√ Ekonomi Mikro : Pengertian, Contoh, Tujuan dan Ruang Lingkup Terlengkap

Diposting pada
√ Ekonomi Mikro : Pengertian, Contoh, Tujuan dan Ruang Lingkup Terlengkap
5 (100%) 20 vote[s]

√ Ekonomi Mikro : Pengertian, Contoh, Tujuan dan Ruang Lingkup Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Ekonomi Mikro. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Ekonomi Mikro : Pengertian, Contoh, Tujuan dan Ruang Lingkup Terlengkap
√ Ekonomi Mikro : Pengertian, Contoh, Tujuan dan Ruang Lingkup Terlengkap

 

Pengertian Ekonomi Mikro

 

Ekonomi Mikro merupakan salah satu cabang teori ilmu ekonomi yang dapat mempelajari perilaku para konsumen dan suatu perusahaan serta penentuan berbagai harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang dapat diperjualbelikan.

Definisi ekonomi mikro mempelajari perilaku produsen dan konsumen serta variabel-variabel ekonomi dalam lingkup kecil misalnya perusahaan dan rumah tangga.

Ekonomi mikro atau mikroekonomi secara langsung dapat berpengaruh terhadap pengambilan suatu keputusan dalam hal penawaran dan permintaan pada sebuah barang atau jasa.

Sehingga dari definisi ekonomi mikro tersebut memiliki tujuan utama bagi perusahaan yakni untuk menganalisis pasar dan bagaimana mekanismenya untuk membentuk suatu harga relatif produk dan jasa.

Beberapa aspek analisis dalam ekonomi mikro yaitu seperti berikut :

  • Analisis biaya dan manfaat
  • Teori permintaan dan penawaran
  • Elastisitas
  • Model-model pasar
  • Industri
  • Teori produksi
  • Teori harga

 

 

Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

 

1. Sadono Sukirno

Ekonomi Mikro ialah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjual-belikan.

 

2. Marshal dan Piqou

Ekonomi Mikro yaitu tingkat mobilitas yang tinggi dalam pasar sehingga membuat para pelaku ekonomi dapat langsung beradaptasi atau menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada di pasar.

 

3. David Ricardo

Ekonomi Mikro yakni suatu kondisi dimana para pelaku ekonomi telah mempunyai informasi tentang seluk beluk sebuah pasar. Dengan begitu ekonomi makro merupakan faktor penentu dari pasa ekonomi global.

 

4. Adam Smith

Ekonomi Mikro merupakan subjek ekonomi yang selalu bersifat ekonomis rasional. Hal ini dapat mengakibatkan para pelaku ekonomi harus mempertimbangkan berbagai hal-hal rasional sebelum membuat keputusan.

Baca Juga :  √ Deposito : Pengertian, Jenis, Manfaat. dan Karakteristik Terlengkap

 

5. N. G. Mankiw

Ekonomi Mikro adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang peran berbagai individu-individu dari pelaku ekonomi, bagaimana rumah tanggan dan suatu perusahaan membuat keputusan, dan bagaimana mereka dapat berinteraksi di dalam pasar tertentu.

 

6. Ahman & Rohmana

Ekonomi Mikro yaitu ilmu ekonomi yang pendekatannya terhadap besaran-besaran ekonomi menggunakan besaran-besaran secara kelompok atau secara individual.

 

7. Wibowo dan Supriadi

Ekonomi Mikro yakni cabang dari ilmu ekonomi yang khusus mempelajari tentang perilaku konsumen serta perusahaan dalam penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang atau jasa yang perjual belikan.

 

 

Tujuan Ekonomi Mikro

 

  • Melakukan analisis terhadap mekanisme pasar yang membentuk harga relatif kepada produk barang serta jasa, dan juga alokasi dari sumberterbatas diantara banyaknya penggunaan alternatif
  • Melakukan analisis kegagalan pasar, yaitu saat pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien dan menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar dengan persaingan sempurna.

 

 

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

 

  • Teori perilaku konsumen.
  • Pasar monopoli.
  • Pasar oligopoli.
  • Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar.
  • Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran.
  • Persaingan monopolistik pasar.
  • Permintaan input.
  • Mekanisme harga dan distribusi pendapatan.
  • Teori produksi, biaya produksi, pendapatan produsen, dan keuntungan.
  • Pasar persaingan sempurna.

 

 

Teori Ekonomi Mikro

 

1. Teori Harga

Teori harga merupakan dasar untuk melihat adanya interaksi antara penawaran dan permintaan atas sebuah produk (barang dan jasa) dalam sebuah pasar.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi ini diantaranya struktur pasar, elastisitas penawaran dan permintaan, dll.

Teori harga pada dasar membahas tentang :

  • Proses terbentuknya harga sangat dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan suatu produk dalam suatu pasar.
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan penawaran dan permintaan.
  • Hubungan yang terjadi antara harga pemintaan dan penawaran.
  • Bentuk pasar yang ada.
  • Menganalisa konsep dari elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran.

 

2. Teori Produksi

Teori produksi memiliki fungsi untuk menganalisi besarnya biaya yang diperlukan untuk melakukan kegiatan produksi dan jumlah produksi yang optimal untuk meraih keuntungan yang maksimal.

Beberapa hal yang dibahas dalam teori produksi, yaitu :

  • Permasalahan biaya produksi.
  • Jumlah produksi yang dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal bagi produsen.
  • Campuran antara berbagai faktor produksi yang tersedia dan harus digunakan oleh produsen untuk mencapai tujuannya.
Baca Juga :  √ Analisis Rasio Keuangan : Pengertian, Tujuan, Metode, Jenis - Jenis dan Rumus Terlengkap

 

3. Teori Distribusi

Teori distribusi adalah teori yang mempelajari tentang tingkat upah yang harus dibayarkan kepad tenaga kerja,

jumlah bunga yang harus dibayar pada pemilik modal serta tingkat kemakmuran seorang pebisnis.

Pada dasarnya teori distribusi membahas tentang :

  • Faktor yang mempengaruhi tingkat upah yang diperolah oleh tenaga kerja.
  • Jumlah suku bunga yang harus dibayarkan kepada pihak pemilik modal.
  • Keuntungan yang bisa di dapatkan oleh pebisnis.

 

 

Contoh Ekonomi Mikro

 

  • Perilaku konsumen
  • Perilaku produsen
  • Biaya
  • Permintaan
  • Penawaran
  • Investasi individu
  • Penetapan harga dasar
  • Penetapan harga tertinggi
  • Distribusi barang dan jasa
  • Laba perusahaan
  • Rugi perusahaan
  • Monopoli pasar
  • Stok dan persediaan barang dan jasa
  • Gaji karyawan
  • Pembangunan infrastruktur

 

 

Komponen Ekonomi Mikro dalam Bisnis

 

1. Interaksi di Pasar Barang

Jika dilihat dari segi ekonomi mikro, perekonomian terdiri dari berbagai pasar termasuk pasar barang.

Aktivitas tawar menawar diantara penjual dan pembeli hingga terbentuk kesepakatan harga termasuk dalam interaksi pasar barang.

Ekonomi mikro disini penting untuk mendalami interaksi yang terjadi di pasar dimana secara lebih jauh akan mempengaruhi kebijakan pengambilan keputusan terkait harga produk dalam perusahaan.

 

2. Tingkah Laku Penjual dan Pembeli

Seperti pada pengertian ekonomi mikro sebagai teori yang mempelajari tingkah laku penjual dan pembeli, sehingga ekonomi mikro berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen di pasar dengan tujuan berbeda.

Ekonomi mikro ini membahas bagaimana para konsumen harus memenuhi suatu kebutuhannya dengan pendapatan yang dimiliki, sementara para produsen berupaya untuk bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

 

3. Interaksi di Pasaran

Dalam hal ini ekonomi mikro juga menjelaskan teori tentang interaksi para konsumen dan produsen yang dapat melibatkan berbagai faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, modal dan juga kewirausahaan.

 

 

Peran Ekonomi Mikro Dalam Bisnis

 

1. Merumuskan Kebijakan

Ekonomi mikro ini bisa menjadi dasar untuk dapat merumuskan kebijakan perusahaan terkait dengan suatu harga dan upah dalam pengelolaan sumber daya.

Dengan adanya teori ekonomi mikro ini juga bisa dijadikan sumber informasi untuk dapat mempelajari interaksi di pasar dan bagaimana campur tangan pemerintah sehingga akan dapat membentuk kebijakan perusahaan yang strategis dan inovatif.

Baca Juga :  √ Pajak : Pengertian, Jenis, Manfaat, Fungsi Dan Unsur-Unsur Pajak Terlengkap Berdasarkan Undang-Undang

 

2. Menyusun Prediksi

Dari pengertian ekonomi mikro ini sudah dijelaskan yakni sebagai salah satu sumber informasi interaksi di pasar.

Sehingga dengan adanya ekonomi mikro ini maka suatu perusahaan akan dapat menyusun strategi atau prediksi untuk kedepannya.

Ekonomi mikro juga bisa membantu memprediksi kemungkinan yang akan terjadi di pasar, misalnya dalam hal trend suatu produk.

 

3. Memahami Perilaku Konsumen

Melalui ekonomi mikro, maka secara tidak langsung suatu perusahaan dapat juga memahami bagaimana kebutuhan konsumen.

Tentu saja ini akan dapat berpengaruh terhadap kemampuan suatu produk atau jasa bisa bertahan di pasar.

 

4. Mengetahui Perputaran Barang

Ekonomi mikro juga bisa menjadi alat untuk dapat mengetahui perputaran produk. Jika ingin bertahan di pasar, maka suatu perusahaan harus mengawasi produk yang akan dijual tetap berada dijalurnya tujuannya untuk dapat menghindari kecurangan dari pesaing.

 

5. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Produktivitas sebuah perusahaan dapat tercapai dengan adanya dorongan berbagai aspek seperti SDM yang cukup berkualitas, produk yang terjamin kualitasnya dan lainnya.

Sehingga dengan meningkatnya suatu produktivitas bisa meningkatkan suatu keuntungan perusahaan secara maksimal.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Ekonomi Mikro : Pengertian, Contoh, Tujuan dan Ruang Lingkup Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :