Importir Adalah

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Importir. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Importir


Pengertian Importir

Importir adalah suatu orang maupun lembaga dalam melakukan perantara dagang yang akan mendatangkan barang dari luar negeri. Barang yang di impor dapat digunakan sebagai bahan dalam memproduksi barang yang mempunyai tujuan untuk dapat dikonsumsi masyarakat. Importir juga dapat dikatakan sebagai seseorang yang melakukan kegiatan import.


Jenis – Jenis Importir

1. Importir Umum
Importir umum yaitu perusahaan impor yang khusu untuk mengimport berbagai macam barang dagang. Perusahaan yang biasanya memperoleh status sebagai importir umum ini hanya seperti Perseroan Niaga. Contohnya Trading House atau Wisma Dagang.

2. Importir Terbatas
Importir terbatas yaitu suatu perusahaan yang terdiri dari UU PMA/PMDN. sehingga perusahaan dapat menerima izin yang diberikan dalam bentuk API-T (Angka Pengenal Importir Terbatas), yang dikeluarkan oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanam Modal) atas nama Menteri Perdagangan guna meningkatkan kualitas barang yang ingin diimportirkan dalam suatu negara.

3. Import-Merchant
Import Merchant yaitu suatu badan usaha yang telah diberikan izin oleh pemerintah dalam bentuk Tanda Pengenal Pengakuan Impor (TAPPI) untuk dapat mengimpor barang-barang yang bersifat khusus dan sudah memiliki izin atas impor. Selain barang yang sudah diberikan izin, barang yang lain tidak dapat diterima.

4. Sole Agent Importer
Sole Agent Importer yaitu suatu perusahaan luar negeri yang mempunyai minat untuk melakukan perdagangan di Indonesia. Kemudian mengangkat perusahaan setempat sebagai Kantor Perwakilannya yang telah ditunjuk sebagai agen yang akhirnya dijadikan perusahaan luar negeri mengimpor hasil produksinya di Indonesia.

Baca Juga :  Ombudsman Adalah

5. Approved-Traders
Approved-Traders yaitu seorang pengusaha impor biasa yang secara khusus diistimewakan oleh pemerintah terutama pada Dapartemen Perdagangan untuk dapat mengimpor komoditi tertentu yang mempunyai tujuan tertentu.


Demikianlah pembahasan mengenai √ Importir : Pengertian dan Jenis – Jenisnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :