Marketing Mix

By Dosen Ekonomi #10 bauran produk, #10 variabel pemasaran, #9 p dalam marketing, #analisis marketing mix 4p, #Analisis SWOT, #apa definisi product, #apa pengertian manajemen keuangan, #apa tujuan pemasaran produk, #apa yang dimaksud dengan marketing mix, #artikel marketing mix, #bagaimana kinerja pemasaran dievaluasi, #bagaimana unsur unsur bauran pemasaran berinteraksi, #bauran jasa dalam bentuk bagan, #bauran pemasaran, #bauran pemasaran 4p, #bauran pemasaran 7p menurut para ahli, #bauran pemasaran 9p, #bauran pemasaran adalah, #bauran pemasaran jasa 7p. ut, #bauran pemasaran menurut para ahli, #bauran pemasaran menurut para ahli 2016, #bauran pemasaran merupakan, #cara memperkenalkan usaha baru, #cara mengembangkan usaha tahu, #contoh analisis marketing mix, #contoh bauran pemasaran, #contoh bauran pemasaran 4p, #contoh bauran pemasaran produk makanan, #contoh contoh kegiatan promosi, #contoh marketing mix, #contoh marketing mix 4p, #contoh marketing mix 4p makanan, #contoh marketing mix 7p aqua, #contoh marketing mix 7p perusahaan jasa, #contoh marketing mix makanan, #contoh marketing mix produk makanan, #contoh penerapan marketing mix 7p, #contoh selling, #contoh soal pilihan ganda marketing mix, #contoh studi kasus bauran pemasaran, #dalam bauran pemasaran place adalah, #dalam pengujian produk yang dilakukan adalah, #definisi bauran penjualan dan contohnya, #ghost shopping adalah, #jelaskan 4 manfaat pemasaran online, #jelaskan pengertian manajemen pemasaran, #jelaskan peran dan fungsi dari marketing mix berikan jawaban disertai dengan contoh, #jelaskan perbedaan pemasaran dan penjualan ?, #jelaskan salah satu bauran pemasaran?, #jurnal bauran pemasaran 9p, #jurnal marketing mix, #kesimpulan marketing mix, #konsep marketing mix, #konsep penting dalam marketing, #macam macam permintaan dalam pemasaran, #makalah bauran pemasaran, #makalah marketing mix, #manajemen dan strategi pengembangan bisnis, #manajemen jasa terpadu, #manfaat 4p, #manfaat bauran pemasaran, #manfaat marketing mix, #marketing mix 11p, #marketing mix 14p, #marketing mix 20p, #marketing mix 4p, #marketing mix 4p pdf, #marketing mix 7p, #marketing mix 7p dan contohnya, #marketing mix 9p, #marketing mix adalah, #marketing mix adalah brainly, #marketing mix emina, #marketing mix menurut para ahli, #marketing mix pdf, #marketing mix ppt, #marketing mix strategy, #marketing mix thai tea, #marketing place, #materi marketing mix, #membangun strategi pemasaran, #membuat strategi pemasaran, #mengidentifikasi marketing plan, #pengaruh marketing mix, #pengertian 4p, #pengertian marketing mix, #pengertian marketing mix 4p, #pengertian marketing mix 7p menurut para ahli, #pengertian marketing mix menurut para ahli, #pengertian marketing plan, #pengertian produk dalam bauran pemasaran, #pengertian promotion mix, #pentingnya marketing mix 7p, #pentingnya strategi pemasaran, #peran bauran pemasaran, #perbedaan 4p dan 7p, #perbedaan bauran pemasaran barang dan jasa, #perencanaan pemasaran, #pertanyaan diskusi tentang marketing mix, #pertanyaan tentang marketing mix, #pertanyaan wawancara tentang bauran pemasaran, #product mix, #product mix strategy adalah, #promotional mix, #proposal marketing mix, #sebut dan jelaskan tujuan pemberian merek, #sebutkan 3 tujuan utama kegiatan promosi, #sebutkan 4 jenis perencanaan pemasaran, #sebutkan 6 fungsi pemasaran, #sebutkan 6 langkah perencanaan pemasaran, #sebutkan bauran pemasaran, #sebutkan dan jelaskan 3 konsep strategi, #sebutkan definisi perilaku konsumen, #sebutkan karakteristik produk pertanian, #sebutkan tahap-tahap daur ulang produk!, #skripsi bauran pemasaran 4p, #skripsi marketing mix, #strategi pemasaran digital, #tahapan marketing plan, #tahapan membuat marketing plan, #teknik marketing adalah, #timing strategy adalah, #tingkatan jasa, #tugas akhir marketing mix, #tugas marketing mix, #tujuan marketing mix, #tujuan perencanaan pemasaran adalah, #tujuan sistem pemasaran, #tuliskan 3 tujuan utama kegiatan promosi, #tuliskan 8 manfaat marketing plan, #tuliskan dan jelaskan konsep marketing mix, #unsur marketing mix, #unsur-unsur marketing mix, #variabel marketing mix
Marketing Mix

SarjanaEkonomi.Co.Id – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai artikel yang berjudul Marketing Mix. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Marketing Mix


Pengertian Marketing Mix


Marketing mix adalah suatu bentuk kumpulan variabel marketing yang dapat digunakan untuk mencapai sebuah tujuan marketing pasar yang telah ditargetkan.

Marketing mix juga salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini. Dimana konsep marketing mix dibuat agar salah satu kegiatan pemasaran dapat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit.


Pengertian Marketing Mix Menurut Para Ahli


1. Buchari Alma
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah suatu bentuk strategi dalam mengkombinasikan berbagai macam kegiatan marketing, agar tercipta sebuah kombinasi maksimal sehingga akan muncul hasil yang paling memuaskan.


2. Sofjan Assauri
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah suatu bentuk kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, yang mana variabel bisa saja di kendalikan oleh bagian pemasaran untuk dapat mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen.


3. Gugup Kismono
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah suatu bentuk kombinasi dari berbagai macam variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari pemasaran yang terdiri dari strategi produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place).


4. Sumarmi dan Soeprihanto
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah sebagai kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi.


5. Kotler dan Armstrong
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah sebagai perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam target market.


6. Fandy Tjiptono (2004)
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah seperangkat alat yang dapat digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik barang/jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.


Konsep Bauran Pemasaran (7P)


  • Tempat (Place)

Tempat atau Place dalam bauran pemasaran ini pada dasarnya adalah suatu bentuk saluran distribusi yang dapat mengacu terhadap lokasi di mana produk tersedia dan dapat dijual atau dibeli.


  • Produk (Product)

Produk adalah sesuatu yang memiliki nilai fungsional dan dapat digunakan oleh pelanggan untuk mencapai sesuatu.


  • Promosi (Promotion)

Promotion atau Promosi dalam bauran pemasaran adalah strategi yang diterapkan oleh pemasar untuk membuat pelanggan sadar akan keberadaan produk ataupun mereknya.


  • Harga (Price)

Harga adalah elemen terpenting kedua dalam bauran pemasaran. Harga adalah nilai yang akan didapatkan sebagai pengganti produk.


  •  People (Orang)

People atau aspek orang yang dimaksud people disini tentu bukan hanya konsumen saja. Namun seluruh SDM yang terlibat, termasuk pekerja hingga tim bisnis. Khusus untuk aspek ini sangat penting untuk diperhatikan.


  • Process (Proses)

Aspek proses merupakan gabungan dari keseluruhan aktivitas. Seluruh aktivitas tersebut berhubungan dengan produk yang dihasilkan serta disampaikan kepada konsumen.


  • Physical Evidence (Bukti Fisik)

Bukti fisik/physical evidence yaitu semua perangkat yang digunakan sebagai pendukung berjalannya sebuah bisnis.


Tujuan Marketing Mix


  •  Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Direct marketing adalah suatu bentuk sistem pemasaran interaktif yang dapat menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi.


  •  Periklanan (Advertising)

Periklanan merupakan salah satu bentuk kegiatan penting dalam melakukannya marketing mix. Tujuan utama dari periklanan ini adalah untuk dapat memberikan informasi tentang produk (barang/ jasa) kepada target konsumen agar mampu meningkatkan penjualan.


  • Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Kumpulan berbagai alat intensif yang dirancang untuk mendorong pembelian suatu barang/ jasa.


Fungsi Marketing Mix


1. Fungsi Distribusi Fisik
Distribusi fisik suatu produk dapat dilakukan dengan cara mengangkut dan menyimpan produk.


2. Fungsi Pertukaran
Konsumen dapat membeli produk yang berasal dari produsen baik itu dengan menukar uang dengan produk atau melakukan pertukaran produk dengan produk untuk digunakan sendiri ataupun untuk dijual kembali.


3. Fungsi Perantara
Marketing ini merupakan media perantara untuk menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik.


Manfaat Marketing Mix


1. Mampu Menganalisa Keuangan
Pemilik bisnis harus mengetahui bagaimana arus biaya dan pendapatan sesuai dengan situasi yang terjadi.


2. Alokasi Sumber Daya yang Bijaksana
Sumber daya biasanya bersifat terbatas sehingga harus digunakan seefektif mungkin.


3. Memfasilitasi Proses Komunikasi
Mampu mengalokasikan bentuk tanggung jawab untuk tiap bagian divisi dengan jobdesk masing-masing yang telah ditentukan.


4. Sederhana
Konsep ini dapat menyederhanakan dan menyatukan berbagai macam bentuk kegiatan pemasaran yang menjadi satu, sehingga bagian pemasaran lebih mudah untuk dilakukan dan dikelola.


5. Alokasi Tanggung Jawab
Bisnis membutuhkan tim yang solid dan satu, akan tetapi pemilik bisnis ataupun manajer perlu untuk mengalokasikan tanggung jawab kepada tiap orang sesuai dengan jobdesk dan kemampuan yang dimiliki.


Kelebihan Marketing Mix


  • Memudahkan dalam pengembangan produk
  • Memudahkan dalam diferensiasi bisnis
  • Memudahkan dalam membuat pemasaran yang kuat

Kekurangan Marketing Mix


  • Tidak dapat membahas terkait hubungan dengan konsumen dan brand experience
  • Menganggap konsumen sebagai suatu pihak pasif yang tidak dapat memungkinkan untuk melakukan interaksi dengan yang lain
  • Lebih berorientasi pada internal bisnis sehingga tidak mempertimbangkan perilaku konsumen

Demikianlah pembahasan mengenai √ Marketing Mix : Pengertian, Konsep, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */