Marketing Mix

Diposting pada

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Marketing Mix. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Marketing Mix


Pengertian Marketing Mix


Marketing mix adalah suatu bentuk kumpulan variabel marketing yang dapat digunakan untuk mencapai sebuah tujuan marketing pasar yang telah ditargetkan.

Marketing mix juga salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini. Dimana konsep marketing mix dibuat agar salah satu kegiatan pemasaran dapat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit.


Pengertian Marketing Mix Menurut Para Ahli


1. Buchari Alma
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah suatu bentuk strategi dalam mengkombinasikan berbagai macam kegiatan marketing, agar tercipta sebuah kombinasi maksimal sehingga akan muncul hasil yang paling memuaskan.


2. Sofjan Assauri
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah suatu bentuk kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, yang mana variabel bisa saja di kendalikan oleh bagian pemasaran untuk dapat mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen.


3. Gugup Kismono
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah suatu bentuk kombinasi dari berbagai macam variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari pemasaran yang terdiri dari strategi produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place).

Baca Juga :  Loyalitas Adalah

4. Sumarmi dan Soeprihanto
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah sebagai kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi.


5. Kotler dan Armstrong
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah sebagai perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam target market.


6. Fandy Tjiptono (2004)
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah seperangkat alat yang dapat digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik barang/jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.


Konsep Bauran Pemasaran (7P)


  • Tempat (Place)

Tempat atau Place dalam bauran pemasaran ini pada dasarnya adalah suatu bentuk saluran distribusi yang dapat mengacu terhadap lokasi di mana produk tersedia dan dapat dijual atau dibeli.


  • Produk (Product)

Produk adalah sesuatu yang memiliki nilai fungsional dan dapat digunakan oleh pelanggan untuk mencapai sesuatu.


  • Promosi (Promotion)

Promotion atau Promosi dalam bauran pemasaran adalah strategi yang diterapkan oleh pemasar untuk membuat pelanggan sadar akan keberadaan produk ataupun mereknya.


  • Harga (Price)

Harga adalah elemen terpenting kedua dalam bauran pemasaran. Harga adalah nilai yang akan didapatkan sebagai pengganti produk.


  •  People (Orang)

People atau aspek orang yang dimaksud people disini tentu bukan hanya konsumen saja. Namun seluruh SDM yang terlibat, termasuk pekerja hingga tim bisnis. Khusus untuk aspek ini sangat penting untuk diperhatikan.


  • Process (Proses)

Aspek proses merupakan gabungan dari keseluruhan aktivitas. Seluruh aktivitas tersebut berhubungan dengan produk yang dihasilkan serta disampaikan kepada konsumen.


  • Physical Evidence (Bukti Fisik)

Bukti fisik/physical evidence yaitu semua perangkat yang digunakan sebagai pendukung berjalannya sebuah bisnis.

Baca Juga :  Bauran Pemasaran

Tujuan Marketing Mix


  •  Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Direct marketing adalah suatu bentuk sistem pemasaran interaktif yang dapat menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.


  •  Periklanan (Advertising)

Periklanan merupakan salah satu bentuk kegiatan penting dalam melakukannya marketing mix. Tujuan utama dari periklanan ini adalah untuk dapat memberikan informasi tentang produk (barang/ jasa) kepada target konsumen agar mampu meningkatkan penjualan.


  • Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Kumpulan berbagai alat intensif yang dirancang untuk mendorong pembelian suatu barang/ jasa.


Fungsi Marketing Mix


1. Fungsi Distribusi Fisik
Distribusi fisik suatu produk dapat dilakukan dengan cara mengangkut dan menyimpan produk.


2. Fungsi Pertukaran
Konsumen dapat membeli produk yang berasal dari produsen baik itu dengan menukar uang dengan produk atau melakukan pertukaran produk dengan produk untuk digunakan sendiri ataupun untuk dijual kembali.


3. Fungsi Perantara
Marketing ini merupakan media perantara untuk menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik.


Manfaat Marketing Mix


1. Mampu Menganalisa Keuangan
Pemilik bisnis harus mengetahui bagaimana arus biaya dan pendapatan sesuai dengan situasi yang terjadi.


2. Alokasi Sumber Daya yang Bijaksana
Sumber daya biasanya bersifat terbatas sehingga harus digunakan seefektif mungkin.


3. Memfasilitasi Proses Komunikasi
Mampu mengalokasikan bentuk tanggung jawab untuk tiap bagian divisi dengan jobdesk masing-masing yang telah ditentukan.


4. Sederhana
Konsep ini dapat menyederhanakan dan menyatukan berbagai macam bentuk kegiatan pemasaran yang menjadi satu, sehingga bagian pemasaran lebih mudah untuk dilakukan dan dikelola.


5. Alokasi Tanggung Jawab
Bisnis membutuhkan tim yang solid dan satu, akan tetapi pemilik bisnis ataupun manajer perlu untuk mengalokasikan tanggung jawab kepada tiap orang sesuai dengan jobdesk dan kemampuan yang dimiliki.

Baca Juga :  Pemasaran Jasa

Kelebihan Marketing Mix


  • Memudahkan dalam pengembangan produk
  • Memudahkan dalam diferensiasi bisnis
  • Memudahkan dalam membuat pemasaran yang kuat

Kekurangan Marketing Mix


  • Tidak dapat membahas terkait hubungan dengan konsumen dan brand experience
  • Menganggap konsumen sebagai suatu pihak pasif yang tidak dapat memungkinkan untuk melakukan interaksi dengan yang lain
  • Lebih berorientasi pada internal bisnis sehingga tidak mempertimbangkan perilaku konsumen

Demikianlah pembahasan mengenai √ Marketing Mix : Pengertian, Konsep, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :