Personal Selling

By Guru Ekonomi #5 contoh personal selling, #across the counter selling adalah, #apa fungsi seorang sales retail, #apa fungsi seorang tenaga penjual ritel, #aspek langkah awal penjualan, #bahan dan peralatan personal selling, #Bentuk - Bentuk Personal Selling, #bentuk personal selling bisnis ritel, #bentuk-bentuk sales promotion, #berikan contoh tentang promosi penjualan, #berikan penjelasan pembeli adalah raja, #cara melakukan personal selling, #cara selling yang baik, #ciri ciri personal selling, #ciri ciri sales promotion, #ciri-ciri direct marketing, #ciri-ciri kegiatan personal selling, #ciri-ciri personal selling, #contoh direct marketing, #contoh executive selling, #contoh mass selling, #contoh pemasaran jarak jauh, #contoh penjualan personal, #contoh percakapan personal selling, #contoh personal selling, #contoh personal selling brainly, #contoh personal selling dan direct marketing, #contoh personal selling produk makanan, #contoh promosi penjualan, #contoh promosi publisitas, #contoh publisitas, #contoh sales promotion, #creative selling adalah, #dalam plc ada penelitian produk apa tujuannya, #dimensi direct marketing, #direct marketing, #field selling adalah, #Fungsi Personal Selling, #fungsi seorang tenaga penjual ritel, #jelaskan apa yang dimaksud dengan personal selling dan sales promotion, #jelaskan ciri-ciri personal selling, #jelaskan kegunaan promosi penjualan, #jelaskan macam macam personal selling, #jelaskan tujuan promosi produk kerajinan, #Jenis - Jenis Personal Selling, #jenis jenis personal selling, #jenis-jenis personal selling, #jurnal personal selling, #karakteristik penjualan personal, #karakteristik personal selling, #karakteristik retail selling, #Kekurangan Personal Selling, #kelebihan dan kekurangan advertising, #kelebihan dan kekurangan periklanan, #kelebihan dan kekurangan personal selling, #kelebihan dan kekurangan publisitas, #kelebihan dan kelemahan dari periklanan personal selling dan publisitas, #Kelebihan Personal Selling, #kelebihan promosi penjualan, #kerangka konsep personal selling, #keunggulan personal selling, #keuntungan dan kelemahan personal selling, #keuntungan personal selling, #klasifikasi personal selling, #langkah langkah proses penjualan melalui personal selling, #makalah personal selling, #makna the silent salesman adalah, #manfaat dan keuntungan personal selling, #manfaat personal selling, #mass selling, #mass selling adalah, #penampilan personal selling, #pendekatan personal selling menurut para ahli, #pengertian mass selling, #pengertian perencanaan penjualan personal, #Pengertian Personal Selling, #Pengertian Personal Selling Menurut Para Ahli, #pengertian sales promotion, #pengertian selling in action, #pengertian selling menurut para ahli, #penjualan tatap muka disebut juga dengan, #peran personal selling, #perbedaan publisitas dan personal selling, #periklanan dan publikasi, #personal selling pdf, #personal selling tupperware, #pertanyaan tentang personal selling, #proses personal selling, #publicity adalah, #responsive selling adalah, #sales promotion adalah, #sebutkan 5 karakter salesman retail yang baik, #sebutkan 5 karakter salesman ritel yang baik, #sebutkan 5 karakter salesman yang baik, #sebutkan dua kategori sales promotion, #sebutkan minimal 3 sales promotion, #sebutkan tiga aspek dalam transaksi penjualan, #selling dalam pemasaran, #selling in action adalah, #selling preparation adalah, #Sifat Personal Selling, #sifat sifat personal selling, #soal pilihan ganda personal selling, #soal soal personal selling, #supaya promosi dapat efektif perlu adanya, #Syarat Personal Selling, #Tahapan Personal Selling, #tugas personal selling, #tugas personal selling managerial brainly, #Tujuan Personal Selling, #tujuan promosi dalam usaha kecil, #tujuan publisitas dan personal selling, #tuliskan pengertian dari bauran promosi
√ Personal Selling : Pengertian, Tujuan, Sifat, Jenis, Tahapan dan Bentuk Terlengkap
√ Personal Selling : Pengertian, Tujuan, Sifat, Jenis, Tahapan dan Bentuk Terlengkap

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Personal Selling. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Personal Selling : Pengertian, Tujuan, Sifat, Jenis, Tahapan dan Bentuk Terlengkap


Pengertian Personal Selling

Personal selling merupakan promosi penjualan yang dilakukan secara dua arah, tatap muka atau penyajian presentase pribadi secara langsung antara penjual dengan pembeli untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan, membujuk dan mempengaruhi calon pembeli dengan tujuan terciptanya suatu penjualan.

Personal Selling atau biasa juga disebut Pemasaran Perorangan adalah teknik mempromosikan produk dua arah, berbentuk persentasi atau pembicaraan langsung antara Divisi Manajemen Marketing dengan calon pembeli.


Tujuan Personal Selling

  • Mencari calon yaitu melakukan pencarian calon pembeli atau petunjuk.
  • Menetapkan sasaran ialah memutuskan bagaimana mengalokasikan waktu mereka diantara calon dan pelanggan.
  • Berkomunikasi yakni mengkomunikasikan informasi mengenai produk dan jasa perusahaan tersebut.
  • Menjual adalah mendekati, melakukan presentasi, menjawab keberatan-keberatan dan menutup penjualan.
  • Melayani merupakan menyediakan berbagai layanan kepada pelanggan, memberikan konsultasi mengenai masalah, memberikan bantuan teknis, merencanakan pembiayaan, dan melakukan pengiriman.
  • Mengumpulkan informasi yakni melakukan riset pasar dan melaksanakan tugas intelejen.
  • Mengalokasikan yaitu memutuskan pelanggan mana akan memperoleh produk tidak mencukupi selama masa-masa kekurangan produk.

Sifat-Sifat Personal Selling

1. Personal Confrontation

Adalah adanya hubungan yang hidup, langsung dan interaktif antara dua orang atau lebih.


2. Cultivation

Yaitu sifat yang memungkinkan berkembangnya segala macam hubungan antar penjual dan pembeli, mulai dari hubungan transaksi sampai ke hubungan yang lebih akrab.


3. Response

Yakni situasi yang seolah-olah mengharuskan pelanggan untuk mendengar, memperhatikan, dan menanggapi.


Syarat-Syarat Personal Selling

1. Salesmanship

Yaitu harus memiliki pengetahuan mengenai identitas barang dan memahami seni dalam menjual, seperti cara bagaimana melakukan pendekatan, mengatasi kritik pelanggan, presentasi, hingga cara meningkatkan angka penjualan.


2. Negotiating

Yakni diharapkan memiliki kemampuan dalam melakukan negosiasi dan disertai syarat-syarat serta aturan-aturan yang berlaku.


3. Relationship Marketing

Pelaku personal selling harus tahu cara membina dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan dalam waktu yang tidak ditentukan.


Tahapan Personal Selling

  • Mencari calon pelanggan dalam tahap ini pemasar dituntut mencari pelanggan yang menjadi segmen perusahaan.
  • Pra pendekatan jika sudah menemukan calon pelanggan, pemasar harus menjalin relationship untuk membangun kepercayaan.
  • Presentasi dan Demontrasi dalam tahap ini pemasar harus bisa menunjukan bagaimana barang yang dijual dibutuhkan oleh calon pelanggan.
  • Mengatasi keberatan calon pelanggan biasanya mempunyai keberatan untuk membeli produk, seperti keberatan dalam harga yang terlalu mahal. Hal ini pemasar harus bisa mengatasinya dengan memberikan diskon atau dengan cara yang lain.
  • Tindak Lanjut dan Pemeliharaan ialah pemasar harus bisa menjaga pelanggan agar tetap loyal terhadap produk, sebagai contoh menelpon pelanggan tentang produk yang telah dibeli.
  • Penutupan yakni dalam tahap ini pemasar harus bisa menentukan apakah pelanggan ingin membeli produk atau tidak, momen ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena sangat mempengaruhi keputusan pembelian.

Jenis-Jenis Personal Selling

1. Trade

Trade ialah penjualan yang akan terjadi saat produsen dan pedagang besar memperbolehkan pengecer, untuk berupaya dalam memperbaiki distributor produk-produk mereka.


2. Missionary Selling

Missionary adalah Proses penjualan yang berusaha ditingkatkan dengan mendorong konsumen-konsumen untuk membeli barang dari para distributor perusahaan.


3. Technical Selling

Yaitu meningkatkan angka penjualan dengan cara pemberian saran dan nasihat kepada pemberi saran, dan nasehat kepada konsumen atau pembeli akhir dari barang dan jasanya.


4. New Bussines Selling

Adalah berusaha menciptakan transaksi baru dengan mengubah calon konsumen menjadi konsumen. Jenis penjualan ini umumnya paling sering digunakan oleh Perusahaan Asuransi.


5. Responsive Selling

Merupakan Penjualan yang diharapkan bisa memberikan reaksi terhadap permintaan pembeli. Dua jenis penjualan disini yaitu Route Driving dan Retail.


Bentuk-Bentuk Personal Selling

  • Field Selling yakni tenaga penjual yang melakukan penjualan di luar perusahaan dengan mendatangi dari satu rumah ke satu rumah atau bisa juga dari perusahaan ke perusahaan lainnya.
  • Retail Selling ialah tenaga penjualan yang melakukan penjualan dengan melayani konsumen yang datang ke perusahaan.
  • Executive Selling yaitu hubungan yang dilakukan oleh pemimpin perusahaan dengan pemimpin perusahaan lainnya atau pemerintah dengan tujuan melakukan penjualan.

Fungsi Personal Selling

1. Memberi Pemahaman dan Pengetahuan Kepada Konsumen

Seorang salesman harus mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan yang dapat membantu konsumen untuk mengambil keputusan pembelian.


2. Menjadi Sumber Informasi

Salesman juga harus dapat menjadi sumber informasi untuk perusahaan tentang prediksi penjualan, aktivitas pesaing, dsb.


3. Pelayanan

Salesman tidak memastikan bahwa konsumen memperoleh manfaat dari produk yang mereka tawarkan tapi juga harus memberikan pelayanan dengan baik.


4. Penjualan

Dalam fungsi personal selling, salesman harus mampu untuk meningkatkan penjualan produk dengan cara membujuk konsumen untuk melakukan pembelian produk.


5. Koordinasi Upaya Penjualan

Seorang salesman harus meluangkan waktu mereka untuk mengevaluasi kinerja mereka dalam rapat sehingga kinerja mereka dapat ditingkatkan.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Personal Selling : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Sifat, Bentuk, Syarat, Jenis & Tahapannya Lengkap . Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */