√ 10 Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 10 Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli Terlengkap Hai sobat sarjanaekonomi.co.id jumpa lagi dalam artikel kesayangan Anda.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai Segmentasi Pasar. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

 

√ 10 Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 10 Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

 

1. Swastha dan Handoko

Segmentasi Pasar ialah suatu aktivitas membagi–bagi market yang memiliki sifat heterogen kedalam satu-satuan market yang bersifat homogen.

 

2. Pride dan Ferrel

Segmentasi Pasar yaitu suatu sistem membagi market ke segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang memperlihatkan terdapatnya kesamaan tingkah laku konsumen.

 

3. Philip Kotler dan Gary Amstrong

Segmentasi Pasara yakni pembagian sebuah market menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda.

 

4. McDonald dan Dunbar

Segmentasi Pasar ialah proses membagi pelanggan, atau pelanggan potensial, di pasar ke dalam berbagai kelompok, atau segmen, di mana pelanggan berbagi tingkat minat yang sama dalam satu set, atau sebanding, serangkaian kebutuhan yang dipenuhi oleh proposisi pemasaran yang berbeda.

 

5. Kerin

Segmentasi Pasar dapat melibatkan mengumpulkan calon pembeli ke dalam kelompok yang memiliki kebutuhan umum dan akan merespon sama dengan tindakan pasar.

 

6. Gitosudarno

Segmentasi Pasar yaitu salah satu usaha untuk dapat mengelompokkan pasar, dari suatu pasar yang bersifat heterogen akan menjadi beberapa bagian-bagian pasar yang memiliki sifat yang homogen.

Baca Juga :  √ Kerjasama Ekonomi Internasional : Pengertian, Manfaat, Bentuk, Tujuan dan Contoh Terlengkap

 

7. Amstrong

Segmentasi Pasar merupakan segala sesuatu dengan membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin menghendaki pemasaran atau produk yang terpisah.

 

8. Kotler

Segmentasi Pasar merupakan sekelompok pelanggan yang merupakan bagian dari pasar yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa.

 

9. Kasali

Segmentasi Pasar ialah proses mengkotak-kotakkan pasar menjadi kelompok-kelompok “potential costumer” yang memiliki kesamaan karakter atau kebutuhan yang sama sehingga cenderung mempunyai respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.

 

10. Saladin

Segementasi Pasar yaitu sebuah proses pengelompokan pasar ke dalam kelompok para pembeli yang cukup potensial dengan kebutuhan yang sama atau juga karakteristik yang disukai serta memperlihatkan suatu hubungan yang sama pula.

 

 

Jenis – Jenis Segmentasi Pasar

 

1. Segmentasi Berdasarkan Geografi

Dalam praktiknya, segmentasi ini dilakukan dengan melakukan beberapa pembagian daerah geografi, seperti negara, wilayah, kota serta desa.

Daerah geografi yang dipandang memiliki potensi yang besar serta menguntungkan akan menjadi target operasi dari produsen untuk pemasaran.

 

2. Segmentasi Berdasarkan Demografi

Pada segmentasi ini, pasar akan dibagi serta diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok demografi.

Dasar dari pembagian kelompok tersebut adalah pembagian usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan konsumen atau pun tingkat ekonomi.

 

3. Segmentasi Berdasarkan Sosial Budaya

Segmentasi ini didasarkan oleh suatu kondisi sosial budaya dari pasar. Biasanya, dalam segmentasi ini, pasar akan memiliki variabel sosiologis dan antropologi.

Beberapa tahapan pembagian terkait segmentasi ini adalah sebagai berikut ini :

  • Daur hidup keluarga
  • Lintas budaya atau pemasaran global
  • Budaya dan sub-budaya
  • Kelas sosial

 

4. Segmentasi Berdasarkan Hubungan Secara Ekstrim

Maksud dari segmentasi ini yakni salah satu segmentasi yang dilakukan untuk dapat membagi segmentasi berdasarkan detail yang cukup ekstrim.

Baca Juga :  √ Ekuitas : Definisi, Jenis-Jenis, dan Contoh Ekuitas Dalam Akuntansi [ TERLENGKAP ]

 

Adapun beberapa pembagian dalam poin ini ialah seperti berikut :

 

  • Tingkat Penggunaan : Beda segmentasi terletak pada tipe pengguna, seperti pengguna berat, pengguna sedang dan pengguna ringan. Pembagian ini bukan didasarkan pada pengguna sebuah produk, jasa ataupun merek khusus.

 

  • Tingkat Kesadaran : Kesadaran konsumen pada produk, kesiapan konsumen untuk membeli produk atau apakah seorang konsumen memerlukan informasi terkait produk yang dipasarkan.

 

  • Loyalitas Merek : Loyalitas pada merek menjadi salah satu variabel yang digunakan oleh perusahaan untuk identifikasi karakteristik konsumen, di mana mereka bisa langsung melakukan promosi pada konsumen yang sudah tergambar karakteristiknya.

 

5. Segmentasi Berdasarkan Situasi Penggunaan

Segmentasi ini didasarkan pada situasi tertentu di mana menjadi kesempatan bagi konsumen untuk membeli produk.

Segmentasi ini dibuat dengan tujuan untuk membantu produsen meningkatkan serta memperluas penggunaan produk yang dijual.

 

6. Segmentasi Berdasarkan Keuntungan

Segmentasi ini didasarkan sesuai dengan suatu kemanfaatan atau keuntungan yang dicari dari suatu produk.

Secara umum, pembagian segmentasi ini didasarkan pada beberapa keuntungan produk utama yaitu seperti berikut :

  • Fungsional
  • Nilai uang
  • Manfaat sosial
  • Manfaat emosi positif
  • Manfaat emosi negatif

 

7. Segmentasi Campuran

Segmentasi ini dapat dibentuk dengan beberapa kombinasi variabel segmentasi dan yang akan membentuk sebuah segmentasi tunggal.

Misalnya saja pada segmentasi geodemografis, di mana segmentasi ini akan membantu para produsen untuk dapat menemukan prospek terbaik untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai sebuah minat dari konsumen.

 

8. Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkah Laku

Pada segmentasi pasar ini dapat dikelompokkan berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan atau juga reaksi pembeli terhadap suatu produk.

Singkatnya segmen ini dapat membedakan konsumen berdasarkan pada tingkah lakunya pada sebuah produk tertentu.

Baca Juga :  √ Cash On Delivery (COD) : Pengertian, Kelemahan, Keuntungan dan Tips Melakukan Transaksi Dengan COD Terlengkap

 

9. Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografi

Segmentasi pasar ini didasarkan pada suatu kondisi psikografinya. Dalam segmentasi pasar ini juga akan menelaah bagaimana para konsumen dengan segmen demografi tertentu untuk merespon suatu stimuli pemasaran.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 10 Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi yang membacanya. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :