√ E-Business : Pengertian, Bentuk, Karakteristik, Strategi, Keuntungan dan Kelemahan Terlengkap

Diposting pada

√ E-Business : Pengertian, Bentuk, Karakteristik, Strategi, Keuntungan dan Kelemahan Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai E-Business. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ E-Business : Pengertian, Bentuk, Karakteristik, Strategi, Keuntungan dan Kelemahan Terlengkap
√ E-Business : Pengertian, Bentuk, Karakteristik, Strategi, Keuntungan dan Kelemahan Terlengkap

 

Pengertian E-Business

 

E-Business atau Electronic Business merupakan suatu kegiatan transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan dengan melalui perangkat elektronik atau juga dengan internet sehingga perusahaan itu dapat langsung berinteraksi dengan costumer, supplier ataupun juga rekan bisnis.

E-business ini dapat disebut sebagai iklan supaya para konsumen ini bisa membeli produk-produk perusahaan. Sehingga e-business ini akan sangat berguna bagi e-commerce.

Karena fungsi dari e-business adalah untuk mendukung bagian-bagian pada perusahaan seperti misalnya bagian produksi, finance, marketing dsb.

 

 

Bentuk – Bentuk E-Business

 

1. Consumer To Consumer (C2C)

Ialah sistem komunikasi serta transaksi bisnis antar konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.

 

Karakteristik Consumer To Consumer (C2C)

  • Pada lingkup antara konsumen ke konsumen bersifat khusus sebab transaksi yang dilakukan hanya antar konsumen saja.
  • Internet dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi seputar produk, harga, kualitas serta pelayanannya.
  • Konsumen juga dapat membentuk komunitas pengguna atau penggemar suatu produk. Sehingga jika ada ketidak puasan suatu produk, maka akan segera tersebar dengan luas dan cepat melalui komunitas tersebut.

 

2. Business to Consumers (B2C)

Yaitu salah satu bentuk sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.

 

Karakteristik Business to Consumers (B2C)

  • Informasi disebarkan ialah secara umum. Pelayanan yang diberikan ialah bersifat umum sehingga banyak digunakan oleh banyak orang.
  • Pelayanan yang diberikan ialah berdasarkan permintaan. Jika Konsumen melakukan permintaan, maka pelaku usaha harus cepat serta siap merespon permintaan konsumen tersebut.
  • Pendekatan yang dilakukan ialah Client Server, dimana Konsumen berada pada di sisi Client, dengan menggunakan Web Broses untuk dapat mengaksesnya, serta Pelaku Usaha berada pada sisi Server.

 

3. Business to Business (B2B)

Yakni sebuah sistem komunikasi antara bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin serta dalam kapasitas produk yang besar.

 

Karakteristik Business to Business (B2B)

  • Pertukaran informasi yang dilakukan antar pembisnis tersebut ialah karena atas dasar kebutuhan serta kepercayaan.
  • Pertukaran Informasi yang dilakukan dengan format yang sudah disepakati serta Service sistem yang digunakan antar kedua pembisnis juga menggunakan standard yang sama.
  • Sarana yang digunakan ialah Electronic Data Interchange (EDI) Model yang umum digunakan ialah peer-to-peer, dengan model ini antar pelaku bisnis menjadi lebih mudah untuk mendistribusikan informasi yang dimilikinya.

 

4. Consumer to Business (C2B)

Merupakan salah satu bentuk perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan.

 

5. Intrabusiness E-Business

Adalah suatu perdagangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.

 

 

Pelaku E-Business

  • Perusahaan
  • Konsumen
  • Perusahaan
  • Supllier
  • Rekan bisnis

 

 

Alat dan Media E-Business

  • Teknologi informasi dan komunikasi
  • Komputer
  • Internet
  • Kegiatan Sasaran
  • Kegiatan bisnis
  • Proses bisnis utama
  • Pembelian, penjualan, pelayanan dan transaksi

 

 

Keuntungan E-Business

  • Memperluas pasar, dengan menggunakan e-business perusahaan atau juga pembisnis akan dapat memperluas pasarnya sehingga bisa memasuki pasar nasional atau bahkan internasional, sehingga pembisnis itu dapat menjangkau banyak pelanggan itu dimanapun ia berada.
  • Menekan biaya telekomunikasi serta juga waktu transaksi dan juga penerimaan produk.
  • Konsumen ini dapat melihat barang, spesifikasi serta informasi lainnya dengan melalui internet sehingga tidak perlu repot-repot untuk harus mendatangi penjual.
  • Meningkatkan citra yang baik di mata para konsumen, tentunya hal tersebut apabila dengan pelayanan yang baik juga, sebab dengan media internet informasi itu biusa dapat dengan cepat tersebar. Dan masih banyak lagi keuntungan yang lainnya.

 

 

Kelebihan E-Business

 

1. Akses yang Mudah

Agar dapat terhubung atau juga berinteraksi jarak jauh atau juga tidak langsung dengan konsumen, para pembisnis juga hanya sangat membutuhkan koneksi internet yang memadai.

 

2. Lebih Tepat Sasaran

Sebagai seorang pembisnis yang mempromosikan produknya, menggunakan e-business juga akan lebih tepat sasaran, sehingga para konsumenpun juga akan bertambah.

 

3. Menghemat Waktu

Apabila untuk berinteraksi ataupun juga bertransaksi harus menemui konsumen atau juga menemui rekan bisnis. Maka dengan e-business komunikasi ini dapat dilakukan dengan secara online di internet sehingga dapat menghemat waktu.

 

4. Tidak Membutuhkan Modal yang Terlalu Besar

Kebanyakan slalu orang orang itu beranggapan bahwa untuk dapat memulai suatu bisnis membutuhkan modal yang cukup besar, khususnya didalam melakukan promosi produk yang akan di jual.

Sedangkan untuk sekarang ini bisa dilihat banyak sekali orang yang berbisnis dengan menggunakan internet atau secara online dengan modal yang sedikit.

 

 

Kelemahan E-Business

 

1. Tidak Adanya Pertemuan Dengan Secara Langsung

Jadi tidak jalur akses antara pembisnis dengan konsumen sehingga tidak akan ada terjadi tatap muka dengan secara langsung antara penjual serta pembeli. Apabila ingin bertemu harus membuat kesepakatan terlebih dahulu.

 

2. Beresiko Terjadinya Penipuan

Disebabkan karena transaksi ini tidak secara langsung atau tatap muka maka beresiko untuk terjadinya penipuan, terutama untuk pembisnis pemula yang masih kurang pengetahuan mengenai bisnis di internet.

Tapi untuk saat ini banyak sekali cara untuk bisa menghindari penipuan salah satunya dengan transaksi menggunakan rekening bersama, sehingga transaksi juga akan menjadi lebih aman.

 

 

Manfaat E-Business

  • Pendekatan yang aman, fleksibel dan terintegrasi
  • Efisien serta Efektif
  • Peningkatan produktivitas dan keutungan

 

 

Strategi E-Business Pada Perusahaan

 

1. ERP (Enterprise Resource Planning)

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah suatu strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan yang bisa digunakan untuk berkoordinasi mengenai sumber daya serta juga informasi yang digunakan untuk proses dalam berbisnis.

 

2. EAI (Enterprise Application Programs)

EAI (Enterprise Application Programs) yakni sebuah suatu strategi bisnis menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan itu untuk dapat bertukar informasi.

 

3. CRM (Customer Relationship Management)

CRM (Customer Relationship Management) ialah salah satu strategi bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di desain untuk bisa meningkatkan keuntungan serta juga kepuasan para konsumen.

 

4. SCM (Supply Chain Management)

SCM (Supply Chain Management) merupakan suatu strategi manajemen mengenai rantai suplai yang dengan secara otomatis akan terkomputerisasi.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ E-Business : Pengertian, Bentuk, Karakteristik, Strategi, Keuntungan dan Kelemahan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Biaya : Pengertian, Unsur, Manfaat, Jenis dan Penggolongannya Terlengkap
Baca Juga :  √ E-Commerce : Pengertian, Jenis, Manfaat, Dampak dan Contoh Terlengkap
Baca Juga :  √ Budaya Organisasi : Pengertian, Jenis, Fungsi, Karakteristik dan Contoh Terlengkap
Baca Juga :  √ Pengertian Operasional Menurut Para Ahli Terlengkap