Loyalitas Kerja

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Loyalitas Kerja. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Loyalitas Kerja


Pengertian Loyalitas Kerja

Loyalitas Kerja adalah seberapa lama dan banyaknya waktu serta tenaga yang kita curahkan untuk pekerjaan tanpa mengharapkan imbalan apapun dari perusahaan.

Loyalitas kerja ditunjukkan dengan sikap yang dimiliki karyawan untuk bersedia memberikan segala kemampuan, pikiran, ketrampilan dan keahlian yang dimiliki demi mencapai tujuan perusahaan, melaksanakan tugas dengan tanggung jawab, disiplin, dan jujur dalam bekerja, ikut menjaga segala rahasia perusahaan, dan berperilaku setia pada perusahaan untuk tidak berpindah ke perusahaan lain.


Loyalitas Kerja Menurut Para Ahli

1. Menurut Hasibuan (2001)
Loyalitas kerja adalah dapat dikataan sebagai salah satu unsur yang digunakan dalam sebuah penilaian kepada karyawan yang mencakup kesetiaan terhadap pekerjaannya, jabatannya dan organisasi.


2. Menurut Poerwopoespito (2004)
Loyalitas kerja aalah tercermin pada sikap karyawan yang mencurahkan kemampuan dan keahian yang dimiliki, melaksanakan tugas dengan tanggung jawab, disiplin, serta jujur dalam bekerja.


3. Menurut Robins (2011)
Loyalitas kerja adalah loyalitas sebagai sebuah kesetiaan terhadap seseorang dengan tidak meninggalkan, menghakimi atau tidak menghianati yang lain pada waktu yang diperlukan.


Aspek-Aspek Loyalitas Kerja

1. Kemauan untuk bekerja sama
Perusahaan dapat mencapai tujuan yang tidak mungkin dicapai oleh orang-orang secara individual tetapi dengan cara berkerjasama dalam tim.

Baca Juga :  Pelanggan Adalah

2. Tanggung jawab pada perusahan
Karakteristik pekerjaan dan pelaksanaan tugasnya mempunyai konsekuensi yang dibebankan karyawan.


3. Taat pada peraturan
Setiap kebijakan yang diterapkan dalam perusahaan utuk memperlancar dan mengatur jalannya pelaksanaan tugas oleh manajemen perusahaan ditaati dan dilaksanakan dengan baik.


4. Hubungan antar pribadi
Karyawan yang mempunyai loyalitas kerja tinggi mereka kan mempunyai sikap fleksibel ke arah tata hubungan antar pribadi


5. Kesukaan terhadap pekerjaan
Perusahaan harus dapat menghadapi kenyataan bahwa karyawannya mengerjakan sesuatu akan jauh lebih baik apabila dikerjakan dengan senang hati.


Faktor-Faktor yang mempengaruhi Loyalitas Kerja

1. Faktor Internal

  • Karakteristik pribadi: Menyangkut karyawan itu sendiri yang meliputi usia, masa kerja, jenis kelamin, tingkat pendidikan, prestasi yang dimiliki, ras dan sifat kepribadian.
  • Karakteristik pekerjaan: Menyangkut pada seluk beluk perusahaan yang dilakukan meliputi angkutan kerja, job stress, kesempatan berinteraksi sosial, identifikasi tugas, umpan balik dan kecocokan tugas.
  • Karakteristik desain perusahaan: Menyangkut pada sebuah intern perusahaan yang hanya bisa dilihat dari sentralisasi, tingkat formalitas, tingkat keikutsertaan dalam pengambilan suatu keputusan yang nantinya akan mempengaruhi perusahaan.

2. Faktor Eksternal

  • Keluarga: Tidak sedikit perusahaan yang enggan menerima karyawan yang sudah menikah karena cara kerjanya biasanya lebih bagus dibandingkan dengan yang sudah menikah.
  • Transparan: Perusahaan yang tidak pernah mensosialisasikan provit pada karyawan akan menimbulkan rasa cemas pada diri karyawan.
  • Keberhasilan Senior: Kesuksesan seorang senior dalam menyusun karier dan membangun suatu perekonomian yang akan mempengaruhi semangat juniornya agar tetap setia pada perusahaan tempatnya bekerja.

Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Kerja

1. Komunikasi
Komunikasi harus digunakan dalam setiap penyampaian informasi dari komunikasi kepada komunikan agar diantara mereka terdapat interaksi.

Baca Juga :  Koordinasi Adalah

2. Program Kesejahteraan
Kesejahteraan karyawan adalah balas saja pelengkap yang diberikan berdasarkan kebijaksanaan perusahaan.


3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Keselamatan dan kesehatan kerja akan menciptakan terwujudnya pemeliharaan karyawan yang baik.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Loyalitas Kerja : Pengertian, Aspek, Strategi & Faktor Yang Mempengaruhinya Lengkap, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :