Loyalitas Karyawan

By Guru Ekonomi #analisis faktor faktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan hotel, #apa arti loyalitas dan royalitas, #arti loyalitas dan solidaritas, #arti loyalitas tanpa batas, #artikel loyalitas karyawan, #berita tentang loyalitas karyawan, #buku loyalitas kerja, #buku tentang loyalitas karyawan, #cara membuat orang loyal, #ciri ciri loyalitas karyawan, #ciri-ciri legalitas, #ciri-ciri loyalitas, #ciri-ciri loyalitas konsumen, #contoh loyalitas brainly, #contoh loyalitas dalam organisasi, #cuti diluar tanggungan perusahaan, #definisi loyalitas karyawan, #ebook loyalitas karyawan, #faktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan, #faktor yang mempengaruhi loyalitas kerja, #formula pengukuran loyalitas karyawan, #indikator dalam bekerja, #indikator hubungan kerja, #indikator kepuasan kerja pdf, #indikator loyalitas, #indikator loyalitas anggota, #indikator loyalitas karyawan, #indikator loyalitas karyawan menurut jusuf, #indikator loyalitas karyawan menurut marpaung 2012, #indikator loyalitas karyawan menurut saydam, #indikator loyalitas kerja, #indikator loyalitas menurut hasibuan, #indikator perilaku karyawan, #indikator prestasi kerja, #indikator rasa memiliki, #indikator wewenang, #integritas dan loyalitas, #judul skripsi tentang loyalitas karyawan, #jurnal analisis loyalitas karyawan, #jurnal faktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan, #jurnal issn loyalitas karyawan, #jurnal loyalitas karyawan, #jurnal loyalitas karyawan 2018, #jurnal loyalitas karyawan pdf, #jurnal loyalitas karyawan pdf 2014, #jurnal loyalitas kerja karyawan, #jurnal pengaruh kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan, #jurnal psikologi loyalitas karyawan, #jurnal psikologi loyalitas kerja, #jurnal tentang senioritas, #karyawan yang tidak loyal, #kasus loyalitas karyawan di indonesia, #kata bijak loyalitas kerja, #kesejahteraan karyawan, #kesetiaan menurut para ahli, #konsep loyalitas, #kriteria kenyamanan dalam bekerja, #kuesioner loyalitas karyawan, #kuesioner loyalitas karyawan pdf, #loyalitas adalah, #loyalitas adalah pdf, #loyalitas dalam organisasi, #loyalitas dalam organisasi ppt, #loyalitas guru pdf, #loyalitas jam kerja, #loyalitas karyawan adalah, #loyalitas karyawan menurut para ahli, #loyalitas karyawan menurut para ahli 2015, #loyalitas karyawan pdf, #loyalitas karyawan ppt, #loyalitas karyawan siswanto, #loyalitas karyawan terhadap perusahaan, #loyalitas kepemimpinan, #loyalitas kerja dalam islam, #loyalitas menurut hasibuan 2013, #loyalitas organisasi, #Loyalitas Pelanggan, #loyalitas pelanggan adalah, #loyalitas wikipedia, #makalah loyalitas karyawan, #materi loyalitas karyawan, #menumbuhkan loyalitas pekerjaan, #pekerja yg baik, #pemimpin pelaksanaan kerja adalah seorang, #pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan, #pengaruh loyalitas karyawan terhadap perusahaan, #pengertian loyalitas karyawan, #Pengertian Loyalitas Menurut Para Ahli, #pengertian loyalitas menurut para ahli 2015, #pentingnya loyalitas, #penyebab karyawan tidak loyal, #perbedaan indikator dan faktor yang mempengaruhi, #pertanyaan tentang loyalitas, #proposal loyalitas karyawan, #royalitas, #saran dari karyawan untuk perusahaan, #seberapa penting karyawan bagi perusahaan, #skripsi loyalitas karyawan, #skripsi loyalitas karyawan pdf, #strategi yang tepat untuk menciptakan loyalitas karyawan, #studi kasus loyalitas organisasi, #tabel loyalitas karyawan, #tes loyalitas karyawan, #tolak ukur loyalitas karyawan, #totalitas adalah, #totalitas dan loyalitas, #totalitas kerja, #tujuan karyawan, #tujuan pelatihan dalam organisasi
loyalitas karyawan

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Loyalitas Karyawan. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


loyalitas karyawan


Pengertian Loyalitas Karyawan

Loyalitas karyawan adalah suatu tindakan yang menunjukkan dukungan, kesetiaan, kepatuhan yang konstan kepada perusahaan tempatnya bekerja terhadap profesinya di perusahaan.


Loyalitas Karyawan Menurut Para Ahli

1. Menurut Desseler (2000)
Loyalitas karyawan adalah sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaannya.


2. Menurut Hasibuan (2007)
Loyalitas karyawan adalah sebuah arti kesetiaan yang dicerminkan terhadap kesediaan karyawan dalam menjaga dan membela organisasi di dalam maupun di luar pekerjaan dari dorongan orang yang tidak bertanggungjawab.


3. Menurut Jusuf (2010)
Loyalitas karyawan adalah suatu sikap yang timbul sebagai akibat keinginan untuk setia dan berbakti baik pada pekerjaannya.


Ciri-Ciri Loyalitas Karyawan

1. Memuji Rekan Kerjanya
selalu memberikan apresiasi ketika rekan kerja lainnya melakukan hal yang jauh lebih baik. Itu berarti perusahaan telah menggenapi misinya kepada karyawan.


2. Menyukai apa yang dikerjakan
Karyawan loyal menyukai pekerjaannya dan tidak melihat pekerjaan tersebut sebagai suatu hal yang rutinitas. Loyalitas karyawan juga dapat menjadi sebuah jaminan bahwa karyawan dapat dan siap bekerja secara optimal demi suatu kemajuan untuk perusahaan.


3. Berani Mengutarakan Ketidaksetujuan
kondisi dimana karyawan dapat mengutarakan pendapat masing-masing sehingga perusahaan mampu menciptakan suasana debat dalam internal-nya.


4. Mendukung Secara Positif Keputusan Pemimpin
Disaat pemimpin mereka melakukan hal yang salah, karyawan loyal tetap akan memberitahu dengan jujur kesalahan pemimpin mereka.


5. Bekerja dengan Integritas
Sesungguhnya karyawan yang loyal mampu dilihat dari seberapa besar karyawan dapat memperlihatkan integritas yang dimiliki mereka saat bekerja.


Aspek-Aspek Loyalitas Karyawan

1. Kemauan untuk bekerja sama
Bekerja sama dengan orangorang dalam suatu kelompok akan memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuan yang tidak mungkin dicapai oleh orangorang secara invidual.


2. Taat pada peraturan
Kedisiplinan yang menguntungkan organisasi baik intern maupun ekstern.


3. Hubungan antar pribadi
Hubungan sosial diantara karyawan, hubungan yang harmonis antara atasan dan karyawan, situasi kerja dan sugesti dari teman kerja


4. Tanggung jawab pada perusahaan/organisasi.
Kesanggupan karyawan untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan kesadaran akan setiap resiko pelaksanaan tugasnya


5. Kesukaan terhadap pekerjaan
Untuk bekerjasama sebagai manusia seutuhnya dalam hal melakukan pekerjaan yang akan dilakukan dengan senang hati


6. Rasa memiliki
Sikap untuk ikut menjaga dan bertanggung jawab terhadap organisasi perusahaan sehingga pada akhirnya akan menimbulkan loyalitas demi tercapainya tujuan perusahaan dala membentuk suatu organisasi


Faktor – Faktor yang mempengaruhi tingkat Loyalitas Karyawan

1. Faktor Tantangan
Faktor tantangan meliputi kejelasan jenjang karir yang dapat dirasakan oleh karyawan


2. Faktor Keamanan
Faktor keamanan meliputi masa jabatan seorang karyawan, kecukupan gaji, keselamatankerja, dan jaminan.


3. Faktor Kenyamanan
Faktor kenyamanan meliputi kondisi lingkungan kerja yang baik, hubungan pertemananyang ramah, fasilitas yang memadai, sistem kerja manusiawi, dan kepemimpinan yang dapatmemotivasi


Indikator-Indikator dalam mengidentifikasi Loyalitas Karyawan

  • Menjaga rahasia bisnis perusahaan
  • Tetap bertahan dalam organisasi
  • Ikut berkontribusi dalam kegiatan social organisasi.
  • Mau mengikuti arahan atau instruksi.
  • Mau bekerja sama dan membantu rekan kerja
  • Menawarkan saran-saran untuk perbaikan.


Penyebab Turunnya Loyalitas Karyawan

1. Faktor Kepribadian
Faktor – faktor kepribadian yang dapat menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan adalah sebuah sifat yang cepat bosan dan ketidakselarasan antara karyawan dengan budaya kerja di suatu perusahaan.


2. Faktor Rasional
Faktor – faktor rasional yang menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan ada beberapa sebab antara lainnya adalah gaji, bonus, jenjang karir, dan fasilitas – fasilitas yang dapat diberikan perusahaan kepada karyawan.


3. Faktor Emosional
Faktor-faktor emosional yang menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan yaitu ketidakcocokan karyawan dengan pemimipin, lingkungan kerja yang tidak kondusif dan urangnya penghargaan perusahaan terhadap prestasi kerja karyawan.


Upaya Meningkatkan Loyalitas Karyawan

  • Menempatkan karyawan pada posisi yang tepat
  • Mengusahakan karyawan untuk mempunyai loyalitas.
  • Mengajak karyawan berunding
  • Memberikan kebutuhan rohani
  • Memberikan Hak-Hak Karyawan
  • Memberikan fasilitas yang menyenangkan
  • Memberikan kesempatan pada karyawan untuk maju
  • Bekerjasama sebagai manusia seutuhnya dalam hal
  • Memberikan jenjang karir yang jelas

Demikianlah pembahasan mengenai √ Loyalitas Karyawan : Pengertian, Ciri, Aspek, Indikator, Faktor, Penyebab & Upayanya Lengkap, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */