√ Restoran : Pengertian, Tujuan, Jenis, Produk dan Sistem Pelayanan Terlengkap

Diposting pada

√ Restoran : Pengertian, Tujuan, Jenis, Produk dan Sistem Pelayanan Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Restoran. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Restoran : Pengertian, Tujuan, Jenis, Produk dan Sistem Pelayanan Terlengkap
√ Restoran : Pengertian, Tujuan, Jenis, Produk dan Sistem Pelayanan Terlengkap

 

Pengertian Restoran

 

Restoran berasal dari kata “restore” yang artinya mengembangkan atau memperbaiki, dan pengembalian atau pengulangan dari kata restore (restoration) yang kemudian berubah menjadi restaurant dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesianya restoran.

Restoran atau rumah makan merupakan suatu usaha penyediaan jasa makanan dan minuman dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan dan penyajian di suatu tempat tetap yang tidak berpindah-pindah dengan tujuan memperoleh keuntungan atau laba.

 

 

Pengertian Restoran Menurut Para Ahli

 

1. Powers

Restoran ialah setiap tempat umum yang khusus menjual makanan untuk dikonsumsi di suatu tempat.

 

2. Ninemeier dan Hayes

Restoran yaitu suatu operasi layanan makanan yang mendatangkan keuntungan yang mana basis utamanya termasuk di dalamnya ialah penjualan makanan atau minuman kepada individu – individu dan tamu – tamu dalam kelompok kecil.

 

3. Soekresno

Restoran yakni suatu usaha komersial yang menyediakan jasa pelayanan makan dan minum bagi umum dan dikelola secara profesional.

 

4. Walker

Restoran merupakan salah satu tempat dimana pengunjung dapat menggunakan alat indra untuk menikmati pelayanan tertentu.

 

5. Marsum

Restoran ialah merupakan suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial yang menyelenggarakan pelayanan yang baik kepada semua tamunya baik berupa makan dan minum.

 

6. Rumekso

Restoran adalah suatu tempat yang menyediakan makanan dan minuman untuk tamu, serta mempunyai fasilitas-fasilitas lain yang diperlukan, dan dikelola secara profesional untuk mendapatkan keuntungan.

 

 

Tujuan Restoran

 

1. Perdagangan

Restoran berfungsi sebagai jasa penjualan dan pelayanan kepada pelanggan dari jenis produknya.

 

2. Keuangan

Restoran menjaga kelancaran dari berlangsungnya kegiatan merupakan perputaran dari biaya penanaman modal.

 

3. Kedudukan

Pengoperasian restoran yang utama adalah menyajikan berbagai jenis makanan dan penampilan suasana ruang restoran.

 

4. Kepraktisan

Restoran dalam penyusunannya menarik perhatian, penyajian dan pelayanan dari jenis usaha tersebut diharapkan dapat memberikan kepuasan.

 

 

Jenis – Jenis Restoran

 

1. A’la Carte Restaurant

Menu lengkap dan dan merupakan restoran tanpa aturan mengikat atau bebas.

 

2. Table D’hotel

Restoran dengan menu yang lengkap dan menyajikan setiap menu berurutan dari menu pembuka sampai penutup. Biasanya erat hubungannya dengan hotel.

 

3. Coffe Shop

Merupakan tempat makan dan minum yang menyuguhkan suasana santai tanpa aturan yang mengikat dan biasanya menyuguhkan racikan kopi sebagai menu spesial di luar makanan-makanan kecil atau makanan siap saji.

 

4. Cafeteria

Merupakan tempat makan dan minum yang terbatas menyajikan roti atau sandwich serta minuman-minuman ringan yang tidak beralkohol, biasanya erat hubungannya dengan kantor.

 

5. Canteen

Merupakan tempat makan dan minum yang menyajikan berbagai makanan-makanan instan dengan harga yang terjangkau.

 

6. Continental Restaurant

Restoran yang memberikan kebebasan bagi pengunjungnya untuk memilih bahkan mengiris makanan yang dipesannya sendiri.

 

7. Carvery

Merupakan restoran yang biasanya terdapat di motel kecil dan menyajikan makanan dan minuman sederhana.

 

8. Discotheque

Merupakan tempat makan dan minum yang menyuguhkan suasana hingar bingar musik sebagai daya tariknya. Biasanya menyuguhkan makanan dan minuman cepat saji.

 

9. Fish and Chip Shop

Restoran yang menyajikan menu ikan dan kripik atau snack sebagai menu utama.

 

10. Grill Room

Restoran dengan menu masakan panggang atau barbekyu sebagai menu andalan.

 

11. Intavern

Restoran kecil di pinggiran kota yang biasanya menyuguhkan makanan cepat saji dan minuman kopi.

 

12. Pizzeria

Restoran dengan menu pizza dan pasta sebagai menu utama.

 

13. Creeperie

Restoran yang menyajikan berbagai menu kreps dan manisan.

 

14. Pub

Restoran yang menjual minuman beralkohol.

 

15. Cafe

Tempat untuk makan dan minum dengan sajian cepat saji dan menyuguhkan suasana yang santai atau tidak resmi.

 

16. Specialty Restaurant

Merupakan tempat untuk makan dan minum yang memiliki tema khusus atau kekhususan menu masakan yang akan disajikan dan biasanya memiliki citarasa yang berbeda dengan restoran lain.

 

17. Terrace Restaurant

Merupakan tempat makan dan minum yang umumnya terletak di luar ruangan dan biasanya erat hubungannya dengan fasilitas hotel. Di Negara-negara barat terrace restaurant biasanya hanya buka saat musim panas saja.

 

18. Gourment Restaurant

Merupakan tempat untuk makan dan minum yang biasanya diperuntukkan bagi orang-orang yang sangat mengerti akan citarasa sehingga banyak menyediakan makanan-makanan lezat dengan pelayanan yang megah dan harga yang mahal.

 

19. Family Restaurant

Merupakan restoran sederhana untuk makan dan minum keluarga atau rombongan dengan harga yang tidak mahal serta menyuguhkan suasana nyaman dan santai.

 

20. Main Dining Room

Merupakan ruang makan besar atau restoran yang umumnya terdapat di hotel, penyajian makanannya secara resmi, servis yang diberikan dapat menggunakan gaya prancis maupun rusia, sedangkan orang-orang yang datang pada umumnya juga menggunakan pakaian resmi formal.

 

 

Sistem Pelayanan Restoran

 

1. Table Service

Table service merupakan suatu sistem pelayanan restoran di mana para tamu duduk di kursi menghadap meja makan, dan kemudian makanan maupun minuman diantarkan, disajikan kepada para tamu tadi. Dalam hal ini yang menyajikan makanan dan minuman bisa Waiter maupun Waitress.

Sistem pelayanan restoran menggunakan table service yang terkenal diantaranya yaitu American Service (Sistem Pelayanan Ala Amerika), English Service (Pelayanan Ala Inggris), Service Ala Ritz, French Service (Pelayanan Ala Perancis), Russian Service.

 

2. Counter Service

Counter service yaitu suatu sistem pelayanan restoran di mana para tamu yang datang terus duduk di counter. Apabila makanan dan minuman yang dipesannya sudah siap maka akan disajikan kepada tamu tadi di atas counter.

Petugas yang menyajikan makanan dan minuman bisa Waiter, Waitress, atau langsung oleh juru masaknya. Pelayanan model ini lebih praktis, hemat tenaga dan waktu.

 

3. Self Service

Self service atau kadang-kadang disebut juga dengan buffet service ialah suatu sistem pelayanan restoran di mana semua makanan secara lengkap (dari hidangan pembuka, soup, hidangan utama, hidangan penutup, dan sebagainya) telah ditata dan diatur dengan rapi di atas meja hidang atau meja prasmanan.

Para tamu secara bebas mengambil sendiri hidangannya sesuai dengan selera maupun kesukaannya. Sedangkan untuk minuman panas, seperti teh atau kopi, pada umumnya disajikan kepada tamu oleh petugas.

 

4. Buffet Service

Dalam buffet service tamu mengambil makanan dari meja buffet. Buffet dan penataan makanan di meja dapat bervariasi dari yang sangat sederhana, seperti sup dan salad, hingga buffet yang variatif, seperti yang sering dilihat pada restoran-restoran mewah.

Banyak restoran komersial yang membangun reputasinya pada variasi dan beranekaragamnya meja buffet yang mereka tawarkan.

 

5. Carry Out Service

Carry out service kadang-kadang disebut juga sebagai Take out service yaitu sistem pelayanan restoran di mana tamu datang untuk membeli makanan yang telah siap atau disiapkan terlebih dahulu, dibungkus dalam box (kotak) untuk dibawa pergi.

Jadi makanan tidak dinikmati di tempat itu; mungkin dibawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga, dibawa piknik, ke kantor, ke pabrik, ke kampus, dan lain sebagainya.

 

 

Produk Restoran

 

  • Makanan dan minuman
  • Pelayanan “service” termasuk cara pelayanan, keramah-tamahan karyawan, valet parking, perhatian khusus seperti ulang tahun, hiburan dan komplimentari foto untuk pelanggan.
  • Suasana “ambience”, termasuk: tema, lighting, seragam, furniture, kebersihan, perlengkapan, dekorasi dan penataan meja.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Restoran : Pengertian, Tujuan, Jenis, Produk dan Sistem Pelayanan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Administrasi Bisnis (Niaga) : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri dan Ruang Lingkup Terlengkap

Baca Juga :  √ Segmentasi Pasar : Pengertian, Syarat, Tujuan, Manfaat dan Tahapan Terlengkap

Baca Juga :  √ Komunikasi Bisnis : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Bentuk, Unsur dan Kendala Terlengkap

Baca Juga :  √ Reseller : Pengertian, Syarat, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap