Produk Adalah

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.ID Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Produk. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Produk : Pengertian, Tingkatan, Contoh, Tujuan, Ciri dan Jenis Terlengkap


Pengertian Produk

Produk merupakan salah satu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.


Tujuan Produk

1. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Walaupun setiap elemen masyarakat memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk dapat melangsungkan kehidupannya.

Hal ini lah yang membuat para produsen melakukan kegiatan produksi untuk menghasilkan produk supaya kebutuhan masyarakat tersebut dapat terpenuhi dengan baik.


2. Memperoleh Keuntungan

Dengan suatu produk yang mereka jual kepada para konsumen atau masyarakat yang membutuhkan, tentunya para produsen ini mengaharpakan adanya suatu keuntungan dari semua kegiatan produksi yang mereka lakukan.


Ciri-Ciri Produk

1. Awet Atau Tahan Lama

Tentunya konsumen menyukai dengan produk yang tahan lama bila digunakan atau awet sehingga tidak mudah rusak.

Misalnya seperti telepon genggam umumnya rata-rata orang di Indonesia menyukai telepon genggam yang harganya murah tapi memiliki daya tahan yang baik.

Dengan daya tahan yang baik maka banyak sekali produk telepon genggam yang laku dan disukai masyarakat Indonesia.


2. Perawatan Yang Mudah

Produk yang disukai oleh para konsumen selain awet yaitu mudah dirawat atau di pelihara, misalnya seperti pada pakaian, selain pakaian tersebut harus nyaman saat digunakan maka pakaian tersebut juga harus mudah di rawat dibersihkan.

Baca Juga :  Pengertian Diplomasi Menurut Para Ahli

Seperti pada sepatu, banyak sekali masyarakat yang menyukai sepatu yang simpel karena selain mudah digunakan sepatu tersebut biasanya mudah untuk dibersihkan.


3. Murah

Saat ini sebagian besar konsumen ini juga menyukai produk dengan harga yang relatif murah, selain harganya yang harus terjangkau tentunya produk tersebut harus memiliki kualitas yang cukup baik.

Seperti tadi contohnya pada produk telepon genggam, konsumen lebih memilih produk yang relatif murah tapi memiliki kualitas yang cukup baik.


Jenis-Jenis Produk

1. Produk Konsumsi

Yaitu salah satu jenis produk yang digunakan oleh konsumen tingkat akhir, jadi konsumen membeli lalu digunakan langsung sehingga tidak dijual kembali.

Secara umum produk yang sering di konsumsi masyarakat digolongkan menjadi tiga bagian diantaranya ialah :

  • Produk kebutuhan sehari-hari.
  • Produk belanjaan.
  • Produk khusus.

2. Produk Industri

Yakni sebuah produk yang dibeli oleh produsen atau perusahaan, yang nantinya akan dijual kembali atau digunakan sebagai bahan baku untuk proses produksi sehingga menghasilkan barang lain.

Jadi intinya barang atau produk industri digunakan untuk proses produksi, diantaranya yaitu seperti berikut :

  • Materials and parts “bahan baku dan suku cadang”
  • Capital items “barang modal”
  • Supplies and services “perlengkapan dan layanan bisnis”

Tingkatan Produk

  • Produk Utama (Core Benefit) yaitu suatu produk yang memiliki manfaat yang dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh konsumen.
  • Produk Generic yakni salah satu produk yang memenuhi fungsi produk paling dasar sehingga dapat bermanfaat bagi konsumen.
  • Produk Harapan (Expected Product) ialah suatu produk formal yang ditawarkan dengan berbagai atribut dimana kondisinya secara normal diharapkan dan disepakati untuk dibeli.
  • Produk Pelengkap (Augmented Product) merupakan segala atribut pada produk dengan beragam manfaat dan layanan sehingga dapat menambah kepuasan dan dapat dibedakan dengan produk lain.
  • Produk Potensial adalah semua jenis tambahan atau perubahan yang mungkin dikembangkan pada suatu produk di masa yang akan datang.
Baca Juga :  Proses Produksi

Contoh Produk

  • Makanan : Mie instan, sosis, pizza, kue, cemilan dan lain-lain. Pada bumbu dan bahan untuk memasak misalnya seperti minyak goreng, tepung terigu, kaldu ayam, mentega, margarin dan lain-lain.
  • Minuman : Air mineral/air minum kemasan, minuman kaleng/botol, susu kemasan dan lain sebaginya.
  • Elektronik : Handphone/telepon genggam, kamera, konsol game, televisi, komputer, laptop dan lain-lain.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Produk : Pengertian, Tujuan, Ciri, Tingkatan, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :