√ Kantor : Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Unsur, Kegiatan dan Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ Kantor : Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Unsur, Kegiatan dan Jenis Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Kantor. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Kantor : Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Unsur, Kegiatan dan Jenis Terlengkap
√ Kantor : Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Unsur, Kegiatan dan Jenis Terlengkap

 

Pengertian Kantor

 

Kantor berasal dari bahasa belanda yaitu “kantoor” yang memeiliki arti ruangan tempat berkerja, tempat di instansi, dan lain sebagainya.

Di dalam bahasa inggris kantor adalah “office” yang memiliki artian tempat yang dapat memberikan suatu layanan, ruang tempat berkerja atau posisi.

Kantor merupakan suatu proses penyelenggaraan kegiatan seperti pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan ataupun pendistribusian data.

 

 

Pengertian Kantor Menurut Ahli

 

1. Ulbert Silalahi

Tempat penyelenggaraan kegiatan ketatausahaan berlangsung disebut kantor, yakni suatu unit kerja yang terdiri atas ruangan, personil, peralatan dan operasi pengelolaan informasi.

 

2. Kamus Besar Indonesia (KBBI)

Kantor merupakan sebuat balai (Ruang, gedung dan rumah) tempat yang digunakan untuk mengurus suatu pekerjaan (suatu instansi atau perusahaan) atau tempat bekerja.

 

3. Prajudi Atmosudirjo

Kantor ialah kelembagaan yang dapat terdiri dari beberapa unsur kantor seperti karyawan, ketatausahaan dan personil yang dibutuhkan untuk memudahkan tugas atau pekerjaan pimpinan.

 

4. Kallaus dan Kelling

Kantor yaitu fungsi di mana sistem teknologi, prosedur, dan orang saling bergantung dalam bekerja untuk mengelola salah satu sumber daya perusahaan yang paling penting yaitu informasi.

 

5. Moekijat

Kantor merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk melakukan pekerjaan tata usaha.

 

 

Ciri – Ciri Kantor

  • Sebagai alat yang dapat menyambungkan pikiran pimpinan kepada para anggotanya.
  • Membantu pemimpin dalam merumuskan suatu pekerjaan dan kemampuan kerja yang dapat menyederhanakan suatu system manajemen.
  • Dapat membantu administrasi atau tata usaha untuk dapat mencapai target yang di inginkan.

 

 

Unsur – Unsur Kantor

  • Gedung ialah salah satu unsur ini terdiri dari bangunan, ruangan-ruangan dan juga perlengkapan lainnya.
  • Personil yaitu suatu unsur ini terdiri dari seluruh orang yang memiliki hubungan dengan organisasi yang terdapat di kantor, seperti: pimpinan, karyawan dan lain sebagainya.
  • Peralatan yakni sebuah unsur ini terdiri dari alat atau mesin-mesin yang ada di kantor.

 

 

Tujuan dan Fungsi Kantor

  • Menerima informasi dalam bentuk surat, penggilan telepon, pesanan, faktur,maupun laporan mengenai berbagai kegiatan bisnis.
  • Merekam dan menyimpan data-data serta informasi. Tujuan pembuatan rekaman merupakan sedang menyiapkan informasi sesegera mungkin apabila manajemen meminta informasi tersebut.
  • Mengatur informasi Informasi yang akan diakumulasi oleh kantor jarang dalam bentuk yang sama layaknya akan ketika diberikan, seperti mengumpulkan informasi maupunsumber-sumber -yang berbeda dan membuat perhitungan atau pembukuan.
  • Memberi informasi Bila dimana manajemen diminta sejumlah informasi yang akan diperlukan, kantor segera memberikan informasi tersebut dari rekaman yang tersedia. Sebagian informasi -yang diberikan bersifat rutin, sebagian bersifat khusus.
  • Melindungi aset yakni dengan mengamati secara cermat berbagai kegiatan dalam perusahaan seperti diperlihatkan di dalam rekaman dan mengantisipasi segala hal yang -tidak menguntungkan yang mungkin terjadi.

 

 

Kegiatan Kantor

 

1. Mengumpulkan atau Menghitung Keterangan

Kegiatan mengumpulkan atau menghitung keterangan adalah kegiatan untuk mencari dan mengusahakan tersedianya seluruh keterangan yang belum ada atau berserakan di mana-mana menjadi keterangan yang siap dipergunakan bila diperlukan.

 

2. Mencatat Keterangan

Mencatat keterangan adalah kegiatan membubuhkan keterangan dengan berbagai macam peralatan sesuai dengan perkembangan teknologi modern dan kebutuhan, keterangan yang diperlukan sehingga wujud keterangan dapat langsung siap pakai.

 

3. Mengolah Keterangan

Mengolah keterangan adalah bermacam-macam kegiatan mengerjakan keterangan dengan maksud menyajikannya dalam bentuk yang lebih berguna.

 

4. Menggandakan Keterangan

Menggandakan keterangan adalah kegiatan memperbanyak keterangan dengan berbagai cara dan alat, sebanyak jumlah yang diperlukan.

 

5. Mengirim Keterangan

Mengirim keterangan adalah kegiatan menyampaikan keterangan dengan berbagai cara dan alat dari satu pihak kepada pihak lain.

 

6. Menyimpan Keterangan

Menyimpan keterangan adalah kegiatan untuk menaruh atau meletakkan keterangan dengan berbagai cara dan alat di tempat tertentu sehingga lebih teratur, sistematis, dan aman.

 

 

Jenis – Jenis Kantor

 

1. Virtual Office

Sesuai dengan namanya, sebuah virtual office tidak benar-benar ada secara fisik. Yang ditawarkan adalah alamat surat dan poin kontak yang bisa dihubungi.

Misalnya, sebuah startup menjalankan bisnisnya dari rumah, tetapi menyewa virtual office di gedung perkantoran. Maka, startup tersebut seakan beralamat di gedung perkantoran di mana virtual office berada.

Jadi, walaupun startup dijalankan di rumah, bisnis tersebut akan tetap mendapatkan kredibilitas di antara pengguna potensialnya.

Selain itu, dengan mengalamatkan urusan bisnis kepada virtual office, pengusaha yang bekerja dari rumah akan terjaga privasinya karena urusan bisnis tidak dialamatkan ke rumah pribadi.

Beberapa keuntungan komunikasi yang ditawarkan virtual office adalah resepsionis, asisten, call center, dan lainnya. Selain itu, ada juga space service, yang melibatkan alamat prestisius yang biasa ditawarkan sebuah virtual office.

Servis ini memberikan alamat profesional, alamat surat, tempat meeting, dan kesempatan menyewa tempat untuk sementara waktu.

 

2. Serviced Office

Tempat kerja yang satu ini bukan hanya menyediakan tempat tetapi juga segala pengurusnya. Sebuah manajemen fasilitas yang menjadi pengurusnya akan menyewakan ruangan kerja atau lantai kerja untuk beberapa perusahaan berbeda.

Biasanya serviced office juga terletak di pusat bisnis di kota-kota besar. Tujuan dibentuknya ruang kantor serviced office adalah untuk memberikan fleksibilitas bagi pengusaha yang menggunakannya karenya biasanya dapat disewa dengan mudah.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Kantor : Pengertian, Ciri, Tujuan, Fungsi, Unsur, Kegiatan dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Hubungan Internasional : Pengertian, Asas, Manfaat dan Tujuan Terlengkap

Baca Juga :  √ E-Commerce : Pengertian, Jenis, Manfaat, Dampak dan Contoh Terlengkap

Baca Juga :  √ 19 Pengertian Supply Chain Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Manajemen Keperawatan : Pengertian, Fungsi, Prinsip, Elemen, dan Ruang Lingkupnya Terlengkap