Cara Menulis Kutipan

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Kita mungkin saat kuliah atau sekolah sering mendengar istilah dengan sebuah karya ilmiah dengan salah satu yang dapat kamu perlu perhatikan dengan cara menulis sebuah kutipan, namun cara menulisnya tidak boleh sampai salah atau sembarang, antara penulis terhadap kutipan secara langsung dan tidak langsung. Menulis suatu kutipan dapat memperkuat suatu argumen yang ada pada hasil karya tulismu.

Artikel ini akan mengajak kamu untuk belajar dan membahas tentang suatu kutipan dalam karya ilmiah agar kalian dapat memahami dan bisa dalam menulis suatu kutipan secara baik dan benar, mari kita simak artikel ini secara bersama.

Cara Menulis Kutipan yang Baik dan Benar Serta Contohnya


Pengertian Kutipan

Kutipan merupakan suatu dari bentuk pinjaman dalam suatu kalimat yang di didapat dari orang, baik bentuk dalam tulisan atau bentuk lisan dengan tujuan dapat memperkuat suatu argumentasi dalam karya ilmiah.

Agar kamu dapat memperkuat suatu argumen dalam suatu kutipan dapat digunakan sebagai suatu landasan dalam sebuah teori, penjelasan suatu uraian atau sebagai bahan bukti untuk menunjukan suatu pendapat. mengenai Mengutip dalam suatu karya tulis tidak boleh sembarang dan asal-asalan dalam bentuk penulisan dan bahasanya.

Ada beberapa hal yang dapat kamu perhatikan saat akan menulis suatu kutipan dalam karya ilmiah  yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

  • Penulis harus dapat mempertimbangkan bahwa kutipan tersebut sangat diperlukan.
  • Penulis harus dapat bertanggung jawabkan secara penuh terhadap ketepatan kutipan bila ada kesalahan dalam penulisan
  • Penulis harus dapat mempertimbangkan suatu kutipan, seperti  kutipan langsung atau kutipan tidak secara tidak langsung
  • Jangan terlalu banyak untuk menggunakan kutipan secara langsung

Fungsi Kutipan

Fungsi dari kutipan sendiri adalah sebagai bahan bukti untuk dapat memperkuat terhadap penulis. tidak sama dengan mengikuti, bedanya kalau mengikuti akan mengambil ide orang lain tanpa atau dengan tidak menyebut asal sumbernya sehingga akan dianggap pendapat dari dirinya /pemikirannya sendiri. kutipan tersebut dapat digunakan untuk dapat mempublikasikan secara definisi atau juga pengertian dari istilah/konsep tertentu, dapat menguraikan suatu rumus ataupun juga formula serta juga mengemukakan pendirian serta pendapat seseorang.


Tujuan Kutipan

Tujuan dari hasil kutipan adalah memiliki suatu tujuan, serta mengerti tentang dari kutipan adalah sebagai berikut :

  • Sebagai alat pendukung suatu argumen ataupun juga analisa untuk penulis.
  • Sebagai suatu landasan teori dalam mengemukan pemikiran/tulisan kita
  • Sebagai penjelasan dalam tujuan kutipan
  • Sebagai penguat dalam argumen atau pendapat yang telah dikemukakan.


Jenis-Jenis Kutipan

Ada dua jenis kutipan yang dapat kamu pelajari yaitu seperti kutipan langsung dan kutipan tidak langsung adalah sebagai berikut :


1. Kutipan Langsung

Kutipan langsung merupakan suatu kutipan yang diperoleh secara terperinci atau sama persis dari sumber pada aslinya. kutipan langsung dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian. dua di antaranya adalah kutipan langsung yang kurang dari empat baris dan kutipan langsung yang lebih dari empat baris.

Cara Menulis Kutipan Langsung < empat Baris

  • Kalimat kutipan harus dapat diintegrasikan dengan teks
  • Jarak antar baris kutipan adalah sebanyak dua spasi
  • Kutipan harus diapit dengan tanda kutip/petik dua (“…”)
  • Setelah kutipan, tulis sumber yang berupa nama pengarang, tahun penerbit , dan nomor halaman di dalam tanda kurung

Contoh :

“Dalam membuat suatu karya ilmiah jenis penelitian, eksplorasi pustaka merupakan sesuatu yang wajib dilakukan untuk mendapatkan suatu kebenaran data yang yang real serta ingin diteliti” (Budiono Satrowijoyo, 2020: 10-19).

Atau bisa juga dengan meletakan sumber kutipan di depan seperti berikut ini:

Michael (2019:12) menegaskan, “keputusan ilmiah merupakan sebuah kemungkinan atau probabilitas, sehingga bukan suatu kebenaran yang mutlak”.

Cara Menulis Kutipan Langsung > empat Baris

  • Penulisan pada kutipan yang harus dapat dipisahkan dengan jarak tiga spasi dari teks pada tulisan
  • Jarak antar baris kutipan adalah 1 spasi saja tidak boleh lebih
  • Kutipan boleh di dekatkan dengan tanda kutip/petik dua (“…”) atau tidak
  • Setelah kutipan, kasih keterangan dari sumber terkait

Contoh:

Menurut Junaidi (2011:2), mahasiswa dianjurkan sejak awal untuk menentukan metode seperti penelitian apa yang akan digunakan pada penelitian skripsi, tesis, dan disertasi. Mahasiswa perlu memasukkan pandangan yang luas dalam suatu penelitian, yaitu suatu pandangan yang mendukung akan asumsi ontologis, epistimologis, aksiologis, dan metodologis kualitatif dan kuantitatif, data harus bersifat nersifat real dan nyata dapat dibuktikan dengan kebenaran dengan menggunakan beberapa refrensi misal dari suatu buku yang jelas dengan pengarang bisa juga di dapat dari pakar lainnya.


2. Kutipan Tidak Langsung

Kutipan tidak langsung adalah suatu kutipan yang di dapat dari suatu intinya saja tanpa harus menggunakan makna yang sebetulnya, sehingga kamu akan mendapatkan kutipan bentuk ini dengan cara seperti merangkumnya/memberi pendapat dalam inti dari kutipan yang kamu buat.

Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung

  • Kutipan dapat diintegrasikan dengan gaya teks
  • Jarak antar baris kutipan adalah spasi ganda
  • Kutipan tidak dapat di dekatkan dengan tanda kutip/petik dua (“…”)
  • Setelah kutipan, ditulis sumber kutipan

Contoh :

Seorang mahasiswa hendaknya harus dapat menentukan metode penelitian yang akan dia gunakan saat hendak membuat skripsi, tesis, maupun disertasi¹. Adapun salah satu metode yang mesti mereka tentukan adalah kualitatif atau kuantitatif. Jika mahasiswa lebih menyenangi statistik, maka metode kuantitatif bisa dipilih dan digunakan untuk bahan pada penelitiannya. Sebaliknya, jika mahasiswa lebih senang untuk menganalisa suatu peristiwa, maka metode kualitatif dapat dipilih dan digunakan dalam penelitian yang akan dilakukan. ( Sunarto,2021:22)

Atau bisa juga dengan menyebutkan sumber di depan kutipan seperti berikut ini:

Tombol navigasi adalah sebuah tombol yang dapat digunakan oleh para pembaca blog untuk mendapatkan suatu informasi yang mereka butuhkan dari sebuah blog². Dengan adanya tombol navigasi, pembaca dapat mencari topik yang ingin mereka baca tanpa perlu membuka satu per satu halaman sebuah blog.

Itulah merupakan dua bentuk suatu kutipan yang dapat digunakan jika kamu nantinya akan mendapat tugas dalam membuat suatu karya tulis Kutipan langsung maupun tidak langsung,  namun, selain kutipan langsung dan kutipan tidak langsung, ada beberapa jenis kutipan lain yang juga banyak digunakan.


Cara Mengutip Kutipan Yang Dikutip Orang Lain

Jika kita seorang penulis ingin mengutip sebuah kutipan karya orang lain yang sebelumnya telah di kutip oleh orang lain. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menyertakan nama pengarang aslinya kemudian diikuti dengan kata “dalam”.

Contoh :

Siswanto (dalam Michael, 2001: 11) menjelaskan bahwa manajemen ekonomi merupakan suatu proses pembelajaran dalam menetukan pangsa pasar untuk melakukan perencanaan dan pengontrolan sumber daya agar tujuan dapat dicapai secara efektif dan efisien dan dapat berjalan dengan baik dan terstruktur.

Pada contoh di atas, Siswanto merupakan pengarang kutipan asli yang pendapatnya dikutip oleh Michael. Cara Mengutip dari Internet Jika kamu ingin mengutip sebuah pendapat yang bersumber dari internet lain maka sebaiknya, cara ini dapat di dilakukan tidak berbeda dengan mengutip dari buku ataupun di dalam suatu jurnal. Cukup tuliskan saja sumber yang terkait dan berupa nama pengarang yang diikuti dengan tahun terbit artikel.


Cara menuliskan suatu judul dalam bentuk website beserta alamat link nya

Untuk judul artikel, alamat atau URL, dan waktu akses kamu bisa mencantumkan di dalam Daftar Pustaka nya saja.

Contoh:

Jika kita ingin mengutip suatu bentuk artikel yang membahas dalam jumlah pengguna di internet yang ada di Indonesia dari situs koran.

Kamu dapat mengutip dengan cara seperti berikut:

Berdasarkan indonesia adalah wilayah Penghujan, masyarakat Indonesia yang paling banyak menggunakan internet adalah yang berlokasi di Jawa, yang selanjutnya disusul oleh Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan berbelanja di online (Melati Kusuma Ayu, 2016).


Kesimpulan

Dalam mengutip suatu pendapat, seorang penulis wajib  harus bisa membedakan antara penulisan kutipan langsung dan penulis kutipan tidak langsung. dengan adanya suatu kutipan, dalam sebuah karya tulis maka semakin dapat dipercaya karena sumber datanya jelas dan konkrit. Pada prosedur, menulis kutipan berarti menambah daftar pustaka yang terkait. suatu kutipan berada satu teks dengan pembahasan yang di rencanakan, tetapi daftar pustaka memiliki halaman tersendiri.


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menulis Kutipan yang Baik dan Benar Serta Contohnya ( LENGKAP ) artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :