Pengertian CSR Menurut Para Ahli

Diposting pada

Sarjana Ekonomi Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai CSR. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

√ 4 Pengertian CSR Menurut Para Ahli, Fungsi, Prinsip dan Program Terlengkap


Pengertian CSR (Corporate Social Reponsibility) Menurut Para Ahli

1. Nor Hadi

CSR yaitu sebuah tanggung jawab sosial perusahaan adalah sebuah tindakan yang berdasarkan pertimbangan etis perusahaan yang diarahkan untuk meningkatkan ekonomi yang seiring dengan peningkatan kualitas hidup bagi karyawan juga keluarganya, sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar dan masyarakat pada umumnya.


2. Hendrik Budi Untung

CSR ialah salah satu komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan ekonomi berkelanjutan dengan tetap memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dengan menitikberatkan pada keseimbangan antara aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.


3. Sukrisno Agoes

CSR yakni berbagai tanggung jawab sosial perusahaan adalah tanggung jawab perusahaan kepada karyawan (internal) dan diluar perusahaan (eksternal) karena perusahaan adalah bagian dari lingkungan.


4. Johnson dan Johnson

CSR merupakan segala cara perusahaan mengelola operasi bisnisnya dengan menghasilkan produk yang memiliki orientasi positif pada lingkungannya.


Prinsip-Prinsip CSR (Corporate Social Reponsibility)

1. Sustainabilty

Sustainabilty ini berkaitan dengan cara perusahaan dalam melakukan kegiatan dengan tetap menghitung keberlanjutan sumber daya di masa mendatang.

Keberlanjutan ini juga dapat memberikan berbagai arahan penggunaan sumber daya saat ini dengan tetap memperhatikan dan memperhitungkan kemampuan generasi mendatang.

Baca Juga :  Komunikasi Adalah

2. Accountability

Accountability ialah salah satu upaya perusahaan untuk terbuka dan bertanggung jawab atas kegiatan yang mereka lakukan.

Akuntanbilitas ini juga sangat diperlukan untuk kegiatan perusahaan yang dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh lingkungan eksternal.

Di dalam konsep ini menjelaskan bahwa pengaruh kuantitatif kegiatan perusahaan terhadap pihak internal dan eksternal.

Akuntanbilitas perusahan ini dapat juga dijadikan sebagai sarana bagi perusahaan untuk meningkatkan image dan jaringan dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan menunjukkan tingkat keluasan dan informasi laporan perusahaan memiliki konsekuensi sosial atau ekonomi.


3. Transparancy

Transparansi merupakan suatu prinsip CSR yang penting bagi pihak-pihak ekternal terutama transaksi yang terkait dengan pelaporan keigatan perusahaan yang dapat berdampak pada pihak eksternal.


Fungsi CSR (Corporate Social Reponsibility)

  • Sosial Licence to Operate (Ijin Sosial untuk Beroperasi)
  • Melebarkan akses sumber daya
  • Melebarkan akses menuju pasar
  • Mereduksi resiko bisnis perusahaan
  • Mereduksi biaya
  • Memperbaiki hubungan dengan regulator
  • Memperbaiki hubungan dengan stakeholder
  • Meningkatkan semangan dan produktivitas karyawan
  • Peluang mendapatkan penghargaan

Program CSR (Corporate Social Reponsibility)

  • Tatalaksana perusahaan (corporate governance)
  • Kesadaran perusahaan perusahaan terhadap lingkungan
  • Standar bagi karyawan dan kondisi tempat kerja
  • Hubungan perusahaan dengan masyarakat
  • Investasi sosial perusahaan (corporate philantrophy)

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 4 Pengertian CSR (Corporate Social Reponsibility) Menurut Para Ahli & Fungsi, Prinsip, Programnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :