√ Hukum Permintaan dan Persamaan : Pengertian, Faktor dan Jenis Terlengkap

Diposting pada
√ Hukum Permintaan dan Persamaan : Pengertian, Faktor dan Jenis Terlengkap
5 (100%) 11 vote[s]

√ Hukum Permintaan dan Persamaan : Pengertian, Faktor dan Jenis Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda. Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Hukum Permintaan dan Penawaran. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ Hukum Permintaan dan Persamaan : Pengertian, Faktor dan Jenis Terlengkap
√ Hukum Permintaan dan Persamaan : Pengertian, Faktor dan Jenis Terlengkap

 

Pengertian Permintaan dan Penawaran

 

1. Permintaan

 

Permintaan yakni suatu keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. Supaya lebih akurat kita juga memasukkan dimensi geografis.

Misalnya, jika ingin membeli cabai yang ada di pasar.

 

 

Hukum Permintaan

 

Apabila suatu harga barang mengalami sebuah peningkatan, maka jumlah barang yang diminta akan turun dan sebaliknya apabila suatu harga barang turun, maka jumlah suatu barang yang akan diminta menjadi meningkat.

 

 

Jenis – Jenis Permintaan

 

1. Permintaan Berdasarkan Daya Beli

 

  • Permintaan Efektif

Permintaan efektif ialah salah satu permintaan suatu barang dan jasa yang disertai dengan daya beli. Pada permintaan jenis tersebut, seorang konsumen memang harus jelas-jelas membutuhkan barang tersebut dan dia mampu untuk dapat membeli atau membayarnya.

 

  • Permintaan Absolut

Permintaan absolut ialah permintaan akan suatu barang atau jasa yang tidak diserti menggunakan daya beli konsumen. Dapat kita katakan bahwa dengan sebuah permintaan absolut ini para konsumen ini tidak memiliki uang atau kemampuan untuk dapat membeli sebuah barang yang mereka inginkan.

Adapun contohnya dari salah satu jenis permintaan ini adalah ketika Ani mempunyai suatu keinginan guna membeli sepatu roda, namun uang yang ia miliki tidak cukup guna membeli sepatu roda tersebut. Maka dari itu keinginan Ani tersebut yang guna membeli sepatu roda tidak bisa terpenuhi.

 

  • Permintaan Potensial

Permintaan potensial merupakan sebuah permintaan akan barang atau jasa yang disertai dengan sebuah kemampuan daya beli, namun para konsumen masih mempertimbangakan transaksinya.

Contohnya yaitu, Pak Aji yang sebenarnya memiliki uang yang cukup guna membeli sebuah mobil, akan tetapi beliau belum memiliki suatu keinginan untuk membeli mobil tersebut.

 

2. Permintaan sesuai Jumlah yang Melakukan Transaksi

 

  • Permintaan Individu

Pengertian permintaan individu merupakan salah satu permintaan terhadap suatu barang atau jasa yang sama dengan oleh daya beli namun para konsumen masih mempertimbangkan transaksinya tersebut.

Contohnya yakni Seorang anak muda yang sedang membeli ayam dan sayur untuk dapat menyiapkan makan siang ia dengan keluarganya

 

  • Permintaan Potensial

Pengertian Permintaan potensial ialah salah satu permintaan terhadap barang atu jasa yang disertai oleh daya beli tetapi para konsumen masih mempertimbangkan transaksinya.

Contohnya yaitu Pak Andi yang sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk dapat membeli televisi, namun ia belum memiliki keinginan untuk membeli televisi tersebut.

 

  • Permintaan Kelompok

Pengertian Permintaan kelompok merupakan suatu permintaan dari sekelompok orang atau juga masyarakat mengenai suatu barang atau jasa yang terjadi secara barengan.

 

 

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan (Demand)

 

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi permintaan suatu barang yaitu sebagai berikut :

  • Harga suatu barang itu sendiri.
  • Harga sebuah barang lain yang terikat.
  • Tingkat suatu pendapatan per kapita.
  • Jumlah penduduk.
  • Perkiraan harga dimasa yang mendatang.
  • Distribusi pendapatan.
  • Usaha-usaha para produsen meningkatkan penjualan.

 

 

2. Penawaran

 

Penawaran ialah sejumlah barang atau jasa yang akan ditawarkan oleh penjual pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu.

Contonya saja yaitu :

Apabila harganya Rp. 5.750,00, jumlah apel yang ditawarkan adalah 70 kg. Akan tetapi jika harga apel setiap satu kilogramnya sebesar Rp. 7.000,00, Pak Sueb akan menjual lebih banyak lagi apelnya, yaitu sebanyak 120 kg.

 

 

Hukum Penawaran

 

Jika harga suatu barang tinggi, maka barang yang akan ditawarkan tersebut semakin banyak. Sebaliknya, jika harga suatu barang rendah, maka barang yang akan ditawarkan juga akan semakin sedikit.

 

 

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (Suply)

 

1. Biaya Produksi dan Teknologi yang Digunakan

Jika biaya pada pembuatan atau pada produksi suatu produk sangat tinggi maka para produsen akan membuat suatu produk lebih sedikit dengan harga jual yang sangat mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan sebuah produk sejenis dan produk tidak laku terjual.

Dengan adanya suatu teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya untuk produksi sehingga memicu penurunan harga.

 

2. Tujuan Perusahaan

Perusahaan yang bertujuan untuk dapat mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi.

Jika suatu perusahaan ingin produknya menjadi laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga suatu harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.

 

3. Pajak

Pajak yang naik akan juga menyebabkan suatu harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.

 

4. Ketersediaan dan Harga Barang Pengganti atau Pelengkap

Jika ada suatu produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi suatu penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.

 

5. Prediksi atau Perkiraan Harga di Masa Depan

Ketika harga jual akan naik di masa yang akan datang suatu perusahaan akan juga bmempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan atau juga menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.

 

 

Jenis – Jenis Penawaran

 

  • Penawaran Individu

Penawaran individu merupakan salah satu penawaran yang dilakukan seorang penjual atau produsen terhadap jumlah suatu barang atau jasa pada jangkwa waktu tertentu, tempat dan pada tingkat harga tertentu.

 

  • Penwaran Pasar

Penawaran pasar merupakan suatu jumlah barang atau jasa yang ditawarkan kepada beberapa orang produsen atau penjual pada waktu, tempat, dan pada tingkat harga tertentu.

 

  • Penawaran Marginal

Penawaran marginal ialah sebuah penawaran yang dapat dilakukan oleh penjual dengan syarat mampu menjual suatu produk dengan harga pasaran.

 

  • Penawaran Super Marginal

Hampi sama dengan penawaran marginal, penawaran pada super marginal ini adalah sebuah penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual yang bisa menjual produknya di atas harga pasar.

 

Demikianlah penjelasan mengenai √ Hukum Permintaan dan Persamaan : Pengertian, Faktor dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membaca. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Baca Juga :  √ Deflasi : Definisi, Faktor Penyebab, Dampak, Jenis, Contoh dan Cara Mengatasinya Lengkap

Baca Juga :  √ Desentralisasi : Pengertian, Contoh, Tujuan, Ciri, dan Dampaknya Terlengkap

Baca Juga :  √ Kebijakan Moneter : Pengertian, Jenis, Fungsi, Instrumen dan Tujuan Terlengkap

Baca Juga :  √ Hukum Permintaan dan Persamaan : Pengertian, Faktor dan Jenis Terlengkap