√ 8 Pengertian Produk Menurut Para Ahli

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.ID Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Produk. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ 8 Pengertian Produk Menurut Para Ahli dan Klasifikasinya Terlengkap


Pengertian Produk Menurut Para Ahli

1. Fandy Tjiptono

Produk ialah segala sesuatu yang ditawarkan produsen untuk diperhatikan, ditanyakan, dicari, dibeli, digunakan/dikonsumsi oleh pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang relevan.


2. Stanton

Produk yaitu sekumpulan atribut yang nyata atau tidak nyata, termasuk pengemasan, warna, harga, kualitas dan merek ditambah dengan layanan dan reputasi penjualan.


3. Swastha dan Irawan

Produk yakni suatu sifatnya kompleks, teraba dan tidak memiliki bentuk fisik, termasuk pengemasan, warna, harga, prestise perusahaan, layanan pengusaha dan pengecer, yang pembeli terima untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka.


4. M. Taufiq Amir

Produk merupakan apa saja yang di tawarkan pada pasar agar dapat dibeli, digunakan atau di konsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka.


5. Kotler dan Amnstrong

Produk adalah semua yang ditawarkan didalam pasar untuk mendapatkan perhatian, di pergunakan, dibeli dan dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.


6. KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Produk ialah berbagai barang atau jasa yang dibuat dan ditambah gunanya atau nilainya dalam proses produksi dan menjadi hasil akhir dari proses produksi itu.


7. Philip Kotler

Produk sebagai sesuatu yang ditawarkan, dimiliki, dipergunakan atau dikonsumsi oleh konsumen sehingga dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan termasuk didalamnya fisik, jasa, orang, tempat organisasi dan gagasan.

Baca Juga :  Konsumsi Adalah

8. Djaslim Saladin

Produk yaitu beberapa dari sesuatu yang dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan atau keinginan manusia, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.


Klasifikasi Produk

1. Klasifikasi Produk Berdasarkan Wujudnya

  • Barang ialah semua produk yang wujudnya fisik, dapat dilihat, diraba, disentuh, dirasa, dipindahkan, dan perlakuan fisik lainnya. Contoh barang : makanan, minuman, aksesoris, dan lain sebagainya.
  • Jasa yaitu segala kegiatan yang memberikan manfaat dan kepuasan kepada konsumen. Contoh jasa : jasa pijat, jasa makeup, jasa penginapan, jasa konsultasi, dan lain sebagainya.

2. Klasifikasi Produk Berdasarkan Produk Konsumsi

  • Produk Kebutuhan Sehari-hari (Convenience Goods) yaitu suatu produk yang sangat diperlukan dan mudah habis jika digunakan sehingga sering dibeli oleh konsumen. Contohnya : bahan makanan, minuman, sabun mandi, sabun cuci, dan lain sebagainya.
  • Produk Belanjaan (Shooping Goods) merupakan salah satu produk yang dibeli dengan cara membandingkan antara satu produk dengan produk lainnya yang sejenis, bagi dari sisi harga, kualitas, spesifikasi, dan kualitasnya. Contoh : televisi, smartphone, sepatu, laptop, dan lain sebagainya.
  • Produk Khusus (Specialty Goods) yakni segala produk yang memiliki karakteristik khusus yang memiliki kesan mewah dan istimewa, dimana sekelompok konsumen bersedia membayar dengan harga tinggi untuk mendapatkan produk tersebut. Contoh : mobil mewah, perhiasan, smartphone mewah, atau produk limited edition.
  • Unsought Goods ialah semua produk yang tidak diketahui oleh konsumen, dan bahkan jika diketahui oleh konsumen, mereka belum tentu tertarik untuk membelinya. Contoh : peti mati, batu nisan, tanah pemakaman, dan lain-lain.

3. Klasifikasi Produk Berdasarkan Produk Industri

  • Bahan Baku dan Suku Cadang (Materials and Parts) yaitu sebuah produk yang dibutuhkan untuk proses produksi sehingga menghasilkan produk baru yang lebih bermanfaat. Jenis produk ini dibagi dua, yaitu bahan mentah dan bahan jadi atau suku cadang. Contoh bahan mentah : kayu (menjadi lemari, kursi, meja), gandum (menjadi roti), dan lain sebagainya. Contoh bahan jadi dan suku cadang : benang, komponen kendaraan (ban, velg, dan lainnya), dan lain sebagainya.
  • Barang Modal (Capital Items) merupakan berbagai produk yang dapat memudahkan produsen untuk mengelola dan mengembangkan produk jadi serta memiliki daya tahan yang sangat lama. Contoh : bangunan kantor, pabrik, mesin produksi, komputer, dan lain sebagainya.
  • Perlengkapan dan Layanan Bisnis (Supplies and Services) ialah beberapa produk yang dapat memudahkan pengelolaan produk jadi serta memiliki daya tahan yang lama. Contoh : bahan bakar mesin, oli pelumas, alat tulis kantor, dan lain sebagainya. Contoh business services : periklanan produk, konsultasi hukum, perawatan peralatan, dan lain sebagainya.
Baca Juga :  Proses Produksi

4. Klasifikasi Produk Berdasarkan Daya Tahan

  • Barang Tidak Tahan Lama (Non-durable Goods) yaitu semua barang yang memiliki wujud yang dapat habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian. Contoh : sabun mandi, sabun cuci, shampo, pasta gigi, dan lain sebagainya.
  • Barang Tahan Lama (Durable Goods) merupakan segala barang yang memiliki wujud yang dapat bertahan lama meskipun digunakan berulang kali. Contoh : televisi, kulkas, lemari, meja, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 8 Pengertian Produk Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :