Promosi Adalah

By Guru Ekonomi #10 jenis jenis promosi, #4 contoh cara melakukan promosi usaha, #4 manfaat media promosi, #7 keuntungan promosi, #apa kelebihan promosi di media online, #apa keuntungan dari promosi, #apa manfaat media promosi, #apa pengertian promosi menurut ben m. enis, #apa sajakah manfaat pameran, #apa yang dimaksud dengan keuntungan promosi, #apa yang dimaksud dengan media promosi online, #apa yang dimaksud dengan promotional mix, #apakah akibat dari kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan terhadap konsumen, #apakah iklan termasuk media promosi jelaskan, #apakah yang dimaksud anggaran promosi, #bagaimana langkah dalam pengembangan produk, #bagaimana mengenal konsumen dan pesaing, #Bauran Promosi (Promotional Mix), #bentuk bentuk media promosi, #bentuk bentuk promosi, #bentuk dan media promosi, #bentuk usaha franchise, #bentuk-bentuk promosi, #berikut tugas seorang wiraniaga kecuali, #brosur diberikan kepada masyarakat secara, #buatlah desain media promosi sesuai pilihanmu, #buku tentang promosi penjualan, #cara membuat media promosi, #cara mempromosikan produk di sosmed, #Cara Promosi, #cara promosi makanan di media sosial, #cara promosi online shop di instagram, #cara promosi yang menarik, #contoh dialog spg menawarkan produk, #contoh iklan persuading, #contoh kalimat menawarkan produk, #contoh kalimat promosi barang, #contoh kalimat promosi makanan di sosmed, #contoh kalimat sales promotion, #contoh kata-kata promosi di media sosial, #contoh media promosi, #contoh media promosi pemasaran, #contoh pemilihan strategi promosi, #contoh personal selling, #contoh promo akhir tahun, #Contoh Promosi, #contoh promosi advertising, #contoh promosi baju, #contoh promosi barang, #contoh promosi barang elektronik, #contoh promosi hp, #contoh promosi kreatif, #contoh promosi langsung, #contoh promosi makanan di facebook, #contoh promosi offline, #contoh promosi organisasi, #contoh promosi produk kosmetik, #contoh promosi ritel melalui media cetak, #desain media promosi, #faktor yang mempengaruhi promosi produk, #fungsi dan tujuan promosi, #fungsi dan tujuan promosi brainly, #fungsi media promosi, #fungsi media promosi untuk pemasaran online, #fungsi pemasaran universal, #Fungsi Promosi, #fungsi promosi brainly, #fungsi promosi dalam pasar, #fungsi promosi dalam wirausaha, #fungsi promosi menurut para ahli, #fungsi promosi menurut para ahli terbaru, #fungsi promosi secara umum, #fungsi strategi promosi, #fungsi strategi promosi penjualan brainly, #gambarkan contoh desain promosi, #https www.maxmanroe.com, #jelaskan 4 macam bauran promosi, #jelaskan 9 strategi promosi secara online, #jelaskan cara promosi melalui media online, #jelaskan jenis-jenis pemasaran, #jelaskan pemahaman anda tentang publisitas, #jelaskan perkembangan media promosi, #jelaskan sasaran promosi, #jelaskan siklus kehidupan usaha, #jelaskan strategi pemasaran yang kamu ketahui, #jelaskan strategi promosi produk kerajinan?, #jelaskan teknik promosi, #jelaskan tentang informing dan persuading, #jelaskan tentang sasaran promosi, #jelaskan tujuan dari pemasaran, #jelaskan yang dimaksud periklanan, #jelaskan yang dimaksud strategi word of mouth, #Jenis - Jenis Promosi, #jenis dan bentuk promosi, #jenis jenis promosi, #jenis jenis promosi brainly, #jenis jenis promosi menurut para ahli, #jenis jenis promosi ppt, #jenis media promosi, #jenis media promosi pemasaran, #jenis promosi, #jenis promosi yang paling efektif, #jenis-jenis media promosi online, #jenis-jenis media promosi pemasaran, #kapan harus dilakukan promosi, #karakteristik periklanan, #kata kata promosi jasa kurir, #kata-kata jual hp di facebook, #kata-kata jualan online di facebook, #kata-kata open reseller, #kata-kata promosi instagram, #kata-kata promosi jualan baju, #kata-kata promosi minuman, #kata-kata promosi produk kecantikan, #kebijakan promosi adalah, #kegiatan promosi, #kegiatan promosi penjualan, #kegunaan dari direct mail, #kegunaan promosi penjualan, #kekurangan promosi melalui media sosial, #kenapa sangat penting untuk melakukan promosi, #kiat kiat promosi yang efektif, #kriteria iklan produk bank yang ideal, #lima kiat yang dapat dilakukan selama promosi sehingga tepat sasaran, #macam macam media promosi beserta kelebihan dan kekurangannya, #macam macam media promosi brainly, #macam macam promosi, #macam-macam media promosi, #macam-macam promosi, #macam-macam strategi dan media promosi, #manfaat media promosi, #Manfaat Promosi, #manfaat promosi bagi pembeli, #manfaat promosi brainly, #manfaat promosi menurut ahli, #manfaat promosi menurut para ahli, #manfaat promosi online, #manfaat promosi penjualan, #materi tentang media promosi pemasaran, #media online untuk jualan, #media promosi, #media promosi adalah, #media promosi cetak, #media promosi cetak adalah, #media promosi efektif yang dipakai untuk mempromosikan atau memasarkan produk kepada konsumen adalah, #media promosi menurut para ahli, #media promosi online, #media promosi ruang terbuka, #menentukan media promosi pemasaran, #menganalisis pemasaran online, #menyebutkan media promosi, #objek pasar, #optimalisasi penggunaan media promosi, #orientasi pada aspek pemasaran, #pemilihan media promosi yang tepat, #penentuan segmentasi pasar, #pengelompokan media promosi, #pengertian dan fungsi promosi penjualan, #pengertian dari prestige advertising adalah, #pengertian media promosi, #pengertian media promosi menurut para ahli, #pengertian media promosi online dan offline, #Pengertian Promosi, #pengertian promosi dalam bisnis ritel, #pengertian promosi dan iklan, #pengertian promosi html, #Pengertian Promosi Menurut Para Ahli, #pengertian promosi menurut para ahli 2017, #pengertian promosi pariwisata, #pengertian trade promotion, #penjualan pribadi adalah, #perbedaan iklan dan periklanan, #perencanaan promosi, #product oriented advertising, #promosi aktif, #promosi efektif dan efisien, #promosi gratis, #promosi jenis silent marketing, #promosi menurut tjiptono (2008), #promosi pasif adalah, #prosedur pembuatan media promosi, #sasaran promosi, #sasaran promosi penjualan, #sebut dan jelaskan sifat pemasaran langsung, #sebut dan jelaskan teknik teknik promosi, #sebutkan 5 kiat promosi, #sebutkan 5 tugas pokok promosi penjualan, #sebutkan 5 tujuan promosi, #sebutkan dan jelaskan 5 bentuk promosi, #sebutkan dua bentuk utama dari mass selling, #sebutkan kegunaan metode survei, #sebutkan keuntungan dan kerugian dari promosi, #sebutkan manfaat promosi brainly, #sebutkan media promosi online, #sebutkan media promosi yang bisa digunakan untuk pemasaran produk awetan bahan hewani, #sebutkan sasaran penetapan harga, #sebutkan tujuan pengendalian kualitas, #silent marketing adalah, #strategi promosi, #tata cara promosi produk, #teknik dan strategi promosi, #teknik memilih media iklan, #teknik pembuatan media promosi, #teknik promosi, #teknik promosi adalah, #tentukan media promosi yang dipilih, #teori media promosi, #tujuan media promosi, #tujuan penggunaan media promosi, #Tujuan Promosi, #tujuan promosi menurut para ahli, #tujuan promosi menurut tjiptono, #tujuan promosi penjualan bagi pengecer, #tuliskan pengertian promosi menurut ben m enis
√ Promosi : Pengertian, Fungsi, Contoh, Tujuan dan Jenis Terlengkap
√ Promosi : Pengertian, Fungsi, Contoh, Tujuan dan Jenis Terlengkap

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Promosi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Promosi : Pengertian, Fungsi, Contoh, Tujuan dan Jenis Terlengkap


Pengertian Promosi

Promosi berasal dari kata bahasa Inggris promote yang berarti “meningkatkan” atau “mengembangkan”.

Promosi merupakan salah satu variabel dari marketing mix yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk dapat mengadakan komunikasi dengan pasarnya.

Promosi juga sering dikatakan sebagai “proses berlanjut” karena dapat menumbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan.

Promosi ialah suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan untukk membuat kesadaran, memberitahuan, membujuk dan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian produk yang di tawarkan perusahaan.

Untuk mengadakan promosi, setiap lembaga harus dapat menentukan dengan tepat alat promosi manakah yang dipergunakan agar dapat mencapai keberhasilan dalam penjualan.


Fungsi Promosi

1. Informing (Memberikan Informasi)
Promosi adalah cara perusahaan untuk memperkenalkan produk pada para konsumen.

Dengan adanya promosi ini, para konsumen akan mengenal berbagai jenis fitur dan juga manfaat yang terdapat dalam suatu produk tersebut.


2. Persuading (Membujuk)
Sebuah promosi ini biasanya akan membujuk para calon konsumen agar mau mencoba produk barang atau jasa yang ditawarkan.


3. Reminding (Mengingatkan)
Dengan adanya sebuah promosi, para konsumen akan tetap ingat dengan merk suatu perusahaan.

Ketika mereka membutuhkan suatu barang, tanpa sadar mereka ini akan mengingat merk suatu barang yang akan diiklankan sebelumnya.

Pada akhirnya promosi akan sangat menguntungkan sebuah perusahaan.


4. Adding Value (Menambah Nilai)
Perusahaan akan berusaha mempromosikan barang yang mereka jual agar terlihat lebih bagus, lebih bergengsi dan lebih unggul dari barang sejenis yang dijual perusahaan lain.

Sebagai contoh, perusahaan akan berusaha menonjolkan nilai tambah yang ada pada suatu produk, melakukan inovasi, menyempurnakan kualitas ataupun mengubah pandangan jelek konsumen terhadap produk mereka.


5. Assisting (Mendampingi Upaya-Upaya Lain Dari Perusahaan)
Dengan adanya sebuah promosi, bagian penjualan tak perlu lagi bersusah payah lagi untuk menghabiskan banyak waktu untuk dapat menjelaskan keunggulan dari suatu produk yang mereka jual.

Bisa dikatakan bahwa promosi telah banyak membantu berbagai bagian penjualan. Iklan juga dapat membuat apa yang dikatakan oleh pihak penjual terdengar lebih kredibel.


Tujuan Promosi

  • Untuk menyebarkanluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial.
  • Untuk mendapatkan para konsumen baru dan untuk dapat menjaga loyalitas konsumen tersebut.
  • Untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan.
  • Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor.
  • Untuk sebuah branding atau membentuk citra produk di mata para konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  • Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk.

Jenis-Jenis Promosi

1. Iklan (Advertensi)

  • Advertensi Cetak
    Contohnya majalah, surat kabar, dan lain sebagainya.
  • Advertensi Elektronika
    Contohnya website, radio, tv, dan masih banyak lagi.
  • Transit Advertensi
    Contohnya buletin, poster, stiker dan lain-lain.
  • Kiriman Langsung
    Jenis iklan ini dicetak dan dikirim kepada target secara langsung melalui kiriman pos.
  • Advertensi Khusus
    Jenis iklan ini dilakukan dengan cara memberikan hadiah berupa barang yang diiklankan.

2. Personal Selling

Personal Selling adalah penyajian barang secara lisan dan bertatap muka kepada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar barang yang ditawarkan bisa terjual.

Hal ini lebih ditujukan pada produk yang sifat pembeliannya sekali-kali atau memiliki nilai per unit yang sangat tinggi atau yang didesain dengan kebutuhan tertentu.

Dengan melakukan peragaan diharapkan bisa memberikan kepercayaan bagi calon pembeli.

Baca Juga Secara Lengkap : Personal Selling


3. Sales Promotion

  • Sampel (Contoh)
    Contoh produk ini sangat penting dalam sebuah promosi, karena para pembeli jadi tahu seperti apa bentuk dan manfaat dari suatu produk yang ditawarkan.
  • Kupon (Voucher)
    Kupon merupakan salah satu jenis potongan atau diskon yang bisa digunakan untuk membeli sebuah produk dengan harga yang lebih murah.
  • Premi
    Premi artinya suatu barang yang dijual dengan harga yang sangat murah.
  • Paket Harga
    Paket harga merupakan sekelompok barang yang dijual dengan harga khusus (lebih murah daripada harga normalnya).
  • Tawaran Uang Kembali
    Artinya jika ada produk yang telah dibeli tapi harganya tidak sesuai atau mengalami kerusakan, maka uang tersebut akan dikembalikan pada konsumen.
  • Promosi Dagang
    Promosi dagang merupakan salah satu jenis penawaran berupa diskon yang berlaku hanya dalam jangka waktu tertentu.
  • Undian
    Undian merupakan jenis promosi yang dilakukan dengan cara mengajak konsumen untuk mengumpulkan label produk sebanyak-banyaknya, agar kemudian bisa diundi dan memperoleh hadiah.
  • Kontes
    Jenis promosi ini biasanya dapat dilakukan dengan cara mengundang banyak konsumen untuk dapat melakukan perlombaan.

4. Publicity

Publicity ialah sebuah upaya pendekatan pada masyarakat agar jauh lebih dikenal oleh para masyarakat seperti pada, jumpa pers, publisitas produk, bimbingan kepada masyarakat dan lain sebagainya.


Cara Promosi

  • Promosi melalui reklame atau iklan di media masa seperti surat kabar, majalah, televisi atau juga radio, dll.
  • Promosi melalui brosur, baliho atau spanduk.
  • Promosi melalui pameran atau sponsor kegiatan.
  • Promosi dari mulut ke mulut.
  • Promosi melalui internet dengan memanfaatkan sebuah website atau menggunakan jasa iklan.
  • Promosi melalui perangkat seluler (SMS).

Contoh Promosi

  • Promosi di Restaurant : Beli Makanan A Gratis Minuman Dingin.
  • Promosi Penjualan Retail : Membeli 2 Pasang Kaus Kaki, Gratis 1 Pasang Kaus Kaki.
  • Promosi Provider Telekomunikasi : Nelpon selama 10 menit dapat Gratis telpon selama 1 jam ke provider yang sama.
  • Promosi Penjualan Property : Beli Rumah Dapat Kulkas dan AC
  • Promosi di Sebuah Department Store : dapat potongan harga 30% untuk suatu produk tertentu.

Manfaat Promosi

  • Agar tahu produk yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen.
  • Agar tahu tingkat kebutuhan konsumen terhadap produk.
  • Agar tahu cara mengenalkan dan menyampaikan produk sehinga sampai ke konsumen.
  • Agar tahu harga yang sesuai dengan keadaan pasar.
  • Agar tahu strategi promos yang tepat terhadap calon konsumen.
  • Agar tahu konsisi persaingan pasar dan bagaimana mengatasi hal tersebut.
  • Untuk membuat image produk.

Bauran Promosi (Promotional Mix)

Bauran promosi (Promotional Mix) ialah salah satu kombinasi strategi yang paling baik dari berbagai variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi yang lain, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.

Bauran promosi merupakan salah satu alat-alat yang digunakan dalam promosi ini yang terdiri dari :

1. Periklanan (Advertising)
Periklanan (Advertising) merupakan salah satu dari sebuah kegiatan variasi promosi yang digunakan untuk dapat mengkombinasikan berbagai barang atau jasanya dengan para pembeli dan masyarakat yang ditargetkan.

Periklanan (Advertising) ini juga merupakan salah satu alat dari variasi promosi yang populer.

Tujuan dari Periklanan (Advertising) yaitu dengan menjual atau meningkatkan penjualan dengan menyampaikan sebuah informasi tentang barang atau jasa.


2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Promosi penjualan adalah kumpulan alat-alat intensif yang beragam, sebagian besar berjangka pendek, dirancang untuk mendorong pembelian suatu produk atau jasa cepat dan atau lebih besar oleh konsumen atau pedagang.

Kegiatan penjualan yang bersifat jangka pendek dan tidak dilakukan dengan berulang-ulang serta tidak rutin yang ditujukan untuk mendorong lebih cepat respon pasar.

Tujuan promosi penjualan yaitu untuk dapat meningkatkan penjualan atau untuk bisa meningkatkan jumlah nasabah.

Promosi penjualan dapat dilakukan melalui pemberian diskon, kontes, kupon atau sampel produk.


3. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Pemasaran langsung merupakan salah satu sistem pemasaran interaktif yang akan menggunakan satu atau juga lebih media iklan untuk dapat menghasilkan suatu tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.

Tujuan pemasaran langsung ini adalah untuk bisa mengkomunikasikan produk atau jasa secara langsung kepada para konsumen yang dianggap memiliki potensial yang tinggi.

Kegiatan pemasaran langsung ini juga akan dilaksanakan dengan keterukuran agar jelas usaha mana yang akan berhasil dan mana usaha yang gagal.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Promosi : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Bauran, Cara & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */