√ Pengertian Sistem Informasi Akuntasi Beserta Penjelasannya [ TERLENGKAP ]

Diposting pada
Rate this post

√ Pengertian Sistem Informasi Akuntasi Beserta Penjelasannya [ TERLENGKAP ] – Hai sobat sarjanaekonomi.co.id pada kesempatan kali ini, kita akan membahas Sistem Informasi Akuntansi ( SIA ). Untuk dapat memahami penjelasan mengenai Sistem informasi Akuntansi secara lengkap, maka baca saja penjelasannya di bawah ini.

 

√ Pengertian Sistem Informasi Akuntasi Beserta Penjelasannya [ TERLENGKAP ]

 

Pengertian Sistem Informasi Akuntasi

Pada dasarnya, Sistem Informasi Akuntasi (SIA) merupakan suatu bagian dari sisitem informasi manajemen, dimana menggabungkan konsep sistem informasi dengan manajemen dan juga penghitungan pembukuan keuangan.

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang sengaja dibuat untuk mempermudah kegiatan atau hal-hal yang berkaitan akuntansi.

SIA ini memang memiliki manfaat yang luar biasa, kita bisa menyingkat waktu dan memperbesar keakuratan analisis akuntansi.

Karena itulah dalam suatu perusahaan-perusahaan besar sistem informasi sangat penting, karena akan sangat meningkatkan produktifitas perusahaan.

 

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

 

1. O’Brien & Marakas

Sistem ialah sekumpulan komponen – komponen yang saling berkaitan satu sama lain, yang memiliki batasan – batasan tertentu yang jelas. Lebih lanjut dikatakan pula, bahwa sistem ini dapat saling bekerjsa bersamaan dalam mencapai tujuan, dengan cara menerima input dan menghasilkan output dalam suatu proses yang terorganisir.

 

2. Ludwig Von Bartalanfy

Sistem merupakan suatu seperangkat unsur – unsur yang saling terikat satu sama lain dalam suatu inter-relasi diantara berbagai unsur tersebut di dalam sebuah lingkungan.

 

3. Jerry FithGerald

Sistem ialah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

 

 

Pengertian Informasi Menurut Para ahli

 

1. Star & Reynolds

Informasi merupakan suatu kumpulan dari fakta yang sudah terorganisir sedemikian rupa, sehingga pada akhirnya memiliki nilai tambah pada usernya, selain fakta individu itu sendiri.

 

2. Laudon dan Laudon

Informasi merupakan sebuah data yang telah dibuat dan juga diolah dengan metode tertentu ke dalam suatu bentuk yang nantinya akan memiliki arti tertentu bagi manusia sebagai penggunanya.

 

 

 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

 

1. Hanny Lucas

Sistem informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur – prosedur yang diorganisasikan, yang mana apabila sistem tersebut dieksekusi, maka sistem tersebut yang akan menyediakan berbagai informasi untuk mendukung pengambilan keputusan serta pengendalian yang ada di dalam suatu organisasi.

 

2. O’Brien

Sistem informasi ini merupakan suatu kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh user atau manusia, hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan juga database (basis data) yang dapat mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang suatu organisasi. Jadi, pada dasarnya, suatu sistem informasi memang harus memiliki elemen – elemen tersebut aga dapat berguna dan juga bekerja dengan optimal.

 

3. John Nash & Robert

Sistem informasi merupakan suatu kombinasi dari user atau orang, teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang memiliki tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah hanya untuk mendapatkan atau memperoleh jalur komunikasi, memproses tipe transaksi, dan memberi sinyal kepada manajemen terhadap kejadian internal di dalam suatu organisasi.

 

4. Gordon B. Davis

Sistem informasi ini merupakan sebuah sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya. Dengan begitu, maka bisa disimpulkan bahwa suatu sistem informasi yang memiliki alur tertentu, mulai dari input hingga menjadi output yang bermanfaat.

 

5. Rommey

Sistem informasi merupakan sebuah sistem yang dapat diselenggarakan untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara dan juga prosedur tertentu.

 

6. Laudon dan Laudon

Sistem informasi adalah suatu komponen yang saling bekerja satu sama lain untuk dapat mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan juga menyebarkan informasi untuk mendukung kegiatan suatu organisasi, seperti pengambilan keputusan, koordinasi, pengendalian, analisis masalah, dan juga visualisasi dari organisasi.

 

√ Pengertian Sistem Informasi Akuntasi Beserta Penjelasannya [ TERLENGKAP ]

 

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

1. Wilkinson

Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan suatu rerangka pengkordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk dapat mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk bisa melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

 

2. Bodnar & Hopwood

Sistem informasi akuntansi merupakan suatu kumpulan dari berbagai macam sumber daya, seperti manusia dan juga peralatan yang dirancang untuk dapat mengubah data keuangan dan juga data lainnya menjadi sebuah informasi yang berguna bagi user dan penggunanya.

 

3. Jogiyanto

Sistem informasi akuntasi merupakan sebuah bentuk sistem informasi yang dapat merubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakai atau usernya.

 

4. Widjajanto

Sistem informasi akuntansi adalah suatu susunan dari berbagai dokumen, alat komunikasi, tenaga pelaksana, dan berbagai laporan yang didesain untuk mentransformasikan data keuangan dari sebuah perusahaan atau organisasi menjadi informasi keuangan yang berguna dan bermanfaat.

 

5. Mulyadi

Sistem informasi akuntasi merupakan suatu bentuk sistem informasi yang memiliki tujuan untuk dapat menyediakan informasi bagi pengelola kegiatan usaha, memperbaiki suatu informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada sebelumnya, dapat memperbaiki pengendalian akuntasi dan juga pengecekan internal, serta membantu memperbaiki biaya klerikal dalam pemeliharaan catatan akuntansi.

 

6. Jones & Rama

Sistem informasi akuntansi atau SIA merupakan sebuah subsitem dari suatu sistem informasi manajemen, dimana subsistem tersebut menyediakan informasi akuntansi dan keuangan, bersamaan dengan informasi lainnya dalam proses transaksi akuntansi yang rutin.

 

7. Romney & Steinbart

Sistem informasi akuntasi merupakan sebuah sistem yang dapat mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan juga memproses data menjadi informasi yang berguna dalam membantu proses pengambilan keputusan.

 

 

Tujuan Sistem Informasi Akuntansi

  • Mengolah dan dapat menyimpan data seluruh transaksi keuangan.
  • Memproses data keuangan menjadi suatu informasi dalam pengambilan keputusan manajemen mengenai perencanaan dan pengendalian usaha.
  • Pengawasan terhadap seluruh aktifitas keuangan suatu perusahaan.
  • Efisiensi biaya dan waktu terhadap kinerja pada keuangan.
  • Penyajian suatu data keuangan yang sistematis dan akurat dalam periode akuntansi yang tepat.

 

 

Karakteristik Sistem Informasi Akuntansi

√ Pengertian Sistem Informasi Akuntasi Beserta Penjelasannya [ TERLENGKAP ]

 

Berikut ini karakteristik yang dimiliki SIA, diantaranya ialah :

1. Melaksanakan Tugas Yang Diperlukan

Yaitu dapat melakukan tugas yang hanya dibutuhkan oleh pengguna sistem informasi saja.

 

2. Berpegang Pada Prosedur Standar Perusahaan

Yaitu berfungsi sesuai pada peraturan yang terdapat pada organisasi atau perusahaan.

 

3. Menangani Data Terinci

Yaitu yang memproses atau menangani data yang jelas dan lengkap.

 

4. Berfokus Pada Historis

Yaitu berfokus untuk menangani data-data yang sebelumnya telah dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.

 

5. Menyediakan Berbagai macam Informasi Pemecahan Masalah

Yaitu berfungsi yang menyediakan berbagai informasi untuk memecahkan permasalahan, dan mempermudah menyelesaikannya.

 

 

Fungsi Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

  • Mengumpulkan serta menyimpan data suatu aktivitas atau transaksi perusahaan.
  • Memproses data yang telah terkumpul menjadi informasi yang bermanfaat saat pengambilan keputusan.
  • Melakukan suatu kontrol yang efektif dan tepat terhadap aset-aset perusahaan atau organisasi.
  • Meningkatkan suatu kualitas layanan atau produk serta meminimalisir biaya produksi atau jasa sehingga keuntungan perusahaan meningkat.
  • Peningkatan pada efisiensi kerja pada bagian keuangan.
  • Sharing Knowledge (Alih ilmu) dalam mengalami peningkatan.

 

Tujuan Sistem Informasi Akuntansi

Adapun tujuan dalam sistem informasi akuntansi antara lain yakni :

  • Melakukan suatu pengelolahan dan penyimpanan data semua transaksi keuangan.
  • Melakukan suatu proses data keuangan menjadi informasi dalam mengambil keputusan manajemen tentang perencaan dan melakukan kendali usaha.
  • Mengawas atas semua kegiatan pada keuangan perusahaan.
  • Melakukan efisiensi biaya dan waktu atas kinerja pada keuangan.
  • Melakukan penyajian suatu data keuangan secara sistematis dan akurat dalam waktu akuntansi yang tepat.

 

 

Manfaat Sistem Informasi Akuntansi

Suatu sistem informasi akuntansi mempunyai manfaat antara lain yakni :

  • Menyiapkan suatu informasi yang akurat serta tepat waktu menjadikan bisa melaksanakan aktivitas utama pada value chain dengan efektif dan efisien.
  • Melakukan peningkatan pada kualitas dan pengurangan biaya produk dan jasa yang dihasilkan.
  • Melakukan suatu peningkatan efisiensi.
  • Melakukan peningkatan pada kemampuan dalam mengambil keputusan.
  • Melakukan peningkatan pada sharing knowledge atau berbagi pengalaman.
  • Menambah efisiensi kerja pada bagian keungan.

 

 

Komponen Sistem Informasi Akuntansi

Komponen dari sistem informasi akuntansi antara lainya adalah sebagai berikut :

  • Manusia adalah sebagai pelaku yang melaksanakan sistem.
  • Transaksi sebagai objek dari suatu sistem informasi akuntansi sebagai masukan, kemudian diproses sehingga terjadi informasi.
  • Prosedur ini merupakan langkah demi langkah yang harus dilalu dalam menjalankan transaksi atau kegiatan perusahaan.
  • Dokumen merupakan suatu bentuk dari formulir yang dipakai untuk sarana pencatatan ketika melakukan tarksaksi.
  • Peralatan ini merupakan sebuah alat atau sarana yang dipakai dalam melaksanakan pencatatan di sistem informasi yang bersangkutan.

 

 

Subsistem Sistem Informasi Akuntansi

Subsistem SIA yaitu suatu sistem yang memproses transaksi keuangan maupun nonkeuangan. Transaksi nonkeuangan ini secara langsung dapat berpengaruh pada proses transaksi keuangan.

Subsistenya terbagi kedalam tiga bagian, diantaranya adalah :

 

1. Sistem Yang Memproses Transaksi

Yaitu suatu sistem yang mendukung dalam memproses kegiatan transaksi bisnis sehari-hari.

 

2. Sistem Laporan Keuangan

Yaitu suatu sistem yang menghasilkan laporan keuangan,misalnya seperti laporan keuntungan, laporan kerugian, laporan kas,laporan pajak dan sebagainya.

 

3. Sistem Laporan Manajemen

Yaitu suatu sistem yang menyediakan laporan keuangan atau informasi khusus bagi pihak manajemen, yang dimana informasi tersebut dapat digunakan untuk mengambil suatu keputusan.

 

 

Kendala Umum dalam Penerapan Sistem Informasi Akuntansi

  • SDM yang belum siap terhadap suatu penerapan sistem dan standarisasi keuangan yang baru, dan dibutuhkan waktu untuk pelatihan dan penerapannya.
  • Dibutuhkan software accounting dan perangkat komputer yang dapat menunjang tingkat keamanan dan kerahasiaan data keuangan 100%.

 

Itulah penjelasan tentang √ Pengertian Sistem Informasi Akuntasi Beserta Penjelasannya [ TERLENGKAP ]. Semoga dapat menjadi referensi wawasan dan ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih sudah berkunjung.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Kewirausahaan : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Ciri, & Tantangannya Lengkap

Baca Juga :  √ Pengertian, Fungsi, Jenis, Sifat, dan Manfaat Laporan Keuangan Terlengkap

Baca Juga :  √ Pengertian Sistem Informasi Akuntasi Beserta Penjelasannya [ TERLENGKAP ]

Baca Juga :  √ Pengertian Sistem Informasi Akuntasi Beserta Penjelasannya [ TERLENGKAP ]