopi Bangkalan

Rencana lokasi usaha

  1. Lokasi Cafe ini berada di daerah central bisnis, dimana para pengunjungnya yang akan datang sebagian besar merupakan para businessman dan sebagian lagi remaja yang menginjak dewasa. Dari waktu ke waktu pengunjung yang datang akan mengalami masa peningkatan. Hal tersebut didukung dengan tempat yang nyaman, lokasi yang strategis, desain coffe yang elegan dan bagus tempat parkir yang luas dan dekat dengan perumahan elit dan Mall yang cukup besar.
  2. Mall tersebut masih terbilang sangat baru sudah beroperasi selama 8 bulan sampai saat ini dan masih tersedia tempat untuk usaha cafe sebanyak 2 unit.

Target pelanggan

Orientasi dari bisnis ini mempunyai suatu target terhadap konsumen dengan spesifikasi yang telah di tetapkan mempunyai potensi yang sangat besar, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. First target, adalah konsumen karyawan pada sebuah Mall agar dapat mencukupi makan dan minum sederhana, yang menjadi suatu kebutuhan rutin para konsumen.
  2. Secondary target, adalah para pelanggan mall yang hadir di tempat itu dengan secara bertahap.

Jenis Usaha

Sebagian dari menu-menu yang dapat disajikan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Coffe Beverages

  • Cappucino
  • Espresso
  • Kopi luwak asli Indonesia
  • Kapal Api
  • Torabika

2. Food

  • Classic snack
  • Salad – Papeda (makan khas Papua) – Rendang
  • Soups – macam – macam soups – special soups chef of the day
  • Steak, dll

Barang Investasi

  • Kontrak ruangan selama 1 tahun
  • property Meja, Kursi, lemari
  • Kompor gas 1 unit
  • Kompor listrik 2 unit
  • Peralatan masak lainnya
  • Kulkas
  • Heater

Modal Dan Keuntungan

Total biaya pembangunan Café tersebut sebesar Rp 117.611.000, dengan rincian sebagai berikut :

  • Barang Investasi
  • Kontrak Ruangan 1 tahun Rp 70.000.000
  • Renovasi Rp 5.000.000
  • Kursi, meja, dan lemari Rp 25.000.000
  • Kompor gas 2 unit Rp 1.200.000
  • Kompor Listrik 1 unit Rp 1.000.000
  • Peralatan masak lainnya Rp 2.500.000
  • Kulkas Rp 3.000.000
  • Heater Rp 3.000.000
  • Motor 1 unit Rp 12.000.000
  • lain – lain Rp 1.000.00
  • Total Rp 103.700.000
  • Modal Kerja (Pembelian roti, kopi,
  • dll) Rp. 13.911.000
  • Grand Total RP 117.611.000
  • Sumber Dana Investasi
  • Pengumpulan dana dalam pembangunan usaha ini berasal dari dana sendiri dan pinjaman dari bank, yaitu :

Modal sendiri

  •  Investasi Rp 41.480.000 ( 40% )

Kredit Bank

  • Investasi Rp 62.220.000 ( 60% )
  • Modal Kerja RP 13.911.000
  • Total Rp 76.131.000
  • Grand Total Rp 117.611.000

9. Contoh Proposal Usaha Roti Bakar

Judul proposal usaha

Roti Bakar Maniak Rasa

1. Variasi Rasa Roti Bakar

  • Cokelat
  • Kacang
  • Keju
  • Strawberry
  • Nanas

2. Rincian Harga Roti Bakar

  • Nanas + strawberry Rp 10.000
  • Semangka Rp 10.000
  • Strawberry Rp 10.000
  • Kacang Rp 12.000
  • Kacang + strawberry Rp 10.000
  • Kacang + nanas Rp 10.000
  • Kacang + blueberry Rp 10.000
  • Cokelat Rp 12.000
  • Cokelat + strawberry Rp 10.000
  • Cokelat + nanas Rp 10.000
  • Cokelat + kacang Rp 12.000
  • Blueberry + strawberry Rp 10.000
  • Blueberry + nanas Rp 10.000
  • Blueberry + cokelat Rp 11.000
  • Srikaya + blueberry Rp 10.000
  • Srikaya + nanas Rp 10.000
  • Srikaya + kacang Rp 12.000
  • Srikaya + cokelat Rp 12.000
  • Keju + cokelat Rp 12.000
  • Keju + srikaya Rp 12.000
  • Komplit Rp 15.000

3. Strategi promosi

Jenis usaha roti bakar jelas memiliki banyak pesaing, selain menciptakan inovasi dalam produknya produsen juga harus memikirkan cara promosi yang efektif. Dalam mempromosikan usaha ini, kami akan menggunakan beberapa metode yaitu dari mulut ke mulut, pemanfaatan media internet, pengembangan pasar dan juga produk.


4. Aspek perencanaan keuangan

Modal awal = Rp 5.000.000

Pendapatan

  1. Rata-rata penjualan per malam = 15 bungkus
  2. Harga rata-rata = Rp 11.000 x 15 = Rp 165.000
  3. Penghasilan bruto per malam = Rp 165.000

Laba kotor

  1. Harian = Rp 165.000
  2. Bulanan = Rp 4.950.000

Biaya operasional per bulan

  1. Gaji karyawan = Rp 600.000
  2. Biaya transportasi = Rp 200.000
  3. Biaya sewa tempat = Rp 200.000
  4. Biaya bahan = Rp 2.500.000
  5. Total biaya operasional = Rp 3.500.000

Laba bersih per bulan
= laba kotor per bulan – total biaya operasional
= Rp 4.950.000 – Rp 3.500.000
= Rp 1.450.000


10. Contoh Proposal Usaha Pudding Citra Rasa

Judul proposal usaha

Puding Citra Rasa

1. Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • 1 bungkus agar-agar rasa strawberry.
  • 1 bungkus nutrijel coklat.
  • 1 bungkus nata de coco.
  • 8 sdm gula pasir.
  • 7 gelas belimbing air.

2. Proses pembuatan

  • Campurkan bahan-bahan berupa agar-agar, bubuk nutrijel, gula pasir dan susu ke dalam panci kemudian aduk rata.
  • Tambahkan air dan panaskan sampai bahan-bahan mencampur rata.
  • siapkan sebuah wadah lalu tuang selapis adonan sekitar 2 mm.
  • Tuang kembali selapis adonan ketika yang pertama sudah mengeras.
  • Diamkan sejenak hingga mengeras kemudian berikan nata de coco di atas puding.

3. Bahan dan alat

  • Nutrijel coklat + susu (1 pack) Rp 10.000
  • Nutrijel strawberry (1 pack) Rp 3.000
  • Gula (250 gram) Rp 3.500
  • Kap puding (1 pack) Rp 5.000
  • Sendok plastik (1 pack) Rp 2.000
  • Juml ah Rp 23.500

4. Perincian Biaya Usaha

Modal awal: Rp 30.000

Biaya yang dibutuhkan untuk sekali produksi adalah Rp 23.500 dengan menggunakan peralatan pribadi. Proposal usaha.

Penghasilan produksi
= harga produk x estimasi produksi per hari
= Rp 1.500 x 25
= Rp 75.000

Laba bersih
= penghasilan produksi – penghasilan operasional
= Rp 37.500 – Rp 23.500
= Rp 14.000


5. Analisis SWOT

a) Strength

  • Produk pudding citra rasa memiliki beragam varian warna dan rasa.
  • dengan ditambahkannya nata de coco akan memberikan citra rasa kenyal dan menarik

b) Weakness

  • Kualitas rasa akan menurun ketika produk sudah dingin.

c) Opportunity

  • Banyak digemari oleh anak-anak sekolah bahkan mahasiswa.

d) Threat

  • konsumen mengalami rasa jenis mengonsumsi puding

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan artikel ini yang sudah membahas tentang Contoh Proposal Usaha . semoga bisa menjadi bahan refrensi kamu untuk membuat Proposal Usaha dan dapat menambah ilmu pengetahuan kamu dalam membaca artikel ini, semoga bermanfaat, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :