√ Green Marketing : Pengertian, Komponen, Tujuan dan Manfaat Terlengkap

Diposting pada

√ Green Marketing : Pengertian, Komponen, Tujuan dan Manfaat Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Green Marketing. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Green Marketing : Pengertian, Komponen, Tujuan dan Manfaat Terlengkap
√ Green Marketing : Pengertian, Komponen, Tujuan dan Manfaat Terlengkap

 

Pengertian Green Marketing

 

Green Marketing atau pemasaran hijau merupakan salah satu usaha strategis dalam menciptakan usaha yang berbasis lingkungan dan kesehatan yang sudah dikenal pada akhir tahun 1980an dan awal 1990an.

Ada banyak nama lain dari green marketing diantaranya yaitu environmental marketing, ecological marketing, sustainable marketing, greener marketing dan societal marketing.

Green marketing berkembang sejalan dengan adanya perhatian masyarakat akan isu-isu lingkungan, sehingga masyarakat menuntut adanya tanggung jawab dari pelaku bisnis dalam melakukan aktivitas bisnis.

 

 

Pengertian Green Marketing Menurut Para Ahli

 

1. Lozada

Pemasaran hijau (green marketing) merupakan aplikasi dari alat pemasaran untuk memfasilitasi perubahan yang memberikan kepuasan organisasi dan tujuan individual dalam melakukan pemeliharaan, perlindungan, dan konservasi pada lingkungan fisik.

 

2. Polinsky

Green marketing atau bisa juga disebut dengan environmental marketing didefinisikan sebagai konsistensi dari semua aktivitas yang mendesain pelayanan dan fasilitas bagi kepuasan kebutuhan dan keinginan manusia, dengan tidak menimbulkan dampak pada lingkungan alam.

 

3. Peattie

Green marketing sebagai proses manajemen holistik yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan keinginan konsumen dan masyarakat dengan jalan yang menguntungkan dan berkelanjutan.

 

4. Salmon dan Stewart

Green marketing ialah strategi pemasaran yang mendukung lingkungan dengan menciptakan keuntungan terhadap lingkungan, hal ini didasarkan oleh apa yang konsumen harapkan.

 

5. Henion dan Kinnear

Green marketing yaitu sebagai ilmu yang mempelajari dampak positif dan negatid dari aktivitas pemasaran pada polisi, penipisan energi dan penipisan sumberdaya non energi.

 

 

Tujuan Green Marketing

 

1. Green

Memiliki tujuan pada arah berkomunikasi bahwa merek atau perusahaan peduli kepada lingkungan hidup. Tahap ini menjadi tahap awal untuk perusahaan yang menerapkan konsep green marketing.

 

2. Greener

Greener mempunyai tujuan yang pertama untuk komersial, tujuan perusahana juga untuk meraih tujuan yang akan mempengaruhi daripada lingkungan hidup. Perusahaan akan mengubah gaya konsumen mengonsumsi atau menggunakan produk.

Seperti contohnya penghemat kertas, memakai kertas bekas ataupun kertas rycycle, menghemat air, menghemat listrik, pemakaian AC dan lain sebagainya.

 

3. Greenest

Perusahaan berupaya mengubah kebiasaan konsumen pada arah yang akan peduli kepada lingkungan hidup. Budaya konsumen yang diinginkan adalah menjadi peduli kepada lingkungan didalam seluruh aktivitas tanpa dipengaruhi oleh produk perusahaan yang ditawarkan.

 

 

Manfaat Green Marketing

 

  • Menghasilkan produk yang ramah lingkungan.
  • Para produsen dan pemasang iklan mengembangkan produk yang mereka upayakan untuk memenuhi keinginan masyarakat yang peduli akan lingkungan.
  • Inovasi yakni Kecintaan terhadap lingkungan akan membuat perusahaan menjadi lebih inovatif, baik inovatif dalam input, process, output, bahkan strategi marketing atau pemasaran.

 

 

Komponen Green Marketing

 

1. Green Customers

Green customers yaitu orang-orang yang melakukan pembelian dan mengkonsumsi produk-produk yang aman bagi tubuh dan lingkungannya, agar lingkungannya tetap terjaga.

 

2.Green Production Process

Green production proses yaitu suatu cara memproduksi dengan teknologi yang membatasi polusi atau memiliki manfaat terhadap lingkungan disekitarnya.

 

3. Green Financial Affairs

Green financial affairs adalah jenis-jenis pendekatan akuntansi yang mencoba untuk mempertimbangkan nilai-nilai keuangan dan moneter untuk investasi ekologi dan kerusakan hutan.

 

4. Reasons of Being Green

Reasons of being green yaitu sebuah alasan seseorang atau perusahaan untuk mengubah perilakunya untuk peduli terhadap lingkungan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Green Marketing : Pengertian, Komponen, Tujuan dan Manfaat Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Jurnal Penutup : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Cara Membuat dan Akunnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Purposive Sampling : Pengertian, Tujuan, Kelebihan, Kekurangan, Syarat dan Rumus Terlengkap

Baca Juga :  √ Uang Kartal : Pengertian, Jenis, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

Baca Juga :  √ Kapitalisme : Pengertian, Ciri, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap