Cara Membuat Daftar Isi

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.ID Kapan Anda diminta merumuskan daftar isi untuk pertama kalinya? Bentuk tulisan seperti apa yang seharusnya Anda sertai daftar isi? Daftar isi tentunya bukan hal yang asing bagi kita. Setiap kali kita akan menbaca buku pasti ada daftar isi yang tertera disana. Pada dasarnya daftar isi tersebut dibuat untuk memudahkan kita dalam menemukan bagian pada buku yang kita butuhkan dengan cepat tanpa harus membuka halaman demi halaman satu persatu. Tapi dengan mengetahui nomor halaman yang kita cari melalui daftar isi, kita bisa langsung meluncur ke halaman yang kita cari.

Selain buku, daftar isi juga diperlukan misalnya untuk penulisan esai formal di sekolah. Tapi hal ini tergantung pada panjang tulisan Anda. Misalnya, jika Anda menulis esai mendalam dengan banyak jumlah halaman, daftar isi akan menambah kesan profesionalisme pada tulisan Anda. Di sisi lain, jika ini adalah esai pendek, misal hanya lima paragraf, daftar isi tidak akan diperlukan. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang daftar isi, artikel ini akan mengulas tentang pengertian daftar isi, jenis, struktur, dan cara menulisnya. 

Apakah kalian mendapat tugas dari sekolah atau kuliah dan mengharuskan ada daftar isi di dalam nya, mungkin kalian dapat mempelajari cara membuat abstrak secara lengkap dan menyeluruh, agar kalian dapat memahami kata daftar isi dan seberapa penting daftar isi itu? mari kita belajar bersama tentang daftar isi, selamat membaca.

Cara Membuat Daftar Isi di Word

 

 

Daftar Isi

Daftar isi sangat diperlukan untuk memudahkan pencarian judul. Daftar isi merupakan sekumpulan urutan judul-judul pada BAB suatu buku untuk menjadi pemandu pembaca yang menginginkan tulisan pada BAB tertentu, Daftar isi menjadi salah satu bagian penting pada penulisan buku atau bentuk karya tulis lainnya.

Ada atau tidaknya daftar isi dalam suatu karya tulis akan membuat perbedaan yang sangat signifikan. Daftar isi digunakan sebagai salah satu cara untuk menemukan halaman yang ditujukan pada suatu materi tertentu. Tanpa disertai dengan daftar isi, maka pembaca tidak akan mengetahui mana yang akan menjadi bahasan dan pada halaman berapa yang sedang dibutuhkan.

Daftar isi yang dicetak menunjukkan nomor halaman tempat masing-masing bagian dimulai, sedangkan yang digital menawarkan tautan untuk menuju ke setiap bagian. Jika sebuah buku atau dokumen berisi bab, artikel, atau cerita oleh penulis yang berbeda, nama mereka biasanya muncul di daftar isi.

Materi sebelum daftar isi umumnya tidak tercantum di sana. Namun, semua halaman kecuali sampul luar dihitung, dan daftar isi sering diberi nomor dengan nomor halaman angka Romawi kecil untuk memeudahkan halaman yang ingin kita baca. Banyak pengolah kata populer, seperti Microsoft Word, WordPerfect, dan StarWriter mampu secara otomatis menghasilkan daftar isi jika pembuat teks menggunakan gaya khusus untuk bab, bagian, subbagian, dan lain-lain.

 

Baca Juga : Contoh Latar Belakang

 

Pengertian Daftar Isi

Daftar isi merupakan urutan judul pada tiap bab beserta halaman yang terdapat pada sebuah buku atau bentuk tulisan lainnya. Fungsi daftar isi yaitu untuk memudahkan kita mencari judul penulisan secara cepat tanpa harus mencari satu persatu.

Atau dengan kata lain daftar isi yang terdapat dalam sebuah dokumen berfungsi sebagai peta bagi para pembaca, sehingga membuat pembaca lebih mudah untuk menemukan informasi dalam dokumen berdasarkan judul dan nomor halaman yang di tunjukan. Daftar isi yang baik harus disusun dengan baik, mudah dibaca dan mudah digunakan.

Pengertian Daftar Isi Menurut Para Ahli

Adapun definisi daftar isi menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Your Dictionary

Daftar isi atau Table of Content (TOC) adalah peta jalan untuk setiap bagian tulisan Anda. Apakah Anda sedang menulis esai atau buku, daftar isi akan memungkinkan pembaca menemukan informasi spesifik atau mengunjungi kembali bagian favorit mereka dalam teks.
Wordnik

Daftar isi adalah daftar judul bagian-bagian buku atau dokumen, disusun sesuai urutan bagian-bagian itu. Daftar isi juga didefinisikan sebagai daftar divisi (bab atau artikel) dan halaman di mana mereka mulai.
Definitions

Daftar isi adalah daftar bagian-bagian dari buku atau dokumen yang disusun sesuai urutan bagian-bagian tersebut. Daftar isi biasanya mencakup judul atau deskripsi dari header tingkat pertama, seperti judul bab dalam karya yang lebih panjang, dan sering termasuk judul tingkat dua atau bagian dalam bab juga, dan kadang-kadang bahkan judul tingkat ketiga.

 

2. Newton Gresham Libarary

Daftar Isi atau Table of Content (TOC) adalah daftar terorganisir bab-bab dan bagian utama dari dokumen Anda. Pembaca akan segera dapat melihat bagaimana naskah Anda disusun dan kemudian beralih ke bagian yang paling relevan bagi mereka. Daftar isi yang jelas, ringkas, dan diformat dengan baik adalah indikator pertama dari makalah penelitian yang baik.

 

Baca Juga : Contoh Kata Pengantar

 

Fungsi Daftar Isi

Memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu:

1. Kemudahan navigasi

Meskipun ada pencarian kata kunci, pembaca yang lebih tua khususnya lebih memilih untuk menavigasi ebook dari Daftar Isi yang praktis dan mudah. Daftar isi yang diformat dengan baik harus menyertakan tautan yang disematkan ke bab/bagian buku secara terprinci, yang membuatnya lebih mudah untuk mencapai bagian yang diinginkan.

 

2. Pembaca menilai buku atau karya tulis berdasarkan Daftar Isi

Jika kita menggunakan layanan seperti Amazon untuk menjual buku, fitur “Look Inside!” akan sering digunakan oleh pembaca yang berusaha mendapatkan “pegangan” yang sangat cepat pada buku, yaitu, jika mereka dapat melewati deskripsi pada halaman produk.

Jadi, kita harus berhati-hati untuk mengembangkan Daftar Isi komprehensif dengan judul yang menarik (namun deskriptif) untuk menarik pembaca yang skeptis.

 

3. Agen dan penerbit menilai buku dari Daftar Isi

Banyak penulis menggunakan self-publishing sebagai batu loncatan untuk penerbitan konvensional, atau mereka menerbitkan sendiri sementara juga mengejar agen dan penerbit literatur.

Dalam kasus ini, proposal buku akan selalu menyertakan Daftar Isi (bersama dengan satu atau dua kalimat deskripsi dari setiap bagian). Daftar Isi daftar berpengaruh terhadap keputusan agen apakah buku yang kita tulis pantas atau tidak.

 

4. Daftar Isi adalah panduan yang baik untuk tulisan kita sendiri

Pada tingkat dasar, bab-bab membagi sebuah buku menjadi potongan-potongan yang bisa dikelola, apakah divisi itu dalam hal plot, tema, jenis makanan untuk resep, periode dalam sejarah, atau apa pun.

Bagi penulis pemula yang merasa ebook adalah tugas yang menakutkan, Daftar Isi adalah cara yang bagus untuk “merekayasa balik” buku Anda. Pisahkan subjek kita menjadi bagian-bagian terpisah yang dapat kita tangani, dan buku kita akan jauh lebih mudah untuk ditulis.

Selain keempat fungsi tersebut, referensi lain menyebutkan manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menuliskan daftar isi pada buku atau karya tulis kita, diantaranya yaitu:

  • Membuat kesan yang baik, Dokumen dengan Daftar Isi memiliki penampilan yang lebih profesional daripada dokumen tanpa dokumen.
  • Mengatur materi kita, Saat kita membuat atau mengedit dokumen, Daftar Isi membantu menguraikan dan mengatur pemikiran kita sehingga kita tidak meninggalkan hal-hal penting.
  • Mengelola harapan pembaca, Daftar Isi memberi pembaca tampilan tingkat tinggi dari konten dalam dokumen. Penulis dapat menggunakan Daftar Isi untuk mengatur kerangka kerja untuk dokumen.
  • Memberikan peta jalan, Pembaca memerlukan referensi pada umum untuk mencari informasi penting dengan cepat. Nomor halaman Daftar Isi membantu ketika pengguna membaca salinan cetak. Saat melihat softcopy dari dokumen Word, pengguna dapat menikmati navigasi bergaya Web dengan mengklik item di Daftar Isi.
  • Membuat dokumen lebih mudah untuk didiskusikan, Pernahkah kita dalam rapat meninjau dokumen dan salinan yang didistribusikan tidak memiliki nomor halaman, apalagi Daftar Isi? Tetapkan standar untuk dokumen yang memerlukan diskusi kelompok, dan sertakan Daftar Isi dalam dokumen utama kita.
  • Lengkapi garis besar pelatihan yang kita lakukan, Saat menulis panduan cara atau dokumentasi untuk digunakan sebagai handout dalam pelatihan teknis, salah satu trik yang dapat kita lakukan adalah dengan menggunakan garis besar pelatihan sebagai entri dalam Daftar Isi. Daftar Isi bertindak sebagai ringkasan eksekutif atau lembar contekan untuk konten dokumen.

Baca Juga : Contoh Rumusan Masalah

 

Strktur Daftar Isi

Secara umum, daftar isi berisi bagian-bagian berikut ini:

  1. Abstrak (dimulai pada halaman iii)
  2. Ucapan terima kasih (opsional)
  3. Dedikasi (opsional)
  4. Pendahuluan (opsional)
  5. Daftar Isi (opsional untuk meletakkannya di daftar isi tulisan Anda)
  6. Daftar Tabel (jika ada)
  7. Daftar Gambar (jika berlaku)
  8. Daftar lainnya, termasuk: Daftar Definisi, Daftar Algoritma, Daftar
  9. Persamaan (jika berlaku)
  10. Badan utama teks Anda (misal, judul bab, judul, dan subjudul)
  11. Lampiran atau lampiran (opsional)
  12. Bibliography
  13. Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Pustaka

 

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

1. Blok Judul atau Subjudul yang Ada pada Dokumen

Tahapan pertama yang harus anda lakukan yaitu melakukan blok pada bagian judul atau sub judul yang anda inginkan.

anda dapat melakukannya dengan cara select atau langsung klik 3 kali pada judul/sub judul.

Bisa lihat gambar di bawah berikut ini :

Blok Judul

 

 

2. Pilih Tipe Heading yang Diinginkan

Kemudian, anda pilih tipe heading yang anda inginkan dan diarahkan kan ke kursor ke arah tab Home

Pilih Tipe Heading

 

Anda dapat memilih Heading 1 untuk judul atau Heading 2  yang sesuai dengan tugas yang diberikan untuk sub judul, dan Heading 3 untuk sub-sub judul.

 

 

3. Atur Style pada Heading yang Dipilih

Sesudah itu memilih tipe heading yang anda pilih, biasanya secara default akan terpilih dengan style font yang berwarna biru.

Untuk merubahnya, klik kanan pada tipe heading kemudian pilih Modify.

Atur Style pada Heading

Pada jendela yang sudah muncul, anda dapat mengatur style heading yang diinginkan sesuai keinginan anda.

Contoh yang ada di bawah ini yaitu pengaturan style heading yang umum dipakai pada penulisan skripsi atau makalah.

style heading

 

 

4. Atur lagi pada Judul atau Subjudul yang Lain

selanjutnya yang anda lakukan pada langkah-langkah di atas pada judul atau sub judul yang lain sampai halaman terakhir dokumen anda.

Judul atau Subjudul

 

 

5. Menyiapkan Halaman Khusus untuk Daftar Isi (Jika Belum Ada)

Bila sebelumnya anda sudah menyiapkan sebuah halaman khusus untuk daftar isi, maka anda dapat melewati tahapan ini. Tapi bila belum, anda dapat menambahkan halaman khusus untuk daftar isi dengan memilih tab Insert > Blank Page.

Insert Blank Page di Word versi Terbaru:

Halaman Khusus

Insert Blank Page di Word 2007 dan 2010:

Insert Blank Page di Word 2007 dan 2010

Sesudah anda klik, nanti akan muncul halaman kosong  yang seperti gambar di atas baru pada dokumen anda. Anda dapat menambahkan judul juga pada halaman tersebut sesuai dengan keinginan anda, contah gambarnya sebagai berikut :

halaman kosong

 

 

6. Menambahkan Daftar Isi melalui Tab References

Selanjutnya anda memasukkan daftar isi secara otomatis dan pergi ke tab References > kemudian anda pilih Table of Contents.

Table of Contents di Word versi Terbaru yaitu sebagai berikut :

Tab References

Table of Contents di Word 2007 dan 2010 yaitu sebagai berikut :

Table of Contents

 

 

7. Pilih Jenis Daftar Isi

Setelah anda memilih menu Table of Contents, anda akan diberi pilihan yang ingin anda pilih untuk menggunakan style daftar isi yang mana yang anda mau. Untuk daftar isi otomatis, anda silakan pilih Automatic Table 1 atau Automatic Table 2.

Automatic Table 1

 

 

8. Update Konten pada Daftar Isi (Jika Diperlukan)

selanjutnya bila anda ingin melakukan perubahan pada bagian dokumen yang mengakibatkan urutan halamannya berubah atau bertambah, anda harus mengupdate semua daftar isi yang anda buat supaya tetap sesuai dengan urutannya. Tahapannya sangat mudah, yaitu anda tinggal klik tombol Update Table yang ada pada halaman daftar isi.

Update Table

sesudah itu, anda akan diberi 2 pilihan yang ingin anda pilih, yakni update page numbers only dan update entire table.

Update Page Numbers Only

Update Page Numbers Only

Pada menu ini dipakai bila anda tidak ingin mengubah judul yang anda buat sebelumnya, tap hanya menambah tulisan saja yang sehingga mengakibatkan halamannya saja yang bertambah atau berkurang. pada menu ini akan mengupdate nomor halamannya saja yang sesuai dengan perubahan yang anda mau.

Update Entire Table

ada menu ini digunakan jika anda sudah mengubah dari isi dan judul atau sub judul pada dokumen anda. pada menu ini akan mengupdate judul yang ada pada daftar isi yang sekaligus perubahan nomor halamannya yang anda inginkan.

 

 

9. Sesuaikan Format Tulisan pada Daftar Isi

Setelah melakukan tahapan di atas, selanjutnya yaitu  daftar isi otomatis anda sudah muncul, lengkap dengan titik-titik dan nomor halamannya. Tapi, biasanya format tulisannya masih menggunaan format default seperti ini dan anda dapat merubahnya dengan format yang anda  inginkan :

format daftar isi

Untuk menyesuaikannya, anda dapat melakukan blok atau select pada bagian keseluruhan tulisan yang ada pada kotak daftar isi, yang kemudian anda pilih font dan format tulisan yang sesuai dengan dokumen anda.

Misalnya, bila anda ingin mengubah tulisannya menjadi font Times New Romans ukuran 12 atau lebih, anda dapat melakukan caranya sebagai berikut :

Pertama, blok konten pada daftar isi dengan mengklik titik 3 seperti yang ada digambar di bawah berikut :

mengklik titik 3

Lalu, anda dapat mengaatur jenis font dan ukurannya pada tab Home.

tab Home

 

tab home 1

 

10. Simpan Dokumen

 

Langkah terakhir, jangan lupa  anda harus menyimpan dokumen yang sudah anda buat  ke dalam file yang sudah anda buat supaya yang sudah anda edit tidak hilang.

Cara nya dengan menekan CTRL + S atau memilih icon save pada bagian atas.

Simpan Dokumen

Setelah disave. Daftar isi otomatis yang sudah anda buat pada dokumen word.

Baca Juga : Cara Membuat Makalah

 

 

Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual

Jika cara diatas terlalu rumbit buat anda, anda juga dapat membuat daftar isi secara manual di microsoft word. biasanya cara ini dapat digunakan salah satu alternatif bila sub bab yang ada pada dokumen anda tidak terlalu banyak.

Tahapan cara untuk membuat daftar isi manual di word yaitu sebagai berikut :

Langkah Pertama

Pada halaman yang anda siapkan untuk daftar isi, Pilih icon table of content lalu dengan memilih menu References > Table of Contents > Pilih Manual Table.

Langkah 1

 

Langkah Kedua

Selanjutnya, akan tampil daftar isi seperti gambar yang ada dibawah berikut ini. Di sini anda dapat menyesuaikan konten pada daftar isi.

Langkah 2

 

Langkah Ketiga

Selanjutnya jika anda ingin mengeditnya, anda bisa langsung mengubah tulisan yang ada pada daftar isi tersebut pada bagian yang ingin anda edit.

Langkah 3

 

Langkah Keempat

Untuk menambah sebuah judul yang ingin anda tambahkan, anda dapat mengcopy tulisan yang ada pada daftar isi tersebut. cara nya yaitu : Pertama anda blok salah satu tulisan yang ingin dicopy, lalu tekan CTRL + C atau klik kanan > Copy.

Copy.

Kemudian, tekan Enter untuk membuat baris yang baru, Lalu pilih paste dengan CTRL + P atau klik kanan > Paste.

baris baru

 

 

Langkah Ke Lima

Untuk mengedit penomoran yang ada pada sebuah halaman,  anda dapat langsung mengedit bagian nomor yang ada pada sebelah kanan. yaitu seperti gambar yang ada dibawah berikut ini :

penomoran

 

 

Langkah Ke Enam

Bila anda ingin mengubah format pada tulisan di daftar isi, maka lakukan blok pada semua tulisan di daftar isi, lalu pilih font, ukuran, dan style yang kamu inginkan. Lalu pada daftar isi dengan mengklik titik 3 seperti yang ada digambar bawah berikut ini :

mengubah format

Selanjutnya, anda sesuaikan dengan font dan ukuran yang diinginkan sama seperti langkah 9 di atas tadi. Hasilnya kurang lebih seperti yang ada dibawah ini.

font dan ukuran

 

 

Langkah Ke Tujuah

Selesai, lalu jangan lupa untuk menyimpan data dokumen dengan menekan CTRL + S.

 


Tips Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

1. Update Daftar Isi Sebelum Diprint atau Dipublikasikan

Pastikan anda sudah melakukan update pada daftar isi yang sudah anda buat, sebelum mengeprint atau mempublikasikannya. (Lihat pada langkah 8 di atas).

Hal ini dilakukan karena untuk berjaga-jaga bila anda sudah mengedit beberapa bagian di dalam dokumen (entah itu mengubah judul atau menambah tulisan) yang sehingga daftar isinya tetap sinkron dan aman.

 

2. Format Style Tulisan Daftar Isi dilakukan Terakhir

Jika anda sering mengubah, mengganti atau menambah tulisan yang ada di dokumen maka anda harus melakukan update daftar isi, sebaiknya lakukan format tulisan di bagian akhir saja (pada belakangan). Karena terkadang, bila anda melakukan update daftar isi, format tulisannya akan kembali menjadi semula. Supaya tidak capek untuk menggantinya maka pada format tulisan, lakukanlah sesudah dokumen jadi.

 

 

Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang, Cara Membuat Daftar Isi artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan, Terimakasih.