Contoh Essay

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Selain paper dan artikel ilmiah, karya tulis juga dapat berupa essay. Pasti kamu juga tidak asing dengan istilah kata essay. Kompetisi dalam nasional tentang berupa essay juga sering diadakan agar dapat melatih kemampuan para menulis bagi siswa maupun mahasiswa. Selain itu, untuk persyaratan beasiswa biasanya kamu dipersyaratkan untuk membuat sebuah essay.

Apakah Kalian Yang masih sekolah atau masih kuliah masih bingung cara membuat dan menulis essay dengan baik dan benar oleh karena itu saya akan mengajak kalian untuk belajar bersama cara membuat essay yang baik dan benar. agar guru atau dosen yang membacanya akan kagung dengan kraetifan kamu dalam membuat suatu essai mari kita simak bersama cara membuat essay di dalam artikel ini selamat belajar bersama teman-teman.

Contoh Essay Serta Cara Membuatnya Dengan Struktur Yang Baik dan Benar


Pengertian Essay

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), essay merupakan sebuah karangan prosa yang membahas  tentang suatu masalah tertentu melalui sudut pandang penulisnya. Esai yang ditulis haruslah secara logis dan mudah dapat dimengerti, serta didukung oleh fakta dan opini-opini dari penulisnya itu sendiri.

Esai mulai populer sejak tahun 1500-an oleh seorang filsuf asal Perancis Montaigne. Di Indonesia, esai pertama kali diperkenalkan oleh H. B. Jassin, seorang penulis yang terkenal dan kritikus sastra serta redaktur Balai Pustaka. Esai dianggap sangat penting karena berguna dalam melatih kemampuan menulis. Selain itu, esai dianggap dapat membantu para individu untuk berpikir secara kritis, kreatif, dan terstruktur.


Struktur Essay

Sama seperti karya ilmiah pada umumnya, essay juga memilki struktur dalam penulisannya. Menurut Budiharso dalam Nugraheni (2019), struktur esai terdiri dari satu paragraf pendahuluan,serta  beberapa paragraf pengembang, dan satu paragraf penyimpul dari sub bagian essai.


1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, kamu dapat menuliskan secara umum ide atau gagasan yang ingin kamu bahas. Pada bagian ini, kita dapat mengrahkan pemikiran-pemikiran kamu yang akan menjawab pertanyaan permasalahan yang muncul dalam di pendahuluan serta cukup sempit dan terbatas, serta tidak terlalu baru atau kontroversial.

Pendahuluan juga berupa  beberapa kalimat atau pernyataan yang pada umum dan kalimat tesis atau ide pokok di dalam esai. Tesis dan topik bukanlah sebuah judul. Jika topik dan tesis dirumuskan di awal proses penulisan, sebaliknya perumusan judul dilakukan setelah seluruh karangan sampai selesai. Setelah topik dirumuskan, penulis dapat dengan gampang menyusun di dalam kerangka tulisan dengan kalimat tesis.

Kerangka tulisan adalah suatu rencana kerja yang memuat garis secara besar dalam suatu tulisan yang akan digarap. Kerangka tulisan bemanfaat sebagai alat kontrol dalam menulis, yaitu mengarahkan kepada penulis untuk memilih data yang sesuai dengan tujuan penulisan. Manfaat lain kerangka tulisan adalah

  • Tulisan dapat disusun secara teratur dan rapih,
  • Tulisan tidak mengalami pengulangan dengan kata yang sama, data, kasus, atau rujukan dapat dengan mudah dicari dan dimengerti,
  • Memudahkan para pembaca dalam melihat suatu wujud, di gagasan, dalam struktur, serta nilai umum tulisan tersebut.

2. Badan Essay

Pada bagian badan esai, kamu dapat mengemukakan penjelasantentang pokok pikiran yang telah dituangkan pada bagian pendahuluan. Pada bagian ini kamu bisa menuliskan beberapa argumentasi-argumentasi atau opini mengenai tentang permasalah yang kamu bahas. Kamu juga dapat menuliskan bukti-bukti yang yang mendukung kebenaran dari argumentasi yang kamu keluarkan.

Bagian isi berisi uraian pernyataan yang disampaikan pada paragraf pendahuluan. Paragraf isi juga membahas tentang suatu topik atau subtopik yang sudah dinyatakan dalam tesis. Penulisan paragraf isi di antaranya:

  • Memberikan contoh atau ilustrasi,
  • Menguraikan secara kronologis suatu kejadian,
  • Mendefinisikan istilah yang berkaitan,
  • Membandingkan atau mengontraskan,
  • Menganalisis atau mencari sebab akibat,
  • Menguraikan akibat atau konsekuensi,
  • Menerapkan bagaimana cara kerja atau fungsi, dan
  • melukiskan fisik atau watak orang, tempat, barang, atau tindakan yang dibicarakan.

3. Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan, kamu dapat merangkum sebuah kesimpulan dari ide dan gagasan kamu. Kamu juga dapat mencantumkan rangkuman dengan  kata kunci dalam ringkasan argumentasi yang menjadi suatu jawaban dari dalam permasalahan atau topik yang akan dibahas. Kamu juga dapat menuturkan beberapa alasan atau hambatan yang ditemukan untuk sampai pada jawaban atau kesimpulan dari permasalahan yang dibahas. dalam topik

Unsur bagian penutup essay yaitu kesimpulan, saran, dan daftar pustaka atau referensi. Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis kesimpulan adalah:

  • Jangan mengulang uraian yang terdapat di bagian hasil analisis
  • Jangan memasukkan hal-hal baru yang memerlukan ulasan lebih lanjut
  • Jangan memasukkan bagian dari kerangka teori.

Cara membuat Essay

Penulis perlu mempelajari langkah-langkah cara membuat essay untuk memuat sebuah tulisan yang baik dan benar. Esai yang baik dapat dilihat dari ketajaman analisis yang bagus, pemaparan yang baik, refleksi, disertai dengan uraian kata-kata yang bagus dalam dan argumentasi yang kuat. Esai yang ditulis agar dapat mudah dipahami para pembaca.

Baca Juga :  Demonstrasi Adalah

1. Menentukan Topik

Tujuan penulisan essay bisa berbagai macam. Essay untuk beasiswa tentu berbeda dengan essay ilmiah. Tahap ini bertujuan untuk mempermudah dalam menemukan gagasan dan menentukan format essay yang akan di buat.

Menyeleksi gagasan dan menulis pengantar (kalimat topik).Setelah mengumpulkan gagasan atau fakta, kamu perlu memikirkan bagaimana cara dapat mengaitkan gagasan atau fakta tersebut dengan topik. Jika kamu telah menentukan gagasan utama, tulislah kalimat pengantar yang dapat mempresentasaikan gagasan tersebut dengan jelas dan menarik. Paragraf tersebut harus memuat pernyataan dua bagian yaitu pernyataan umum dan penyataan tesis.


2. Menentukan Tema Atau Tujuan

Tema essay biasanya diangkat pada suatu permasalahan untuk dicarikan suatu solusinya. Tema sebaiknya dipilih sesuai dengan apa yang dipahamileh kalian, disukai, atau dikuasai oleh penulis. Hal tersebut dilakukan supaya penulis dapat menyajikan tulisan  dengan benar serta secara luwes karena sesuai dengan bidang yang dipilih.


3. Membuat Kerangka Tulisan atau Referensi

Outline dapat membantu penulis dalam memetakan gagasan. Outline ini dapat dibuat dalam bentuk daftar kalimat singkat atau diagram alir. dalam suatu refrensi yang kamu cari dalam suatu topik.  Penulis harus banyak membaca dan mencari informasi untuk memperkaya suatu gagasan. Ketika membuat kerangka tulisan, sebaiknya juga penulis menentukan batasan tema yang akan dibahas supaya tema yang telah dipilih dapat dibahas secara mendalam.


4. Mengembangkan Tulisan Sesuai Struktur

Gagasan/ide pada esai yang baik dapat disajikan sesuai dengan struktur esai yang telah di buat agar jelas sehingga mudah dipahami oleh para pembaca. Penggunaan kata bahasa yang baik dan benar perlu diperhatikan. Selain itu, penggunaan ejaan, tanda baca, diksi yang baik, dan kalimat efektif juga sngat di perhatikan.

Dalam mengembangkan tulisan essay, pastikan setiap paragraf memuat kalimat utama. Kalimat utama ini akan menjadi fokus dari argumentasi yang akan disampaikan. Kalimat utama ini selanjutnya diikuti dengan kalimat-kalimat pendukung berupa mengembangkan argumentasi.

Bukti dan contoh yang efektif juga dapat disampaikan untuk meyakinkan para pembaca. Bukti dapat berupa pernyataan tentang kepada akar atau penulis lain. perlu kalian diperhatikan bahwa apabila penulis mengutip sebuah pernyataan dari orang lain harus menyertakan referensi yang sedang digunakan. Gunakan cara penulisan kutipan yang efektif dan konsisten.


5. Menyunting Tulisan

Penulis akan melakukan sebuah menyunting sebelum menyelesaikan proses penulisan. Hal ini  supaya essay yang disusun dapat memenuhi persyaratan essay yang baik dan bagus. Kegiatan yang dapat dilakukan dalam menyunting tulisan di antaranya, yaitu meneliti bahasa yang digunakan baik atau tidaknya, meneliti format penulisan, meneliti kesatuan dan kepaduan penggunaan paragraf dalam menyampaikan suatu gagasan, dan meneliti tulisan secara menyeluruh.


6. Revisi Essay

Essay yang kmu tulis dapat dihasilkan tidak semua tulisan kamu harus teliti membaca essay yang telah kamu buat kemudian apa ada kesalahan dalam penulisan maupun kata-kata, ada beberapa hal yang harus kamu tanyakan tentang esay yang telah kamu buatdi anataranya adalah :

  1. Apakah paragraf dan argumen yang kamu tuliskan sudah benar dan jelas serta relevan?
  2. Apakah argumen yang kamu tuliskan seimbang dan terdapat referensi yang cukup baik?
  3. Apakah kamu sudah mencapai batas jumlah kata yang diperbolehkan?

Kalau kamu menemukan kesalahan pada essay yang kamu buat maka kamu janagan ragu untuk memperbaiknya secara langsung,


Langkah-Langkah Dalam Menyusun Essay

  • Menentukan suatu topik dan melakukan suatu penelitian mengenai topik yang telah dipilih.
  • Membuat kerangka tulisan sebagai gambaran keseluruhan pada esai.
  • Mencari dan mencatat referensi yang berkaitan dengan topik yang dipilih.
  • Menyusun ide dan menulis esai.
  • Menulis kesimpulan berdasarkan isi esai yang di bahas.
  • Membaca ulang dan memperbaiki apabila dirasa ada yang kurang tepat.
  • Menyusun referensi yang digunakan.

Contoh Essay

Berikut ini adalah contoh beberapa essay yang dapat kamu pelajari sebagai berikut :

  • Contoh Essay Pendidikan
  • Contoh Essay Beasiswa
  • Contoh Essay Ekonomi
  • Contoh Essay Motivasi
  • Contoh Essay Agama

Untuk memberikan lebih banyak contoh dan referensi terbaik dalam menulis essay berikut ini saya berikan beberapa contoh essay ilmiah terbaik di bidang pendidikan.


1. Contoh Essay Pendidikan Ilmiah

Judul : PERANKU BAGI INDONESIA

“Saya adalah orang yang banyak menerima dibandingkan memberikan karena lahir dan besar di keluarga yang sederhana. Salah satu hal yang saya terima dari negeri ini adalah pendidikan, di mana saya dapat menempuh pendidikan hingga S1 berkat beasiswa Bidikmisi, dan hal tersebut telah mengajarkan saya arti dari pemberian yang harus dipertanggungjawabkan bagi sesama.

Banyak menerima bantuan lantas membuat saya berfikir untuk bisa membalas dan berbagi atas apa yang sudah saya peroleh selama ini. Salah satu langkah konkret yang bisa saya lakukan ketika saya duduk di bangku SMA adalah dengan menjadi seorang pengajar ekstrakurikuler Pramuka di beberapa sekolah dasar. Menganggap mengajar adalah hal yang menyenangkan karena selalu mengasah ilmu dan komunikasi, saya melanjutkan kegiatan mengajar ketika menjadi mahasiswa di UIN Jakarta, untuk mejadikan diri ini lebih bermanfaat sesuai dengan “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya”. Sehingga saya memutuskan untuk bergabung sebagai relawan pengajar, Mobil Kelas Berjalan (MKB) di mana kami bergerak bersama untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung dalam hal ekonomi dan mereka yang kehilangan kesempatan belajar karena harus bekerja sebagai pemulung, serta membantu anak-anak yang kurang mampu dalam memenuhi biaya sekolah dengan mencarikan donatur ke beberapa lembaga pengelola zakat. Di sisi lain, saya juga mengikuti Kuliah Kerja Nyata di Bogor dan Jogjakarta selama sebulan.

Selepas kuliah dengan beasiswa Bidikmisi, menyadarkan saya akan tanggungjawab kepada negara yang sudah memberikan beasiswa, sehingga saya memutuskan untuk mengabdikan diri selama setahun di daerah tertinggal sebagai wujud rasa syukur dan terimakasih kepada republik ini. Saya ditugaskan sebagai Pengajar Muda di Desa Muning Dalam, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan melalui Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar, di sana saya melakukan pemberdayaan masyarakat, mengajar di sekolah dasar, serta pelibatan masyarakat untuk merubah entitas perilaku dan sama-sama menyadari bahwa pendidikan adalah tanggungjawab kita bersama. Tinggal bersama masyarakat di daerah terpencil yang jauh dari akses transportasi dan komunikasi, mengharuskan saya membina hubungan positif dengan banyak pihak dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten. Saya mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, pelatihan guru-guru kreatif di kecamatan, pembinaan ekstrakurikuler di sekolah, dan pelatihan untuk murid berbakat dalam bidang sains, olahraga, dan seni. Selain itu, saya bersama Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) melakukan inisiasi lokakarya yang dibungkus dengan tema Kegiatan Bermain dan Belajar (KBB) untuk meningkatkan kualitas guru-guru dalam hal pembelajaran. Materi yang disampaikan terkait pembelajaran kreatif yang berbasis lingkungan yang dikelola oleh guru-guru pembelajar di kecamatan. Saya juga menginisiasi diadakannya pelatihan kesenian daerah seperti tari tradisional, menyanyi lagu daerah, dan berbalas pantun untuk meningkatkan pengenalan dan pengamalan budaya daerah. Selain suskses dengan menggerakan K3S dan KKG, saya juga mengajak guru serta penggerak lokal yang berlatar belakang dari berbagai profesi untuk melaksanakan Kelas Inspirasi, di mana kami bergerak bersama untuk mewadahi para profesional agar bisa berkontribusi bagi pendidikan di sekolah dasar di kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Meskipun saya telah menyelesaikan pengabdian sebagai Pengajar Muda di kabupetan Hulu Sungai Selatan, namun saat ini saya masih terlibat aktif untuk membina gerakan sosial pendidikan di sana melalui Kelas Inspirasi. Saya mengajak berbagai pihak agar mau berkontribusi dan turun tangan langsung ke sekolah dasar dengan mengajarkan profesi mereka selama sehari. Beberapa pihak yang saya ajak ialah pemuda lokal, pemerintah terkait, para profesional, dan relawan-relawan pendidikan dari berbagai provinsi.


2. Contoh Essay Beasiswa

Judul : Kontribusiku Bagi Indonesia

Saya menyelesaikan studi Sarjana di Universitas Brawijaya tahun 2019 dengan spesialisasi ilmu dan teknologi pangan. Semasa kuliah, saya aktif organisasi kepenulisan sebagai ketua umum. Keaktifan di organisasi ini mengasah kemampuan kepemimpinan saya dan membangun jiwa kepedulian saya mengenai lingkungan sekitar dengan menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Prestasi yang berhasil saya raih adalah terpilih sebagai delegasi kampus dalam mengikuti kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Nasional dan menjuarai beberapa kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional. Selama berproses dalam kegiatan ini terdapat banyak sekali pelajaran yang dapat saya peroleh, di antaranya adalah manajemen waktu dan bersosialisasi dengan pihak-pihak luar kampus sebagai bentuk penerapan ilmu pengetahuan.

Pada tahun 2018, saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan guru kejuruan yang diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi selama satu tahun. Di sini saya diajari bagaimana menjadi seorang guru yang profesional dan berkepribadian sehingga menjadi panutan bagi siswa serta lingkungan sekitar.

Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan magister saya dengan spesialisasi ilmu dan teknologi pangan. Di sini, saya belajar lebih mendalam mengenai bidang saya untuk bisa lebih berguna dan dapat diaplikasikan di hari esok.

Saya memiliki mimpi besar untuk menjadi seorang pendidik yang bisa membuat siswanya cerdas dan beradab. Karena cerdas dan beradab itu adalah bekal bagi mereka untuk menjalani kehidupan mereka di masa mendatang. Orang yang cerdas namun tidak beradab dapat merugikan orang lain. Sedangkan orang yang cerdas dan beradab dapat memberikan manfaat dengan mempertimbangkan kesejahteraan banyak pihak.

Apabila saya berkesempatan mendapatkan beasiswa ini, saya ingin mengambil peran sebagai guru di sebuah sekolah kejuruan. Saya juga ingin berkontribusi dengan menjadi pembina unit-unit Usaha Kecil Menengah supaya mereka dapat bersaing di perekonomian nasional bahkan internasional.


3. Contoh Essay Ekonomi

Judul : Dampak Covid-19 terhadap Perekonomian Indonesia

Virus Corona atau lebih dikenal dengan Covid-19 memiliki dampak yang besar terhadap perubahan tatanan kehidupan manusia. Tidak hanya merugikan di bidang kesehatan, dampak covid-19 ini turut memengaruhi perekonomian negara-negara di dunia termasuk Indonesia.

United Nation Development Program memperkirakan bahwa pandemi Covid-19 ini dapat meningkatkan kemiskinan dan menurunkan kesejahteraan masyarakat. Apabila dampak ekonomi ini tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat berakibat meningkatkan penderitaan global serta membahayakan kehidupan dan mata pencaharian selama bertahun-tahun yang akan datang.

Di Indonesia pemerintah mencoba menerapkan berbagai usaha untuk menekan dampak virus covid-19 ini terhadap perekonomian negara. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan bekerja dari rumah. Bahkan sekolah-sekolah pun juga belajar dari rumah. Karena hal tersebut, banyak industri-industri yang merumahkan karyawannya.

Selain itu, adanya covid-19 ini meningkatkan penggunaan uang digital. Seperti diketahui bahwa virus corona dapat menempel di benda, salah satunya uang. Sehingga masyarakat beralih menggunakan uang digital untuk menekan penyebaran virus. Di sisi lain, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan di bidang ekonomi seperti menanggung pajak penghasilan, kelonggaran membayar kredit, dan melakukan subsidi listrik.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa adanya covid-19 ini memiliki dampak positif dan negatif. Meskipun demikian, dampak negatif dari covid-19 perlu segera diatasi supaya tidak menimbulkan efek negatif panjang di tahun-tahun berikutnya.


4. Contoh Essay Motivasi

Motivasiku Menjadi Seorang Pendidik

Saya memiliki banyak impian yang ingin dicapai dalam hidup ini. Salah satunya adalah dengan berkarya di lingkungan yang dinamis, penuh tantangan, diisi oleh orang-orang yang cakap dan agamis, serta menyimpan banyak kesempatan baru untuk dijelajahi. Menurut saya, hal tersebut bisa saya dapatkan melalui dunia pendidikan.

Pendidikan adalah kegiatan penting untuk mentransfer ilmu kepada masyarakat luas guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Ilmu sendiri adalah salah satu senjata manusia untuk menjalani kehidupannya.

Selain mengajarkan ilmu, sebagai pendidik, saya juga mengajarkan iman kepada orang-orang yang saya didik. Sebagai orang yang beragama, iman adalah kunci penting untuk meraih ketenangan jiwa. Orang yang berilmu tetapi jiwanya tidak tenang, dia tidak bisa menggunakan ilmunya untuk menciptakan maslahat bagi orang banyak. Sementara orang yang berilmu dan berjiwa tenang, maka dia akan bisa menebarkan banyak manfaat bagi masyarakat.

Sebagai seorang pendidik, saya memiliki kesempatan untuk terus mengambil tantangan baru di bidang pengajaran ataupun pengabdian. Selain belajar dan mengajar teori, saya bisa mengaplikasikan ilmu pengetahuan dalam kehidupan untuk kesejahteraan masyarakat luas. Serta sebagai pendidik inilah saya bisa berkontribusi untuk negara ini dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.


5. Contoh Essay Tentang Agama

Judul : Al Quran Menyimpan Jawaban dari Setiap Cobaan

Manusia hidup itu tidak lepas dari ujian kehidupan. Ada yang diuji dari keluarganya, pasangannya, anaknya, pekerjaannya, hartanya, dan perasaannya. Ujian itu adalah bentuk cinta Allah kepada hamba-Nya. Dia yang paling bertakwa balasannya adalah surga, tempat terbaik di sisi Allah SWT. Memang, terkadang ujian itu terasa menyesakkan dada. Sampai-sampai orang yang diuji merasa sendiri, tidak punya siapa-siapa. Bagi mereka yang tidak pernah berputus asa bisa melewati segala ujian tersebut. Namun, bagi mereka yang kurang beruntung mendapat hidayah, bisa jadi akan mengakhiri hidupnya.

Ketika diuji, manusia sering lupa kalau mereka sebenarnya tidak pernah sendiri. Pasti ada satu dua orang yang peduli, tetapi tidak disadari. Selain itu, bukankah Allah tidak pernah meninggalkan seorang hamba sendiri. Allah itu dekat, sedekat urat nadi. Bahkan ketika seorang hamba menuju kepada Allah dengan cara berjalan, Allah akan menghampirinya dengan berlari.

Sebagai seorang muslim, kita memiliki kitab suci yaitu Al Quran. Sebenarnya, di dalam Al Quran itulah terdapat jawaban atas segala persoalan hidup. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara mencari jawaban atas persoalan hidup yang menimpanya menggunakan Al Quran.

Adapun cara menggunakan Al Quran untuk menghadapi persoalan hidup, yaitu dengan membersihkan hati terlebih dahulu. Hati dapat dibersihkan dengan kita menyerahkan segala urusan kepada Tuhan yang Maha Kuasa dan menghilangkan berbagai penyakit hati yang menghampiri.

Langkah awal untuk membersihkan hati yaitu dengan melakukan ibadah, seperti sholat, kemudian dilanjutkan berdoa dan membuka Al Quran. Hal ini dilakukan dengan berniat memohon petunjuk kepada Allah SWT. Dengan membaca ayat Al Quran yang pertama terbuka dan mentadaburi isinya, atas izin Allah, di situlah letak jawaban yang kita cari.

Jadi, ketika kegelisahan menghampiri kita, sebaiknya hal tersebut kita serahkan kepada Tuhan yang Maha Besar serta kita tenangkan hati kita dengan membaca kitab suci Al Quran.


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Essay : Pengertian, Struktur, Contoh & Cara Membuatnya Lengkap. artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :