√ Konsep Pemasaran : Pengertian, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap

Diposting pada

√ Konsep Pemasaran : Pengertian, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Konsep Pemasaran. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Konsep Pemasaran : Pengertian, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap
√ Konsep Pemasaran : Pengertian, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap

 


Pengertian Konsep Pemasaran

Konsep Pemasaran (Marketing Concept) merupakan salah satu falsafah perusahaan atau bisnis yang menyatakan bahwa kepuasaan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

 


Pengertian Konsep Pemasaran MMenurut Para Ahli

 

1. Kotler dan Keller

Konsep pemasaran ialah dari luar ke dalam (outside-in perspektif), yaitu memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan menyediakan produk yang tepat untuk kebutuhan konsumen daripada mencari konsumen yang tepat untuk suatu produk.

 

2. Basu Swastha dan Hani Handoko

Konsep pemasaran yaitu sebuah filosofi bisnis yang menyatakan bahwa memuaskan kebutuhan konsumen adalah persyaratan ekonomi dan sosial untuk kelangsungan hidup perusahaan.

 

3. Kotler dan Armstrong

Konsep pemasaran yakni salah satu konsep dengan fokus pada kebutuhan konsumen, filosofi ini lebih berfokus pada perasaan dan menanggapi apa yang dibutuhkan konsumen.

 


Konsep Pemasaran

  • Kebutuhan – Konsep paling mendasar yang mendasari pemasaran adalah kebutuhan manusia. Kebutuhan adalah keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan hal-hal seperti makanan, pakaian, perumahan, harga diri, keamanan dan kasih sayang.
  • Keinginan – Konsep utama kedua dalam pemasaran adalah yang menyangkut keinginan manusia, yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang.
  • Permintaan – Manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber dayanya terbatas. Karena keterbatasan su, mereka memiliki kekuatan, mereka memilih produk yang menghasilkan kepuasan maksimal. Keinginan manusia akan menjadi tuntutan jika didukung oleh daya beli. Jadi permintaan adalah kebutuhan atau keinginan manusia yang didukung oleh daya beli.
  • Produk – Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Pabrikan perlu tahu apa yang diinginkan konsumen kemudian menyediakan produk yang sedekat mungkin untuk memuaskan keinginan tersebut.
  • Pertukaran – Pemasaran terjadi ketika orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka melalui pertukaran. Pertukaran adalah kegiatan untuk mendapatkan barang / jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
  • Transaksi – Transaksi mengandaikan adanya nilai yang dipertukarkan antara dua pihak. Transaksi melibatkan setidaknya dua barang atau jasa yang berharga, kondisi yang disepakati, waktu perjanjian dan tempat perjanjian.
  • Pasar – Konsep transaksi mengarah ke konsep pasar. Pasar adalah seperangkat pembeli nyata dan pembeli potensial suatu produk.
Baca Juga :  √ Kinerja Keuangan : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Analisis Terlengkap

 

 


Dasar Konsep Pemasaran

 

1. Konsep Produksi

Yaitu salah satu konsep dimana konsumen lebih menyukai produk yang dapat ditemukan dimana-mana dengan harga yang murah.

Jadi orientasi konsep ini lebih mengarah pada upaya pencapaian efisiensi produk yang tinggi dan distribusi yang sangat luas.

Tugas manajemen disini adalah memperbanyak produksi barang karena konsumen dianggap akan menerima hasil produksinya yang terjangkau dimana-mana.

 

2. Konsep Produk

Menyatakan bahwa akan lebih menyukai produk yang menawarkan mutu, kualitas, performansi dan karakter terbaik.

Dimana tugas manajemen disini ialah membuat produk yang berkualitas tinggi dan penampilan yang terbaik & menarik.

 

3. Konsep Penjualan

Menyatakan bahwa para konsumen dengan dibiarkan begitu saja atau apa adanya, organisasi harus berusaha melaksanakan promosi yang menarik para konsumen.

 

4. Konsep Pemasaran

Kunci dalam mencapai suatu tujuan sebuah organisasi bisnis meliputi penentuan kebutuhan & keinginan pasar sebagai sasaran serta memberi kepuasan yang sesuai secara efektif & efisien dibandingkan dengan para pesaing.

 

5. Konsep Pemasaran Sosial

Dalam konsep ini tugas dari sebuah organisasi yaitu menentukan kebituhan, kepentingan, keinginan pasar dan tetap memberi kepuasan serta tetap melestarikan & meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau konsumen.

 

6. Konsep Pemasaran Global

Konsep ini manajer eksekutifnya juga harus berupaya memahami segala faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pemasaran lewat manajemen yang strategis.

Dimana tujuan akhirnya ialah berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat dan memberikan yang terbaik dan bermanfaat kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam suatu perusahaan.

 


Tujuan Konsep Pemasaran

Tujuan pemasaran (marketing objektive) yaitu apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui adanya kegiatan pemasaran.

Baca Juga :  √ Label Produk : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis Terlengkap

Jika kepuasan & kebutuhan konsumen terpenuhi maka akan berdampak pada hasil penjualan produknya meningkat & pada akhirnya tujuan pemasaran akan tercapai yakni memperoleh keuntungan atau laba.

Namun jika sebuah perusahaan melalaikan kebutuhan konsumen dan hanya memikirkan produsennya saja, maka akan ada kemungkinan hasil penjualan yang diperoleh menurun.

Sehingga keuntungannya minim bahkan bisa terjadi kerugian. Kepuasan pembeli atau konsumen lah yang terpenting bagi perusahaan dalam sebuah marketing.

Perlu diingat dalam hal pemasaran, sebaiknya kita melakukannya dengan sangat hati-hati karena saat ini banyak sekali hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi, seperti penipuan dan lain-lain.

Jika kita memang akan terjun dalam dunia marketing, persiapkanlah diri kita sebaik mungkin dan berani mengambil segala resiko yang ada.

 


Faktor yang Mempengaruhi Konsep Pemasaran

 

1. Orientasi Konsumen

  • Menentukan kebutuhan dasar pembeli untuk dilayani dan dipenuhi.
  • Pilih grup pembeli tertentu sebagai target dalam penjualan.
  • Tentukan program produk dan pemasaran.
  • Melakukan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai, dan menafsirkan keinginan dan perilaku mereka.
  • Tentukan dan terapkan strategi terbaik, apakah berfokus pada kualitas yang baik, harga rendah atau model yang menarik.

 

2. Koordinasi dan Integrasi dalam Perusahaan

Untuk memberikan kepuasan optimal kepada konsumen, semua elemen pemasaran yang ada harus diintegrasikan.

Hindari konflik antara perusahaan dan pasar. Salah satu cara untuk menyelesaikan koordinasi dan integrasi ini adalah dengan menggunakan satu orang yang memiliki tanggung jawab untuk semua kegiatan pemasaran, yaitu manajer pembesaran.

Jadi dapat disimpulkan bahwa setiap orang dan bagian dari perusahaan berpartisipasi dalam upaya terkoordinasi untuk memberikan kepuasan pelanggan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

 

3. Mendapatkan Laba Melalui Pemuasan Konsumen

Baca Juga :  √ Kartel : Pengertian, Karakteristik, Tujuan, Jenis dan Contoh Terlengkap

Salah satu tujuan perusahaan adalah mendapatkan untung atau untung. Dengan laba ini perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dengan kemampuan yang lebih besar. Sebenarnya laba adalah tujuan umum perusahaan.

 

4. Strategi Pemasaran

Merupakan segala hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan suatu perusahaan.

Strategi ialah serangkaian desain besar yang menggambarkan bagaimana perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya, sehingga dalam menjalankan bisnis kecil, perlu dikembangkan melalui strategi pemasarannya.

Karena dalam kondisi kritis itu sebenarnya bisnis kecil yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Konsep Pemasaran : Pengertian, Tujuan dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :