√ 12 Pengertian Profesi Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ 12 Pengertian Profesi Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di sarjanaekonomi.co.id. Kali ini akan membahas mengenai Profesi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Profesi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 12 Pengertian Profesi Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap
√ 12 Pengertian Profesi Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Profesi Menurut Para Ahli

 

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Profesi yaitu salah satu bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (ketrampilan, kejuruan, dan sebagainya) tertentu.

 

2. Daniel Bell

Profesi ialah segala kegiatan intelektual yang dipelajari termasuk pelatihan yang diselenggarakan secara formal ataupun tidak formal dan memperoleh sertifikat yang dikeluarkan oleh sekelompok atau badan yang bertanggung jawab pada keilmuan tersebut dalam melayani masyarakat, menggunakan etika layanan profesi dengan mengimplikasikan kompetensi mencetuskan ide, kewenangan ketrampilan teknis dan moral serta bahwa perawat mengasumsikan adanya tingkatan dalam masyarakat.

 

3. Siti Nafsiah

Profesi yakni sebuah pekerjaan yang dikerjakan sebagai sarana untuk mencari nafkah hidup sekaligus sebagai sarana untuk mengabdi kepada kepentingan orang lain (orang banyak) yang harus diiringi pula dengan keahlian, ketrampilan, profesionalisme, dan tanggung jawab.

 

4. Paul F. Comenisch

Profesi merupakan sebuah “komunitas moral” yang memiliki cita-cita dan nilai bersama.

 

5. Hughes, E.C

Perofesi adalah segala hal yang lebih baik dari kliennya tentang apa yang diderita atau terjadi pada kliennya.

 

Baca Juga :  √ Etika Profesi : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Prinsip dan Contoh Terlengkap

6. Schein, E.H

Profesi ialah berbagai kumpulan atau set pekerjaan yang membangun suatu set norma yang sangat khusus yang berasal dari perannya yang khusus di masyarakat.

 

7. Doni Koesoema A

Profesi yaitu sebuah pekerjaan yang dapat juga berwujud sebagai jabatan di dalam suatu hierarki birokrasi, yang menuntut keahlian tertentu serta memiliki etika khusus untuk jabatan tersebut serta pelayananbaku terhadap masyarakat.

 

8. K. Bertens

Profesi yakni salah satu moral community (masyarakat moral) yang memiliki cita-cita dan nilai-nilai bersama.

 

9. Sudarwan Danin

Profesi merupakan sebuah pekerjaan yang menuntut kemampuan intelektual khusus yang diperoleh melalui kegiatan belajar dan pelatihan yang bertujuan untuk menguasai keterampilan atau keahlian dalam melayani atau memberikan advis pada orang lain dengan memperoleh upah atau gaji dalam jumlah tertentu.

 

10. Peter Jarvis

Profesi adalah segala bentuk pekerjaan yang sesuai dengan studi intelektual atau pelatihan khusus dimana tujuannya untuk menyediakan pelayanan keterampilan bagi orang lain dengan upah tertentu.

 

11. Cogan

Profesi yaitu berbagai jenis keterampilan khusus yang dalam prakteknya didasarkan atas suatu struktur teoritis tertentu dari beberapa bagian ilmu pengetahuan.

 

12. Dedi Supriyadi

Profesi yakni semua kegiatan dari pekerjaan atau jabatan yang menuntuk keahlian khusus, tanggungjawab, serta kesetiaan terhadap pekerjaan tersebut.

 


Contoh Profesi

 

1. Perawat

Perawat ialah para petugas kesehatan profesional yang bekerja dengan tim anggota untuk membantu pemulihan orang yang sedang sakit.

 

2. Guru

Guru sebagai pendidik atau pengajar, yang ahli dalam bidang mengajar.

 

3. Arsitek

Arsitek yaitu seseorang yang dianggap ahli dalam merancang, mendesain, dan melaksanakan pengawasan konstruksi bangunan.

 

Baca Juga :  √ Resesi : Pengertian, Penyebab, Akibat, Dampak dan Cara Mengatasinya Terlengkap

4. Akuntan

Akuntan ialah seseorang yang dianggap ahli dalam bidang akuntansi, dan hal-hal lainnya terkait informasi keuangan.

 

5. Dokter

Dokter yakni seseorang yang dianggap memiliki pengetahuan yang baik dan ahli dalam hal kesehatan.

 

6. Aktuaris

Aktuaris sebagai ahli bisnis berkaitan dengan dampak resiko, keuangan yang dapat nantinya menimbulkan ketidak pastian dalam berbisnis.

Aktuaris ialah orang yang mengaplikasikan ilmu keuangan teori ataupun praktik mengenai statistik bertujuan untuk menyelesaikan masalah mengenai bisnis aktual.

 

7. Pengacara

Pengacara merupakan seseorang yang dianggap ahli dalam masalah hukum sehingga dipercaya untuk memberikan nasihat dan pembelaan bagi orang lain yang berhubungan dengan penyelesaian suatu kasus hukum.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 12 Pengertian Profesi Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :