√ Entrepreneur : Pengertian, Contoh, Kelebihan dan Karakteristik Terlengkap

Diposting pada

√ Entrepreneur : Pengertian, Contoh, Kelebihan dan Karakteristik Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Entrepreneur. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Entrepreneur : Pengertian, Contoh, Kelebihan dan Karakteristik Terlengkap
√ Entrepreneur : Pengertian, Contoh, Kelebihan dan Karakteristik Terlengkap

 

Pengertian Entrepreneur

 

Entrepreneur merupakan orang yang berani menciptakan peluang dan mengambil resiko tertentu untuk membuat suatu usaha sendiri.

Dalam hal ini tujuan yang dicapai adalah untuk mendapatkan nilai-nilai perekonomian yang menunjang. Baik itu untuk wirausaha sendiri, maupun untuk orang lain yang terikat dengan usaha tersebut.

 

 

Karakteristik Entrepreneur

 

1. Memiliki Mindset Positive

Pikiran kita mungkin akan langsung tertuju pada bisnis MLM. Kalau kita diprospek oleh rekan, kita pasti akan dijejali dengan kata “mindset”.

Apa yang kita pikirkan, itulah yang akan terjadi. Dan sebagian besar orang mencibirnya karena sok-soak ala motivator. Saya sendiri juga termasuk salah satu diantaran yang pernah mencibir.

 

2. Memiliki Rancangan Bisnis

Bedanya seorang pedagang dengan pebisnis, para pebisnis selalu punya rancangan bisnis. Kalau berdagang kita biasanya hanya berpikir tentang modal usaha, keuntungan yang diambil berapa dan beberapa resiko yang akan terjadi.

Namun seorang entrepreneur melakukan hal lebih dari sekedar perhitungan ini. Ia akan membuat konsep, menentukan brand, visinya, menganalisa pasar, proyeksi kenaikan harga, dan melihat peluang lain yang mungkin bisa dikembangkan dalam produknya sehingga memiliki ciri khas.

 

3. Pantang Menyerah

Satu hal kecil yang kita pelajari dari seorang entrepreneur sukses adalah “tidak pernah menyerah”. Seorang entrepreneur sejati tidak akan menyerah pada satu keadaan.

Kalau kata Billy Boen, ia adalah orang dengan kategori “Bring solutions, not problems”. Entrepreneur sejati tidak pernah mengeluh dan bertanya kesana-kemari sambil panik harus bagaimana dan melakukan apa. Sebelum ia mengajak sharing orang lain, ia akan mengumpulkan solusi yang bisa dilakukan dan melihat resikonya.

Setelah itu, ia akan mencoba berdiskusi dan mencari mentor kemudian memutuskan keputusan dengan resiko terkecil sehingga tidak merugikan orang banyak.

Tidak menyerah di sini bukan berarti melakukan hal yang sama dengan kegagalan yang sama, tapi ia aktif mencari solusi agar masalahnya terpecahkan.

 

 

Contoh Pekerjaan Enterpreneur

 

1. Social Enterpreneur

Umumnya bisnis ini akan dilaksanakan oleh orang yang berkecimpung di dunia pelayanan sosial laksana kesehatan, edukasi dan sebagainya yang membutuhkan sokongan sumber daya manusia. Contohnya ialah membuka Taman Kanak-Kanak dan membuka Klinik.

 

2. Lifestyle Enterpreneur

Ini ialah jenis bisnis independent yang dikuasai oleh satu orang. Enterpreneur jenis ini hidup di jalan yang ia pilih sendiri. Dengan kata lain cocok style-nya.

Contoh gampang dari enterpreneur ini ialah membuka bisnis studio potret (apabila ketertarikannya di bidang potografi), membuka bisnis jual perangkat musik (apabila seorang pencinta musik) dan beda sebagainya.

 

3. Amateur Enterpreneur

Ini ialah jenis enterpreneur pemula yang belum kawakan (amatir). Umumnya jenis ini akan menegakkan sebuah bisnis yang masih dalam taraf biasa saja dan tidak mempunyai landasan logis, namun mengekor trend. Contohnya ialah bisnis online shop dan sebagainya.

 

4. Profesional Enterpreneur

Ini ialah jenis seorang enterpreneur profesional yang kawakan di bidangnya. Jenis ini paling mudah dicerna karena mempunyai ciri gampang kelihatan dan lazimnya bisnis yang didirakan dalam sekala besar. Contohnya ialah membuka suatu cafe, menegakkan co-working space dan beda sebagainya.

 

 

Manfaat Enterpreneur

 

  • Kita tidak terikat dengan orang lain, artinya semua menjadi kehendak kita. Kita bebas melakukan apa saja sendiri, mengatur dan mengelola apa yang kita kerjakan tanpa ada perintah dari orang lain.
  • Kita mempunyai kesempatan untuk memberikan lapangan pekerjaan untuk orang lain.
  • Kita punya kesempatan untuk bekerjasama dengan orang lain untuk meningkatkan usaha kita dengan saling menguntungkan satu sama lain.
  • Membuat kita menjadi seseorang yang mandiri, tidak bergantung pada orang lain.

 

 

Kelebihan Menjadi Seorang Entrepreneur

 

  • Mereka punya kesempatan untuk mewujudkan impian pribadi
  • Punya kesempatan untuk menciptakan perubahan pada diri sendiri dan lingkungannya
  • Mereka dapat memaksimalkan potensi diri
  • Mendapatkan keuntungan baik secara finansial maupun kualitas hidup
  • Mereka bisa memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungannya
  • Bisa melakukan banyak hal yang disukai dan memanfaatkannya untuk hal-hal baik.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Entrepreneur : Pengertian, Contoh, Kelebihan dan Karakteristik Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Manajemen Personalia : Pengertian, Tugas, Fungsi, Tujuan, dan Aktivitas Terlengkap

Baca Juga :  √ Lembaga Keuangan Bank : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya Terlengkap

Baca Juga :  √ Siklus Akuntansi : Pengertian, Tahapan, Contoh dan Penjelasan Terlengkap

Baca Juga :  √ Kompetensi : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Aspek Terlengkap