Strategi Pemasaran

By Guru Ekonomi #3 strategi pemasaran, #4 persyaratan segmentasi pasar yang efektif, #4 unsur bauran pemasaran, #5 jenis pemasaran, #5 strategi promosi secara online, #6 sasaran pemasaran, #7 strategi pemasaran, #alat alat pemasaran, #apa manfaat pemasaran online, #apa pengertian perilaku konsumen, #apa saja macam-macam perencanaan pemasaran, #apa saja penyebab ketidakpuasan pelanggan, #apa saja strategi pemasaran, #apa tujuan utama pemasaran dalam perusahaan, #apa yang dimaksud dengan hirarki strategi, #apa yang kamu ketahui mengenai media promosi, #artikel strategi pemasaran, #artikel strategi pemasaran pdf, #aspek kajian dalam studi kelayakan bisnis, #bagaimana cara melakukan pemasaran, #bagaimana cara penyusunan target pasar, #bagaimana mencapai target pasar, #bauran pemasaran, #bauran pemasaran 4p, #bauran pemasaran 7p, #berikut yang merupakan manfaat dari segmentasi pasar adalah perusahaan dapat, #berilah pengertian diferensiasi dan tujuannya, #cara pemasaran produk baru, #contoh 4p produk minuman, #contoh bauran pemasaran, #contoh direct marketing adalah, #contoh implementasi strategi pemasaran, #contoh konsep bisnis, #Contoh Konsep Pemasaran, #contoh laporan strategi pemasaran, #contoh masalah pemasaran dalam perusahaan, #contoh pemasaran individual, #contoh pemasaran lokal, #contoh pemasaran terkonsentrasi, #contoh strategi pemasaran, #contoh strategi pemasaran 4p, #contoh strategi pemasaran brainly, #contoh strategi pemasaran jasa, #contoh strategi pemasaran primer dan selektif, #contoh strategi pemasaran produk baru, #contoh strategi pemasaran produk kerajinan, #contoh strategi pemasaran produk makanan, #contoh strategi pemasaran produk minuman, #contoh strategi pemasaran terkonsentrasi, #contoh strategi perusahaan, #contoh teks prosedur pemasaran, #fungsi dan tujuan strategi pemasaran pendidikan, #Fungsi Strategi Pemasaran, #inovasi strategi pemasaran, #integrated digital marketing adalah, #jelaskan langkah-langkah strategi pemasaran, #jelaskan pengertian tentang modal kerja, #jelaskan rumus harga mark up, #jelaskan strategi pemasaran yang baik, #jelaskan strategi persaingan bisnis, #jelaskan tentang konsinyasi, #jenis jenis pemasaran online, #jenis strategi pemasaran, #karakteristik perencanaan pemasaran, #kata-kata strategi pemasaran, #komentar tentang pemasaran, #Konsep Pemasaran, #Konsep Strategi Pemasaran, #konsep strategi pemasaran brainly, #konsep strategi pemasaran menurut para ahli, #konsep strategi pemasaran pdf, #langkah langkah strategi pemasaran, #local marketing adalah, #macam macam strategi pemasaran brainly, #macam macam strategi pemasaran pdf, #macam sistem pemasaran, #macam-macam kegiatan pemasaran, #macam-macam strategi pemasaran pdf, #macam-macam strategi promosi, #makalah konsep strategi pemasaran, #makalah strategi pemasaran, #manfaat dari tahapan segmentasi pasar, #manfaat pemasaran secara umum, #manfaat strategi bisnis, #manfaat strategi pemasaran, #market scope strategy adalah, #materi pemasaran produk, #menentukan strategi pemasaran barang dan jasa, #nama lain rencana alternatif, #pdf teknik dan strategi pemasaran, #pemasaran nasional adalah, #pengertian e-commerce dan fungsinya, #pengertian pemasaran barang dan jasa, #Pengertian Strategi Pemasaran, #pengertian strategi pemasaran menurut kbbi, #pengertian strategi pemasaran menurut para ahli, #pengertian strategi pemasaran menurut para ahli 2012, #pengertian strategi pemasaran menurut para ahli 2013, #pengertian strategi pemasaran menurut para ahli 2014, #pengertian strategi pemasaran menurut para ahli dan daftar pustaka, #pengertian strategi pemasaran secara umum, #Perbedaan Strategi Pemasaran dan Marketing Plan, #prinsip strategi pemasaran, #rencana-rencana pemasaran, #sebutkan 3 faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya perubahan dalam strategi pemasaran, #sebutkan 4 kegiatan pemasaran, #sebutkan dan jelaskan bentuk pemasaran, #sebutkan jenis-jenis advertensi yang ada, #sebutkan karakteristik segmen pasar, #sebutkan komponen komponen strategi pemasaran, #sebutkan macam-macam jenis strategi bisnis, #sebutkan media pemasaran, #sebutkan tiga aspek pokok dalam distribusi, #sebutkan tiga jenis strategi pemasaran yang bisa dilakukan perusahaan, #sebutkan tujuan desain produk yang baik, #sebutkan tujuan kegiatan promosi, #segmentasi strategi pemasaran, #strategi manajemen pemasaran, #strategi marketing mix, #strategi pemasaran 4p, #strategi pemasaran 4p dan contohnya, #strategi pemasaran bisnis, #strategi pemasaran brainly, #strategi pemasaran jasa, #strategi pemasaran kewirausahaan, #strategi pemasaran makanan, #strategi pemasaran menurut kotler, #strategi pemasaran menurut para ahli, #strategi pemasaran offline, #strategi pemasaran online pdf, #strategi pemasaran pdf, #strategi pemasaran plastik, #strategi pemasaran ppt, #strategi pemasaran produk, #strategi pemasaran produk makanan, #strategi pemasaran produk pdf, #strategi pemasaran produk yang efektif, #strategi pemasaran yang populer saat ini, #strategi produk, #strategi promosi, #tahapan strategi pemasaran, #teori strategi pemasaran, #terangkan tentang pengertian strategi promosi, #tiga konsep strategi pemasaran, #trik strategi pemasaran, #tugas artikel pemasaran, #tujuan akhir strategi pemasaran, #tujuan dari distribusi dan perencanaan adalah, #tujuan evaluasi perkembangan usaha, #tujuan kebijakan pemasaran, #tujuan pemasaran, #Tujuan Penetapan Harga, #tujuan perusahaan dalam aspek pasar, #tujuan sistem pemasaran online, #tujuan strategi operasional, #tujuan strategi pemasaran, #tujuan strategi pemasaran menurut para ahli, #tujuan strategi promosi, #tuliskan contoh kegiatan promosi penjualan, #undifferentiated marketing adalah, #uraikan fungsi event marketing, #uraikan secara singkat jenis media pemasaran
√ Strategi Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Contohnya Terlengkap

Sarjana Ekonomi – Hai sobat sarjanaekonomi.co.id apakah ada yang tahu menngenai Strategi Pemasaran? Dalam pembahasan kali ini akan dibahas sebuah pengertian Strategi Pemasaran beserta fungsi dan contohnya. Mari simak penjelasannya secara lengkap dibawah ini.


Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran adalah suatu upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

Pengertian strategi pemasaran ini juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk dapat menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa. Ada tiga faktor penentu nilai harga barang dan jasa, yakni :

  • Produksi
  • Pemasaran
  • Konsumsi

Dalam hal ini, pemasaran menjadi bagian yang menghubungkan antara suatu kegiatan produksi dan konsumsi.


Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

1. Kotler dan Amstrong

Strategi Pemasaran adalah suatu logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.


2. Kurtz

Strategi Pemasaran adalah keseluruhan program suatu perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix yaitu produk, distribusi, promosi, dan harga.


3. Philip Kotler

Strategi Pemasaran adalah suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci yang mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.


4. Tjiptono

Strategi Pemasaran adalah suatu alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.


5. Stanton

Strategi Pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk dapat merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen.


6. Paul dan Guiltinan

Strategi Pemasaran adalah sebuah pola pikir yang digunakan untuk dapat mengembangkan suatu perusahaan. Cara yang digunakan yaitu dengan mengintegrasikan beberapa unsur pemasaran seperti pada bauran marketing, segmentasi pasar, sasaran, posisi dan lainnya.


7. Michael Baker

Strategi Pemasaran adalah suatu tujuan dasar meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.


8. Christian Homburg

Strategi Pemasaran adalah semua upaya yang baik jangka pendek maupun jangka panjang di bidang pemasaran. Hal ini berhubungan erat dengan suatu analisis situasi awal strategis perusahaan.

Biasanya strategi tersebut dimulai dari perumusan, evaluasi dan pemilihan strategi serta berkontribusi pada tujuan suatu perusahaan.


9. David Aaker

Strategi Pemasaran adalah sebuah proses yang dimulai dengan memindai suatu lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal.

Hal tersebut dilakukan dan dibutuhkan untuk dapat memahami banyak aspek dari lingkungan eksternal dengan tujuan agar dapat bersaing dengan fokus perhatian yaitu aspek teknologi, ekonomi, hukum, budaya dan politik.


10. Hausman dan Associates

Strategi Pemasaran adalah suatu desain pemasaran jangka panjang untuk mengoptimalkan penjualan dengan memberikan pelanggan kepuasan.

Faktor utama yang bisa menjadi penyebab terjadinya perubahan dalam strategi pemasaran yaitu :

  • Siklus daur hidup produk, merupakan suatu tahapan perkenalan, tahap pertumbungan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
  • Tingkat persaingan perusahaan dipasar,dalam hal ini melakukan strategi pemasaran harus seuai dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
  • Keadaan ekonomi, suatu strategi pemasaran harus sesuai dengan situasi ekonomi dan pandangan kedapan, apakah ekonomi berada pada situasi makmur atau inflasi tinggi.

Fungsi Strategi Pemasaran

Secara garis besar ada 4 fungsi strategi pemasaran, diantaranya adalah :

1. Meningkatkan Motivasi untuk Melihat Masa Depan

Strategi pemasaran berupaya untuk bisa memotivasi manajemen perusahaan agar berpikir dan melihat masa depan dengan cara yang berbeda.

Hal ini sangat diperlukan untuk bisa menjaga kelangsungan perusahaan di masa mendatang. Penting bagi perusahaan untuk dapat mengikuti ritme pasar, namun terkadang perusahaan juga harus memiliki gebrakan dengan sesuatu yang baru.


2. Koordinasi Pemasaran yang Lebih Efektif

Setiap perusahaan pasti ini memiliki strategi pemasarannya sendiri. Strategi pemasaran ini berfungsi untuk dapat mengatur arah jalannya perusahaan sehingga membentuk tim koordinasi yang lebih efektif dan tepat sasaran.


3. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Para pelaku usaha tentunya ingin melihat dengan jelas apa tujuan pada perusahaan mereka. Dengan adanya strategi pemasaran ini maka pelaku usaha akan terbantu untuk membuat detail tujuan yang akan dicapai, baik jangka pendek maupun jangka panjang.


4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran

Dengan adanya strategi pemasaran maka suatu perusahaan akan memiliki standar prestasi kerja para anggotanya. Dengan begitu, pengawasan suatu kegiatan para anggota akan lebih mudah dipantau untuk mendapatkan mutu dan kualitas kerja yang efektif.


Tujuan Strategi Pemasaran

Secara umum, setidaknya ada 4 tujuan strategi pemasaran, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Untuk dapat meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran.
  • Sebagai alat ukur hasil pemasaran yang berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan.
  • Sebagai dasar logis dalam mengambil sebuah keputusan pemasaran.
  • Untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran.

Konsep Strategi Pemasaran

Pada dasarnya tujuan akhir dari marketing itu tetap akan bermuara pada tercapainya suatu kepuasan konsumen.

Berikut ini adalah 5 Konsep Strategi Pemasaran yaitu :

1. Segmentasi Pasar

Setiap konsumen pasti memiliki suatu kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda. Perusahaan ini harus melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi satua-satuan pasar yang bersifat homogen.


2. Market Positioning

Tidak ada perusahaan yang dapat menguasai seluruh pasar. Itulah alasannya mengapa suatu perusahaan harus punya pola spesifik untuk mendapatkan posisi kuat dalam pasar, yaitu memilih segmen yang paling menguntungkan.

Segmen pasar seperti ini memiliki 4 (empat) karakteristik, yaitu :

  • Berukuran cukup besar saja.
  • Mempunyai suatu potensi untuk berkembang terus.
  • Tidak memiliki atau dipenuhi oleh sebuah perusahaan saingan.
  • Mempunyai suatu kebutuhan yang belum terpenuhi, yang mana kebutuhan tersebut dapat dipuaskan oleh perusahaan yang memilih segmen pasar tersebut.

3. Market Entry Strategy

Ini adalah suatu strategi perusahaan untuk bisa masuk pada segmen pasar tertentu. Beberapa cara yang sering dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Membeli Perusahaan Lain
    Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan cepat, cara ini dapat ditempuh apabila :
  1. Perusahaan pembeli tidak akan mengetahui tentang seluk beluk industri dari perusahaan yang dibeli.
  2. Sangat menguntungkan untuk secepat mungkin memasuki segmen pasar yang dapat dikuasai perusahaan yang dibeli.
  3. Perusahaan menghadapi macam-macam penghalang untuk dapat memasuki segmen pasar yang bersangkutan melalui internal development, misalnya pada patent, economies of scale, saluran distribusi yang sulit dimasuki, biaya iklan yang mahal atau kesulitan bahan mentah.
  • Internal Development
    Ada beberapa perusahaan yang lebih suka berkembang melalui usaha sendiri yaitu melalui research and development karena berpendirian bahwa hanya dengan cara inilah suatu kepemimpinan dalam industri dapat dicapai.
  • Kerjasama Dengan Perusahaan Lain
    Keuntungan dengan cara ini ialah bahwa beberapa resiko yang dipikul bersama, dan masing-masing perusahaan saling melengkapi skill dan resources.

4. Marketing Mix Strategy

Marketing Mix adalah suatu kumpulan dari beberapa variabel yang telah digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Beberapa variabel tersebut diantaranya ialah :

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • Participant
  • Process
  • People Physical Evidence

5. Timing Strategy

Pemilihan waktu dalam melakukan pemasaran ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang baik pada bidang produksi, dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.

Posisi bersaing dalam suatu industri yang meliputi :

  1. Dominan ( Dominant)
    Perusahaan ini mampu untuk mengendalikan pesaing-pesaing yang lain serta memiliki banyak pilihan dalam menentukan strategi.
  2. Kuat (Strong)
    Perusahaan ini juga mampu bertindak bebas tanpa membahayakan posisi jangka panjangnya walaupun pesaing-pesaing berbuat apa saja yang mereka kehendaki.
  3. Baik
    Perusahaan ini memiliki suatu kekuatan yang bisa dimanfaatkan dalam strategi-strategi tertentu serta mempunyai peluang yang lebih diatas rata-rata untuk meningkatkan posisinya.
  4. Sedang (Tenable)
    Prestasi perusahan ini cukup memuaskan untuk menjamin kelangsungan usahanya. Tetapi perusahaan ini sering kalah karena ulah suatu perusahaan yang dominant serta untuk meningkatkan posisinya ia memiliki peluang yang kurang rata-rata industri.
  5. Lemah (Weak)
    Perusahaan ini tampil dengan tidak sangat memuaskan. Tetapi masih bisa memiliki peluang-peluang perbaikan. Perusahaan ini harus bisa mengubah diri, kalau tidak maka ia akan terpaksa keluar dari industri.
  6. Tidak ada harapan (Non-Viable)
    Perusahaan ini berprestasi dengan sangat tidak memuaskan serta dapat memiliki peluang-peluang untuk perbaikan.

Contoh Strategi Pemasaran

Beberapa strategi pemasaran yang populer berikut ini bisa Anda terapkan yaitu :

1. Partnership

Marketing Partnership ini memiliki sejumlah keuntungan, contohnya berkolaborasi dengan pihak lain. Strategi pemasaran ini dinilai murah dan lebih berpeluang untuk bisa sukses.


2. Bekerjasama dengan Influencer

Jangan anggap remeh kemampuan suatu influencer sekelas selebgram. Mereka justru banyak memberikan pengaruh pada penjualan Anda, dengan jangkauan follower yang sangat besar, ketika Anda mengontrak influencer untuk bisa mempromosikan produk Anda.

Tentu bukan hal tidak mungkin mendapatkan keuntungan berlipat-lipat. Influencer tidak melulu dari selebgram, tergantung pada produk Anda juga. Vlogger dan blogger ini juga bisa berpengaruh besar.


3. Melibatkan Karyawan

Tidak ada yang salah dengan melibatkan para karyawan Anda dalam beberapa projek. Coba sesekali membuat iklan lucu yang melibatkan para karyawan.

Tentu ini memiliki efek yang ganda. Mereka akan dengan senang hati share video dengan suatu perusahaan disamping meningkatkan efektifitas kerja. Rata-rata karyawan ini merasa bangga saat dilibatkan dalam proyek seperti ini.


4. Menjaga Pelanggan Lama

Yang terpenting ialah senantiasa manjakan pelanggan lama Anda karena mereka adalah yang paling loyal dalam membeli produk. Coba berikan beberapa bonus kecil khusus untuk pelanggan lama. Kebanyakan mereka adalah yang paling loyal untuk mempromosikan produk yang mereka anggap memuaskan.


Perbedaan Strategi Pemasaran dan Marketing Plan

1. Marketing Strategy

Kalau melansir dari artikel situs The Balance, formulanya bisa sebagai berikut ini :

Marketing strategy -> Marketing Plan -> Implementasi = Sukses

Karena itu, untuk bisa membuat marketing plan, pemahaman tentang pengertian strategi pemasaran harus didahulukan di samping mengetahui komponen pentingnya.

Komponen marketing strategy sendiri antara lain ialah :

  • External marketing message
  • Menetapkan tujuan sasaran
  • Sasaran jangka pendek dan tujuannya
  • Sasaran jangka panjang dan tujuannya

2. Marketing Plan

Sementara untuk marketing plan komponennya ialah sebagai berikut :

Tantangan yang dihadapi (bisa tentang deskripsi produk atau servis dan rekap sasaran yang disebutkan di marketing strategy tadi). Analisa situasi sekarang, yang bisa meliputi seperti :

  • Sasaran
  • Fokus
  • Budaya
  • Kekuatan
  • Kelemahan
  • Market share

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Strategi Pemasaran : Pengertian, Konsep, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan yang luas serta ilmu pengetahuan lebih dalam lagi bagi para pembaca. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */