Tindakan Ekonomi Rasional

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Tindakan Ekonomi Rasional. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Tindakan Ekonomi Rasional


Pengertian Tindakan Ekonomi Rasional


Tindakan Ekonomi Rasional adalah salah satu jenis tindakan yang setiap tindakan manusia dapat dilandasi atas dasar suatu pilihan yang dapat dikatakan paling baik dan yang paling bisa mendapatkan keuntungan. Sehingga dalam melakukan tindakan rasional ini kita perlu mempertimbangkan atau memperkirakan besarnya untung dan rugi dari usaha yang kita lakukan setelah kita melakukan tindakan ekonomi rasional tersebut.

Oleh karena itu tindakan ekonomi rasional biasanya untuk memperoleh suatu yang kepuasan yang maksimal. Pertimbangan rasional atau tindakan ekonomi rasional sangat diperlukan sekali untuk semua aspek dalam kehidupan mulai dari hal yang kecil maupun hingga ke hal yang dikatakan cukup besar.

 


Ciri – Ciri Tindakan Ekonomi Rasional


  • Motif Ekonomi yaitu indakan ekonomi itu didorong oleh suatu kepentingan. Dorongan semacam itu dalam ilmu ekonomi.
  • Prinsip Ekonomi yaitu tindakan ekonomi yang dapat dilakukan dengan suatu cara perngorbanan atau usaha yang dilakukan minimal untuk mendapatkan kepuasan atau hasil yang bisa dikatakan maksimal tentunya.

 


Tujuan Tindakan Ekonomi Rasional


  1. Agar dapat mempertimbangkan untung dan rugi terhadap pilihan yang telah dibuat.
  2. Agar dapat memilih atau menentukan benda atau jasa yang bisa di gunakan dalam memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  3. Penghematan, Mendatangkan keuntungan,dan Tepat pelaksanaannya.
Baca Juga :  Penetapan Harga

 


Contoh Tindakan Ekonomi Rasional


1. Dalam Bidang Pemerintahan

Pemerintah tersebut juga merupakan pelaku ekonomi dan ikut andil dalam perekonomian negara, sehingga untuk setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan juga dapat diterapkannya tindakan ekonomi rasional. misalnya pemerintah mengeluarkan kebijakan yang menghimbau masyarakat untuk lebih dapat memilih konsumsi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan dan pendapatan mereka.


2. Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa dikatakan sangat sering menggunkan tindakan ekonomi rasional untuk keperluan pribadi. Misalnya seperti kita ketika dihadapkan pada pilihan antara membeli baju baru atau baju seragam, tetapi uang yang kita miliki hanya cukup untuk dapat membeli satu macam pakaian saja. Oleh karena itu, kita dapat melakukan pertimbangan yang sangat matang sebelum kemudian memutuskan untuk membeli seragam tersebut yang menurut kita lebih penting daripada membeli baju baru.


3. Dalam Bidang Perusahaan

Dengan menentukan jenis produksi yang tepat agar semua hasil produksi tersebut dapat terjual secara maksimal, pemakaian bahan baku dan penolong secara efisien, menentukan sistem distribusi yang tepat, dan menekan biaya produksi secara rasional tanpa mengurangi kualitas produk. Dalam menentukan bahan baku yang termurah namun tetap sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Tindakan Ekonomi Rasional : Pengertian, Ciri, Tujuan dan Contohnya Lengkap , semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :