√ 19 Pengertian Supply Chain Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada
√ 19 Pengertian Supply Chain Menurut Para Ahli Terlengkap
5 (100%) 15 votes

√ 19 Pengertian Supply Chain Menurut Para Ahli TerlengkapHai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Supply Chain Management. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 19 Pengertian Supply Chain Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 19 Pengertian Supply Chain Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Supply Chain Management Menurut Para Ahli

 

 

1. Simchi-Levi, David, Philip Kaminsky, dan Edith

Supply Chain Management merupakan rangkaian pendekatan yang digunakan untuk dapat mengintegrasikan pemasok, produsen, gudang serta toko dengan secara efektif.

Supaya persediaan barang dapat diproduksi serta didistribusi pada jumlah yang tepat, ke lokasi yang tepat, dan juga pada waktu yang tepat sehingga biaya keseluruhan sistem bisa diminimalisir selagi berusaha dapat memuaskan kebutuhan dan layanan.

 

 

2. Robert J. Vokurka, Gail M. Zank, dan Carl M. Lund III

SCM yaitu semua kegiatan atau aktivitas yang terlibat dalam menghantarkan produk dari bahan baku dengan melalui pelanggan termasuk sumber bahan baku serta suku cadang.

Manufaktur dan juga perakitan, pergudangan serta pelacakan inventaris, pesanan yang masuk dan juga manajemen pesanan, distribusi di semua saluran, pengiriman ke pelanggan, serta sistem informasi yang diperlukan untuk memantau seluruh kegiatan.

 

 

3. Heizer dan Rander

SCM yakni suatu aktivitas atau kegiatan pengelolaan berbagai kegiatan didalam rangka mendapatkan bahan mentah itu menjadi barang setengah jadi serta barang jadi, setelah itu mengirimkan produk tersebut ke konsumen dengan melalui sistem distribusi.

 

 

4. Chase, Aquilano, dan Jacob

SCM ialah sebuah sistem untuk menerapkan pendekatan dengan secara total dalam mengelola seluruh aliran informasi, bahan, serta juga jasa dari bahan baku dengan melalui pabrik serta gudang hingga ke konsumen akhir.

Baca Juga :  √ Manajemen : Sejarah, Perkembangannya, Teori Tokoh & Fungsi Dari Awal Hingga Sekarang [ TERLENGKAP ]

 

 

5. Stevenson

SCM merupakan suatu koordinasi strategis dari rantai pasokan dengan tujuan untuk dapat mengintegrasikan manajemen penawaran serta permintaan.

 

 

6. James A dan Mona J. Fitzsimmons

SCM yakni sebuah sistem pendekatan total untuk mengantarkan produk ke konsumen akhir dengan menggunakan teknologi informasi didalam mengkoordinasikan seluruh elemen supply chain dari mulai pemasok ke pengecer.

 

 

7. Russell dan Taylor

SCM ialah suatu proses mengelola arus informasi, produk serta juga pelayanan di semua jaringan baik itu pelanggan, perusahaan hingga pemasok.

 

 

8. Christopher

SCM adalah hubungan timbal balik antara penyedia dan pelanggan untuk menyampaikan nilai-nilai yang sangat optimal kepada pelanggan dengan biaya yang cukup rendah namun memberikan keuntungan supply chain secara menyeluruh.

 

 

9. Indrajit dan Djokopranoto

SCM yakni suatu sistem tempat organisasi menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada para pelanggannya.

 

 

10. Ballou

SCM merupakan jaringan dari organisasi–organisasi yang saling berhubungan dan saling membutuhkan satu sama lain dan mereka bekerjasama untuk mengatur, mengawasi dan meningkatkan arus komoditi dan informasi semenjak dari tititk supplier hingga ke end user.

 

 

11. Pujawan

SCM ialah jaringan perusahaan- perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir.

Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya termasuk pemasok (supplier), pabrik, distributor, toko, atau ritel, serta perusahaan- perusahaan pendukung seperti perusahaan jasa logistik.

 

 

12. J.Aitken

SCM yaitu sebuah jaringan yang terhubung dan saling bergantung dan menguntungkan dalam organisasi dan saling bekerja sama untuk mengendalikan, mengatur dan mengembangkan alrus material dan informasi dari supplier ke end user.

Baca Juga :  √ Supply Chain Management : Pengertian, Tujuan, Proses dan Komponen Terlengkap

 

 

13. Schroeder

SCM merupakan rangkaian dari proses bisnis dan informasi yang menyediakan produk atau jasa dari supplier ke manufaktur, dan mendistributorkan ke konsumen.

 

 

14. Levi, et.al

SCM ialah suatu pendekatan yang digunakan untuk mencapai pengintegrasian yang efisien dari supplier, manufacturer, distributor, retailer, dan customer.

 

15. Chow et.al.

SCM merupakan pendekatan yang holistik dan strategis dalam hal permintaan, operasional, pembelian, dan manajemen proses logistik.

 

 

16. Pires, et.al.

SCM yaitu sebuah jaringan supplier, manufaktur, perakitan, distribusi, dan fasilitas logistik yang membentuk fungsi pembelian dari material, transformasi material menjadi barang setengah jadi maupun produk jadi, dan proses distribusi dari produk-produk tersebut ke konsumen.

 

 

17. Dr. Dawei Lu

SCM ialah sebuah kelompok dari partisipasi perusahaan yang saling terkait yang menambahakan nilai pada aliran dari perubahan input dari Sumber asal mereka ke produk akhir atau jasa yang dituntut dari konsumen akhir yang dituju.

Supply chain dibentuk dan hanya dapat dibentuk apabila adanya lebih dari satu perusahaan yang berpartisipasi.

 

 

18. Said

SCM merupakan pengelolaan informasi, barang dan jasa mulai dari pemasok paling awal sampai ke konsumen paling akhir dengan menggunakan pendekatan sistem yang terintegrasi dengan tujuan yang sama.

 

 

19. Mentzer et. al.

SCM yakni koordinasi sistem strategis fungsi bisnis tradisional dan taktik seluruh fungsi-fungsi bisnis dalam suatu perusahaan tertentu dan di seluruh perusahaan dalam rantai pasokan.

Untuk tujuan meningkatkan kinerja jangka panjang perusahaan individu dan pasokan rantai secara keseluruhan.

 

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 19 Pengertian Supply Chain Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

Baca Juga :  √ Sistem Ekonomi : Pengertian, Fungsi, Macam, Ciri dan Tujuan Terlengkap

 

 

Baca Juga Artikel :