SarjanaEkonomi.Co.ID – Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.
Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Customer Service. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.
Pengertian Customer Service
Customer service (CS) merupakan setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya dalam menyelesaikan masalah.
Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi.
Pengertian Customer Service Menurut Para Ahli
1. Philip Kotler
Pelayanan atau service ialah setiap kegiatan atau mamfaat yang dapat diberikan suatu pihak kepada pihak lain nya yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak pula berakibat pemilikan sesuatu dan produksinya dapat atau tidak dapat dikaitkan dengan suatu produk fisik.
2. Kasmir
Customer servis yaitu setiap kegiatan yang diperuntukan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada nasabah, melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah.
3. Turban et al.
Customer service yakni pemberian pelayanan kepada pelanggan sebelum, selama dan setelah pembelian.
4. Institute of Customer Service
Customer Service merupakan jumlah total dari apa yang organisasi lakukan untukmemenuhi harapan pelanggan dan menghasilkan kepuasan pelanggan.
5. Businesscasesstudies.co.uk
Customer service yakni suatu layanan yang diberikan kepada pelanggan sebelum, selama dan setelah membeli dan menggunakan barang dan jasa.
6. Moenir
Customer service ialah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang berlandaskan faktor materialnya melalui sistem, prosedur, dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan orang lain sesuai hak-haknya.
Tugas dan Fungsi Customer Service
1. Receptionis
Receptionis ialah Customer service sebagai penerima tamu atau nasabah yang datang ke bank dengan ramah, tenang, simpatik, menarik dan menyenangkan.
Dalam hal ini Customer service harus bersikap memberi perhatian, berbicara dengan suara lembut dan jelas dengan bahasa yang mudah dimengerti.
2. Deskmen
Deskmen yaitu Customer service sebagai orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan nasabah atau calon nasabah. Untuk memberikan informasi mengenai produk-produk bank, menjelaskan manfaat, kemudian menjawab pertanyaan mengenai produk baru serta membantu nasabah mengisi formulir aplikasinya.
3. Salesman
Salesman adalah customer service sebagai orang yang menjual produk perbankan sekaligus mengadakan pendekatan dan mencari nasabah.
4. Costumer Service Relation Officer
Yakni orang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh nasabah.
5. Comunikator
Comunikator merupakan Customer service sebagai orang yang menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan antara bank dengan nasabahnya.
Etika Customer Service
- Mengenal nasabah atau pelanggan dengan baik.
- Mengetahui atau memahami kemauan nasabah/pelanggan.
- Menginformasikan produk-produk perusahaan/bank.
- Melayani sampai tuntas dengan prinsip kepuasan pelanggan/nasabah nomor satu.
- Menjamin rahasia nasabah/pelanggan.
- Melayani pelanggan dengan ceria dan senyum.
- Tidak berprasangka negatif pada pelanggan atau para nasabah.
- Menerima keluhan nasabah atau pelanggan.
- Mengucapkan terima kasih.
Syarat Customer Service
1. Syarat Fisik
- Dapat Menarik dari segi wajah atau penampilan.
- Memiliki tingga badan serta berat badan harus proporsional. contohnya seperti: tinggi badan ideal untuk laki-laki minimal 160 cm maupun untuk perempuan minimal 155 cm.
- Terpenting Memiliki kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani.
2. Syarat Mental
Memiliki mental yang kuat dalam melayani klien, sebab itu akan memberikan kepercayaan diri yang lebih baik, dapat banyak memberikan keyakinan atau akan menimbulkan sifat kejujuran ataupun tanggung jawab yang besar terhadap apa saja yang telah dilakukannya.
3. Syarat Kepribadian
- Energik atau juga gesit.
- Rasa humor & selalu ingin maju kedepan.
- Mampu mengendalikan diri sendiri.
- Tidak mudah emosi maupun tempramental.
4. Syarat Sosial
- Memiliki jiwa sosial yang tinggi.
- Bijaksana.
- Memiliki budi pekerti yang tinggi.
- Pandai bergaul dan bersosialisasi dengan siapapun.
- Dapat bekerjasama dan berkomitmen dengan berbagai macam pihak.
Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Customer Service : Pengertian, Tugas, Fungsi, Syarat dan Etika Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.
Baca Juga Artikel Lainnya :
- √ Manajer : Pengertian, Fungsi, Tugas, Peran, Etika, Keterampilan dan Tingkatannya Lengkap
- √ HRD : Pengertian, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawabnya Lengkap
- √ Supervisor : Pengertian, Fungsi, Tugas, Ciri, wewenang, Syarat, Keterampilan dan Tanggung Jawabnya Lengkap
- √ Sekretaris : Pengertian, Tugas, Fungsi, Tujuan, Jenis, Keterampilan & Tanggung Jawabnya Lengkap
- √ Marketing : Pengertian, Tugas, Fungsi, Konsep, Jenis dan Tanggung Jawabnya Lengkap