Solidaritas

Jenis – Jenis Solidaritas

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Solidaritas. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Solidaritas


Pengertian Solidaritas


Solidaritas adalah suatu sikap yang dapat dimiliki oleh setiap manusia yang didalamnya saling berkaitan dengan sebuah ungkapan perasaan seseorang atas rasa senasib dan sepenanggungan terhadap apa yang orang lain rasakan maupun kelompok itu sendiri.


Solidaritas Menurut Para Ahli


1. KBBI (Depdiknas, 2007)
Solidaritas adalah suatu sifat (perasaan) solider, sifat satu rasa (senasib), perasaan setia kawan yang terdapat pada suatu kelompok anggota wajib yang memilikinya.


2. Emile Durkheim 1858
Solidaritas merupakan suatu keadaan hubungan antara individu dan  kelompok yang dapat didasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang diikuti bersama dan diperjelas oleh suatu pengalaman emosional bersama.


3. Robbert M.Z Lawang (1985:262)
Solidaritas adalah dasar pengertian solidaritas sosial tetap kita berpegang yakni kesatuan, persahabatan, saling percaya yang muncul dari tanggung jawab dan kepentingan bersama diantara para anggota.


Jenis – Jenis Solidaritas


1. Solidaritas Mekanik
Solidaritas sistem komunikasi serta suatu ikatan dalam masyarakat yang mempunyai perasaan yang sama, memiliki sebuah kecenderungan yang sama, masyarakat lebih dapat bisa dikatakan sebagai suatu keseragaman atau homogen, dan jika diantara anggota masyarakat tersebut ada yang menghilang maka dari itu dapat dikatakan tidak lagi memiliki pengaruh yang besar terhadap suatu dampak pada diri sendiri maupun kelompok masyarakat tersebut.

Baca Juga :  Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan (SKPKBT)

2. Solidaritas Organik
Solidaritas atau kekompakan yang berdasarkan atas sebuah perbedaan, solidaritas organik timbul karena munculnya pembagian kerja yang semakin besar, solidaritas organik berdasarkan atas jenjang ketergantungan yang sangat tinggi.


Prinsip Solidaritas


1. Diungkapkan Sesuai Dengan Porsinya
Solidaritas akan timbul karena adanya perasaan senasib dan seperjuangan, pengungkapan rasa solidaritas sebaiknya dapat diungkapan sesuai dengan porsinya atau tidak diungkapkan atau dijelaskan secara berlebihan.


2. Bentuk Ungkapan Timbal Balik
Bentuk dari ungkapan timbal balik itu terjadi ketika diri seseorang ini bisa lewat sebuah ungkapan dalam bentuk suatu usaha seseorang untuk dapat merawat kemajemukan yang ada pada kegiatannya sehari-hari.


3. Rasa Senasib Sepenanggungan
Rasa senasib sepenanggungan adalah suatu dasar yang timbul karenna memunculkan suatu rasa solidaritas dalam diri seseorang untuk diri sendiri maupun kelompok.


Tujuan Solidaritas


  • Lebih peka terhadap lingkungan sekitar
  • Terjaganya rasa persaudaraan dan pertemanan terhadap sesama
  • Terjalinnya kekompakan terhadap teman
  • Munculnya rasa kepedulian terhadap sesama teman baik, keluarga ataupun orang lain

 


Manfaat Solidaritas


  • Adanya rasa solidaritas dan kepedulian terhadap sesama
  • Untuk dapat menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi dalam diri seseorang dan juga dapat menjaga keharmonisan agar tidak hilang
  • Memunculkan hubungan baik antar sesama manusia
  • Untuk menjaga kekerabatan ke tetangga, teman, atau keluarga

 


Syarat Terbentuknya Solidaritas


1. In Group dan Out Group
sikap perasaan out group adalah sikap kepada orang luar group, sedangkan Sikap perasaan kepada ini group adalah sikap kepada orang dalam.


2. Penegasan Kelompok
Penegasan itu akan memunculkan hubungan timbal balik antara anggota kelompok menjadikan adanya hubungan yang khas dalam kelompok sosial.


Contoh Bentuk Solidaritas


1. Kerjasama
Sebuah usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Baca Juga :  Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier

2. Gotong Royong
Rasa dan persatuan terhadap kesosialan yang sangat terpercaya dan terpelihara. Gotong royong biasanya lebih banyak dilakukan di desa daripada di kota-kota besar.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Jenis – Jenis Solidaritas : Pengertian, Prinsip, Tujuan, Manfaat, Syarat dan Contohnya Lengkap, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :

Send this to a friend