Riset Pemasaran

By Guru Ekonomi #4 metode dasar riset pasar, #analisis riset pasar, #apa itu marketing research, #apa peran riset pemasaran, #apa saja jenis riset pemasaran, #apa yang dimaksud dengan bagian penjualan, #apakah pengertian informasi pemasaran, #apakah strategi pemasaran, #apakah tujuan dari kemasan produk, #bagaimana riset pasar dilakukan, #bagian penjualan adalah, #ciri ciri riset pemasaran, #ciri-ciri riset pemasaran, #contoh data pemasaran perusahaan, #contoh judul riset pemasaran, #contoh kuesioner riset pemasaran produk, #contoh laporan riset pemasaran produk aqua, #contoh makalah riset pemasaran 2010, #contoh makalah riset pemasaran produk makanan, #contoh masalah dalam riset potensi pasar, #contoh objek pasar, #contoh objek penelitian pemasaran, #contoh riset pasar, #contoh riset pemasaran, #contoh riset pemasaran produk aqua, #contoh riset pemasaran produk indomie, #contoh riset pemasaran produk makanan, #contoh riset pemasaran produk minuman, #contoh riset pemasaran produk sepatu, #contoh riset pemasaran sederhana, #contoh riset perusahaan, #dalam analisis sebuah usaha kelemahan disebut, #definisi riset pemasaran, #definisi riset pemasaran menurut beberapa ahli, #definisi riset pemasaran menurut para ahli, #diagram proses riset pemasaran, #faktor pendorong dalam integrasi pasar global, #faktor yang mempengaruhi riset pemasaran, #fungsi perusahaan riset pemasaran khusus, #fungsi riset pasar, #Fungsi Riset Pemasaran, #fungsi riset pemasaran dan contohnya, #fungsi riset pemasaran pariwisata, #hasil riset, #hasil riset adalah, #hasil riset pasar, #jelaskan dua klasifikasi riset pemasaran, #jelaskan pengertian dari riset konklusi, #jelaskan proses riset pemasaran, #jelaskan ruang lingkup prospek pasar, #jelaskan tujuan dari kemasan produk, #jelaskan tujuan pembuatan proposal usaha, #jelaskan yang dimaksud database pemasaran, #jelaskan yang dimaksud dengan riset primer, #Jenis - Jenis Riset Pemasaran, #jenis riset pasar, #jenis riset pemasaran, #jurnal pengertian riset pasar pdf, #karakteristik riset pasar, #karakteristik riset pemasaran yang baik, #kata pengantar makalah riset pemasaran, #kenapa riset pemasaran sangat penting, #keuntungan riset pemasaran, #klasifikasi riset pemasaran, #kompetitor disebut juga sebagai, #Langkah - Langkah Riset Pemasaran, #langkah-langkah riset pemasaran, #makalah riset pemasaran, #makalah riset pemasaran industri, #makalah riset pemasaran produk minuman, #manfaat riset bisnis, #manfaat riset konsumen, #manfaat riset pemasaran, #manfaat riset pemasaran online, #manfaat spionase pemasaran, #marketing research adalah, #mata kuliah riset, #materi kuliah riset pemasaran ppt, #materi lengkap riset pemasaran, #materi riset pemasaran, #materi riset pemasaran pdf, #materi riset pemasaran ppt, #mengapa perlu melakukan riset pasar, #mengapa riset pemasaran penting, #mengapa riset pemasaran sangat penting, #mengapa riset pemasaran sangat penting perannya, #mengapa sistem informasi pemasaran penting, #metode penelitian pemasaran, #Metode Riset Pemasaran, #model riset pemasaran, #objek kajian riset bisnis, #objek pasar, #Objek Riset Pemasaran, #pembagian riset pemasaran, #pencarian ide atau riset pasar, #pengertian dari analisis nilai adalah, #Pengertian Riset Pemasaran, #Pengertian Riset Pemasaran Menurut Para Ahli, #peran uang dalam manajemen suatu perusahaan, #persyaratan riset atau penelitian adalah, #persyaratan riset/penelitian adalah, #pertanyaan tentang riset pemasaran, #proses riset pasar, #proses riset pemasaran, #riset distribusi adalah, #riset identifikasi masalah, #riset pasar ada dua yaitu, #riset pasar adalah, #riset peluang adalah, #riset pemasaran dimaksudkan untuk memahami, #riset pemasaran produk indomie, #riset pemasaran produk kopi, #riset pemasaran produk sepatu, #riset pemasaran sederhana, #riset sekunder adalah, #ruang lingkup dari riset pasar adalah brainly, #sasaran riset pemasaran, #sebutkan cakupan riset pemasaran, #sebutkan dan jelaskan media pemasaran online, #sebutkan dua sumber informasi pemasaran, #sebutkan fungsi riset pemasaran, #sebutkan kegunaan informasi pemasaran, #sebutkan kegunaan sistem informasi pemasaran, #sebutkan tugas-tugas intelijen pemasaran, #sebutkan tujuan dari riset pasar brainly, #siapa saja yang melakukan riset pemasaran, #sifat riset pemasaran, #sistem riset pemasaran .... *, #survey pasar adalah, #survey pasar kopi, #syarat riset pemasaran yang baik, #tahapan proses riset pemasaran, #teknik riset pemasaran, #tiga jenis riset pemasaran, #topik riset pemasaran, #tujuan dari rancangan produk adalah, #tujuan dari riset primer adalah, #tujuan dari segmentasi pasar, #tujuan penelitian pasar, #tujuan reunifikasi pasar, #tujuan riset pasar, #tujuan riset pasar brainly, #Tujuan Riset Pemasaran, #tujuan riset pemasaran bagi perusahaan, #tujuan riset pemasaran global, #tujuan riset pemasaran pariwisata, #tujuan riset penelitian, #tujuan uji coba pasar, #tuliskan klasifikasi riset pasar, #tuliskan tahap tahap melakukan riset pasar, #uji coba pasar adalah, #unsur marketing research, #yang termasuk ciri metode kualitatif adalah
√ Riset Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Metode dan Objek Terlengkap
√ Riset Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Metode dan Objek Terlengkap

Sarjana EkonomiHai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Riset Pemasaran. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Riset Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Metode dan Objek Terlengkap


Pengertian Riset Pemasaran

Riset pemasaran (research marketing) merupakan salah satu penelitian sistematis dimulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan informasi dan data, pengelolaan data dan interpretasi hasil penelitian.


Pengertian Riset Pemasaran Menurut Para Ahli

1. Robby Susatyo

Riset Pemasaran ialah suatu pengidentifikasian yang lebih objektif dan tersistematis, yang akan dilanjutkan dengan pengumpulan. analisis, dan perangkaian beberapa informasi yang bertujuan agar dapat memperbaiki dalam pengambilan keputusan yang masih berkaitan dengan solusi permasalahan dan penentuan berbagai peluang dalam proses pemasaran.


2. American Marketing Association

Riset Pemasaran yaitu sebuah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan publik dengan pemasar melalui informasi digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisi peluang dan masalah pemasaran;menghasilkan, menyempurnakan dan mengevaluasi upaya pemasaran; memantau kinerja pemasaran, memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.


3. Philip Kotler

Riset Pemasaran yakni salah satu perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan yang sudah tersistematis dari data atau berbagai penemuan yang relevan dengan adanya situasi pemasaran tertentu yang telah dihadapi oleh perusahaan.


Tujuan Riset Pemasaran

  • Untuk mengetahui dan melakukan analisa hal yang dibutuhkan atau diperlukan pasar (masyarakat) dan juga untuk mengetahui pesaing bisnis.
  • Bisa mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa itu diperlukan dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan konsumen.
  • Untuk dapat mengetahui seberapa besar permintaan dan potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun.

Fungsi Riset Pemasaran

1. Evaluating

Biasanya fungsi ini digunakan untuk mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Fungsi evaluating pada riset pemasaran juga termasuk saat perusahaan ingin melakukan review terhadap brand positioning dari pada dengan produk pesaing.


2. Understanding

Fungsi riset pemasaran selanjutnya ialah understanding. Fungsi pada riset pemasaran ini mengutamakan pada tujuan dalam memahami konsumen sebagai salah satu wawasan atau masukan yang penting oleh perusahaan.

Dengan dapat memahami konsumen, perusahaan bisa mengetahui apa yang akan menjadi kebutuhan dan keluhannya konsumen.

Pada saat menjalankan funsi ini, riset pemasaran melakukan suatu gambaran potret kebiasaan dan perilaku seorang konsumen dan harapan serta keluhan mereka pada produk.


3. Predicting

Fungsi ketiga ialah predicting. Fungsi terakhir ini merupakan fungsi yang sesungguhnya paling sulit untuk dilakukan.

Banyak ketidak pastian pada dunia ini, sehingga prediksi yang dilaksanakan pada riset pemasaran sangatlah berbahaya dan beresiko karena sifatnya yang sangat relatif.

Pada suatu saat sebuah brand ingin membidik pasar yang baru, maka dalam riset pemasaran ini selalu dijadikan bahan acuan utama.

Begitu pula saat perusahaan ingin menyusun sebuah strategi pemasaran baru, riset pemasaran bisa menjadi penilaian utama.


Objek Riset Pemasaran

  • Produk – Produk termasuk hal yang paling pokok dalam sebuah pemasaran, jika tidak ada produk/jasanya, lalu apa yang harus di pasarkan?
  • Harga – Harga juga termasuk hal penting untuk di riset, tujuannya tentu untuk melihat kesesuaian antara harga dengan produknya.
  • Promosi – Riset promosi dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan promosi terhadap pemasaran produk.
  • Distribusi – Distribusi juga tidak kalah penting dilakukan penelitian guna melihat apakah perjalanan distribusi berjalan dengan baik atau tidak.

Jenis-Jenis Riset Pemasaran

1. Riset Primer

Riset primer ialah salah satu jenis riset yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi atau data yang berasal dari hasil penjualan terkini dan efektif yang sedang dijalankan sekarang.


2. Riset Sekunder

Riset sekunder yaitu sebuah riset yang berfungsi menganalisis data yang sudah diterbitkan. Dengan begitu, kita dapat menemukan pesaing dan bisa membangun tolak ukur lalu mengidentifikasi sasaran.


Langkah-Langkah Riset Pemasaran

  • Identifikasi Masalah
  • Perumusan kerangka teori
  • Formulasi desain riset
  • Aktivitas lapangan dan dikumpulkannya data
  • Persiapan dan analisis data
  • Dibuatnya laporan dan presentasi hasil penelitian.

Metode Riset Pemasaran

1. Kuisioner

Metode ini dilakukan dengan memberikan daftar pertanyaan tentang data yang kita perlukan untuk jenis usaha yang kita pilih.

Syaratnya kita perlu menyiapkan calon responden yang berasal dari pelanggan potensial yang akan menjawab kuisoner.

Yakinkan responden agar bisa di ajak kerjasama untuk mengisi jawabannya dengan jujur dan benar. Bila perlu beri bingkisan yang menarik.


2. Riset Grup

Metode ini dilakukan dengan membentuk skelompok orang dari populasi utama pasar potensial kita. Tugas mereka adalah menyampaikan apa saja yang mereka butuhkan, merasakan produk atau jasa yang kita siapkan dan mereka diperkenankan memberikan pendapat tentang kekurangan tentang produk kita.


3. Survey

Metode ini dengan cara yang cukup popular yaitu dengan membuat survey dengan mengajukan pertanyaan yang sederhana mengenai produk atau jasa yang akan kita riset.

Pada umumnya survey ini bersifat acak dan seringkali dengan sukarela, jadi usahakan pertanyaanya tidak mengganggu. Namun belakangan ini sebutan survey juga merupakan nama lain dari kuisoner.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Riset Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Objek, Langkah, Jenis & Metodenya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */