√ Indikator : Pengertian, Fungsi dan Jenis – Jenisnya Terlengkap

Diposting pada

√ Indikator : Pengertian, Fungsi dan Jenis – Jenisnya Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Indikator. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Indikator : Pengertian, Fungsi dan Jenis - Jenisnya Terlengkap
√ Indikator : Pengertian, Fungsi dan Jenis – Jenisnya Terlengkap

 

Pengertian Indikator

 

Indikator merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai petunjuk atau standar dasar sebagai acuan dalam mengukur adanya perubahan pada suatu kegiatan atau kejadian.

Suatu indikator tidak selalu menjelaskan keadaan secara keseluruhan, akan tetapi lebih sering hanya sebagai pemberi petunjuk atau indikasi mengenai keadaan keseluruhan tersebut sebagai suatu pendugaan.

 

 

Pengertian Indikator Menurut Para Ahli

 

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Indikator merupakan egala sesuatu yang dapat memberikan petunjuk atau keterangan.

 

2. World Health Organization (WHO)

Indikator ialah suatu variabel yang dapat membantu penggunanya dalam kegiatan pengukuran berbagai macam perubahan yang terjadi baik secara langsung ataupun tidak langsung.

 

3. Wilson R. dan T. Sapanuchart

Indikator adalah salah satu ukuran tidak langsung dari suatu kejadian atau kondisi. Contohnya yaitu berat badan bayi berdasarkan umur merupakan indikator terhadap status gizi bayi tersebut.

 

4. Lawrence Green

Indikator yaitu suatu variabel-variabel yang dapat menunjukkan ataupun mengindikasikan kepada penggunanya tentang kondisi tertentu, sehingga dapat digunakan untuk mengukur perubahan yang terjadi.

 

5. Darwin Syah

Indikator yakni suatu ciri atau tanda yang menunjukkan bahwa para peserta didik telah memenuhi standar kompentensi pendidikan yang telah ditetapkan dan diberlakukan.

 

6. Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Amerika Serikat

Indikator ialah sebuah statistik dari hal normatif yang menjadi perhatian kita yang dapat membantu kita dalam membuat penilaian ringkas, komprehensif, dan berimbang terhadap kondisi-kondisi atau aspek-aspek penting dari suatu masyarakat.

 

7. Buku Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota – Kemenkes RI

Indikator yaitu sebuah variabel yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keadaan atau status dan memungkinkan dilakukannya pengukuran terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.

 

 

Fungsi Indikator

  • Sebagai pedoman bagi pengguna dalam menyusun alat ukur
  • Untuk alat petunjuk adanya suatu perubahan dalam suatu kegiatan ataupun kejadian tertentu
  • Sebagai pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan segala sesuatu yang berkaitan dengan suatu kegiatan
  • Sebagai upaya dalam pengembangan kegiatan sesuai dengan karakteristik, potensi, kebutuhan, dan lingkungan
  • Sebagai pedoman dalam memberikan penilaian terhadap suatu hasil kegiatan

 

 

Jenis – Jenis Indikator

 

1. Indikator Pendidikan

Indikator pembelajaran atau indikator pendidikan merupakan sebuah penjabaran secara keseluruhan dari kompetensi dasar.

Dimana penjabaran ini menunjukkan respon yang diberikan peserta didik terkait dengan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan oleh pendidik.

 

 

2. Indikator Kerja

Indikator kinerja karyawan adalah suatu tolak ukur seorang karyawan dalam menjaga kualitas pekerjaannya sesuai dengan standar kebutuhan perusahaan.

Dalam mengukur kinerja karyawan, terdapat beberapa indikator yang sering digunakan diantaranya ketepatan waktu, kualitas pekerjaan, kemandirian, efektivitas dan lain sebagainya.

Dalam dunia kerja, indikator adalah pengukuran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan apresiasi atau insentif kepada karyawan yang bersangkutan.

 

3. Indikator Penelitian

Indikator dalam penelitian lebih sering digunakan dalam dunia sains. Salah satu indikator yang banyak diaplikasikan untuk penelitian yaitu indikator asam basa. Dimana seorang peneliti mengukur tingkat keasaman atau basa suatu sampel menggunakan indikator tersebut.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Indikator : Pengertian, Fungsi dan Jenis – Jenisnya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Globalisasi : Pengertian, Penyebab, Contoh, Ciri dan Dampak Terlengkap

Baca Juga :  √ Devisa : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Bentuk dan Sumber Terlengkap

Baca Juga :  √ Firma : Pengertian, Ciri, Unsur, Sifat, Tujuan, Kelemahan & Kelebihan Lengkap

Baca Juga :  √ Bagi Hasil : Pengertian, Syarat, Jenis, Mekanisme dan Karakteristik Terlengkap