Kegiatan Ekonomi

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Kegiatan Ekonomi. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


kegiatan ekonomi


Pengertian Kegiatan Ekonomi


Kegiatan ekonomi adalah tindakan atau perilaku manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan dilandaskan pada prinsip-prinsip ekonomi. Pengertian lainnya yaitu tindakan individu dalam menentukan pilihan dan menggunakan peluang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

 


Ciri – Ciri Kegiatan Ekonomi


  1. Kegiatan saling menguntungakan
  2. Terjadi Produksi
  3. Kegiatan transaksi atau saling jual beli

 


Jenis – Jenis Kegiatan Ekonomi


1. Kegiatan Konsumsi

Aktivitas penggunaan barang atau jasa yang dihasilkan produsen. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.


Pelaku kegiatan konsumsi, yaitu:

  • Pemerintah
  • Industri
  • Rumah Tangga Keluarga

2. Kegiatan Produksi

kegiatan menghasilkan barang dan jasa. Tujuan kegiatan produksi yaitu memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan laba bagi produsen.


Barang yang dihasilkan berupa :

  • Barang jadi
  • Barang Mentah
  • Barang Setengah Jadi

3. Kegiatan Distribusi

Kegiatan ekonomi yang bertugas menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan ini sangat penting dalam membantu para produsen memasarkan barangnya, dan membantu konsumen untuk pemenuhan kebutuhannya.


Aktifitas dari segiatan distribusi berupa:

  • Standarisasi mutu barang
  • Pembelian dari produsen
  • Penyaluran barang
  • Klasifikasi barang
Baca Juga :  Konsumen Adalah

 


Tujuan Kegiatan Ekonomi


  • Menciptakan suatu kegiatan demi memenuhi kebutuhan hidup seorang individu dan negara.
  • Untuk menambah pendapatan masyarakat.
  • Untuk memenuhi segala kebutuhan manusia di dalam hidupnya, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
  • Untuk sarana pemenuhan kebutuhan konsumen, dan sebagai sarana untuk menghasilkan keuntungan atau kekayaan bagi produsen.

 


Pelaku Kegiatan Ekonomi


1. Rumah Tangga Konsumsi

Sekelompok masyarakat atau individual dari masyarakat yang dapat melakukan kegiatan konsumsi barang maupun jasa yang dapat dihasilkan produsen sehingga produsen tersebut juga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya yang tidak terbatas tersebut.


2. Rumah Tangga Produksi

sebuah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang ataupun sekelompok orang yang bertujuan menghasilkan berbagai macam barang maupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.


3. Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri

Setiap negara memiliki ketergantungan satu sama lain terhadap negara lainnya, sehingga tidak ada negara di dunia ini yang dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. contohnya perdagangan luar negeri salah satunya antara Indonesia dan Amerika, Indonesia membutuhkan komputer sehingga membeli komputer dari amerika sedangkan Amerika membutuhkan dan membeli tekstil dari Indonesia.


4. Rumah Tangga Pemerintah

Pihak yang berhak mempunyai peran vital dalam sebuah perekonomian negara, sehingga pemerintah jugalah yang bertugas untuk mengontrol dan mengendalikan perekonomian negara agar dapat menciptakan masyarakat yang makmur dalam perekonomian negara.


5. Rumah Tangga Perusahaan

Perusahaan ini juga memiliki peran sebagai penyedia barang atau jasa bagi rumah tangga konsumsi. Di Indonesia sendiri perusahaan terdiri dari perusahaan swasta, BUMN, dan juga koperasi.

 


Contoh Kegiatan Ekonomi


1. Pertambangan

Kegiatan pertambangan dapat dianggap sebagai salah satu cara untuk mengambil kekayaan yang memiliki nilai guna tinggi. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis pertambangan, sebut saja emas, batu bara, minyak, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Konsumsi Adalah

2. Perdagangan

Salah satu kegiatan ekonomi yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah berdagang atau melakukan proses transaksi jual beli. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.


3. Jasa

Jasa merupakan salah satu contoh kegiatan ekonomi yang mampu memberikan pelayanan kepada setiap orang yang membutuhkan.


4. Pertanian

Salah satu kegiatan yang memanfaatan sumber daya hayati yang dapat dilakukan manusia untuk dapat menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk bisa mengelola atau menjadikan lingkungan hidupnya menjadi lebih bermanfaat dan menghasilkan sesuatu yang bermutu tinggi.


5. Perindustrian

Dalam kegiatan ekonomi  dapat juga mengolah bahan mentah, bahan baku, dan juga barang setengah jadi atau barang jadi menjadi barang yang dapat bermutu sangat tinggi dalam penggunaannya.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Kegiatan Ekonomi : Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan dan Contohnya Lengkap, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :