Customer Service

By Guru Ekonomi #alamat real estate indonesia, #alasan bekerja sebagai customer service, #apa itu deskman, #Artikel Customer Service, #bahasa indonesia service, #bahasa indonesianya customer, #bahasa indonesianya serves, #bahasa inggrisnya pelanggan, #bahasa pelayanan customer service, #cara menghubungi cs paytren, #ciri ciri customer service, #ciri ciri pelayanan prima, #contoh customer service, #customer care adalah, #Customer Service, #customer service 3, #Customer Service Adalah, #customer service attendant gramedia adalah, #customer service bank, #customer service bukalapak, #customer service dalam bahasa indonesia, #customer service dalam retail, #customer service dan etika perbankan, #customer service dana, #customer service ff garena, #customer service gojek, #customer service lazada, #Customer Service pdf, #Customer Service ppt, #customer service shopee, #customer service tokopedia, #customer service zalora, #definisi cs, #Definisi Customer Service, #Etika Customer Service, #etika customer service bank, #etika teller dalam menjalankan fungsinya, #fungsi customer relation officer, #Fungsi Customer Service, #fungsi customer service bank, #fungsi pelanggan, #fungsi servis dalam permainan bola voli, #fungsi teller, #fungsi website marketing, #gaji customer service, #gambar customer service, #jelaskan tentang supplier, #Jurnal Customer Service, #keluhan belanja di zalora, #kriteria customer service, #layanan pelanggan dapat diartikan sebagai, #makala customer service, #Makalah Customer Service, #makalah customer service terbaru, #Materi Customer Service, #no customer service, #Pengertian Customer Service, #pengertian customer service bank, #Pengertian Customer Service Menurut Para Ahli, #pengertian customer service sales officer, #pengertian melayani customer, #pengertian teller, #peranan customer service menurut para ahli, #perbedaan cs dan resepsionis, #pertanyaan tentang etika customer service, #Proposal Customer Service, #rumah com telepon, #soal customer service, #Syarat Customer Service, #syarat menjadi customer service bank, #syarat syarat customer service, #Teori Customer Service, #teori customer service menurut para ahli, #tugas customer care, #Tugas Customer Service, #tugas customer service attendant gramedia, #tugas customer service bank, #tugas customer service bank bca, #tugas customer service di bandara, #tugas customer service di hotel, #tugas customer service officer, #tugas customer service pln, #tugas customer service rumah sakit, #tugas customer service rumah sakit siloam, #tugas customer support, #tugas dan fungsi administrasi gudang, #tugas dan fungsi teller, #tugas email service, #tujuan customer service, #tujuan customer service bank, #tujuan customer service telkomsel
√ Customer Service : Pengertian, Tugas, Fungsi, Syarat dan Etika Terlengkap
√ Customer Service : Pengertian, Tugas, Fungsi, Syarat dan Etika Terlengkap

SarjanaEkonomi.Co.ID – Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Customer Service. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Customer Service : Pengertian, Tugas, Fungsi, Syarat dan Etika Terlengkap


Pengertian Customer Service

Customer service (CS) merupakan setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya dalam menyelesaikan masalah.

Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi.


Pengertian Customer Service Menurut Para Ahli

1. Philip Kotler

Pelayanan atau service ialah setiap kegiatan atau mamfaat yang dapat diberikan suatu pihak kepada pihak lain nya yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak pula berakibat pemilikan sesuatu dan produksinya dapat atau tidak dapat dikaitkan dengan suatu produk fisik.


2. Kasmir

Customer servis yaitu setiap kegiatan yang diperuntukan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada nasabah, melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah.


3. Turban et al.

Customer service yakni pemberian pelayanan kepada pelanggan sebelum, selama dan setelah pembelian.


4. Institute of Customer Service

Customer Service merupakan jumlah total dari apa yang organisasi lakukan untukmemenuhi harapan pelanggan dan menghasilkan kepuasan pelanggan.


5. Businesscasesstudies.co.uk

Customer service yakni suatu layanan yang diberikan kepada pelanggan sebelum, selama dan setelah membeli dan menggunakan barang dan jasa.


6. Moenir

Customer service ialah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang berlandaskan faktor materialnya melalui sistem, prosedur, dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan orang lain sesuai hak-haknya.


Tugas dan Fungsi Customer Service

1. Receptionis

Receptionis ialah Customer service sebagai penerima tamu atau nasabah yang datang ke bank dengan ramah, tenang, simpatik, menarik dan menyenangkan.

Dalam hal ini Customer service harus bersikap memberi perhatian, berbicara dengan suara lembut dan jelas dengan bahasa yang mudah dimengerti.


2. Deskmen

Deskmen yaitu Customer service sebagai orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan nasabah atau calon nasabah. Untuk memberikan informasi mengenai produk-produk bank, menjelaskan manfaat, kemudian menjawab pertanyaan mengenai produk baru serta membantu nasabah mengisi formulir aplikasinya.


3. Salesman

Salesman adalah customer service sebagai orang yang menjual produk perbankan sekaligus mengadakan pendekatan dan mencari nasabah.


4. Costumer Service Relation Officer

Yakni orang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh nasabah.


5. Comunikator

Comunikator merupakan Customer service sebagai orang yang menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan antara bank dengan nasabahnya.


Etika Customer Service

  • Mengenal nasabah atau pelanggan dengan baik.
  • Mengetahui atau memahami kemauan nasabah/pelanggan.
  • Menginformasikan produk-produk perusahaan/bank.
  • Melayani sampai tuntas dengan prinsip kepuasan pelanggan/nasabah nomor satu.
  • Menjamin rahasia nasabah/pelanggan.
  • Melayani pelanggan dengan ceria dan senyum.
  • Tidak berprasangka negatif pada pelanggan atau para nasabah.
  • Menerima keluhan nasabah atau pelanggan.
  • Mengucapkan terima kasih.

Syarat Customer Service

1. Syarat Fisik

  • Dapat Menarik dari segi wajah atau penampilan.
  • Memiliki tingga badan serta berat badan harus proporsional. contohnya seperti: tinggi badan ideal untuk laki-laki minimal 160 cm maupun untuk perempuan minimal 155 cm.
  • Terpenting Memiliki kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani.

2. Syarat Mental

Memiliki mental yang kuat dalam melayani klien, sebab itu akan memberikan kepercayaan diri yang lebih baik, dapat banyak memberikan keyakinan atau akan menimbulkan sifat kejujuran ataupun tanggung jawab yang besar terhadap apa saja yang telah dilakukannya.


3. Syarat Kepribadian

  • Energik atau juga gesit.
  • Rasa humor & selalu ingin maju kedepan.
  • Mampu mengendalikan diri sendiri.
  • Tidak mudah emosi maupun tempramental.

4. Syarat Sosial

  • Memiliki jiwa sosial yang tinggi.
  • Bijaksana.
  • Memiliki budi pekerti yang tinggi.
  • Pandai bergaul dan bersosialisasi dengan siapapun.
  • Dapat bekerjasama dan berkomitmen dengan berbagai macam pihak.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Customer Service : Pengertian, Tugas, Fungsi, Syarat dan Etika Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */