SarjanaEkonomi.Co.Id – Apakah kamu pernah mendapat sebuah notifikasi pada email kamu yang berisi tentang sebuah informasi dalam bentuk artikel maupun iklan yang terkait suatu jasa produk atas nama perusahaan tertentu, dalam sebuah contoh tersebut disebut juga dengan sebuah email marketing. Dalam melakukan sebuah trategi menggunkaan media internet marketing ini merangkup bantuan platform seperti Gmail.
Walaupun terkadang masih ada yang benganggapan sebagai sebuah spam belaka. pada fakta yang sebenarnya terjadi adalah dengan melakukan sebuah promosi yang melalui email, maka customer sebagai mayoritas akan mengecek pada pesan yang masuk kedalam email customer pada alamat email kamu.
Hal ini dapat kamu simpulkan bahwa dalam penggunaan sebuah internet, dapat mempromosikan sebuah barang dengan secara tidak langsung, mengantarkan kepada customer tentang suatu produk yang ditawarkan oleh pengirim pesan, hal ini bisa kita sebut sebagai internet marketing ( Pemasaran dalam suatu produk menggunakan media internet dengan secara online, tanpa harus terjun ke lapangan, seperti pada umumnya yang telah kita ketahui )
Jika kamu belum dapat untuk memahami tentang sebuah internet marketing, maka saya akan memberi kamu penjelasan dengan lengkap dalam sebuah internet marketing. agar jika nanti kamu akan bekerja dengan menenempati posisi internet marketing, maka kamu sudah dapat mengerti apa saja yang harus kamu lakukan dalam melakukan tugas dan yang tidak harus di lakukan dalam pekerjaan sebagai internet marketing, simak artikel ini secara seksama.
Pengertian Internet Marketing
Internet marketing adalah salah satu jenis bentuk strategi dalam melakukan pemasaran yang dapat di lakukan dengan menggunakan bantuan di media internet dengan menggunkan berbagai media atau platform secara online. Contoh platform yang sering digunakan adalah website, email, blog, mesin pencari, dan media sosial, sehingga pada target dalam internet marketing adalah sebuah media masa sebagai ujung tombak dalam memasarkan produk atau jasa yang mereka jual.
Internet marketing juga dapat disebutkan sebagai online marketing. Dimana, segala sesuatu pada jalannya suatu proses pada pemasaran dapat dilakukan dengan online bantuan berupa teknologi digital dengan keadaan yang sudah mendukung. pada dasarnya prinsip untuk sebuah pemasarannya tidak jauh berbeda dengan menggunkan metode konvensional yang sudah ada.
Tujuan Internet Marketing
Tujuan dari pemasaran internet marketing sendiri adalah untuk mendapatkan customer yang lebih luas dan banyak. Melalui sebuah jaringan internet, kita akan terhubung dengan berbagai sumber kepada konsumen yang jauh lebih luas. Bahkan tidak terbatas hanya di suatu daerah saja, namun berskala global secara meluas.
Sekitar 75% pengunjung internet telah dapat melakukan transaksi pada jual beli barang atau jasa. sehingga pada penggunaan platform berbasis secara online juga semakin meningkat dan dapat memanfaatkan sebuah peluang untuk mempromosikan sebuah produk pada bisnis yang kamu lakukan.
Dengan melakukan sebuah promosi, maka customer akan semakin meningkat dan lebih tertarik untuk menggunakan produk kamu. Semakin banyak konsumen yang akan datang, maka trafik pada pengunjung dari website atau platform kamu akan semakin bagus. Selain itu, kamu juga dapat memberikan berbagai informasi yang menarik perhatian customer dan terbaru.
Strategi Internet Marketing
Setelah kamu sudah mengetahui tentang pengertian dan tujuan dari internet marketing, berikutnya pada tahap pembahasan mengenai strategi internet marketing untuk mendukung kebutuhan bisnis kamu.
1. Membuat Sebuah Website
Banyak sekali ilmu serta pelatihan untuk menolong kamu dalam membuat serta mengembangkan sebuah website. Tujuan dari pembuatan website sendiri adalah sebagai bentuk dalam platform untuk memperkenalkan berbagai jenis sebuah layanan dan informasi tentang seputar bisnis dan perusahaan kamu.
Biasanya sering disebut dengan website company profil. Jika anda tidak memiliki keahlian di bidang pemrograman, maka anda dapat menyerahkan tugas pembuatan website pada seorang yang programmer ataupun perusahaan di bidang software house untuk menolong proyek kamu.
2. Meningkatkan Trafik Dengan Bantuan SEO
Internet marketing yang selanjutnya merupakan SEO Search Engine Optimization dalam sebuah pekerjaan ini termasuk dalam strategi yang saat ini sangat cukup populer dan sedang mengalami naik daun. Dimana, pada sebuah tujuan utama dari SEO adalah menaikan trafik pada perusahaan, serta dapat melakukan optimasi, dengan baik secara teknis maupun non – teknis.
Sehingga, halaman situs bisnis kamu akan masuk pada halaman pertama Google. Ada banyak sekali optimasi yang dapat dilakukan dengan memakai prinsip SEO. Mulai dari On Page, Off Page. Serta melakukan riset dari keyword (kata kunci) untuk membantu kamu dalam menentukan sebuah target pada sebuah produk dengan kondisi pasar yang ada.
3. Menerapkan Email Marketing
Langkah tersebut sangat terbukti cukup efesien untuk mendapatkan minat customer untuk membeli dengan menggunakan produk dan jasa milik kamu. Pastikan untuk memakai bahasa secara resmi yang baik dan tidak menyulitkan pada customer untuk membeli suatu produk tersebut yang telah di tawarkan kepada customer.
4. Optimasi Pada Social Media Marketing
Banyak cara untuk menaikan brand pada suatu produk yang kamu punya. Salah satu contoh dalam internet marketing yang dapat kamu pakai adalah dengan menghubungkan akun kamu pada berbagai media sosial yang sudah ada.
Pemasaran dengan memakai sebuah bantuan dengan menggunkan social media dalam marketing terbukti sangat cukup efesien. Di dalam media sosial sendiri, kamu dapat membuat berbagai media promosi untuk memperkenalkan produk pada brand yang kamu miliki.
5. Membuat Blog
Jika kamu mempunyai minat serta keahlian untuk membuat tulisan, maka tidak ada salahnya untuk mengerjakan sebuah bisnis tersebut. Membuat sebuah blog pribadi atau perusahaan yang tergolong cukup efesien dalam menerapkan strategi internet marketing.
Cara yang palinh efesien untuk memperoleh trafik pada pengunjung yaitu dengan membuat sebuah halaman berupa website untuk menampilkan berbagai suatu informasi dalam bentuk artikel. Pastikan kamu untuk membuat sebuah artikel juga melaksankan secara optimasi SEO, agar artikel yang kamu buat dapat masuk kedalam SERP (Search Engine Result Page) dari Google.
6. Memanfaatkan Google
Internet marketing pda tahap selanjutnya adalah dapat memanfaatkan penggunaan Google dalam Bisnisku. Fitur ini dikembangkan secara langsung oleh Google untuk membantu setiap pemilik dalam usaha, baik tingkat menengah kebawah maupun perusahaan tingkat atas untuk mendaftar setiap informasi dengan menggunakan fitur ini.
Dengan adanya bantuan Google dalam sebuah bisnisku, kamu akan memperoleh berbagai informasi yang di dapat seperti, menambahkan alamat kantor, jam kerja, nama website, dan lain sebagainya. Keuntungan yang paling utama dalam sebuah usaha atau toko kamu secara otomatis akan ditampilkan dengan menggunakan tampilan Google Maps.
7. Melakukan Affiliate Marketing
Dengan mengikuti program pelatihan afiliasi. Bagi kamu yang masih belum paham dan tidak mengerti dalam sebuah program afiliasi, yaitu pekerjaan yang bertujuan untuk mengenalkan suatu produk kepada suatu perusahaan yang mana, nantinya pada produk tersebut berhasil terjual, maka akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut.
Agar program afiliasi berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan kita, maka kamu dapat menentukan untuk mencari dan orang yang sesuai dengan membuat dan merancang sebuah konten yang sesuai dan dapat menarik minat customer. Yang terpokok, pada program afiliasi yang akan kamu ikuti harus sesuai dengan industri yang sama dengan bisnis kamu yang akan kamu jalani. Sehingga, kamu dapat mengerti dengan produk atau layanan tersebut dengan lebih mudah untuk mencapai suatu dalam tujuan bisnis kamu.
Manfaat Internet Marketing
Berikut ini akan membahas pada sebuah pembahasan mengenai seberapa manfaat yang akan di dapat dalam penggunaan internet marketing dalam melancarkan usaha dalam menawarkan sebuah produk melalui jasa internet marketing. berikut ini adalah manfaat dari sebuah internet matketing antara lain sebagai berikut :
1. Tidak Membutuhkan Modal Yang Tinggi
Kamu tidak memerlukan modal yang terlalu besar dalam mengembangkan dalam suatu bisnis, kamu hanya perlu melakukan pemasaran menggunkan layanan via online dalam mengembangkan bisnis kamu, dan kamu hanya perlu memerlukan starategi dalam mendapatkan kopetitor dari sebuah produk yang kamu jual.
2. Cakupan Pada konsumen yang lebih Besar
Dengan menggunakan bantuan media internet, kamu dapat menaikan sebuah cakupan atau scope pada konsumen secara besae. Sehingga dalam sebuah relasi yang dapat kamu dapat tidak hanya dalam ruang lingkup kecil seperti daerah atau nasional. Akan tetapi juga masuk pada cakupan masyarakat secara global.
3. Proses Optimasi dan Performa
Dalam menggunakan metode bisnis secara konvensional, pada proses dalam sebuah evaluasi dan monitoring dalam bisnis akan sedikit sulit jika dibandingkan dengan melakukan proses optimasi dengan menggunakan metode secara online pada marketing. Dari sisi efektivitas dan efisiensi, pemasaran melalui jaringan internet dapat memperoleh keuntungan bisnis dalam jangka waktu yang besar.
4. Aktivitas Pemasaran Menjadi lebih Gampang
Kegiatan dalam pemasaran menjadi lebih gampang dan cepat. Tidak ada batasan pada tempat dan waktu untuk melakukan proses bisnis, jika kamu menggunakan pemasaran menggunakan bantuan internet. maka secara otomatis dalam pengguna internet juga banyak menghabiskan waktu dalam bermain dengan media sosial, forum, dan blog yang dapat memberikan keuntungan pada bisnis bagi kamu dalam melakukan promosi produk.
Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Internet Marketing semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang telah membaca dan sudah memahami tentang Internet Marketing, Terimakasih.
Baca Juga Artikel Lainnya :