Loyalitas Konsumen

By Guru Ekonomi #10 strategi pemasaran modern, #2 konsep loyalitas konsumen, #4 jenis loyalitas, #4 tahap loyalitas konsumen, #5 tipe konsumen berdasarkan tangga loyalitas, #apa arti loyalitas dan royalitas, #apa ciri-ciri dari loyalitas konsumen, #apa itu lini produk, #apa yang dimaksud dengan program loyalitas, #apakah yang dimaksud dengan pelanggan?, #arti loyalitas dan solidaritas, #arti loyalitas tanpa batas, #artikel loyalitas pelanggan, #bab 2 loyalitas pasien, #bab ii customer loyalty, #brand loyalty indonesia, #brand loyalty menurut para ahli 2017, #buku tentang loyalitas pelanggan, #cara mempertahankan pasar, #cara menciptakan loyalitas pelanggan, #cara mendapatkan revenue stream adalah, #cara mengukur retensi pelanggan, #cara meningkatkan loyalitas pelanggan, #cara tokopedia mempertahankan pelanggan, #ciri-ciri loyalitas pelanggan, #contoh kasus loyalitas pelanggan, #contoh liking of the brand, #contoh loyalitas merek, #contoh loyalitas pelanggan, #contoh loyalitas pelanggan brainly, #contoh skripsi tentang loyalitas pelanggan, #customer loyalty artinya, #customer loyalty indikator, #dampak loyalitas pelanggan, #definisi loyalitas menurut hermawan, #dimensi loyalitas pelanggan, #dimensi loyalitas pelanggan bab ii, #dua konsep loyalitas konsumen, #ebook loyalitas pelanggan, #empat tahap perkembangan loyalitas, #etimologi loyalitas, #faktor yang mempengaruhi brand loyalty, #faktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan, #faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen, #faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen menurut para ahli, #faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah, #faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, #faktor-faktor loyalitas pelanggan, #gambar loyalitas pelanggan, #general loyalty adalah, #grand teori loyalitas pelanggan, #griffin 2005, #indikator loyalitas karyawan, #indikator loyalitas pelanggan, #indikator retensi pelanggan, #inertia loyalty adalah, #integritas dan loyalitas, #jelaskan mengenai loyalitas pelanggan, #jelaskan tingkatan loyalitas konsumen, #jelaskan tingkatan loyalitas konsumen piramida loyalitas, #jelaskan yang dimaksud customer loyalty, #jenis loyalitas karyawan, #jenis loyalitas pelanggan, #jenis-jenis loyalitas, #jenis-jenis loyalitas pelanggan, #jurnal indikator loyalitas pelanggan, #jurnal loyalitas konsumen, #jurnal loyalitas konsumen 2017, #jurnal loyalitas pelanggan, #jurnal loyalitas pelanggan 2016, #jurnal loyalitas pelanggan 2018, #karakteristik loyalitas pelanggan, #keuntungan mempertahankan loyalitas pelanggan, #keuntungan pelanggan yang loyal, #konsep loyalitas konsumen, #konsep loyalitas pelanggan, #landasan teori loyalitas pelanggan, #langganan merek adalah, #latent loyalty, #level loyalitas, #loyal adalah sifat, #loyalitas adalah, #loyalitas dalam organisasi, #loyalitas dalam organisasi ppt, #loyalitas kognitif, #loyalitas konsumen adalah, #loyalitas konsumen dalam perspektif islam, #loyalitas konsumen itu penting karena, #loyalitas konsumen pdf, #loyalitas konsumen ppt, #loyalitas konsumen terhadap produk, #loyalitas mahasiswa adalah, #loyalitas merek dan loyalitas pelanggan, #loyalitas merek pdf, #loyalitas pelanggan adalah, #loyalitas pelanggan menurut para ahli 2017, #loyalitas pelanggan menurut para ahli 2018, #loyalitas tinggi adalah, #loyalitas wikipedia, #loyalitas wisatawan, #loyaltix adalah, #loyalty artinya dalam bahasa indonesia, #Makalah loyalitas konsumen, #makalah loyalitas pelanggan, #makalah loyalitas pelanggan pdf, #manajemen hubungan pelanggan, #manajemen hubungan pelanggan adalah, #manajemen loyalitas pelanggan, #manfaat apa yang diperoleh bagi perusahaan dengan adanya loyalitas konsumen, #masalah loyalitas, #materi tentang loyalitas, #membangun loyalitas, #model loyalitas pelanggan, #pengertian liking of the brand, #Pengertian Loyalitas, #pengertian loyalitas konsumen, #penjelasan piramida pelanggan, #pentingnya evaluasi usaha adalah, #penyebab hilangnya pelanggan, #perbedaan loyalitas dan kepuasan pelanggan, #perputaran pelanggan adalah, #piramida loyalitas, #piramida loyalitas konsumen, #premium loyalty adalah, #program loyalitas adalah, #proposal loyalitas konsumen, #prospecting adalah, #reciprocal loyalty adalah, #repatronize adalah, #repeat customer adalah, #roda loyalitas, #sebut dan jelaskan 6 tingkatan loyal, #sebut dan jelaskan dua faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, #sebutkan beberapa cara menjaga loyalitas pelanggan, #sebutkan dan jelaskan jenis-jenis loyalitas, #sebutkan indikator loyalitas, #sebutkan jenis-jenis pelanggan, #skripsi : analisis loyalitas konsumen, #skripsi loyalitas konsumen, #tanda konsumen loyal, #teori loyalitas karyawan, #teori loyalitas pelanggan, #tesis loyalitas pelanggan, #tingkatan loyalitas konsumen, #tingkatan loyalitas pelanggan, #totalitas dan loyalitas, #tujuan loyalty program, #tujuan manajemen hubungan pelanggan, #tujuan manajemen hubungan pelanggan yaitu, #ukuran loyalitas pelanggan
Loyalitas Konsumen

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Loyalitas Konsumen. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Loyalitas Konsumen


Pengertian Loyalitas Konsumen

Loyalitas konsumen adalah sebuah ukuran yang dapat diandalkan untuk memprediksi pertumbuhan penjualan dan perilaku pembelian yang konsisten. Loyalitas konsumen juga dapat diartikan sebagai suatu arti yang menunjukan kesetiaan konsumen yang dipresentasikan dalam pembelian yang dapat dikatakan konsisten terhadap suatu produk atau jasa sepanjang waktu dan terdapat sikap yang baik untuk konsumen merekomendasikan orang lain untuk membeli produk tersebut.


Pengertian Loyalitas Konsumen Menurut Para Ahli

1. Menurut Tjiptono (2000 : 110)
Loyalitas konsumen adalah suatu perjanjian pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok yang didasarkan oleh sifat yang sangat positif dalam jumlah pembelian jangka panjang.


2. Menurut Sutisna (2001: 41)
Loyalitas konsumen dapat diartikan sebagai “sikap menyenangi terhadap suatu merek yang direpresentasikan dalam pembelian yang konsisten terhadap merek itu sepanjang waktu”.


3. Menurut Wahyu Nugroho (2005:11)
Loyalitas konsumen diartikan sebagai suatu ukuran kesetiaan dari pelanggan dalam menggunakan suatu merek produk atau merek jasa pada kurun waktu tertentu pada situasi dimana banyak pilihan produk ataupun jasa yang dapat memenuhi kebutuhannya dan pelanggan memiliki kemampuan mendapatkannya.


Jenis-Jenis Loyalitas Konsumen

1. Loyalitas Premium (Premium Loyalty)
Loyalitas ini adalah loyalitas yang terjadi apabila suatu tingkat keterikatan sangat tinggi sehingga dapat berjalan selaras dengan aktivitas pembelian kembali.


2. Tanpa Loyalitas
Untuk tanpa loyalitas ini dapat berbagai alasan tertentu, ada beberapa konsumen yang tidak dapat mengembangkan loyalitas atau kesetian kepada suatu produk maupun jasa tertentu.


3. Loyalitas yang lemah (Inertia Loyality)
Inertia loyality adalah suatu jenis loyalitas konsumen yang terdapat saling keterikatan yang rendah dengan pembelian ulang yang tinggi.


4. Loyalitas Tersembunyi (Laten Loyality)
Jenis loyalitas tersembunyi adalah dapat dikatakan sebagai kesetiaan atau keterikatan yang relatif tinggi yang dikaitkan dengan tingkat pembelian ulang yang rendah.


Karakteristik Loyalitas Konsumen

  1. Konsumen Indonesia tidak loyal pada merek tertentu seperti yang diperkirakan banyak produsen
  2. Konsumen Indonesia memilih ukuran keranjang dan kemasan produk yang kecil dan berbelanja berulang kali.
  3. Konsumen Indonesia memanfaatkan sekaligus dipengaruhi social media dan pemasaran digital.
  4. Konsumen Indonesia membayar lebih untuk produk-produk bermerek (premium) yang berkualitas atau bermanfaat secara fungsional.
  5. Konsumen Indonesia mengisi keranjang mereka dengan produk sejenis—dan umumnya bermerek sama di semua daerah.

Fungsi Loyalitas Konsumen

1. Menarik minat pelanggan baru
Dengan banyaknya pelanggan suatu merek yang merasa puas dan suka pada merek tersebut akan menimbulkan perasaan yakin bagi calon pelanggan untuk mengkonsumsi merek tersebut terutama jika pembelian
yang mereka lakukan mengandung risiko tinggi.


2. Mengurangi biaya pemasaran
Dalam kaitannya dengan biaya pemasaran, akan lebih murah mempertahankan pelanggan dibandingkan dengan upaya untuk mendapatkan pelanggan baru.


3. Memberi waktu untuk merespon ancaman persaingan
Loyalitas konsumen akan memberikan waktu pada sebuah perusahaan untuk merespon gerakan pesaing.


4. Meningkatkan perdagangan
Loyalitas yang kuat terhadap suatu merek/produk akan menghasilkan peningkatan perdagangan dan memperkuat keyakinan perantara pemasaran.


Faktor-Faktor Loyalitas Konsumen

1. Harga
Sudah pasti orang menginginkan barang yang bagus dengan harga yang lebih murah atau bersaing.


2. Emosional
Emosional di sini lebih diartikan sebagai keyakinan penjual itu sendiri agar lebih maju dalam usahanya


3. Kualitas Produk
kualitas produk yang baik secara langsung akan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen, dan bila hal tersebut berlangsung secara terus-menerus


4. Biaya
Orang berpikir bahwa perusahaan yang berani mengeluarkan biaya yang banyak dalam sebuah promosi


5. Kualitas Pelayanan
Selain kualitas produk ada hal lain yang mempengaruhi loyalitas konsumen yaitu kualitas pelayanan. Kualitas pelanggan adalah suatu tingkat layanan yang saling terkait antara harapan dan kebutuhan pelanggan atau pengguna.


Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen

  • Memberikan inovasi produk dan menciptakan varian baru
  • Memberikan konsumen loyal sebuah kemudahan
  • Mengenali konsumen dan membiarkan mereka mengenal bisnis Anda
  • Meminta review dari konsumen
  • Memberikan member card kepada konsumen
  • Memberi penghargaan loyalti pada konsumen yang loyal
  • Memberikan pelayanan terbaik dan menjadi yang terbaik

Demikianlah pembahasan mengenai √ Loyalitas Konsumen : Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Jenis, Faktor & Cara Meningkatkannya Lengkap, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */