Contoh Paper

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.ID – Di dunia perkuliahan, menulis paper selalu mudah dijumpai denagn  berbagai macam mata kuliah. Tugas menulis paper seperti ini sudah menjadi skeseharian bagi mahasiswa. Selain itu, beragam kompetisi menulis paper seperti call of paper, Program Kreativitas Mahasiswa, serta media massa yang telah menyediakan ruang bagi mahasiswa untuk mewarnai pembelajar di kampus.

Meskipun demikian, ternyata masih ada banyak dari mahasiswa, terutama mahasiswa yang baru masuk, masih kebingungan bagaimana cara membuat paper dengan baik dan benar secara terperinci.

disini saya akan belajar bersama cara membuat paper dengan benar agar kuliah nanti jika kamu mendapat tugas kamu sudah dapat membuatnya sendiri dengan mudah.

Contoh Paper Tugas Kuliah Serta Cara Membuatnya


Pengertian paper

Paper adalah salah satu bentuk artikel ilmiah yang telah ditulis dengan format tertentu. Paper berisi tulisan yang berisi tentang pembahasan tertentu dari sebuah topik yang didukung dengan data yang valid.

Paper juga bisa berupa hasil penelitian terbaru atau hasil review penelitian-penelitian yang sudah ada. Paper hampir sama dengan makalah dan biasanya terdiri dari 7 – 10 halaman. Paper biasanya dibuat lebih ringkas dan jelas dari makalah. Namun tergantung juga dengan forma yang di tentukan. Meskipun demikian, isi paper memiliki pembahasan dengan lengkap.


Struktur Paper

struktur paper mempunyai peran yang sangat penting dan perlu di perhatikan setiap penulisan menulis paper, yaitu judul, pendahuluan, isi/pembahasan, penutup, dan daftar pustaka.


1. Judul

Judul dibuat untuk merepresentasikan isi paper, biasanya di buat singkat namun memuat maksud/tujuan. Ketika pembaca membaca judul paper akan langsung dapat menangkap arah/tujuan pembuatan paper. Judul paper yang baik memuat maksud/tujuan dan metode yang digunakan yang mewakili seluruh isi paper.


2. Pendahuluan

Pendahuluan berisi Tentang latar belakang topik yang  dibahas. Latar belakang berisi tentang alasan memilih suatu ide/gagasan, tujuan membahas hal tersebut,

Pada beberapa format paper untuk kompetisi studi literatur diletakkan di dalam bab tersendiri. Namun biasanya, untuk paper tugas kuliah studi literatur diletakkan di bagian pendahuluan.


3. Isi/Pembahasan

Di bagian ini, gagasan disampaikan secara detail. Ini adalah tombak dari sebuah paper. Gagasan tersebut di jabarkan berdasarkan acuan teori yang mendukung. Landasan teori bisa diperoleh dari beberapa pernyataan para ahli yang merupakan hasil dari penelitian yang mereka kerjakan mereka.


4. Penutup

Pada bagian ini dipaparkan kesimpulan hasil dari analisis atau penelitian yang telah dijelaskan di pembahasan. Kesimpulan merupakan intisari dari hasil analisis atau penelitian yang memberitahukan kepada pembaca mengenai hasil yang telah didapatkan oleh penulis.


5. Daftar Pustaka

Kumpulan pustaka yang digunakan dalam menulis paper perlu disajikan di bagian  daftar pustaka. Hal ini menunjukkan bahwa paper yang dibuat secara valid dan dapat dipercaya. Pustaka yang digunakan bisa berasal dari buku, jurnal, artikel ilmiah, dan sumber lain yang terpercaya. Biasanya paper yang baik menggunakan pustaka dengan rentang 10 tahun Kebelakang dan cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar.


Format Paper

Jenis paper yang berbeda bisa memiliki format yang berbeda. Format paper untuk kompetisi berbeda dengan format paper untuk tugas kuliah. Format paper secara umum biasanya adalah sebagai berikut.

  • Harus menggunakan kertas HVS tidak boleh yang lain dengan ukuran A4 bukan kertas folio. Karena paper biasanya diketik tidak boleh ditulis tangan.
  • Spasi yang digunakan pada kertas adalah 1,5 jaraknya.
  • Penggunaan font harus konsisten dari segi jenis dan ukuran dan perintah.
  • Sertakan nomor halaman harus di berikan.
  • Cantumkan daftar pustaka rentang waktu 10 tahun kebelakang.
  • Koreksi kembali paper yang telah dibuat supaya dapat tersaji dengan baik dan lengkap.
  • Pastikan paper sudah benar dan tidak menyampaikan informasi yang ambigu.


Cara Membuat Paper

Bagi kamu yang sama sekali belum pernah menulis paper di dalam tugas, mungkin akan merasa kebingungan bagaimana cara membuatnya. Berikut ini adalah cara menulis paper yang dapat kamu pelajari agar kamu dapat paham cara membuat sendiri jika mendapat tugas dari dosen.


1.Tentukan Tema Paper Yang Menarik Untuk Dibahas

Baca Juga :  Contoh Essay

Tema paper merupakan hal yang wajib  harus dipikirkan sebelum menulis paper. Berdasarkan tema inilah tulisan dalam paper akan dapat dikembangkan. Pilihlah tema yang menarik untuk dibahas supaya tulisan kamu menjadi menarik juga. agar para pembaca dapat membaca paper kamu samapai selesai

Di sisi lain, untuk paper tugas kuliah, biasanya dosen sudah memberikan tema besar. Kamu bisa mengembangkan satu ide yang menarik dari tema tersebut yang berbeda dengan teman-temanmu yang lain. dan kamu bisa meminta bantuan dosen untuk menuntun kamu dalam membimbing membuat paper.

Ide dalam membuat suatu bentuk paper harus berbeda dengan paper yang pernah dibuat sebelumnya. Teknik ATM (amati, tiru, modifikasi) dapat kamu gunakan untuk membedakan hal tersebut.


2. Membuat Kerangka Penulisan/Outline Paper

Kerangka penulisan memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang kan di kerja dalam tugas membuat paper. Kerangka penulisan berisi rangkaian ide-ide pokok pembahasan yang telah disusun sistematis, logis, jelas, terstruktur dan akurat,Kerangka penulisan berfungsi untuk membantu penulis melihat gagasan sekilas pandang untuk menghindari adanya pembahasan dua kali dalam satu subbab tulisan sebelumnya.


3. Tuliskan Pendahuluan

Pendahuluan, seperti yang telah dijelaskan pada subbab sebelumnya, merupakan bagian penting dalam menulis paper. Biasanya pada paper kompetisi, juri akan lebih dulu membaca pendahuluan terutama bagian latar belakang dan tujuan. Sehingga bagian pendahuluan ini perlu diperkuat dengan argumen-argumen yang mendukung.

Pendahuluan berisi gambaran besar isi paper yang akan ditulis. dalam bentuk seperti sebuah rangkuman yang mencangkup semua bagian dari inti topik


4. Tentukan Batasan Masalah

Batasan masalah yang akan dibahas di dalam paper harus ditentukan supaya pembahasan tidak panjang dan lebih fokus pada terhadap tema yang dipilih. Biasanya batasan masalah ini disajikan dalam bentuk rumusan masalah. Rumusan masalah ini nantinya digunakan untuk dapat menyimpulkan hasil analisis dari paper yang ditulis.


5. Lakukan Penelitian Atau Analisis

Pada tahap ini kamu perlu mengevaluasi referensi bacaan yang kamu dapat, mencatat, dan mendokumentasikan sesuai dengan gaya kutipan yang ditentukan. Untuk menghindari plagiarism yang akan terjadi, kamu bisa mengutip, merangkum serta memparafrase referensi yang kamu peroleh.


6. Susun Paper Secara Detail, Sesuai Dengan Format, Dan Standar Penulisan

Paper harus dapat disajikan secara detail dan konkrit dan rinci supaya semua informasi  dapat menjadi satu dan terbukti kebenarannya dan sangat penting dapat tersampaikan dengan baik. Standar penulisan juga harus diperhatikan supaya paper dapat tersusun rapi dan bagus. Standar penulisan yang dapat digunakan untuk membuat paper, yaitu Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Agar kalian dapat lebih paham secara mendalam tentang cara membuat paper kami akan memeberi beberapa contoh yang dapat kamu pelajari sendiri atau bersama teman. di antara nya :

  1. Paper Kuliah Kepemimpinan
  2. Paper Mahasiswa
  3. Paper Pemasaran Syari’ah

Contoh Paper

1. Contoh Paper Tentang Kepemimpinan

Kepemimpinan
BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kepemimpinan merupakan suatu bentuk proses yang dilakukan oleh seorang manajer perusahaan untuk mengarahkan dan memengaruhi para bawahannya dalam kegiatan yang berhubungan dengan tugas dalam pekerjaan, agar para bawahannya tersebut mau mengerahkan seluruh kemampuannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Kepemimpinan memiliki peranan yang penting dalam suatu kelompok terkecil sekalipun, apalagi dalam sebuah perusahaan, pastinya kepemimpinan menjadi hal yang utama. Seorang pemimpin dalam perusahaan harus mengetahui tujuan yang jelas apa yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan tersebut. Seorang pemimpin dituntut untuk mampu mengarahkan para anggota atau bawahannya untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, sehingga tujuan-tujuan yang akan dicapai dapat terlaksana dengan baik dan memajukan perusahaan.

Selain itu seorang pemimpin harus memiliki sifat memengaruhi  para bawahannya baik itu dalam perkataan, sikap, kepribadian yang baik, dan perbuatan. Pengaruh yang baik akan memunculkan suatu kebiasaan yang positif yang bisa mendongkrak semangat para karyawan untuk lebih bisa giat. Pemimpin memiliki wewenang untuk memerintah para bawahannya. Wewenang berasal dari kekuasaan  yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Pemimpin memiliki kekuasaan yang lebih tinggir dibandingkan dengan bawahannya. Sehingga pemimpin memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap bawahannya.


Rumusan Masalah

  • Apa yang dimaksud Atasan?
  • Kualifikasi yang bagaimanakah yang harus dimiliki oleh seorang manajer?

Tujuan

  • Untuk mengetahui pengertian kepemimpinan
  • Untuk mengetahui kualifikasi yang harus dimiliki seorang pemimpin

BAB II
PEMBAHASAAN

Pengertian Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah ilmu yang mengkaji secara komprehensif tentang bagaimana mengarahkan, memengaruhi, dan mengawasi orang lain untuk mengerjakan tugas sesuai dengan perintah yang direncanakan. namun pemimpin juga mempunyai tanggung jawab untuk membuat para bawahannya lebih solid dalam bekerja seperti memberi motivasi dan support secara penuh.


Kualifikasi yang Harus Dimiliki Seorang Manajer

Kualifikasi kepemimpinan yang memungkinkan seorang manajer memainkan perannya dalam menopang kondisi yang ada meliputi hal-hal berikut.

1. Watak dan kepribadian yang terpuji

Perilaku seorang pemimpin pastinya akan menjadi contoh bagi bawahannya, oleh karena itu seorang pemimpin harus memiliki perilaku dan kepribadian yang terpuji. Dengan kepribadian yang baik nantinya akan menciptakan kebiasaan yang baik pula. Jika seorang pemimpin dalam suatu perusahaan tidak memiliki perilaku yang terpuji, akan jadi apa perusahaan kedepannya nanti.


2. Hasrat melayani bawahan

Seorang pemimpin harus percaya pada bawahan, mendengarkan pendapat mereka, berkeinginan membantu, menjelaskan kepada bawahan jika mereka belum paham tentang peran mereka, serta menimbulkan dan mengembangkan keterampilan agar karier mereka memperoleh keberhasilan.


3. Sadar dan paham kondisi lingkungan

Seorang manajer harus memiliki pengertian yang memadai tentang kondisi di lingkungan sekitar, baik itu lingkungan kerja maupun lingkungan alam. Kedua hal tersebut dapat digunakan untuk mengevaluasi kepentingan sebuah organisasi atau perusahaan.


4. Sikap terbuka dan lugas

Seorang pemimpin harus memiliki sifat yang terbuka, ia harus sanggup mempertimbangkan fakta dan inovasi yang baru untuk kemajuan sebuah perusahaan.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Pemimpin yang baik yaitu pemimpin yang dapat memengaruhi para bawahannya dalam melaksanakan tugas. Pengaruh yang kuat yang dimiliki oleh seorang pemimpin, dapat memengaruhi suatu kelancaran kegiatan dalam sebuah perusahaan. Kualifikasi manajer yang bisa memimpin diantaranya, yaitu memiliki watak kepribadian yang terpuji, prakarsa yang tinggi, melayani bawahan, sadar dan paham kondisi lingkungan, intelegensi yang tinggi, bersikap terbuka dan lugas, penyampai berita yang efektif dan dapat meyakinkan bawahannya agar tercapainya suatu target atau tujuan untuk kepentingan bersama.


DAFTAR PUSTAKA

Sholihin, Ismail. 2017 Pengantar Bisnis. Batu Tegi : bursa glosial.

Siswanto. 2004.Pengantar Manajemen. Kedaung : Bumi tanah.


2. Contoh Paper Tentang Analisis Perusahaan Bersama Kita Bisa

Analisis Perusahaan Bersama Kita Bisa
BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dewasa ini industri makanan semakin merajalela Makanan Cepat saji. Orang dewasa maupun anak-anak lebih memilih makanan cepat saji. Karena diera modern seperti ini makanan cepat saji dianggap lebih praktis dan mudah lebih menghemat waktu daripada harus memasak terlebih dahulu yang memakan waktu. Semua orang berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi makanan  Cepat saji yang dapat menjadi favorit semua orang di berbagai kalangan.

Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang makanan Cepat saji secara sehat. Bidang ini memberi banyak keuntungan Cepat saji, mengingat semua orang membutuhkan makanan Cepat saji dan peluang pemasarannya pun cukup luas mencakup semua kalangan. Mulai dari dari anak-anak sampai orang tua. Untuk itu penulis ingin memaparkan gagasan tentang perusahaan yang bergerak dibidang makanan yaitu PT. Berjaya Bersama Kita.


Rumusan Masalah

  • Bagaimana visi, misi, dan tujuan PT. Berjaya Bersama Kita ?
  • Bagaimana Perencanaan dasar dan strategik  di PT. Berjaya Bersama Kita ?
  • Bagaimana penerapa tanggung jawab sosial, etika manajerial, dan budaya organisasi yang di terapkan pada PT. Berjaya Bersama Kita ?

Tujuan

  • Untuk mengetahui visi, misi, dan tujuan PT. Berjaya Bersama Kita.
  • Untuk mengetahui Perencanaan dasar dan strategik PT. Berjaya Bersama Kita.
  • Untuk mengetahui penerapan tanggung jawab sosial yang di terapkan pada PT. Berjaya Bersama Kita.

BAB II
PEMBAHASAN

Tujuan Perusahaan

Adapun Tujuan Dari PT. Berjaya Bersama Kita Yaitu :

  • Untuk memperoleh penghasilan dan memberikan kepuasan kepada pelanggan terhadap produk.
  • Menciptakan inovasi usaha yang ideal agar diminati banyak orang.
  • Agar mempunyai jaringan-jaringan pemasaran yang luas yang merajalela.
  • Brand yang dapat menyentuh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita melakukan bisnis.
  • Sebagai tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di seluruh Indonesia
  • Brand yang dapat memberikan kontribusi pada pemilik, pemasok barang dan perusahaan.

Perencanaan Dasar dan Perencanaan Strategik

1. Perencanaan Dasar

PT. Berjaya Bersama Kita bergerak dalam bidang makanan cepat saji, perusahaan ini berencana akan memproduksi beberapa jenis makanan cepat saji. Diantaranya sambel terasi instan,mie instan nugget sayur, dan beberapa produk minuman sehat dari sayuran. Fokus produksi PT. Berjaya Bersama Kita yaitu memproduksi makanan sehat. Ini adalah inovasi yang di gunakan agar dapat bersaing di pasar luas.

Jangkauan perusahaan ini yaitu pada semua kalangan, karena di zaman yang modern ini makanan-makanan yang beredar di masyarakat tergolong kurang sehat. Perusahaan ini berinovasi menciptakan makanan cepat saji yang bahan utamanya berasal dari sayuran. Produk makanan ini diharapkan mampu memperbaiki tingkat gizi masyarakat yang mementingkan kepraktisan daripada gizi yang terkandung di dalamnya.


2. Perencanaan Strategik

Perencanaan strategik terdiri dari visi dan misi perusahaan yaitu :

Visi

Menjadi perusahaan terdepan dalam melayani dan memberikan hidangan makanan cepat saji yang berkualitas bagi setiap pelanggan

Misi

Pelanggan merupakan bagian dari perusahaan yang harus terus di berikan pelayanan pada setiap kesempatan.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa:

  • PT. Berjaya Bersama Kita bergerak dalam bidang makanan instan atau cepat saji.
  • Perusahaan ini memiliki sasaran di semua kalangan dengan harga yang terjangkau.
  • Memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

DAFTAR PUSTAKA

Edward, Dowen P. 2019. Manajemen. Betung: Penerbit Sanusi

Mulisa,Artika & Santono, Andora. 1998. Pengantar Bisnis, dasar-dasar Ekonomi Perusahaan, Koala: Nasiga


3. Contoh Paper Tentang Pemasaran Syari’ah

Pemasaran Syari’ah

Latar Belakang

Di tengah perkembangan perekonomian yang sangat pesat khusunya di daerah perkotaan dan persaingan bisnis yang semakin banyak dan ketat mengharuskan para perusahaan barang dan jasa untuk terus melakukan manajemen pemasaran yang terarah dan tepat sesuai sasaran untuk dapat menguasai pangsa pasar yang lebih besar. Perusahaan harus membuat strategi yang baik dan jiyu agar dapat memenangkan persaingan pasar yang semakin ketat di perkotaan.

Perusahaan barang atau jasa sebaiknya melakukan bauran perubahan yang besar dalam pemasaran atau marketing mix, apalagi dimasa sekarang ini marketing syari’ah mulai diminati banyak terhadap oleh semua di berbagai kalangan pengusaha. Marketing mix syari’ah adalah seperangkat alat yang terdiri dari aspek produk barang dan jasa, harga, lokasi (distribusi) dan promosi yang dikelola komposisinya semakin baik dan bagus, menjadi ideal alternatif dan dipergunakan sebagai lembaga dalam pasar menuju sasaran untuk mencapainya tujuan.


Tujuan

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pengertian manajemen pemasaran syari’ah. seberapa banyak peminat dalam memasarkan seperti marketing mix untuk meluaskan usaha di bidang pemasaran syari’ah.


Pembahasan

Pemasaran syariah merupakan disiplin dalam strategi bisnis yang mengarah pada suatu proses agar terciptanya, penawaran, dan perubahan nilai dari satu indikator kepada pemegang saham yang cukup besar dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalat dalam Islam yang terkandung.

Dalam pemasaran syariah tidak berorientasi pada laba namun juga mengandung nilai-nilai ibadah yang terkandung di dalamnya. Pengertian tersebut didasarkan pada salah satu ketentuan bisnis islami yang tertuang dalam bentuk kaidah fikih yang mengatakan: “al-muslimuuna ‘alaa syuruuthihim illa syarthan harroma halaalan aw ahalla haraaman” yang berarti kaum muslimin terikat dengan kesepakatan-kesepakatan bisnis yang mereka buat, kecuali kesepakatan yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram.

Hal ini berarti bahwa pada pemasaran syariah tidak boleh ada hal-hal yang bertentangan dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah yang islami. dengan adanya hal  itu dapat dijamin, dan tidak ada penyimpangan pada prinsip-prinsip muamalat dan tidak akan terjadi, maka dalam bentuk transaksi apa pun dalam marketing diperbolehkan selama itu masih halal dalam islam.


Kesimpulan

Pemasaran Syaria’ah Harus mengikuti pedoman anjuran islam dalam peroses bisnis agar terciptanya seperti penawaran barang dan jasa, serta adanya perubahan nilai suatu inisiator terhadap pemegang saham yang besar sesuai dengan akan dan ajaran agama islam dalam berbisnis.


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang, Paper : Pengertian, Struktur, Format, Contoh & Cara Membuatnya Lengkap. artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :