Bauran Pemasaran

Diposting pada

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Bauran Pemasaran. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Bauran Pemasaran : Pengertian, Tujuan, Unsur, Penyebab dan Penerapan Terlengkap


Pengertian Bauran Pemasaran

Marketing Mix atau yang disebut juga sebagai Bauran Pemasaran merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalam marketing mix itu sendiri yang dilakukan secara terpadu.

Istilah ini diperkenalkan pertama pada tahun 1964 dari seseorang yang bernama Neil Borden dalam artikelnya yang dikeluarkan pada tahun serupa.


Tujuan Bauran Pemasaran

1. Periklanan (Advertising)

Periklanan yaitu sebuah kegiatan penting dalam marketing mix. Tujuan utama dari periklanan ini adalah untuk memberikan informasi tentang produk (barang/ jasa) kepada target konsumen dan untuk meningkatkan penjualan.


2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Merupakan salah satu kumpulan berbagai alat intensif yang dirancang untuk mendorong pembelian suatu barang/ jasa. Kegiatan inti sebagian besar berjangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang.

Tujuan sales promotion ialah untuk dapat meningkatkan penjualan. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara pemberian diskon, pengadaan kontes, pemberian kupon atau sampel produk.


3. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Direct marketing yakni segala sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.

Tujuan direct marketing adalah untuk mengkomunikasikan produk atau jasa secara langsung kepada konsumen yang dianggap target market potensial.


Unsur-Unsur Bauran Pemasaran

1. Produk

Produk merupakan segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, dan kemudian dibeli lalu dapat dipergunakan atau dikonsumsi, yang mana produk ini dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.


2. Harga

Harga ialah salah satu nilai uang yang dipertukarkan oleh konsumen untuk memiliki atau menggunakan produk dan mendapatkan manfaat dari produk itu sendiri.


3. Distribusi

Distribusi yaitu sebuah saluran atau jalur distribusi yang produsen gunakan untuk menyalurkan barang sehingga dapat sampai kepada konsumen atau pemakai industri.


4. Promosi

Promosi yakni suatu komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pasar sasaran akan adanya produk dengan cara membujuk, mempengaruhi, dan meyakinkan target pembeli.

Baca Juga Secara Lengkap : Promosi


Faktor Penyebab Perubahan Strategi Pemasaran

  • Keadaan Ekonomi – Strategi pemasaran disesuaikan dengan kadaan ekonomi, perusahaan harus mengembangkan strategi jangka panjang guna memenuhi kondisi yang sedang berubah dalam industri perusahaan dan memastikan kelangsungan hidup perusahaan jangka panjang.
  • Siklus Daur Hidup Produk – Menyesuaikan strategi pemasaran dengan tahap-tahap daur hidup, sperti tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan tahap kemunduran.
  • Tingkat Persaingan Pasar – Menyesuaikan strategi pemasaran dengan posisi perusahaan dalam tingkat persaingan, apakah perusahaan berada dalam kategori memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil saja dari ceruk pasar.

Penerapan Strategi Pemasaran

  • Marketing Segmentation (Segmentasi Pasar) – Yaitu tindakan membagi pasar kedalam kelompok pembeli berbeda dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran yang terpisah
  • Market Targeting (Penetapan Target Pasar) – Merupakan proses evaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih salah satu atu lebih segmen yang akan dilayani, penetapan sasaran pasar terdiri dari merancang strategi untuk mambangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat, atau sebuah perusahaan besar mungkin untuk menawarkan berbagai macam produk yang lebih lengkap untuk memenuhi seluruh segmen pasarnya, sebagian besar perusahaan memasuki pasar baru dengan melayani segmen tunggal, dan apabila hal ini terbukti berhasil, maka mereka akan menambahkan segmen.
  • Diferentiation & Positioning (Diferensiasi dan Posisi Pasar) – Perusahaan harus bisa memutuskan bagaimana mendiferensiasikan penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut, posisi produk adalah tempat yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen, pemasar ingin mengembangkan posisi pasar unik bagi produk mereka. Jika sebuah produk dianggap sama persis dengan produk lainnya yang ada pada pasar, maka konsumen tidak mempunyai alasan lagi untuk membelinya.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Bauran Pemasaran : Pengertian, Tujuan, Unsur, Penyebab dan Penerapan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :