√ 20 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada
√ 20 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli Terlengkap
5 (100%) 12 votes

√ 20 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Modernisasi. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 20 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 20 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

 

1. Abdul Syam

Modernisasi merupakan salah satu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang jauh lebih maju atau meningkat dalam berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat.

 

2. Soerjono Soekanto

Modernisasi merupakan suatu bentuk dari perubahan sosial yang biasanya dapat terarah dan juga didasarkan pada suatu perencanaan.

 

3. Wilbert E. Moore

Modernisasi yaitu sebuah bentuk dari transformasi total kehidupan bersama dalam bidang teknologi dan organisasi sosial dari yang tradisional ke arah berbagai pola-pola ekonomis dan politis yang didahului oleh negara-negara barat yang telah stabil.

 

4. Koentjaraningrat

Modernisasi adalah salah satu bentuk usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan dunia sekarang.

 

5. Johan Willem Schoorl

Modernisasi ialah sesuatu hal dari penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan.

 

6. Ogburn dan Nimkoff

Modernisasi yaitu suatu usaha untuk dapat mengarahkan masyarakat agar bisa memproyeksikan diri ke masa depan nyata dan bukan pada angan-angan semu.

 

7. Astrid S. Susanto

Modernisasi yakni sesuatu proses dari pembangunan yang dapat memberikan kesempatan ke arah perubahan demi kemajuan.

 

8. Widjojo Nitisastro

Modernisasi ialah salah satu bentuk transformasi atau perubahan total dari kehidupan tradisional dan organisasi sosial menuju ke arah berbagai pola-pola ekonomis dan politis.

 

9. Harold Rosenberg

Modernisasi yaitu sebuah tradisi baru yang dapat mengacu pada urbanisasi atau pengikisan sifat-sifat pedesaan suatu masyarakat.

 

10. Alex Thio

Modernisasi merupakan salah satu bentuk dari perubahan sosial yang dulunya masyarakat pertanian berubah menjadi masyarakat industri.

 

11. Diderot

Modernisasi yakni sesuatu kehadiran manusia yang menaruh sebuah kepentingan diatas makhluk lain.

 

12. R. Soekmono

Modernisasi yaitu zaman yang coraknya dapat ditentukan oleh berbagai pengaruh-pengaruh Eropa Barat.

 

13. Alvin Hadiwono

Modernisasi merupakan salah satu era puncak kebudayaan inderawi.

 

14. Ahmad Baso

Modernisasi yaitu suatu fenomena yang pada akhirnya akan membawa musnahnya sebuah perbedaan dasar antara ruang privat dan ruang publik yakni tenggelamnya keduanya.

 

15. Neil Smelser

Modernisasi ini akan selalu melibatkan sebuah konsep diferensiasi struktural. Dengan proses modernisasi ini, ketidakteraturan dalam suatu struktur masyarakat yang melakukan fungsi yang berbeda pada saat yang sama akan dibagi menjadi substruktur untuk dapat menjalankan fungsi yang lebih khusus.

 

16. James S. Coleman

Modernisasi politik dapat mengacu pada proses diferensiasi struktur politik dan sekularisasi budaya politik yang mengarah pada etos keadilan.

Ada tiga hal utama yang diungkapkan mengenai modernisasi yakni :

  • Diferensiasi politik yang dapat dianggap sebagai salah satu kecenderungan sejarah perkembangan sistem politik modern.
  • Prinsip pada kesetaraan dan keadilan merupakan etos masyarakat modern.
  • Upaya pembangunan politik bahwa keadilan akan dapat mengambil efek pada pengembangan kapasitas dari sistem politik.

 

17. Rostow

Masalah dana investasi dapat diselesikan dengan beberapa cara, yaitu dengan penghapusan sumber pendanaan radikal atau melalui berbagai kebijakan pajak, investasi dari suatu lembaga keuangan, perdagangan internasional dan investasi asing langsung.

 

18. Walt Whitman Rostow

Makna dari Modernisasi ada lima tahap pembangunan ekonomi, yaitu pada masyarakat tradisional, persiapan lepas landas, lepas landas dan menuju kedewasaan serta konsumsi massa.

Namun, masalah yang dihadapi berbagai negara-negara Dunia Ketiga yaitu bagaimana untuk mendapatkan sumber daya yang diperlukan, khususnya pada sumber daya modal untuk mencapai tingkat tinggi investasi produktif.

 

19. Gidens

Modernitas dilihat dari 4 dimensi mendasar yaitu sebagai berikut :

  • Kapitalisme yaitu yang ditandai oleh suatu produksi komoditi, pemilikan pribadi atas modal, tenaga kerja tanpa property, dan sistem kelas yang berasal dari ciri-ciri tersebut.
  • Industrialisme (berbagai proses-proses produksi di dalam industri) yang dapat melibatkan penggunaan sumberdaya alam dan mesin untuk memproduksi berbagai barang. Industralisme ini tidak terbatas pada tempat berkerja saja tetapi industrialisme dapat mempengaruhi sederetan lingkungan lain seperti transportasi, komunikasi bahkan pada kehidupan rumah tangga.
  • Kemampuan pengawasan (surveilance capacity) dapat megacu kepada pengawasan atas aktivitas warga negara individual dalam sebuah bidang politik misalnya CCTV, trafic camera dan satelite.
  • Kekuatan militer atau pengendalian atas alat-alat kekerasan merupakan politik pemerintah yang ada di dalam untuk mengambil alih semua instrumen kekerasan, ini dimaksudkan agar masyarakat sipil tidak boleh menggunakan suatu kekerasan kecuali pemerintah termasuk industrialisasi peralatan perang.

 

20. Arbi Sanit

Modernisasi yaitu suatu proses terjadinya pada perubahan dalam setiap lini kehidupan individu yang awalnya tradisional yang dapat mengarah pada kehidupan yang modern.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 20 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Dividen : Pengertian, Syarat, Prosedur, Teori dan Jenis - Jenis Terlengkap

Baca Juga :  √ Profitabilitas : Pengertian, Jenis, Fungsi & Rumusnya Lengkap

Baca Juga :  √ Saham : Pengertian, Manfaat, Jenis, Resiko, Nilai, Syarat dan Tujuan Terlengkap

Baca Juga :  √ Hukum Permintaan dan Persamaan : Pengertian, Faktor dan Jenis Terlengkap