Diversifikasi Adalah

By Guru Ekonomi #3 jenis diversifikasi, #alasan perusahaan melakukan diversifikasi, #apa itu diversifikasi investasi, #apa itu diversifikasi pertanian, #apa itu mekanisasi, #arti dari intensifkan, #arti diverifikasi, #cara diversifikasi, #contoh diversification strategy, #contoh diversifikasi, #contoh diversifikasi produk, #contoh diversifikasi produk kerajinan, #contoh diversifikasi produk makanan, #contoh diversifikasi produk perikanan, #contoh integrasi konglomerasi, #contoh perusahaan related diversification, #contoh produk diversifikasi hasil perikanan, #contoh soal diversifikasi, #contoh strategi diversifikasi, #contoh usaha intensifikasi, #diversification adalah, #diversifikasi adalah, #diversifikasi aset, #diversifikasi horizontal, #diversifikasi investasi adalah, #diversifikasi kbbi, #diversifikasi konsentris, #diversifikasi lengkap adalah, #diversifikasi menurut kotler, #diversifikasi merek adalah, #diversifikasi pangan adalah, #diversifikasi pasar adalah, #diversifikasi pekerjaan, #diversifikasi penelitian adalah, #diversifikasi pertanian, #diversifikasi pertanian adalah, #diversifikasi pertanian adalah brainly, #diversifikasi portofolio, #diversifikasi portofolio investasi, #diversifikasi produk, #diversifikasi produk adalah, #diversifikasi saham adalah, #diversifikasi sosial adalah, #diversifikasi tanaman, #diversifikasi teknologi, #diversifikasi terkait dan tidak terkait, #diversifikasi usaha koperasi, #diversifikasi usaha perkebunan, #diversifikasi usaha tani, #diversifikasi usaha tani adalah, #ekstensifikasi artinya, #ekstensifikasi produk adalah, #evaluasi strategi diversifikasi, #fungsi diversifikasi produk bagi perusahaan, #indikator diversifikasi produk, #intensifikasi, #intensifikasi pertanian adalah, #jelaskan tentang perencanaan pertanian, #Jenis - Jenis Diversifikasi Perusahaan, #jurnal diversifikasi produk, #keuntungan diversifikasi, #konjungtur produk adalah, #latar belakang diversifikasi produk, #level diversifikasi, #makalah strategi diversifikasi, #makalah strategi diversifikasi fokus bisnis dan kreativitas bisnis, #makna kata mekanisme, #Manfaat Diversifikasi, #manfaat diversifikasi pertanian, #manfaat diversifikasi portofolio, #mekanisasi, #mekanisasi pertanian adalah, #memilih bentuk diversifikasi bisnis, #mendurjanakan artinya, #pengertian diferensiasi dan diversifikasi, #pengertian diversification, #Pengertian Diversifikasi, #pengertian diversifikasi aset, #Pengertian Diversifikasi Menurut Para Ahli, #pengertian diversifikasi pendidikan, #pengertian diversifikasi pertanian, #pengertian diversifikasi produk, #pengertian diversifikasi vertikal dan contohnya, #pengertian konglomerasi menurut para ahli, #pengertian mekanisasi, #pengertian strategi defensif, #pertanyaan tentang diversifikasi, #pertanyaan tentang diversifikasi produk, #pertanyaan tentang strategi diversifikasi, #portofolio aset adalah, #portofolio moderat, #prospektus reksadana, #rehabilitasi pertanian, #retrenchment, #skripsi strategi diversifikasi, #strategi agresif, #strategi defensif, #Strategi Diversifikasi, #strategi diversifikasi adalah, #strategi diversifikasi alternatif, #strategi diversifikasi dan contohnya, #strategi diversifikasi related dan unrelated, #strategi diversifikasi yang terkait dan strategi diversifikasi tidak terkait, #strategi integrasi dan contohnya, #studi kasus strategi diversifikasi, #tujuan dari berkesinambungan, #tujuan daur ulang limbah padat, #tujuan diversifikasi pangan, #tujuan diversifikasi perusahaan, #Tujuan Perusahaan Melakukan Diversifikasi, #tuliskan unsur-unsur dari bauran pemasaran, #uraikan yang dimaksud diversifikasi horizontal dan vertikal, #uraikan yang dimaksud diversifikasi vertikal, #usaha intensifikasi
√ Diversifikasi : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis dan Strategi Terlengkap
√ Diversifikasi : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis dan Strategi Terlengkap

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Diversifikasi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ Diversifikasi : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis dan Strategi Terlengkap


Pengertian Diversifikasi

Diversifikasi merupakan suatu usaha penganekaragaman product (bidang usaha) atau juga lokasi sebuah perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan untuk atau guna memaksimalkan keuntungan sehingga arus-kas pada perusahaan itu dapat lebih stabil.


Pengertian Diversifikasi Menurut Para Ahli

1. Tjiptono

Diversifikasi ialah suatu upaya mencari dan menciptakan produk atau pasar yang baru, atau keduanya, dalam rangka mengejar pertumbuhan, peningkatan penjualan, profitabilitas dan fleksibilitas.


2. Kotler

Diversifikasi yaitu salah satu cara untuk meningkatkan kinerja bisnis yang ada dengan jalan mengidentifikasikan peluang untuk menambah bisnis menarik yang tidak berkaitan dengan bisnis perusahaan saat ini.


3. Effendi

iversifikasi yakni suatu perluasan pemilihan barang dan jasa yang dijual oleh perusahaan dengan jalan menambah produk baru atau jasa ataupun memperbaiki tipe, warna, mode, ukuran, jenis dari produk yang sudah ada dalam rangka memperoleh laba maksimal.


Manfaat Diversifikasi

  • Meningkatkan Profitabilitas serta Daya Saing
  • Dengan memiliki perusahaan (investasi) pada segala macam jenis produk akan mencegah pesaing untuk memonopoli pasar. Selanjutnya terdapat juga mempersempit rung gerak para pesaing baru.
  • Meminimalisir Resiko
  • Resiko itu selalu ada di seluruh aktifitas hidup, hal itu juga yang selalu menjadi ancaman bagi sebuah perusahaan. Dengan adanya diversifikasi ini maka secara tidak langsung akan mengurangi dampak resiko pada masa yang akan datang.
  • Apabila satu unit usaha mengalami kerugian, bahkan nyaris gulung tikar, masih terdapat unit usaha lainnya sehingga masih bisa survive.

Tujuan Perusahaan Melakukan Diversifikasi

1. Pertumbuhan Nilai Tambah

Tujuan ini bisa dipenuhi pada saat investasi yang dilakukan perusahaan memberikan laba atau keuntungan untuk perusahaan.

Misalnya mengakuisisi perusahaan yang mempunyai sumber daya strategis seperti pemasok yang memproduksi bahan baku utama perusahaan atau merupakan distributor yang sudah mempunyai saluran distribusi yang luas.


2. Meratakan Resiko

Tujuan ini bermaksud bahwa dengan adanya investasi terhadap beberapa usaha maka resiko yang dimiliki satu usaha tidak berpengaruh secara total pada perusahaan karena bisa diimbangi oleh return dari usaha lainnya.


3. Mencapai Sinergi

Kombinasi antara segmen usaha diinginkan bisa memiliki kemampuan untuk mencapai sesuatu, yang tidak mungkin diraih jika usaha tersebut bekerja sendiri-sendiri.


4. Mengedalikan Pemasok Dan Distributor

Mengendalikan disini mempunyai tujuan mempermudah perusahaan dalam pengendalian harga dan mutu supaya bisa bersaing.


5. Pemenuhan Ambisi Dari Personel Manajer

Hal ini berhubungan dengan penghargaan yang akan diterima oleh manajer tersebut. Ketika perusahaan melakukan diversifikasi usaha, maka ruang lingkup tugas manajer juga seringkali semakin besar.


Jenis-Jenis Diversifikasi Perusahaan

1. Diversifikasi Vertikal

Bentuk diversifikasi vertikal merupakan diversifikasi dari atas ke bawah. Dapat dilihat dari gambar diatas, bahwa setiap perusahaan secara bebas memasarkan produknya (tidak harus ke bawahnya).

Misalnya perusahaan peternakan tidak harus hanya menjual hasil ternaknya ke perusahana kulit milik orang lain, dapat juga ke perusahaan olahan kulit yang lainnya bahkan pesaing.

Kemudian usaha toko juga tidak terpaku hanya menjual produk sepatu perusahaan anda, dapat saja menjual produk tersebut ke pesaing.


2. Diversifikasi Horizontal

Tidak sama dengan vertial, diversifikasi horizontal merupakan membagi usaha anda baik konsentris dan konglomerasi (masing-masing dijelaskan dibawah) kesamping.

Yang artinya bahwa masing-masing unit produksi atau usaha mempunyai tingkatan dan derajat yang sama, yang menjadi pembeda adalah target pasar dan kebutuhan calon pembeli.


Strategi Diversifikasi

1. Strategi Diversifikasi Konsentris

Yakni suatu strategi menambahkan produk baru yang massih ada hubungannya dalam hal kesamaan teknologi, fasilitas bersama, atau jaringan pemasaran yang sama dengan produk yang ada sekarang ini.


2. Strategi diversifikasi konglomerasi

Merupakan salah satu strategi menambahkan produk baru yang dipasarkan pada pasar baru yang tidak berhubungan dengan yang ada sekarang ini.

Supaya berjalan efektif, terdapat beberapa pedoman strategi diversifikasi konglomerasi untuk diikuti, yakni sebagai berikut :

  • Terjadi penurunan penjualan dan keuntungan
  • Kemampuan manajerial dan modal untuk berkompetisi pada industri baru
  • Tercipta sinergi yang finansial antar dua perusahaan (yang mengakuisisi dan yang diakuisisi) untuk produk sekarang ini yang telah jenuh.
  • Terdapat peluang untuk memperoleh bisnis baru yang tidak berhubungan tetapi mempunyai peluang investasi yang menarik
  • Terdapat tindakan antitrust atas bisnis yang terkonsentrasi pada bisnis tunggal

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Diversifikasi : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis dan Strategi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */