Cara Membuat Proposal Yang Baik dan Benar

Diposting pada

Cara Membuat Proposal – Hai teman-teman online, jika kalian ingin membuat kegiatan hal yang pertama yang harus dipikirkan pastinya membuat proposal kegiatan agar kegiatan tersebut berjalan dengan struktur dan berjalan dengan lancar. Tapi apakah anda tahu cara membuat proposal yang baik dan bener ?? Jika anda belum tahu, Disini akan menjelaskan cara membuat proposal yang baik dan benar. Oleh karena itu mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Cara Membuat Proposal


Pengertian Proposal

Proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan dan dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Proposal umumnya dijadikan pedoman kerja atau acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan.

Secara etimologis kata proposal berasal dari bahasa Inggris, yaitu Propose yang artinya pengajuan/ mengajukan atau permohonan. Suatu pihak memberikan proposal untuk menawarkan ide, gagasan, atau rencana kepada pihak lain agar mendapatkan dukungan. Dukungan tersebut dapat berupa ijin, persetujuan, dana, dan lain-lain.


Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

1. Menurut Hasnul Anwar

proposal yakni suatu rencana yang telah disusun untuk kegiatan tertentu. Misalnya untuk membuat kegiatan kemerdekaan membutuhkan pulsa untuk menambah dana agar kegiatan dapat berjalan lancar.


2. Menurut Jay

Proposal yakni digunakan sebagai alat bantu manajemen stkamur yang pada umumnya digunakan oleh manajemen organisasi untuk bisa berfungsi dengan efisien dan efektif. Sehingga alat bantu tersebut dapat mencapai tujuannya.


3. Menurut Hadi

Proposal yakni suatu usulan terstruktur untuk agenda kerja sama bisnis antarlembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.


Ciri-Ciri Proposal

  • Terdapat pihak yang mengajukan.
  • Proposal menjadi pemberitahuan awal suatu kegiatan atau acara
  • Proposal dibuat bertujuan untuk meringkas kegiatan yang akan dilakukan
  • Proposal berisi susunan acara atau kegiatan yang diserahkan kepada pihak donator
  • Proposal berisi tujuan kegiatan, latar belakang, waktu kegiatan dan rencana kegiatan.
  • Proposal disusun berdasarkan tujuan-tujuan yang disesuaikan dengan latar belakang acara
  • Tersusun atas lembaran kertas yang berisi rancangan kegiatan yang sudah dijilid dan diserahkan kepada pihak yang akan memberikan dukungan.

Tujuan Proposal

  1. Untuk mendapatkan persetujuan/izin suatu riset atau penelitian.
  2. Untuk melakukan tender atau lelang pada proyek-proyek pemerintah ataupun swasta.
  3. Untuk melakukan penawaran kerja sama bisnis. Proposal dibuat oleh pemilik bisnis untuk diajukan pada pihak investor agar mau mendanai bisnis yang akan atau sedang dijalankan dengan sistem dan pembagian hasil tertentu.
  4. Untuk mendapatkan dukungan dalam bentuk pendanaan suatu kegiatan oleh pihak sponsor, masyarakat ataupun donatur lain. (Misal acara kegiatan 17 Agustus, bazar, pembangunan sarana umum dan kegiatan-kegiatan lain)

Manfaat Proposal

  1. Menjelaskan secara tidak langsung kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan tersebut.
  2. Untuk meyakinkan para donatur/sponsor agar mereka memberikan dukungan material maupun finansial dalam mewujudkan kegiatan yang telah direncanakan.
  3. Menjadi rencana yang mengarahkan panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Jenis-Jenis Proposal

1. Proposal Bisnis

Proposal bisnis adalah suatu proposal yang berhubungan dengan bisnis, baik perorangan maupun kelompok. Misalnya, proposal mendirikan suatu usaha, proposal kerja sama antarperusahaan, dan lainnya.


2. Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah suatu proposal yang umumnya digunakan pada bidang akademisi. Misalnya, proposal penelitian untuk skripsi, tesis, dan lainnya. Proposal ini diajukan sebagai kegiatan penelitian.


3. Proposal Proyek

Proposal proyek adalah suatu proposal yang digunakan pada dunia bisnis, di mana isi proposal ini adalah rangkaian rencana kegiatan pembangunan.

Baca Juga :  Syarat-Syarat Membuat NPWP

4. Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah suatu proposal untuk melakukan suatu kegiatan. Proposal ini biasanya berisi rencana kegiatan baik individu maupun kelompok. Contohnya, pentas seni dan pameran.


Bentuk-Bentuk Proposal

1. Proposal Formal

Proposal formal ini merupakan suatu proposal yang isinya begitu lengkap isinya dibagi menjadi 3 bagian utama. Adapun 3 bagian utama yang dimaksud ialah pendahuluan, isi dan penutup. Untuk pendahuluan, ini terdiri atas sampul, halaman judul, kata pengantar, daftar isi serta lembar pengesahan.

Kemudian isi proposal biasanya terdiri atas latar belakang, batasan masalah, tujuan, ruang lingkup, kepanitiaan, waktu serta biaya yang diperlukan. Adapun untuk penutup, biasanya terdiri atas data pelengkap proposal bisa berupa daftar pustaka, tabel, lampiran atau yang lain-lain.


2. Proposal Non Formal

Proposal non formal merupakan suatu proposal yang isinya tidak begitu lengkap jika dibandingkan dengan proposal formal. Cara penyampaiannya pun biasanya dalam bentuk memorandum atau surat yang terlampir. Meskipun demikian, dalam proposal non formal ini juga ada unsur-unsur yang terdiri atas masalah, saran, pemecahan masalah serta permohonan.


3. Proposal Semi Formal

Proposal semi formal merupakan suatu proposal yang mirip dengan proposal yang non formal, karena isinya sama-sama tidak selengkap proposal formal. Hanya saja untuk semi formal, ini tetap dibuat dengan rapi, dilengkapi dengan cover serta dijilid. Biasanya isinya juga dibuat lebih kreatif dan di dalamnya terdapat masalah, saran, pemecahan masalah berikut dengan permohonan.


Struktur Proposal

Dalam menyusun proposal, yang harus diperhatikan yaitu struktur proposal, Karena proposal dengan struktur yang benar akan memudahkan dan dipahami oleh pihak yang bekerja sama pada kegiatan tersebut, misalnya seperti sponsor atau kepala sekolah. Pada umumnya struktur proposal kegiatan di sekolah yaitu sebagai berikut :

1. Nama Kegiatan

Sebutkan nama kegiatan yang direncanakan dengan jelas, singkat, dan padat. Susun nama kegiatan dalam frasa yang menarik untuk diperhatikan.


2. Pendahuluan

Bagian pendahuluan terdiri dari latar belakang dan tujuan kegiatan. Sebutkan alasan kenapa kegiatan yang direncanakan tersebut penting untuk dilaksanakan. Lalu, tuliskan target atau tujuan dari kegiatan tersebut.


3. Isi Proposal

Pada bagian Isi proposal terdiri dari rincian kegiatan yang akan dilaksanakan, siapa pesertanya, fasilitas apa saja yang dibutuhkan, serta waktu dan lokasi pelaksanaan.


4. Susunan Acara

Pada susunan acara yang direncanakan. Disebutkan pula durasi untuk setiap kegiatan, lokasi, dan siapa saja yang terlibat pada jadwal masing-masing.


5. Susunan Kepanitiaan

Pada bagian ini disebutkan siapa saja panitia yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan tersebut.


6. Anggaran Dana

Pada bagian anggaran dana untuk menyelenggarakan suatu kegiatan harus selalu dicantumkan dalam proposal. Perkiraan biaya menjadi pertimbangan penting bagi sponsor. Jika perlu, penganggaran dana bisa dibedakan menjadi bagian persiapan sebelum kegiatan, operasional selama kegiatan berlangsung, dan laporan kegiatan sesudah selesai dilakukan.


7. Penutup Proposal

Pada bagian penutup proposal lebih berperan untuk mendorong sponsor mengucurkan dana atau pihak yang berwenang memberikan izin pelaksanaan kegiatan. Semangat dan optimisme atas kegiatan yang direncanakan bisa ditunjukkan pada bagian penutup proposal ini.


Cara Membuat Proposal Kegiatan

1. Halaman Judul Proposal

Judul adalah suatu format pertama yang harus kamu cantumkan terlebih dahulu. Judul merupakan pemberi penjelasan pertama mengenai tujuan dibuatnya proposal.

Pada Halaman judul berisikan nama atau judul dari kegiatan proposal yang ingin diusulkan. Contohnya “Gelar Seni dan Budaya Siswa-Siswi SMA N 8 Bandar Lampung dalam Rangka Acara Peringatan Hari Pahlawan”.

Baca Juga :  Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

2. Latar Belakang Proposal

Setelah dibuatnya halaman judul yang terletak paling depan, selanjutnya membuat halaman khusus untuk latar belakang dibentuknya proposal.
Anda bisa menuliskan alasan-alasan mengapa anda mengadakan kegiatan tersebut. Anda harus menuliskan latar belakang yang jelas dengan menyebutkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi latar belakang kegiatan tersebut. Kemudian momen-momen apa yang membuat terlaksanaya acara kegiatan tersebut.


3. Tujuan Proposal

Untuk deskripsi tujuan bisa digabungkan satu halaman dengan latar belakang proposal. Bertujuan agar nantinya proposal tersebut terlihat lebih berisi.
Jelaskan deskripsi tujuan kegiatan secara urut dan terstruktur dengan rapi. Dimulai dari yang paling penting yang menjadi tujuan utama rencana kegiatan proposal tersebut.


4. Nama dan Tema Kegiatan Proposal

Kegiatan proposal ini berisi kegiatan pokok yang akan dilaksanakan, biasanya dilampiri dengan jadwal kegiatan secara lengkap.


5. Bentuk Kegiatan Proposal

Mendeskripsikan seperti apa rangkaian acara kegiatan yang akan diadakan. Contohnya: Acara lomba puisi, Lomba tari, Lomba modern dance, dan lain sebagainya.
Rangkaian kegiatan ini merupakan struktur acara yang paling penting karena inilah puncak dari terlaksananya proposal yang dibentuk.


6. Peserta Proposal

Peserta merupakan siapa saja yang nantinya dapat mengikuti kegiatan atau acara proposal ini.
Seperti misalnya acara pentas seni SMA, maka para pesertanya diikuti oleh para siswa/siswi SMA tersebut mulai dari kelas 10, 11, dan 12 dapat mengikutinya.
Peserta bisa dibatasi dan bisa juga di buka secara umum, tergantung dari kesepakatan.


7. Penyelenggara Proposal

Memberikan penjelasan siapa saja yang ikut menyelenggarakan kegiatan tersebut. Biasanya yang menjadi penyelenggara adalah suatu organisasi atau himpunan kelompok.


8. Tempat Kegiatan dan Jadwal Proposal

Tempat dan kegiatan mendeskripsikan dimana akan dilaksanakan acara kegiatan tersebut.
Data ini sangatlah penting dan tidak boleh rancu, harus dengan kepastian. Oleh karena itu perlu dilakukan kesepakatan terlebih dahulu.


9. Susunan Acara Proposal

Mendeskripsikan susunan dari acara kegiatan yang akan dibuat mulai dari awal pembukaan acara hingga selesainya acara tersebut.


10. Susunan Panitia Proposal

Mendeskripsikan susunan kepanitiaan yang sudah ditentukan sebelum dibentuknya proposal. oleh karena itu susunan kepanitiaan ini harus ditentukan sebelum rencana dibentuknya proposal agar memudahkan nantinya.


11. Rencana Anggaran Proposal

Mendeskripsikan rincian masukan, pengeluaran, dan keperluan-keperluan dana yang digunakan untuk acara kegiatan.


12. Penutup Proposal

Bagian penutup diisi dengan kalimat menyatakan harapan agar nantinya semua pihak bisa ikut berpartisipasi untuk terlaksananya kegiatan proposal yang direncanakan ini.
Di tanda tangani oleh ketua panitia dan mengetahui penanggung jawab kegiatan acara proposal.


Contoh Proposal

Setelah mempelajari definisi, jenis, struktur dan cara membuatnya, Selanjutnya kamu harus mengetahui tentang contoh proposal kegiatan acara yaitu sebagai berikut :

PROPOSAL

KEGIATAN ACARA PENTAS SENI (PENSI) DALAM RANGKA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS XII SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TH. 2021

I. PENDAHULUAN

Latar Belakang

Acara Pentas Seni atau sering juga dikenal dengan PENSI merupakan pertunjukan seni yang menampilkan beberapa aksi dari individu ataupun berkelompok. Acara diadakan oleh OSIS SMAN 4 Bandar Lampung dan ditujukan untuk siswa-siswi SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk memberikan ruang dan waktu bagi siswa-siswi yang ingin mengekspresikan dirinya serta mengembangkan rasa kepercayaan diri. Disamping itu, kegiatan acara pentas seni diadakan dalam rangka perpisahan bagi siswa kelas XII SMAN 4 Bandar Lampung. Oleh karena itu itu, perlu untuk diadakan kegiatan acara ini.


Tujuan Kegiatan

Tujuan terselenggaranya kegiatan acara ini diantaranya sebagai berikut:

  • Dapat memperkuat tali silaturahmi antara siswa SMAN 4 Bandar Lampung.
  • Memberikan ruang dan waktu kepada para siswa dalam mengembangkan bakat mereka.
  • Sebagai tempat hiburan.
Baca Juga :  Wajib Pajak

II. ISI PROPOSAL

Tema Kegiatan

Tema pada kegiatan acara ini yaitu “KEJARLAH MIMPI!” yang akan memberikan kesempatan kepada siswa SMAN 4 Bandar Lampung agar berani untuk mencapai cita-citanya selama ini dan berani mengekspresikan bakat terpendamnya.


Macam-Macam Kegiatan

Beragam kegiatan acara yang akan diadakan yaitu sebagai berikut:

  • Pentas Drama
  • Dance
  • Menyanyi
  • Peserta Kegiatan
  • Peserta dari kegiatan
  • Acara pentas seni merupakan perwakilan dari setiap kelas X yang dapat mengikuti ini, XI, XII SMAN 4 Bandar Lampung.

Peralatan yang Dibutuhkan

  • Tenda
  • Kostum
  • Spanduk
  • Panggung
  • Microphone dan juga sound system

Tempat dan Waktu Kegiatan acara

Adapun untuk tempat dan waktu pelaksanaan dari kegiatan acara pentas seni diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Pentas Drama

Tanggal : Minggu, 15 desember 2019
Waktu : 08.00 WIB sampai dengan selesai
Tempat : Lapangan Basket SMAN 1 Gunung Talang


2. Dance

Tanggal : Minggu, 16 Mei 2021
Waktu : 10.00 WIB sampai dengan selesai
Tempat : Aula SMAN 4 Bandar Lampung


3. Menyanyi

Tanggal : Minggu, 16 Mei 2021
Waktu : 13.00 WIB sampai dengan selesai
Tempat : Panggung Pentas Seni, SMAN 4 Bandar Lampung


Susunan Acara

1. Minggu, 16 Mei 2021, 08.00 – 10.00 WIB, Pentas Drama
2. Minggu, 16 Mei 2021, 10.00 – 12.00 WIB:  Dance
3. Minggu, 16 Mei 2021, 13.00 sampai dengan selesai : Menyanyi


Anggaran Dana

Untuk dapat diadakannya kegiatan acara Pentas Seni (PENSI) SMAN 4 Bandar Lampung dengan baik, maka terdapat beberapa anggaran dana yang didapat ataupun yang dikeluarkan :

Pemasukan Kegiatan

  • Dana Partisipasi Siswa SMAN 4 Bandar Lampung : Rp 5.000.000
  • Kas Sekolah : Rp 2.500.000
  • Dana Sponsor A : Rp 25.000.000
  • Dana Sponsor B : Rp 35.000.000

Biaya Pengeluaran

  • Sewa Panggung beserta Sound System : Rp 2.500.000
  • Sewa Band Bintang Tamu “Kangen Band” : Rp 50.000.000
  • Sewa Alat Musik : Rp 2.000.000
  • Spanduk : Rp 1.000.000
  • Konsumsi : Rp 2.000.000
  • Lain-lain : Rp 500.000

III. PENUTUP

Demikian proposal kegiatan acara pentas seni ini di buat. Kami berharap partisipasi serta dukungan dari pihak sekolah dan sponsor. Semoga kegiatan acara Pentas Seni (PENSI) SMAN 4 Bandar Lampung dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti yang kita harapkan. Atas perhatian serta kerjasamanya, kami mengucapkan terimakasih.


PROPOSAL
KEGIATAN ACARA PENTAS SENI (PENSI) DALAM RANGKA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS XII SMA NEGERI BANDAR LAMPUNG TH. 2021

Disahkan di :
Bandar Lampung, 05 Maret 2021

Mengetahui,

  Ketua Panitia                                                                                   Ketua OSIS
Rio Pamungkas                                                                               Sella Anggraini

Kepala Sekolah
Drs. Indra Gunawan


Demikianlah pembahasan mengenai √ Cara Membuat Proposal : Pengertian, Ciri, Bentuk, Jenis, Tujuan & Manfaatnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :