Loyalitas Konsumen

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Loyalitas Konsumen. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Loyalitas Konsumen


Pengertian Loyalitas Konsumen

Loyalitas konsumen adalah sebuah ukuran yang dapat diandalkan untuk memprediksi pertumbuhan penjualan dan perilaku pembelian yang konsisten. Loyalitas konsumen juga dapat diartikan sebagai suatu arti yang menunjukan kesetiaan konsumen yang dipresentasikan dalam pembelian yang dapat dikatakan konsisten terhadap suatu produk atau jasa sepanjang waktu dan terdapat sikap yang baik untuk konsumen merekomendasikan orang lain untuk membeli produk tersebut.


Pengertian Loyalitas Konsumen Menurut Para Ahli

1. Menurut Tjiptono (2000 : 110)
Loyalitas konsumen adalah suatu perjanjian pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok yang didasarkan oleh sifat yang sangat positif dalam jumlah pembelian jangka panjang.


2. Menurut Sutisna (2001: 41)
Loyalitas konsumen dapat diartikan sebagai “sikap menyenangi terhadap suatu merek yang direpresentasikan dalam pembelian yang konsisten terhadap merek itu sepanjang waktu”.


3. Menurut Wahyu Nugroho (2005:11)
Loyalitas konsumen diartikan sebagai suatu ukuran kesetiaan dari pelanggan dalam menggunakan suatu merek produk atau merek jasa pada kurun waktu tertentu pada situasi dimana banyak pilihan produk ataupun jasa yang dapat memenuhi kebutuhannya dan pelanggan memiliki kemampuan mendapatkannya.


Jenis-Jenis Loyalitas Konsumen

1. Loyalitas Premium (Premium Loyalty)
Loyalitas ini adalah loyalitas yang terjadi apabila suatu tingkat keterikatan sangat tinggi sehingga dapat berjalan selaras dengan aktivitas pembelian kembali.


2. Tanpa Loyalitas
Untuk tanpa loyalitas ini dapat berbagai alasan tertentu, ada beberapa konsumen yang tidak dapat mengembangkan loyalitas atau kesetian kepada suatu produk maupun jasa tertentu.


3. Loyalitas yang lemah (Inertia Loyality)
Inertia loyality adalah suatu jenis loyalitas konsumen yang terdapat saling keterikatan yang rendah dengan pembelian ulang yang tinggi.


4. Loyalitas Tersembunyi (Laten Loyality)
Jenis loyalitas tersembunyi adalah dapat dikatakan sebagai kesetiaan atau keterikatan yang relatif tinggi yang dikaitkan dengan tingkat pembelian ulang yang rendah.


Karakteristik Loyalitas Konsumen

  1. Konsumen Indonesia tidak loyal pada merek tertentu seperti yang diperkirakan banyak produsen
  2. Konsumen Indonesia memilih ukuran keranjang dan kemasan produk yang kecil dan berbelanja berulang kali.
  3. Konsumen Indonesia memanfaatkan sekaligus dipengaruhi social media dan pemasaran digital.
  4. Konsumen Indonesia membayar lebih untuk produk-produk bermerek (premium) yang berkualitas atau bermanfaat secara fungsional.
  5. Konsumen Indonesia mengisi keranjang mereka dengan produk sejenis—dan umumnya bermerek sama di semua daerah.

Fungsi Loyalitas Konsumen

1. Menarik minat pelanggan baru
Dengan banyaknya pelanggan suatu merek yang merasa puas dan suka pada merek tersebut akan menimbulkan perasaan yakin bagi calon pelanggan untuk mengkonsumsi merek tersebut terutama jika pembelian
yang mereka lakukan mengandung risiko tinggi.


2. Mengurangi biaya pemasaran
Dalam kaitannya dengan biaya pemasaran, akan lebih murah mempertahankan pelanggan dibandingkan dengan upaya untuk mendapatkan pelanggan baru.


3. Memberi waktu untuk merespon ancaman persaingan
Loyalitas konsumen akan memberikan waktu pada sebuah perusahaan untuk merespon gerakan pesaing.


4. Meningkatkan perdagangan
Loyalitas yang kuat terhadap suatu merek/produk akan menghasilkan peningkatan perdagangan dan memperkuat keyakinan perantara pemasaran.


Faktor-Faktor Loyalitas Konsumen

1. Harga
Sudah pasti orang menginginkan barang yang bagus dengan harga yang lebih murah atau bersaing.


2. Emosional
Emosional di sini lebih diartikan sebagai keyakinan penjual itu sendiri agar lebih maju dalam usahanya


3. Kualitas Produk
kualitas produk yang baik secara langsung akan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen, dan bila hal tersebut berlangsung secara terus-menerus


4. Biaya
Orang berpikir bahwa perusahaan yang berani mengeluarkan biaya yang banyak dalam sebuah promosi


5. Kualitas Pelayanan
Selain kualitas produk ada hal lain yang mempengaruhi loyalitas konsumen yaitu kualitas pelayanan. Kualitas pelanggan adalah suatu tingkat layanan yang saling terkait antara harapan dan kebutuhan pelanggan atau pengguna.


Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen

  • Memberikan inovasi produk dan menciptakan varian baru
  • Memberikan konsumen loyal sebuah kemudahan
  • Mengenali konsumen dan membiarkan mereka mengenal bisnis Anda
  • Meminta review dari konsumen
  • Memberikan member card kepada konsumen
  • Memberi penghargaan loyalti pada konsumen yang loyal
  • Memberikan pelayanan terbaik dan menjadi yang terbaik

Demikianlah pembahasan mengenai √ Loyalitas Konsumen : Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Jenis, Faktor & Cara Meningkatkannya Lengkap, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :