CSR (Corporate Social Responsibility)

By Guru Ekonomi #10 contoh csr, #3 pilar penting dalam penerapan csr, #5 pilar csr, #5 prinsip csr, #alasan perusahaan tidak melakukan csr, #anggaran csr perusahaan, #apa itu csr dan fungsinya, #apa kegunaan program csr, #apa saja bentuk kegiatan csr, #apa tanggung jawab csr, #apakah csr adalah kewajiban bagi perusahaan, #apakah csr bersifat sementara, #apakah csr merupakan kewajiban bagi perusahaan, #apakah tujuan program, #artikel Corporate Social Reponsibility, #artikel CSR, #bagaimana csr bisa dilakukan, #bagaimana implementasi csr di indonesia, #bantuan csr, #beberapa contoh program csr, #Bentuk - Bentuk CSR, #bentuk bentuk csr, #bentuk csr, #bentuk-bentuk csr pdf, #cara mendapatkan dana csr, #cara mendapatkan dana csr bank mandiri, #Ciri - Ciri Corporate Social Reponsibility, #Ciri - Ciri CSR, #contoh bantuan csr, #Contoh Corporate Social Reponsibility, #contoh corporate social responsibility, #Contoh CSR, #contoh csr brainly, #contoh csr pertamina, #Contoh CSR Perusahaan, #contoh csr perusahaan djarum, #contoh csr perusahaan internasional, #contoh csr perusahaan kecil, #contoh csr perusahaan makanan, #contoh csr perusahaan unilever, #contoh csr positif, #contoh pelanggaran csr, #contoh penerapan csr, #contoh program csr, #contoh program csr kesehatan, #contoh tanggung jawab sosial perusahaan, #Corporate Social Reponsibility, #Corporate Social Reponsibility adalah, #corporate social responsibility, #corporate social responsibility pdf, #CSR, #CSR adalah, #csr adalah pdf, #csr bank adalah, #csr bank bni, #csr bank bri, #csr bumn, #csr di masa pandemi, #csr motor, #csr pengantar bisnis, #csr pertamina, #csr perusahaan konstruksi, #csr perusahaan pertamina, #csr perusahaan swasta, #csr perusahaan unilever, #csr pt sinde budi sentosa larutan cap badak, #csr pt total bangun persada, #csr sebagai strategi perusahaan, #csr telkom, #csr wajib, #daftar csr perusahaan, #daftar perusahaan csr 2019, #daftar perusahaan csr 2020, #dampak corporate social responsibility, #dampak negatif csr bagi perusahaan, #dampak positif csr, #dampak tanggung jawab sosial perusahaan, #dana csr untuk desa, #dasar hukum csr, #dasar hukum pelaksanaan csr, #dasar pelaporan csr, #dimensi csr, #ebook csr bahasa indonesia, #faktor apa saja yang mendorong perusahaan untuk melakukan tanggung jawab sosial perusahaan, #Faktor yang Mempengaruhi Corporate Social Reponsibility, #Faktor yang Mempengaruhi CSR, #faktor yang mempengaruhi csr perusahaan, #faktor yang mempengaruhi implementasi csr, #Fungsi Corporate Social Reponsibility, #Fungsi CSR, #hakikat csr, #indikator tanggung jawab sosial perusahaan, #jelaskan 4 model penerapan csr di indonesia, #jelaskan prinsip prinsip csr, #Jenis - Jenis Corporate Social Reponsibility, #Jenis - Jenis CSR, #jurnal tanggung jawab sosial perusahaan, #Karakteristik Corporate Social Reponsibility, #Karakteristik CSR, #kegiatan bisnis secara umum yaitu, #kerugian csr bagi perusahaan, #keuntungan apa yang dipetik perusahaan yang melakukan program csr, #keuntungannya bagi industri mengembangkan csr, #konsep audit sosial, #landasan csr, #Macam - Macam CSR, #macam macam csr, #makalah Corporate Social Reponsibility, #makalah CSR, #Manfaat Corporate Social Reponsibility, #Manfaat CSR, #manfaat csr bagi investor, #manfaat csr bagi karyawan, #manfaat csr bagi lingkungan, #manfaat csr bagi masyarakat, #manfaat csr bagi masyarakat brainly, #manfaat csr bagi perusahaan, #manfaat csr bagi perusahaan jangka pendek, #manfaat csr bagi stakeholder, #manfaat csr menurut para ahli, #manfaat csr menurut wibisono, #manfaat csr pdf, #manfaat csr terhadap karyawan, #Manfaat CSR Untuk Masyarakat, #Manfaat CSR Untuk Perusahaan, #Materi Corporate Social Reponsibility, #materi CSR, #mekanisme pengawasan tingkah laku, #mengapa csr menjadi bagian dari gcg, #model csr, #munculnya csr, #pemangku kepentingan csr, #pengertian corporate social performance, #Pengertian Corporate Social Reponsibility, #Pengertian Corporate Social Reponsibility Menurut Para Ahli, #pengertian corporate social status, #Pengertian CSR, #pengertian csr menurut iso 26000, #Pengertian CSR Menurut Para Ahli, #pengertian csr menurut para ahli 2015, #pengertian csr menurut para ahli 2017, #pengertian pengungkapan csr, #penggunaan dana csr, #pertanyaan tentang csr, #perusahaan csr terbaik, #perusahaan high profile di bei, #perusahaan yang menggunakan csr dan dampaknya, #Prinsip - Prinsip CSR, #prinsip csr menurut para ahli, #pro dan kontra csr, #Program CSR, #program csr google, #program csr perusahaan indofood, #program csr untuk karyawan, #program csr yang menarik, #sebab munculnya csr, #Sejarah CSR, #Sejaraha Corporate Social Reponsibility, #siapa yang berhak menerima csr, #siapa yang harus melaksanakan csr, #strategi terbaik pelaksanaan program csr, #struktur apcri, #teori csr, #tugas csr, #tugas csr bank, #Tujuan Corporate Social Reponsibility, #tujuan corporate social responsibility, #Tujuan CSR, #tujuan csr brainly, #tujuan csr menurut buku, #tujuan csr menurut para ahli, #tujuan csr pdf, #tujuan mempelajari csr, #tujuan program csr perusahaan adalah, #tujuan program csr perusahaan adalah brainly, #undang undang csr, #undang-undang csr, #Unsur - Unsur Corporate Social Reponsibility, #Unsur - Unsur CSR, #unsur csr, #unsur unsur csr, #variabel csr
√ CSR : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Karakteristik, Contoh dan Unsur Terlengkap
√ CSR : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Karakteristik, Contoh dan Unsur Terlengkap

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai CSR. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ CSR : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Karakteristik, Contoh dan Unsur Terlengkap


Pengertian CSR (Corporate Social Reponsibility)

CSR singkatan dari Corporate Social Reponsibility merupakan salah satu respon sosial atau tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam bentuk berbagai kegiatan.


Manfaat CSR (Corporate Social Reponsibility)

Manfaat Untuk Masyarakat

  • Menaikkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan yang luas
  • Hadirnya beasiswa untuk anak muda tidak mampu berada di daerah tersebut.
  • Terdapat pembangunan pedesaan fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat umum yang berada di sekitar perusahaan tersebut.

Manfaat Untuk Perusahaan

  • Meningkatkan citra perusahaan
  • Menumbuhkan kerjasama dengan perusahaan yang berbeda
  • Menguatkan brand perusahaan di hati masyarakat
  • Membedakan perusahaan dengan kompetitornya

Tujuan CSR (Corporate Social Reponsibility)

  • Ikut memberikan kontribusi terhadap pengembangan lingkungan dan masyarakat sekitar
  • Menangkap sumber daya manusia yang berkualitas dan potensial
  • Mengurangi resiko perusahaan pada korupsi dan kerugian
  • Sebagai pembeda perusahaan dengan perusahana alternatif (pesaing)
  • Menjalin hubungan yang baik kepada masyarakat di luar perusahaan
  • Potensi biaya CSR akan mengurangi jumlah pajak yang dibayarkan oleh perusahaan
  • Menjalin hubungan yang baik dengan pemegang kepetingan (stakeholder) di luar seperti pemasok.

Karakteristik CSR (Corporate Social Reponsibility)

  • CSR seharusnya ialah salah satu kegiatan yang melebihi kepatuhan terhadap undang-undang yang berlaku.
  • CSR seharunya dapat menghasilkan dampak semi permanen untuk perusahaan dan masyarakat
  • CSR harus bisa menghitung dan menimbang kepentingan pemegang kepentingan (stakeholders) di dalam dan di luar perusahaan.
  • CSR harus berisikan sistem govermane yang sesuai, bersamaan dengan transpotasi dan tangung jawab
  • CSR seharusnya dapat mengikuti tips ISO 26000.

Contoh CSR (Corporate Social Reponsibility) Perusahaan

1. Pertamina

Berbagai program dilakukan oleh pertamina untuk memenuhi komitmennya dalam program CSR guna membantu pemerintah Indonesia.


2. Danone (Air Mineral Aqua)

Program CSR dari Danone disebut dengan WASH (Water Access, Sanitation, Hygiene Program) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan masyarakat pra-sejahtera serta berkontribusi secara aktif dan berkelanjutan agar permasalahan Indonesia yang berhubungan dengan penyediaan air bersih dapat diatasi.


3. PT. Sinde Budi Sentosa (Larutan Cap Badak)

Program CSR yang dilakukan oleh PT Sinde Budi Sentosa yaitu dengan melestarikan habitat Badak Jawa yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon.

Program tersebut merupakan kerjasama perusahaan dengan WWF Indonesia dimana Sinde berperan sebagai donatur dana.


Unsur-Unsur CSR (Corporate Social Reponsibility)

  • Diwujudkan dalam tindakan sosial yang berupa sikap peduli terhadap lingkungan di sekitar perusahaan sesuai peraturan yang berlaku.
  • Memiliki komitmen untuk melakukan usaha secara etis dan legal serta perperan dalam meningkatkan ekonomi pada karyawan.
  • Memiliki komitmen untuk pembangunan ekonomi secara luas dan berkesinambungan.

Faktor yang Mempengaruhi CSR (Corporate Social Reponsibility)

  • Human Capital atau pemberdayaan manusia
  • Environments yang berbicara mengenai lingkungan.
  • Good Corporate Governance yait mekanisme sumber daya perusahaan yang dialokasikan berdasarkan aturan hak dan kuasa.
  • Social Cohesion yaitu dalam menjalankan CSR tidak menimbulkan kecemburuan sosial.
  • Economic Streghth atau memberdayakan lingkungan menjadi mandiri dalam ekonomi.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ CSR (Corporate Social Reponsibility) : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Unsur, Faktor & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :

/* */