Konsumen Rasional

By sarjanaekonomi #7 konsep inti pemasaran, #analisis konsumen adalah, #apa arti konsumsi, #apa manfaat perilaku konsumen, #atribut produk, #bagaimana ciri-ciri pesaing dalam usaha, #berikan 5 contoh perilaku konsumen, #berikan contoh dari manfaat mempelajari perilaku konsumen atau pelanggan, #ciri-ciri konsumen, #contoh complex buying behavior, #contoh kasus perilaku konsumen, #contoh perilaku konsumen, #contoh perilaku konsumen brainly, #contoh perilaku konsumen irasional, #contoh perilaku organizational consumer, #contoh perilaku pembelian kompleks, #contoh perilaku rasional, #contoh soal teori perilaku konsumen, #Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen, #jelaskan maksud dari produksi, #jenis konsumen, #jenis perilaku konsumen, #kendala anggaran adalah, #kepuasan konsumen bersifat dinamis, #keputusan konsumen menurut para ahli, #kerangka analisis perilaku konsumen, #konsep permintaan dalam islam, #konsumen adalah brainly, #konsumsi intertemporal, #makalah perilaku konsumen, #manfaat mempelajari perilaku konsumen, #manfaat perilaku konsumen, #menganalisis komponen-komponen purna jual, #model perilaku konsumen, #model-model perilaku konsumen, #optimal solution adalah, #organizational consumer adalah, #pendekatan nilai guna kardinal dan ordinal, #pendekatan perilaku konsumen, #pendekatan teori perilaku konsumen, #pengertian dan fungsi segmentasi pasar, #pengertian konsumen menurut para ahli, #pengertian pendidikan konsumen, #pengertian perilaku konsumen menurut para ahli, #pengertian perilaku produsen, #Pengertian Produsen, #pengertian variety seeking, #perilaku konsumen brainly, #perilaku konsumen di indonesia, #perilaku konsumen pdf, #perilaku pembelian konsumen adalah, #perilaku produsen, #ppt perilaku konsumen dan strategi pemasaran, #preferensi konsumen, #proses konsumsi berdasarkan situasi, #proses pengambilan keputusan yang kompleks, #ruang lingkup perilaku konsumen, #ruang lingkup produksi dalam islam, #sebutkan dan jelaskan 5 jenis pasar pelanggan, #sebutkan dan jelaskan motif motif belanja, #sebutkan prinsip dasar perilaku konsumen, #sebutkan tipe - tipe konsumen, #sifat perilaku konsumen, #sifat saluran pemasaran, #teori kardinal dan ordinal, #teori konsumsi dalam islam, #teori perilaku konsumen, #teori perilaku konsumen pdf, #teori perilaku produsen, #terangkan mengenai motif untuk membeli, #tiga tipe pembelian dalam perilaku konsumen, #tipe perilaku pembelian konsumen, #tipe-tipe konsumen, #tujuan perilaku konsumen, #Tujuan Perlindungan Konsumen
Konsumen Rasional

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Konsumen Rasional. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Konsumen Rasional


Pengertian Konsumen Rasional


Konsumen rasional adalah konsumen yang dalam melakukan tindakan atau mengkonsumsi barang tersebut berdasarkan pada akal yang dapat diterima oleh nalar serta prinsip ekonomi yang rasional berarti melibatkan pertimbangan biaya dan manfaat (utilitas) dari barang yang mereka beli.
Ini melibatkan membandingkan harga suatu barang dengan manfaat apa yang diperoleh dari barang tersebut untuk konsumen.


Prilaku konsumen rasional dapat dikatakan rasional apabila:

  • Konsumen mempertimbangkan kualitas produk yang terjamin.
    Produk yang dikonsumsi dapat memberikan rasa puas dan memiliki nilai guna yang optimal.
  • Konsumen mempertimbangkan kemampuan ekonominya sebelum melakukan transaksi.
  • Produk tersebut betul-betul dibutuhkan konsumen, bukan keinginan semata.\

Ciri – Ciri Konsumen Rasional


  1. Barang yang dapat dipilih konsumen yaitu barang yang memberikan kegunaan yang optimal dan maksimal bagi konsumen
  2. Konsumen yang dapat memilih barang yang harganya bisa sesuai dengan kemampuan konsumen
  3. Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin
  4. Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan

Faktor – Faktor yang mempengaruhi Konsumen Rasional


1. Faktor Pribadi
Keputusan seorang pembeli yang juga dapat dipengaruhi oleh beberapa karakteristik pribadi, yaitu suatu cakupan usia pembeli dan juga tahap siklus hidup pembeli, pekerjaan, dan kondisi ekonomi bagi para konsumennya.


2. Faktor Sosial
Perilaku seorang konsumen yang dapat mempengaruhi faktor-faktor sosial seperti perilaku kelompok acuan (kelompok referensi), keluarga, dan juga peran dan status sosial dari konsumen. Konsumen yang termasuk dalam kelas sosial tinggi tentu tidak akan berpikir panjang lagi sebelum membeli suatu produk.


3. Faktor marketing strategy
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh produsen dapat pula mempengaruhi perilaku konsumen dengan beberapa variabelnya, yaitu produk, harga, iklan, dan distribusi.


Contoh Prilaku Konsumen Rasional


  • Mengonsumsi produk yang mampu meberikan kegunaan optimal, maksudny dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
  • Mengkonsumsi produk sesuai kualitasnya
  • Mengkonsumsi produk sesuai yang dimiliki
  • Mengkonsumsi produk yang benar – benar yang dibutuhkan oleh konsumsi

Hak – Hak Konsumen Rasional


  • Hak mendapatkan informasi yang benar, jelas, dan jujur
  • Hak mendapat kompensasi dan ganti rugi
  • Hak dilayani dan diperlakukan tanpa diskriminasi
  • Hak memilih barang
  • Hak mendapat barang/jasa sesuai kondisi dan jaminan yang dijanjikan

Demikianlah pembahasan mengenai √ Konsumen Rasional : Pengertian, ciri, Faktor, Hak dan Contohnya Lengkap , semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :

/* */